Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 21, 2021, 09:37:36 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139629
  • Total Topik: 10389
  • Online Today: 180
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tanya-Tanya istilah Ellips  (Dibaca 9355 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Tanya-Tanya istilah Ellips
« pada: Mei 30, 2009, 09:49:53 AM »
Jelaskan istilah berikut, serta jelaskan asal-usul rumus umumnya

1. Direktris Elips
2. Garis Tengah Sekawan
3. Eksentrisitas Linier
4. Eksentrisitas Numerik
5. Dalil Appollonius

(1 IQ untuk masing-masing istilah, jangan lupa pembuktian, minimal pemjelasan rumus umumnya)
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: Tanya-Tanya istilah Ellips
« Jawab #1 pada: Mei 30, 2009, 01:56:16 PM »
Haha kayak bisnis aja nih...
Aku jawab yang paling gampang aja deh....

no. 3
Eksentrisitas Linier adalah jarak dari fokus ellips ke titik pusat ellips.

Ga ada pembuktian, karena emang istilah aja.

biar penasaran sama arti direktris Ellips, kita sambung dengan istilah direktris.

Jadi, jarak suatu titik di elips ke garis direktris adalah sama dengan eksentrisitas linier dikali jarak titik tersebut ke fokus.

Biar lebih lengkap, ku kutip gambar dari wikipedia.

Kutip
http://en.wikipedia.org/wiki/Directrix

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Tanya-Tanya istilah Ellips
« Jawab #2 pada: Mei 31, 2009, 10:20:42 AM »
Kenapa Direktris tak berhimpit langsung denagn elips ???

udah benar untuk no 3 (IQ+1)

untuk no 1, bisa dijelasin tentang definisi asli dari direktris ???
« Edit Terakhir: Mei 31, 2009, 10:24:17 AM oleh Nabih »

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Tanya-Tanya istilah Ellips
« Jawab #3 pada: Mei 31, 2009, 10:33:11 AM »
aku ga ngerti ttg elips,

irisan kerucut yg masuk kurikulum SMA skrg cuma lingkaran doank...
butuh belajar lagi neh
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Tanya-Tanya istilah Ellips
« Jawab #4 pada: Mei 31, 2009, 12:15:00 PM »
Boleh cari di wikipedia kok, baca aja

Sebenarnya aku udah dapet, n lumayan bisa, biar seru aja aku masukkin, kali aja ada yang bisa nambah wawasan

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
31 Jawaban
23196 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2009, 01:25:38 PM
oleh faiqhr
3 Jawaban
5435 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2009, 05:53:19 AM
oleh Sky
19 Jawaban
13239 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 12, 2009, 08:46:26 AM
oleh HyawehHoshikawa
8 Jawaban
7074 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 09, 2010, 12:44:59 PM
oleh skuler
36 Jawaban
23509 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2010, 06:03:30 AM
oleh Monox D. I-Fly