Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 01, 2021, 04:09:02 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 31
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: titik berat  (Dibaca 10591 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ZeroFour

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 49
  • IQ: 6
titik berat
« pada: Januari 04, 2010, 07:21:37 AM »
allo...
wahai para ahli math...tolong jlasin y... ;D ;D
q tau klo ttk brat sgi 4= 1/2 tinggi (t) n 1/2 alas (a)..., ato ttk brat sgi 3= 1/3 t, 1/2 a...
ntu dpt dr mn y...?kok bs gtu...?q cm tau, pokokny gtu deh, dan g tau dr mn...jd g bs klo nyari ttk brat bngun lain...!! ??? ???

nah, gmn klo trapesium...?dmn ttk brat ny...?kn jd bngung tuh...
 :'( :'( :'(

mksi tuk pnjlasanny   ::) ::) ::)

Offline cph

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 56
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: titik berat
« Jawab #1 pada: Januari 04, 2010, 09:16:47 AM »
cb baca ini & ini.

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: titik berat
« Jawab #2 pada: Januari 04, 2010, 10:48:05 AM »
haha, berhubung saya paham tentang ini, jadi sini saya coba jelasin ;D ;D
misal kita ambil bangun ruang segitiga yang dibentuk oleh titik (0,0) (0,4) dan (4,4)
gambarnya kayak gini:

berarti persamaan garisnya bisa kita ambil y= x dari 0 sampe 4
kemudian garis tengahnya ada di
y=\frac x2
bisa dibilang didapet dari rata-ratanya kedua pembatas yaitu (kurva atas(y=x) dan kurva bawah(y=0) bagi 2)
nah kemudian, tau cara nyari titik pusat kotak yang dideret-deret kan
y_{pusat} = \frac{(y_{pusat1}*luas1)+(y_{pusat2}*Luas2)+(y_{pusat3}*luas3)...}{luas1+Luas2+luas3}
nah, dengan cara yang sama.
tapi kalo untuk mencari titik pusat, kita mempartisi segitiga ini menjadi bagian yang sangat kecil(lebarnya mendekati 0,tapi panjangnya sama dengan jarak antara kedua kurva)
y_{pusat} = \frac{{\int_0^4 \frac x2*x dx}}{\int_0^4 x dx}
note: x/2 menyatakan tempat titik tengahnya untuk tiap x;
sementara x menyatakan representasikan luasannya (bisa dibilang begitu)
y_{pusat} = \frac {\frac{32}3}{8}
y_{pusat} = 4/3
tepat seperti yang kita harapkan kan?

dengan cara yang sama, kalo nyari Xpusat, maka kita mempartisinya kearah y, dan selanjutnya lakukan hal yang sama
dapetnya hmm...
mboh'e males nyari, cobain aja ^^

ntar kalo udah bisa coba cari titik pusat luasan diantara 2 kurva (y=x^2) dan y=0 ^^
CMIIW
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: titik berat
« Jawab #3 pada: Januari 07, 2010, 11:48:36 PM »
Dimanakah titik beratnya ?



Misalkan titik beratnya (x,y), nyatakan x dan y dalam a,b, dan t.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Titik Curie

Dimulai oleh reborn Fisika

0 Jawaban
3944 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2008, 09:50:31 PM
oleh reborn
45 Jawaban
19580 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 17, 2013, 01:35:02 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
4804 Dilihat
Tulisan terakhir April 29, 2011, 10:46:44 AM
oleh ZeroGravity
1 Jawaban
3227 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 09, 2011, 04:22:55 AM
oleh superstring39
1 Jawaban
6213 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 14, 2011, 12:52:10 PM
oleh mhyworld