Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 28, 2022, 02:01:30 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139630
  • Total Topik: 10387
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: sin cos tan  (Dibaca 12623 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline cendiceps

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 3
sin cos tan
« pada: November 16, 2011, 11:34:12 PM »
kalo soal sin cos tan itu gimana cara biar kita ngerti??
trus konsep biar mudah itu gimana  ??? ???

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: sin cos tan
« Jawab #1 pada: November 17, 2011, 12:31:04 AM »
Pakai jangka atau patok. Kemudian anda lihat perbandingannya.

Pertama misalkan panjang jangka 3 cm. Kemudian putarkan 10 derajat. Sudah itu bandingkan, posisi X/Panjang adalah SIN dan Y/Panjang adalah COS. ini Itdak ada rumusnya dan memang harus pakai tabel yang didapat dari cara diatas.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Fachni Rosyadi

  • Pengunjung
Re: sin cos tan
« Jawab #2 pada: November 18, 2011, 05:07:45 PM »
Pertama gambar dulu segitiganya. Kemudian tentukan perbandingan sisi-sisinya.

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
Re: sin cos tan
« Jawab #3 pada: November 22, 2011, 04:13:38 AM »
Pakai jangka atau patok. Kemudian anda lihat perbandingannya.

Pertama misalkan panjang jangka 3 cm. Kemudian putarkan 10 derajat. Sudah itu bandingkan, posisi X/Panjang adalah SIN dan Y/Panjang adalah COS. ini Itdak ada rumusnya dan memang harus pakai tabel yang didapat dari cara diatas.
rumus sih sebetulnya ada, rumus ini yg dipakai kalkulator atau komputer buat menghitung, hanya saja panjang sekali pakai ekspansi deret, membosankan kalau dihitung manusia.
No One Is Perfect. I'm a no one. It makes me perfect

Offline ANDI NURMILAWANTI ALBAH

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: sin cos tan
« Jawab #4 pada: November 22, 2011, 10:48:27 AM »
pemahamanku masalah trigon biasax terbalik-balik, apa lg law sudut2 istimewa,, metodex yg mudah hafalin sudut2 istimewa gmna sih??

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: sin cos tan
« Jawab #5 pada: November 22, 2011, 11:08:05 AM »
rumus sih sebetulnya ada, rumus ini yg dipakai kalkulator atau komputer buat menghitung, hanya saja panjang sekali pakai ekspansi deret, membosankan kalau dihitung manusia.

Ada gitu rumusnya? Paling gampang sih ya pake patok atau jangka dan bikin tabel. Ga tahu tuh orang orang INTEL CORP gimana hitungnya, mereka bener bener ahli dalam hal matematika.

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re: sin cos tan
« Jawab #6 pada: November 22, 2011, 12:17:32 PM »
ini rumusnya, menggunakan deret Taylor, x dalam satuan radian

semakin banyak suku yang dihitung hasilnya akan semakin akurat, namun akurasinya dibatasi oleh kesalahan karena pembulatan, karena di situ melibatkan operasi pembagian.
once we have eternity, everything else can wait

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: sin cos tan
« Jawab #7 pada: November 22, 2011, 12:23:58 PM »
Ga ngerti saya. Plus, nilai radian dapatnya darimana? Paling mudah buat saya, bikin gambar seluas 1024x1024 pixel, setiap bulat warnanya mewakili pecahannya, misalkan warna merah 01 atau 129 untuk mewakili presisi digit koma 0, 130 untuk digit koma 1 dst. Kalau untuk radian begitu benar benar belum masuk akal saya.

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re: sin cos tan
« Jawab #8 pada: November 22, 2011, 01:39:13 PM »
Radian adalah satuan standar untuk besar sudut 2 dimensi.
Waktu SD kita diajari bahwa keliling lingkaran itu
K=2.π.R
R merupakan jari-jari lingkaran.
Panjang busur setengah lingkaran = π.R
Panjang busur seperempat lingkaran = π.R/2
Kalau dinyatakan dalam derajat, sudut yang dibentuk oleh seperempat lingkaran adalah 90°, setengah lingkaran 180°, satu lingkaran penuh 360°.
Jika besar sudutnya 1 radian, panjang busur yang terbentuk sama dengan jari-jarinya.

