Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2021, 11:13:03 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 30
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)  (Dibaca 10639 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« pada: November 04, 2009, 09:56:10 AM »
16. Sekelompok mahasiswa yang terdiri dari n3 wanita dan 5 pria duduk berjajar di ruang kuliah. Jika pada ujung-ujung duduk pria-pria, dan para wanita tidak duduk bersebelahan maka banyak kemungkinan susunan mereka duduk adalah ...

50. sebuah balon iklan udra dengan laju 80 cm3/menit. Maka laju perubahan jaripada saat jari-jari berukuran 32 cm adalah ...
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« Jawab #1 pada: November 06, 2009, 02:37:57 AM »
aku coba ya...
misalkan pria P, wanita W, Pria berada di ujung-ujung bangku, berarti susunannya...
P _ _ _ _ _ _ P
wanita tidak duduk bersebelahan, berarti kemungkinan posisinya...
PWPWPWPP atau PPWPWPWP
karena semua Pria dianggap sama(tidak ada pria tertentu yang harus duduk di ujung satu atau tempat tertentu) dan juga wanitanya, berarti kemungkinan susunan duduknya ada 2(5P5.3P3) = 1440 kemungkinan.

trus, nomor 2
 $\frac{dV}{dt} = \frac{d}{dt} (4/3 \pi r^3)\\<br />= 4\pi r^2 \frac{dr}{dt}$
karena laju perubahan volume 80 cm3/menit,
$80 = 4 \pi r^2 \frac{dr}{dt}\\<br />\frac{dr}{dt} = \frac{80}{4 \pi r^2}\\<br />= \frac{20}{\pi r^2}$
maka laju perubahan jari jari saat r = 32 adalah
$\frac{20}{\pi (32)^2} = \frac{5}{256 \pi}cm/menit$

gimana? kalau ada yang salah, mohon dikomentari ya...
Keep Moving Forward!!!

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« Jawab #2 pada: November 06, 2009, 08:03:27 AM »
EH, kalo ada soal:
Seorang Laba-laba (Aneh juga soal ini..., jadi dia orang apa laba-laba?) memiliki 8kaos kaki, dan 8 Sepatu, untuk masing-masing kakinya?
(skarang gw tau kenapa disebut seorang laba-laba ;D ;D)
terus berapa cara kemungkinan order dari pemakaian sepatu& kaos kaki itu? (tentunya kaos kaki, dipake duluan)
Insting gw bilang jawabanya:
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

bener ga?
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« Jawab #3 pada: November 09, 2009, 12:57:38 PM »
hmm...
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

kalau semua sepatu dan kaus kakinya berbeda, kayanya 8P8.8P8. (8P8 yang pertama buat sepatu, dan yang keduanya buat kaus kaki) hmm, kayanya iya deh (8!)2...
om nabih, gimana neh? yang saya buat bener ga...
saya juga masih belum terlalu mahir yang beginian, bukan anak mate sih... ;D ;D ;D

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« Jawab #4 pada: November 12, 2009, 11:20:10 AM »
@ si anak gajah, jawaban anda kurang tepat

saya juga menjawab seperti itu, tapi ga ada di pilihan

PWPWPWPP dan PPWPWPWP dianggap sama, soalnya ga ada kanan kiri

jadi jawabanya 720

(Sumber: Eli Arliani, M.Si, dosen Statistik UNY)

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« Jawab #5 pada: November 13, 2009, 02:41:57 AM »
ooo...
g ada kanan dan kiri...

pilihan ganda ya...
gak tau osnpti itu gimana...
masih anak tingkat 1.
btw osnpti cuma boleh diikuti anak MIPA ya?

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« Jawab #6 pada: November 13, 2009, 02:43:19 AM »
o iya, nomor 2 gimana kak?
balon dianggap benda sferis yang homogen kan?
jadi volumenya bola gitu?

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« Jawab #7 pada: November 14, 2009, 04:37:34 AM »
makanya semangat, belajar dari sem 1

OSNPTI ga cuma buat anak MIPA kok

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« Jawab #8 pada: November 15, 2009, 12:57:54 AM »
btw daftarnya g perlu lewat kampus yah?
bisa langsung lewat internet aja?

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« Jawab #9 pada: November 15, 2009, 06:15:43 AM »
@ anak gajah, kayaknya jawaban kamu benar (soalnya sama ama jawaban saya)

daftar OSNPTI dengan cara on-line ama ngefax surat pernyataan dari kajur/dekan/rektor

anak gajah kuliah di man c?

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« Jawab #10 pada: November 17, 2009, 02:05:09 AM »
hehehehe...
g penting kuliah dimana deh, tapi yang jelas aku masih tahun pertama...
mungkin aku nyobanya tahun depan.
harus ada surat pernyataannya ya?
berarti tetap aja harus dapat persetujuan dari kampus dong....
anyway, thanks for the info!

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« Jawab #12 pada: November 20, 2009, 01:52:58 AM »
gila banget soalnya ???
belum belajar tuh, di kampus belajarnya masih Kalkulus IA, baru nyampe teknik integrasi....
mana ngerti yang gituan...

tapi ntar aku coba cari buku referensinya deh, biar aku bisa jawab...
Thanks...

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« Jawab #13 pada: November 21, 2009, 04:09:44 AM »
Gapapa, aku yang baru nyampe kalkulus 3 baru bisa ampe no 3, no 4,5,6 belum

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Saoal OSN-PTI 2009 (Baru tadi pagi)
« Jawab #14 pada: November 21, 2009, 11:55:40 AM »
Hmm...
gitu ya...

tapi yang aku baca kayanya beberapa bukan dari kalkulus ya?
aljabar gitu?
yang aku heran soal nomor 6 memang bisa ya?
setahuku Fundamental Theorem of Algebra mengemukakan setiap polinom berderajat n akan memiliki akar-akar sebanyak n yang bisa real maupun imajiner...

ini malah semua akarnya di real dan lebih banyak dari n..
makin bingung neh...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
15267 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 13, 2008, 09:54:17 PM
oleh eky
2 Jawaban
3408 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 26, 2009, 12:02:57 PM
oleh Nabih
24 Jawaban
19950 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 23, 2014, 12:11:19 PM
oleh MuhammadRyan
0 Jawaban
1837 Dilihat
Tulisan terakhir November 29, 2016, 04:05:30 PM
oleh japanesian
2 Jawaban
955 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 06, 2018, 10:52:30 AM
oleh syx