Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juli 28, 2021, 03:48:06 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139657
  • Total Topik: 10399
  • Online Today: 75
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 49
Total: 49

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tanya tanya Soal matematika.  (Dibaca 23891 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Fhydha_099

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 150
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
  • Bubble Gummy ... :-D
    • Bubble Gummy Blog's
Tanya tanya Soal matematika.
« pada: April 30, 2010, 01:07:29 PM »
Ass

Hai teman....
Aku mau nanya nih. Soal matematika kelas 5 SD. Karena aku agak (Dodol) dalem matematika. Hehehe...
Langsung aja deh...

Soal:
1. Rumus Limas segi delapan apa ya?
2. Rumus Pitagoras (betul ga?) itu apa??
3. Jika ada soal:

Tentukan luas daerah L ! (phi = 3,14) Luas Lingkaran:37 cm

Udah. Segitu aja.
Bila ada salah ucap aku mohon maaf

Wass

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #1 pada: April 30, 2010, 09:58:03 PM »
Wa'alaykumsalam...
1. Misal, nama limasnya T.ABCD.EFGH dan T' sebagai proyeksi T, volume limas: 1/3 x (luas alas) x (tinggi limas). Karena alasnya segi 8, maka rumus luas alasnya: 8 x T'A x T'B x sin45°.

2. Rumusnya: kuadrat panjang hipotenusa segitiga siku-siku adalah jumlah kuadrat dari sisi yang membentuk sudut siku-siku. Misalnya segitiga ABC siku-siku di B. Maka rumusnya: (AC)²=(AB)²+(BC)²

3. Cari jari2 lingkaran dulu, lalu tarik garis dari pusat lingkaran ke pusat lingkaran yg lain sehingga terbentuklah bujur sangkar yang panjang sisinya=diameter lingkaran. Luas L=(luas bujur sangkar)-(4 x 1/4 luas lingkaran)

Sekian, semoga bisa dimengerti... >,<
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #2 pada: Mei 01, 2010, 01:44:11 AM »
..i,ini soal SD ya?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Fhydha_099

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 150
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
  • Bubble Gummy ... :-D
    • Bubble Gummy Blog's
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #3 pada: Mei 01, 2010, 03:12:12 AM »
Wa'alaykumsalam...
1. Misal, nama limasnya T.ABCD.EFGH dan T' sebagai proyeksi T, volume limas: 1/3 x (luas alas) x (tinggi limas). Karena alasnya segi 8, maka rumus luas alasnya: 8 x T'A x T'B x sin45°.

2. Rumusnya: kuadrat panjang hipotenusa segitiga siku-siku adalah jumlah kuadrat dari sisi yang membentuk sudut siku-siku. Misalnya segitiga ABC siku-siku di B. Maka rumusnya: (AC)²=(AB)²+(BC)²

3. Cari jari2 lingkaran dulu, lalu tarik garis dari pusat lingkaran ke pusat lingkaran yg lain sehingga terbentuklah bujur sangkar yang panjang sisinya=diameter lingkaran. Luas L=(luas bujur sangkar)-(4 x 1/4 luas lingkaran)

Sekian, semoga bisa dimengerti... >,<

ooo..... makasi deh ka....

Offline Fhydha_099

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 150
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
  • Bubble Gummy ... :-D
    • Bubble Gummy Blog's
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #4 pada: Mei 01, 2010, 04:32:58 AM »
..i,ini soal SD ya?

ngggak..... cuma nanya doank  ;D ;D ;D

awas aja nanti blajar mat mulu rambutnya jadi  :kribo: :kribo: :kribo:

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #5 pada: Mei 01, 2010, 08:56:36 AM »
..hebat, masi SD masuk ke forum angker kaya gini.... ;D

Offline Fhydha_099

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 150
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
  • Bubble Gummy ... :-D
    • Bubble Gummy Blog's
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #6 pada: Mei 01, 2010, 09:08:53 AM »
..hebat, masi SD masuk ke forum angker kaya gini.... ;D
Siapa yang bilang angker?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #7 pada: Mei 01, 2010, 09:15:08 AM »
...dulu waktu aku SD aku paling takut ama nih pelajaran(Matematika)...