dengan demikian sudut yang membentuk seperempat lingkaran = 90° = π/2 radian.
setengah lingkaran = 180° = π radian.
satu lingkaran penuh= 360° = 2π radian.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: sin cos tan
« Jawab #9 pada: November 22, 2011, 10:09:13 PM »
Radian adalah satuan standar untuk besar sudut 2 dimensi.
Waktu SD kita diajari bahwa keliling lingkaran itu
K=2.π.R
R merupakan jari-jari lingkaran.
Panjang busur setengah lingkaran = π.R
Panjang busur seperempat lingkaran = π.R/2
Kalau dinyatakan dalam derajat, sudut yang dibentuk oleh seperempat lingkaran adalah 90°, setengah lingkaran 180°, satu lingkaran penuh 360°.
Jika besar sudutnya 1 radian, panjang busur yang terbentuk sama dengan jari-jarinya.

dengan demikian sudut yang membentuk seperempat lingkaran = 90° = π/2 radian.
setengah lingkaran = 180° = π radian.
satu lingkaran penuh= 360° = 2π radian.

Thanks, kayaknya saya mulai paham.

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
Re: sin cos tan
« Jawab #10 pada: November 24, 2011, 03:14:52 AM »
salah satu kemudahan radian misal begini, kita tahu kecepatan sudut (rad/s), nah kecepatan tangensialnya tinggal dikali aja sma jari2 putaran. sederhana. lagipula lebih enak utk perhitungan yg melibatkan PI.

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
Re: sin cos tan
« Jawab #11 pada: November 24, 2011, 03:18:30 AM »
pemahamanku masalah trigon biasax terbalik-balik, apa lg law sudut2 istimewa,, metodex yg mudah hafalin sudut2 istimewa gmna sih??
gini aja, hapalin urutan: 0,30,45,60,90
terus mulai dari sin: setengah, setengah akar dua, akar dua, setengah akar tiga, satu.
cosinus dibalik:satu, setengah akar tiga,...dst
tan:sin dibagi cos

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: sin cos tan
« Jawab #12 pada: November 24, 2011, 08:14:03 AM »
Ga usah diapalin, pake jangka ma patok aja. Tarik 45 derajat, sudah itu bandingkan posisi deltanya dengan panjang. Gampang banget kok. ;D Atau pake segitiga kalo 45 derajat, yang harus sama siku atau apalah lupa.

Offline Anton_Soepriyanto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 23
  • Gender: Pria
Re: sin cos tan
« Jawab #13 pada: November 24, 2011, 10:41:33 AM »
Ya,Yg jelas kita harus paham konsepnya. Mengenai menghapal itu mempercepat perhitungan. Tapi kalau sering ketemu yah hapal dg sendirinya.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:sin cos tan
« Jawab #14 pada: Agustus 21, 2013, 03:17:55 AM »
gini aja, hapalin urutan: 0,30,45,60,90
terus mulai dari sin: setengah, setengah akar dua, akar dua, setengah akar tiga, satu.
cosinus dibalik:satu, setengah akar tiga,...dst
tan:sin dibagi cos

Aku dulu ngapalin kayak gitu juga kesusahan lho, sampai akhirnya aku menemukan polanya:
sin 0 = 0 = setengah akar 0
sin 30 = setengah = setengah akar 1
sin 45 = setengah akar 2
sin 60 = setengah akar 3
sin 90 = satu = setengah x 2 = setengah akar 4
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
cos n sin

Dimulai oleh asma Matematika

10 Jawaban
7537 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2009, 01:37:29 PM
oleh si anak gajah
Sin Cos Rules

Dimulai oleh jsavigny « 1 2 » Matematika

17 Jawaban
14236 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 02, 2010, 03:24:55 AM
oleh Arief Widagdo
Cos Alpha

Dimulai oleh Fachni Rosyadi Bimbel Matematika

5 Jawaban
5343 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2010, 01:19:06 PM
oleh galihutomo
3 Jawaban
9013 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2011, 03:22:17 PM
oleh mhyworld
Panjang kurva y=ln(cos x)

Dimulai oleh Fachni Rosyadi Matematika

3 Jawaban
4457 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 03, 2012, 04:42:31 AM
oleh mhyworld