Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Matematika => Topik dimulai oleh: ZeroFour pada Januari 04, 2010, 07:21:37 AM

Judul: titik berat
Ditulis oleh: ZeroFour pada Januari 04, 2010, 07:21:37 AM
allo...
wahai para ahli math...tolong jlasin y... ;D ;D
q tau klo ttk brat sgi 4= 1/2 tinggi (t) n 1/2 alas (a)..., ato ttk brat sgi 3= 1/3 t, 1/2 a...
ntu dpt dr mn y...?kok bs gtu...?q cm tau, pokokny gtu deh, dan g tau dr mn...jd g bs klo nyari ttk brat bngun lain...!! ??? ???

nah, gmn klo trapesium...?dmn ttk brat ny...?kn jd bngung tuh...
 :'( :'( :'(

mksi tuk pnjlasanny   ::) ::) ::)
Judul: Re: titik berat
Ditulis oleh: cph pada Januari 04, 2010, 09:16:47 AM
cb baca ini & ini.
Judul: Re: titik berat
Ditulis oleh: HyawehHoshikawa pada Januari 04, 2010, 10:48:05 AM
haha, berhubung saya paham tentang ini, jadi sini saya coba jelasin ;D ;D
misal kita ambil bangun ruang segitiga yang dibentuk oleh titik (0,0) (0,4) dan (4,4)
gambarnya kayak gini:
(http://www2.wolframalpha.com/Calculate/MSP/MSP68519900a825h80ef6600002gee6b448i8fd934?MSPStoreType=image/gif&s=7)
berarti persamaan garisnya bisa kita ambil y= x dari 0 sampe 4
kemudian garis tengahnya ada di
y=\frac x2
bisa dibilang didapet dari rata-ratanya kedua pembatas yaitu (kurva atas(y=x) dan kurva bawah(y=0) bagi 2)
nah kemudian, tau cara nyari titik pusat kotak yang dideret-deret kan
y_{pusat} = \frac{(y_{pusat1}*luas1)+(y_{pusat2}*Luas2)+(y_{pusat3}*luas3)...}{luas1+Luas2+luas3}
nah, dengan cara yang sama.
tapi kalo untuk mencari titik pusat, kita mempartisi segitiga ini menjadi bagian yang sangat kecil(lebarnya mendekati 0,tapi panjangnya sama dengan jarak antara kedua kurva)
y_{pusat} = \frac{{\int_0^4 \frac x2*x dx}}{\int_0^4 x dx}
note: x/2 menyatakan tempat titik tengahnya untuk tiap x;
sementara x menyatakan representasikan luasannya (bisa dibilang begitu)
y_{pusat} = \frac {\frac{32}3}{8}
y_{pusat} = 4/3
tepat seperti yang kita harapkan kan?

dengan cara yang sama, kalo nyari Xpusat, maka kita mempartisinya kearah y, dan selanjutnya lakukan hal yang sama
dapetnya hmm...
mboh'e males nyari, cobain aja ^^

ntar kalo udah bisa coba cari titik pusat luasan diantara 2 kurva (y=x^2) dan y=0 ^^
CMIIW
Judul: Re: titik berat
Ditulis oleh: Mtk Kerajaan Mataram pada Januari 07, 2010, 11:48:36 PM
Dimanakah titik beratnya ?

(http://photos-p.friendster.com/photos/24/25/43025242/2_374749657l.jpg)

Misalkan titik beratnya (x,y), nyatakan x dan y dalam a,b, dan t.