Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Matematika => Topik dimulai oleh: Nabih pada Mei 30, 2009, 09:49:53 AM

Judul: Tanya-Tanya istilah Ellips
Ditulis oleh: Nabih pada Mei 30, 2009, 09:49:53 AM
Jelaskan istilah berikut, serta jelaskan asal-usul rumus umumnya

1. Direktris Elips
2. Garis Tengah Sekawan
3. Eksentrisitas Linier
4. Eksentrisitas Numerik
5. Dalil Appollonius

(1 IQ untuk masing-masing istilah, jangan lupa pembuktian, minimal pemjelasan rumus umumnya)
Judul: Re: Tanya-Tanya istilah Ellips
Ditulis oleh: Sky pada Mei 30, 2009, 01:56:16 PM
Haha kayak bisnis aja nih...
Aku jawab yang paling gampang aja deh....

no. 3
Eksentrisitas Linier adalah jarak dari fokus ellips ke titik pusat ellips.

Ga ada pembuktian, karena emang istilah aja.

biar penasaran sama arti direktris Ellips, kita sambung dengan istilah direktris.

Jadi, jarak suatu titik di elips ke garis direktris adalah sama dengan eksentrisitas linier dikali jarak titik tersebut ke fokus.

Biar lebih lengkap, ku kutip gambar dari wikipedia.

Kutip
http://en.wikipedia.org/wiki/Directrix
(http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/f/f8/Ellipse_parameters.svg/400px-Ellipse_parameters.svg.png)
Judul: Re: Tanya-Tanya istilah Ellips
Ditulis oleh: Nabih pada Mei 31, 2009, 10:20:42 AM
Kenapa Direktris tak berhimpit langsung denagn elips ???

udah benar untuk no 3 (IQ+1)

untuk no 1, bisa dijelasin tentang definisi asli dari direktris ???
Judul: Re: Tanya-Tanya istilah Ellips
Ditulis oleh: nash pada Mei 31, 2009, 10:33:11 AM
aku ga ngerti ttg elips,

irisan kerucut yg masuk kurikulum SMA skrg cuma lingkaran doank...
butuh belajar lagi neh
Judul: Re: Tanya-Tanya istilah Ellips
Ditulis oleh: Nabih pada Mei 31, 2009, 12:15:00 PM
Boleh cari di wikipedia kok, baca aja

Sebenarnya aku udah dapet, n lumayan bisa, biar seru aja aku masukkin, kali aja ada yang bisa nambah wawasan