Offline Fhydha_099

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 150
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
  • Bubble Gummy ... :-D
    • Bubble Gummy Blog's
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #8 pada: Mei 01, 2010, 09:17:18 AM »
...dulu waktu aku SD aku paling takut ama nih pelajaran(Matematika)...
La sama..... :D

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #9 pada: Mei 02, 2010, 01:47:59 PM »
Ah, sama2...

Aq SD pernah dapet nol pas ulangan... >,<
Tapi skrg q suka matematika...seru soalnya...hahaha...

Offline Л-ngin_Л-ntar

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 1
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #10 pada: Juni 19, 2010, 10:30:14 AM »
Wa'alaykumsalam...
1. Misal, nama limasnya T.ABCD.EFGH dan T' sebagai proyeksi T, volume limas: 1/3 x (luas alas) x (tinggi limas). Karena alasnya segi 8, maka rumus luas alasnya: 8 x T'A x T'B x sin45°.

2. Rumusnya: kuadrat panjang hipotenusa segitiga siku-siku adalah jumlah kuadrat dari sisi yang membentuk sudut siku-siku. Misalnya segitiga ABC siku-siku di B. Maka rumusnya: (AC)²=(AB)²+(BC)²

3. Cari jari2 lingkaran dulu, lalu tarik garis dari pusat lingkaran ke pusat lingkaran yg lain sehingga terbentuklah bujur sangkar yang panjang sisinya=diameter lingkaran. Luas L=(luas bujur sangkar)-(4 x 1/4 luas lingkaran)

Sekian, semoga bisa dimengerti... >,<

Offline Л-ngin_Л-ntar

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 1
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #11 pada: Juni 19, 2010, 10:39:04 AM »
mungkin maksudnya,,
luas alas ( segi 8 ) adalah :
 8 x  luas segi tiga T'AB = 8 x ( 1/2 T'A x T'B sin45 ) = 4 x T'A x T'B sin45
 :D :D :D :D :D ;)

Offline paradoks

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 2
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #12 pada: Juni 28, 2010, 02:42:46 PM »
@atas
buset, SD dikasi trigonometri ><

jang jelas sih, apapun limasnya, luasnya 1/3 x tinggi x luas alas, kalo dipikir-pikir kerucut itu limas juga bukan ya?
"ohhhh I wish I could live life five times over…Then I’d be born in five different places, and I’d stuff myself with different food from around the world…I’d live five different lives with five different occupations…and then, for those five times…I’d fall in love with the same person…five times..” ~Bleach, Inoue Orihime~

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #13 pada: Juni 28, 2010, 09:18:16 PM »
Limas adalah suatu bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah segi banyak (segi n) dan segitiga-segitiga yang mempunyai titik puncak persekutuan di luar bidang segibanyak itu.
So, kerucut itu bukan limas... :)
« Edit Terakhir: Juni 28, 2010, 09:20:12 PM oleh Takagi Fujimaru »

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Tanya tanya Soal matematika.
« Jawab #14 pada: Juni 29, 2010, 06:22:08 AM »
@atas
buset, SD dikasi trigonometri ><

jang jelas sih, apapun limasnya, luasnya 1/3 x tinggi x luas alas, kalo dipikir-pikir kerucut itu limas juga bukan ya?

Itu volumenya bung, bukan luasnya...

Limas adalah suatu bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah segi banyak (segi n) dan segitiga-segitiga yang mempunyai titik puncak persekutuan di luar bidang segibanyak itu.
So, kerucut itu bukan limas... :)

Ng? Tp dr bentuknya bukannya kerucut itu limas ya?
Mungkin perbandingannya kayak gini:

balok:limas = tabung:kerucut
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
18524 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 09, 2008, 05:24:42 AM
oleh izumi
3 Jawaban
187008 Dilihat
Tulisan terakhir November 27, 2015, 03:40:50 PM
oleh Monox D. I-Fly
31 Jawaban
23611 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2009, 01:25:38 PM
oleh faiqhr
11 Jawaban
9618 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 13, 2011, 08:21:28 PM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
2 Jawaban
6022 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 11, 2010, 06:42:18 PM
oleh kadugedeboys