Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 25, 2022, 08:51:57 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,632
  • Total Topik: 10,389
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 66
Total: 66

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Tanya tanya Soal matematika.

Dimulai oleh Fhydha_099, April 29, 2010, 10:07:29 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Fhydha_099

Ass

Hai teman....
Aku mau nanya nih. Soal matematika kelas 5 SD. Karena aku agak (Dodol) dalem matematika. Hehehe...
Langsung aja deh...

Soal:
1. Rumus Limas segi delapan apa ya?
2. Rumus Pitagoras (betul ga?) itu apa??
3. Jika ada soal:

Tentukan luas daerah L ! (phi = 3,14) Luas Lingkaran:37 cm

Udah. Segitu aja.
Bila ada salah ucap aku mohon maaf

Wass

Takagi Fujimaru

Wa'alaykumsalam...
1. Misal, nama limasnya T.ABCD.EFGH dan T' sebagai proyeksi T, volume limas: 1/3 x (luas alas) x (tinggi limas). Karena alasnya segi 8, maka rumus luas alasnya: 8 x T'A x T'B x sin45°.

2. Rumusnya: kuadrat panjang hipotenusa segitiga siku-siku adalah jumlah kuadrat dari sisi yang membentuk sudut siku-siku. Misalnya segitiga ABC siku-siku di B. Maka rumusnya: (AC)²=(AB)²+(BC)²

3. Cari jari2 lingkaran dulu, lalu tarik garis dari pusat lingkaran ke pusat lingkaran yg lain sehingga terbentuklah bujur sangkar yang panjang sisinya=diameter lingkaran. Luas L=(luas bujur sangkar)-(4 x 1/4 luas lingkaran)

Sekian, semoga bisa dimengerti... >,<
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

nandaz

starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Fhydha_099

Kutip dari: Takagi Fujimaru pada April 30, 2010, 06:58:03 AM
Wa'alaykumsalam...
1. Misal, nama limasnya T.ABCD.EFGH dan T' sebagai proyeksi T, volume limas: 1/3 x (luas alas) x (tinggi limas). Karena alasnya segi 8, maka rumus luas alasnya: 8 x T'A x T'B x sin45°.

2. Rumusnya: kuadrat panjang hipotenusa segitiga siku-siku adalah jumlah kuadrat dari sisi yang membentuk sudut siku-siku. Misalnya segitiga ABC siku-siku di B. Maka rumusnya: (AC)²=(AB)²+(BC)²

3. Cari jari2 lingkaran dulu, lalu tarik garis dari pusat lingkaran ke pusat lingkaran yg lain sehingga terbentuklah bujur sangkar yang panjang sisinya=diameter lingkaran. Luas L=(luas bujur sangkar)-(4 x 1/4 luas lingkaran)

Sekian, semoga bisa dimengerti... >,<

ooo..... makasi deh ka....

Fhydha_099

Kutip dari: nandaz pada April 30, 2010, 10:44:11 AM
..i,ini soal SD ya?

ngggak..... cuma nanya doank  ;D ;D ;D

awas aja nanti blajar mat mulu rambutnya jadi  :kribo: :kribo: :kribo:

nandaz

..hebat, masi SD masuk ke forum angker kaya gini.... ;D
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl


nandaz

...dulu waktu aku SD aku paling takut ama nih pelajaran(Matematika)...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl


Takagi Fujimaru

Ah, sama2...

Aq SD pernah dapet nol pas ulangan... >,<
Tapi skrg q suka matematika...seru soalnya...hahaha...
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Л-ngin_Л-ntar

Kutip dari: Takagi Fujimaru pada April 30, 2010, 06:58:03 AM
Wa'alaykumsalam...
1. Misal, nama limasnya T.ABCD.EFGH dan T' sebagai proyeksi T, volume limas: 1/3 x (luas alas) x (tinggi limas). Karena alasnya segi 8, maka rumus luas alasnya: 8 x T'A x T'B x sin45°.

2. Rumusnya: kuadrat panjang hipotenusa segitiga siku-siku adalah jumlah kuadrat dari sisi yang membentuk sudut siku-siku. Misalnya segitiga ABC siku-siku di B. Maka rumusnya: (AC)²=(AB)²+(BC)²

3. Cari jari2 lingkaran dulu, lalu tarik garis dari pusat lingkaran ke pusat lingkaran yg lain sehingga terbentuklah bujur sangkar yang panjang sisinya=diameter lingkaran. Luas L=(luas bujur sangkar)-(4 x 1/4 luas lingkaran)

Sekian, semoga bisa dimengerti... >,<

Л-ngin_Л-ntar

mungkin maksudnya,,
luas alas ( segi 8 ) adalah :
8 x  luas segi tiga T'AB = 8 x ( 1/2 T'A x T'B sin45 ) = 4 x T'A x T'B sin45
:D :D :D :D :D ;)

paradoks

@atas
buset, SD dikasi trigonometri ><

jang jelas sih, apapun limasnya, luasnya 1/3 x tinggi x luas alas, kalo dipikir-pikir kerucut itu limas juga bukan ya?
"ohhhh I wish I could live life five times over...Then I'd be born in five different places, and I'd stuff myself with different food from around the world...I'd live five different lives with five different occupations...and then, for those five times...I'd fall in love with the same person...five times.." ~Bleach, Inoue Orihime~

Takagi Fujimaru

#13
Limas adalah suatu bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah segi banyak (segi n) dan segitiga-segitiga yang mempunyai titik puncak persekutuan di luar bidang segibanyak itu.
So, kerucut itu bukan limas... :)
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Monox D. I-Fly

Kutip dari: paradoks pada Juni 27, 2010, 11:42:46 PM
@atas
buset, SD dikasi trigonometri ><

jang jelas sih, apapun limasnya, luasnya 1/3 x tinggi x luas alas, kalo dipikir-pikir kerucut itu limas juga bukan ya?

Itu volumenya bung, bukan luasnya...

Kutip dari: Takagi Fujimaru pada Juni 28, 2010, 06:18:16 AM
Limas adalah suatu bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah segi banyak (segi n) dan segitiga-segitiga yang mempunyai titik puncak persekutuan di luar bidang segibanyak itu.
So, kerucut itu bukan limas... :)

Ng? Tp dr bentuknya bukannya kerucut itu limas ya?
Mungkin perbandingannya kayak gini:

balok:limas = tabung:kerucut
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.