Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 05, 2021, 04:56:14 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26699
  • Latest: Rion
Stats
  • Total Tulisan: 139621
  • Total Topik: 10384
  • Online Today: 41
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Fatamorgana Sudut  (Dibaca 10942 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Fatamorgana Sudut
« pada: Agustus 19, 2008, 08:51:12 PM »
Berangkat dari soal SMA-nya Mas Reborn , saya tampilkan dua diantara solusi2 yang kelihatannya benar kalau dihitung dari sudut2nya saja.

Silahkan coba cek jumlah sudut2nya, baik yg membentuk segitiga maupun membentuk sudut lurus...hahahahakekekekekk...
Yang jelas tak mungkin kedua-duanya benar, kalau keduanya salah mungkin....kalau anak SMA bisa brindil rambutnya ini...hehehehhee...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Fatamorgana Sudut
« Jawab #1 pada: Agustus 21, 2008, 09:17:45 AM »
wah, keren nih, mayan bikin pusing ;D
Bener, kalo kita hanya memandang jumlah sudut-sudut dalam sebuah segitiga dan garis lurus adalah 180 derajat, keduanya bener. Tapi sekilas saya lihat, dari aturan kesebangunan ada yang bermasalah. Contohnya di segitiga yang sebelah kanan :

liat segitiga ABC dan CDE, di situ tertulis sudut2nya sama, seharusnya kedua segitiga itu sebangun nyatanya kan ngga.

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Fatamorgana Sudut
« Jawab #2 pada: Agustus 21, 2008, 09:39:07 PM »
liat segitiga ABC dan CDE, di situ tertulis sudut2nya sama, seharusnya kedua segitiga itu sebangun nyatanya kan ngga.
Soo...apa dasarnya segitiga ABC harus sebangun dengan segitiga CDE, sedangkan AB dengan DE belum tentu sejajar??

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Fatamorgana Sudut
« Jawab #3 pada: September 07, 2008, 11:55:42 PM »
Setelah saya itung2, berikut adalah penyelesaian, yaitu bagaimanapun pakai trigonometri.

Penyelesaiannya adalah :


Ada berapakah kemungkinan segitiga ABC dan segitiga DEC sebangun ? Ini soal SMP heheheh...

Offline thunderzips

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Rachavidya
Re: Fatamorgana Sudut
« Jawab #4 pada: Oktober 18, 2008, 09:49:51 AM »
yang gambar kanan sudut 80 derajat tuh lancip...tapi di sana jadi tumpul
yah,, cuma main2 bilangan
secara fisik g bisa dibohongi hehehe
Rachavidya Thunderzips
"each target has a value, each value depends on our effort and Allah SWT"

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Fatamorgana Sudut
« Jawab #5 pada: Maret 07, 2009, 12:16:02 AM »
karena banyak sudut yang enggak diketahui berarti kita bisa menentukan x berapa aja donk lalu sudut yang belum diketahui bisa mengikuti atau menyesuaikan. jadi solusinya banyak nich selama x lebih besar dari nol dan lebih kecil dari 180deratad.

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Fatamorgana Sudut
« Jawab #6 pada: Maret 09, 2009, 01:45:19 AM »
menurutku itu cuma manipulasi besar sudut saja,..

agar terlihat benar, tapi terkesan salah

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Fatamorgana Sudut
« Jawab #7 pada: Maret 10, 2009, 02:23:46 PM »
yang gambar kanan sudut 80 derajat tuh lancip...tapi di sana jadi tumpul
yah,, cuma main2 bilangan secara fisik g bisa dibohongi hehehe

karena banyak sudut yang enggak diketahui berarti kita bisa menentukan x berapa aja donk lalu sudut yang belum diketahui bisa mengikuti atau menyesuaikan. jadi solusinya banyak nich selama x lebih besar dari nol dan lebih kecil dari 180deratad.

Yaa anda betul secara fisik tidak bisa dibohongi. Yang lalu jadi permasalahan adalah karena diketahui dari soal awalnya bahwa sudut-sudut alpha-1, alpha-2, beta-1, dan beta-2 itu fixed, sehingga menyebabkan solusinya harus fixed (tunggal), sedangkan dari perhitungan melalui aljabar sudut biasa bisa menghasilkan banyak solusi, yang ternyata malah kedua contoh penyelsaian tersebut salah semua.
Kalau titik potong garis AE dan BD kita beri nama O, kita dapati segiempat DOEC. Nah yang menjadi terlanggar adalah kenyataan bahwa untuk segiempat walaupun sudut-sudutnya sama besar belum tentu sebangun seperti pada segitiga. Dan kita dapati kalau hanya mengandalkan aljabar sudut biasa, maka untuk sebarang segiempat DOEC yang besar sudutnya sama dan memberikan sudut x dan y yang berbeda-beda akan memenuhinya.
Hal ini mau tidak mau harus memperhitungkan BE dan AD yang berarti melibatkan perhitungan trigonometri.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Fatamorgana Sudut
« Jawab #8 pada: Maret 11, 2009, 03:44:02 AM »
@Mtk Mataram
berarti intinya benerkan solusinya banyak?

