Forum Sains Indonesia
Ilmu Alam => Matematika => Topik dimulai oleh: Farabi pada April 09, 2014, 04:49:00 PM
(http://farabidatacenter.url.ph/MainSystem/MainData/Intersection.png)
Ada yang tahu bagaimana cara menghitung segitiga atau garis untuk segitiga yang bertumpuk(overlap)?
Pertanyaannya bisa diperjelas ngak. Maksudnya menghitung apanya? Panjang garis perpotongannya?
Semisal ada segitiga tidak berpotongan tapi searah seperti gambar overlap diatas. Saya ingin tahu dititik berapa segitiga tersebut saling bersinggungan.
Lebih jelasnya begini. Ada dua segitiga yang sama besarnya. Segitiga yang satu dijatuhkan ke segitiga yang lain. Bagaimana cara menghitung singgungannya.
Ooo begitu maksudnya. Pertama-tama pada dua segitiga yang saling overlap seperti di gambar, maka overlapingnya akan membentuk bidang yang terbatas (pada gambar kebetulan overlapingnya membentuk segitiga pula). Jadi titik yang mau dicari posisinya jumlah tak terhingga di dalam segitiga tersebut.
Ini persoalan menentukan daerah konveks seperti pada solusi masalah program linear. Kita perlu mengetahui persamaan-persamaan garis yang membentuk ketiga sisi segitiga tersebut (ada 3 persamaan garis). Karena mau dicari bidang konveks yang bentuk dengan batas garis-garis tersebut, maka hasil akhirnya akan berbentuk sistem pertidaksamaan linear.
Oh saya dapet rumusnya nih
; a = U1.y - U0.y
; b = -(U1.x - U0.x)
; c = -a*U0.x - b*U0.y
; d0 = a*V0.x + b*V0.y + c
Rumusnya dapet tapi saya ga ngerti gimana bisa rumus tersebut ditemukan, kira kira siapa yang pertama kali menemukan rumus bahwa suatu titik didalam segitiga bisa dihitung dengan rumus matematika? Rasanya teknologi 3D baru 30 tahun belakangan kan?
Berhasil nih. Bukan cuma segitiga, tapi semua bentuk juga bisa, bahkan bulet sekalipun.
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]