Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 28, 2022, 01:29:25 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 65
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 53
Total: 53

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Pendidikan Matematika Realistik Indonesia

Dimulai oleh maclaurin, November 24, 2006, 07:06:05 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

maclaurin

Bagaimana usaha para guru, dan dosen membuat matematika lebih mudah dimengerti oleh para siswa?

Kunjungi website berikut: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

pinokio


maclaurin

Matematika Realistik itu metoda pembelajaran matematika yang dikembangkan di Freudenthal Institute, Belanda. Ciri khas pembelajaran matematika realistik adalah dengan digunakannya alat bantu untuk membantu siswa berpikir. Sebagai contoh, siswa tidak diajarkan untuk menghitung "2 + 3 =" berapa, melainkan siswa diajarkan apa itu dua apa itu tiga dan bagaimana cara siswa menjumlah itu diserahkan kepada siswa sendiri. Dalam hal ini, guru berperan sebagai pengarah, bukan pendikte terhadap siswa.


-mac-

reborn

Kutip dari: maclaurin pada November 27, 2006, 12:14:57 AM
Ciri khas pembelajaran matematika realistik adalah dengan digunakannya alat bantu untuk membantu siswa berpikir.

Sebagai contoh, siswa tidak diajarkan untuk menghitung "2 + 3 =" berapa, melainkan siswa diajarkan apa itu dua apa itu tiga dan bagaimana cara siswa menjumlah itu diserahkan kepada siswa sendiri. Dalam hal ini, guru berperan sebagai pengarah, bukan pendikte terhadap siswa.


-mac-

Hmm... dah baca FAQ di situsnya, tapi masih ga ngerti mac. Maksudnya alat bantu ini gmn yahh? Gw setuju siswa (kalo ga salah ini buat SD malah yah) harusnya diajarin kenapa 2+3=5, bukan menghapal 2+3=5... karena ini terus berlanjut sepertinya, misalnya di bimbel diajarin "cara cepat". Orang bisa cepet hapal rumus abc, tp ga tau kenapa begitu, bisa tau L'Hôpital (makenya doang) tanpa tau kenapa bisa begitu.... yup gw setuju paham lebih baik daripada hapal  ;D

Walau gw lom ngerti sih metode Matematika Realistik ini.

nah, ini dari FAQ nya neh :

KutipPMRI adalah bentuk adaptasi dari RME-Realistic Mathematics Education- suatu teori pembelajaran matematika yang khusus dikembangkan dalam dunia pendidikan matematika di negeri Belanda. Teori ini dikembangkan sejak tahun 1969 oleh Prof. Freudenthal, sebagai reaksi terhadap matematika modern yang abstrak untuk dunia anak sekolah.

Nah, gw tambah bingung.... matematika modern itu yg gimana  ???


crazygamer_131

Kalo seandainya diterapkan ya bagus lah, jadinya kita lebih gampang kalo mau memahami matematika dan menjadi suka dengan nih mata pelajaran. Tapi sumpeh loh, kalo cara ngajar matematika kayak sekarang tuh, susah bagnet nyantolnya dan bikin ngebosenin. Akibatnya ya nilai pas-pasan.

reborn

Kutip dari: crazygamer_131 pada Desember 02, 2006, 10:40:32 PM
Kalo seandainya diterapkan ya bagus lah, jadinya kita lebih gampang kalo mau memahami matematika dan menjadi suka dengan nih mata pelajaran. Tapi sumpeh loh, kalo cara ngajar matematika kayak sekarang tuh, susah bagnet nyantolnya dan bikin ngebosenin. Akibatnya ya nilai pas-pasan.

Sumpeh loe? hehe... j/k :D emang yang skrg gimana? susahnya di mana? nilai pas-pasan itu berapa, relatif lho pas itu...

advisor

Sama sekali gelap neh, Matematika Realistik itu maksudnya apa sih  ???

Nabih

Itu sangat butuh peraga, PMRI tga cuam buat SD kok, buktinya elips juga bisa pake PMRI

Monox D. I-Fly

PMRI termasuk matematika kontemporer bukan? Mulai diterapkan tahun berapa?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.