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Fatamorgana Sudut
« Jawab #9 pada: Maret 13, 2009, 12:20:21 PM »
@superstring39
Bukan, solusinya sebenarnya tunggal. Hanya kalau mengandalkan sifat kesebangunan dan kenyataan jumlah sudut dalam segitiga 180 derajat saja maka kelihatannya solusinya banyak.
Mengapa demikian? karena ada satu variabel yang dilupakan, yaitu kemiringan AC dan BC terabaikan.

Offline anestesia

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 3
Re: Fatamorgana Sudut
« Jawab #10 pada: April 12, 2009, 02:21:26 AM »
 >:D walaw menurut gambar gak mungkin, tapi kadang-kadang saya juga nemuin soal ber-ilustrastion yang udah bikin aku ma pak Danan pusing karena gambarnya gak cocok (pak danan tuh guru pengajarku, otaknya pentium 100, deh!!! ;))...

Eh, gak taunya ada tulisan skala tidak perlu diperhatikan (buku karangan sugi guritman). Gimana gak pusing, ada bangun yang menyerupai jajar genjang yang mirinnngggg, banget, tapi setelah sudutnya dihitung, ternyata itu tuh persegi panjang!!! ungkin kasusnya sama...

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Re: Fatamorgana Sudut
« Jawab #11 pada: Juni 12, 2009, 04:17:37 PM »
yang gambar kanan sudut 80 derajat tuh lancip...tapi di sana jadi tumpul
yah,, cuma main2 bilangan
secara fisik g bisa dibohongi hehehe
yoi bener...

>:D walaw menurut gambar gak mungkin, tapi kadang-kadang saya juga nemuin soal ber-ilustrastion yang udah bikin aku ma pak Danan pusing karena gambarnya gak cocok (pak danan tuh guru pengajarku, otaknya pentium 100, deh!!! ;))...

Eh, gak taunya ada tulisan skala tidak perlu diperhatikan (buku karangan sugi guritman). Gimana gak pusing, ada bangun yang menyerupai jajar genjang yang mirinnngggg, banget, tapi setelah sudutnya dihitung, ternyata itu tuh persegi panjang!!! ungkin kasusnya sama...

kemungkinan terbesar yg kiri bener, yang kanan salah
dan gambar kanan seharusnya agar sudutnya benar harus lebih besar dari gambar kiri.

soal ini memang untuk anak smp bisa dikerjakan, dan jawabannya seperti yang superstring bilang antara lebih besar dari 0 sampai kurang dari 180.

dan ini juga menjadi jawaban pada pertanyaan dari
http://www.forumsains.com/matematika-smu/(geometri)-tentukan-nilai-x-dengan-menggunakan-geometri-dasar/msg0/#new

namun jika kita ingin menentukan nilai x yang benar harus ada syarat lain yang diketahui...
seperti panjang salah satu sisi, atau disebutkan mana-mana saja segitiga yang sebangun.
atau dikasih tambahan sudut yg diketahui.

jadi bener jg kata anestesia

sory numpang nimbrung di mtk
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Fatamorgana Sudut
« Jawab #12 pada: Juni 13, 2009, 01:09:08 PM »
Wah Mas Karno ini, tulisannya mengandung kontradiksi :
"soal ini memang untuk anak smp bisa dikerjakan, dan jawabannya seperti yang superstring bilang antara lebih besar dari 0 sampai kurang dari 180."
dan
"namun jika kita ingin menentukan nilai x yang benar harus ada syarat lain yang diketahui...seperti panjang salah satu sisi, atau disebutkan mana-mana saja segitiga yang sebangun. atau dikasih tambahan sudut yg diketahui."



 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
42 Jawaban
19148 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 20, 2013, 05:23:54 AM
oleh Monox D. I-Fly
11 Jawaban
12486 Dilihat
Tulisan terakhir November 01, 2009, 06:46:02 AM
oleh si anak gajah
3 Jawaban
8120 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 27, 2011, 09:30:10 AM
oleh 12
14 Jawaban
11519 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 03, 2012, 03:58:07 AM
oleh Farabi
0 Jawaban
2821 Dilihat
Tulisan terakhir November 17, 2012, 02:07:54 AM
oleh gtx