Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Agustus 05, 2021, 04:01:31 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26721
  • Latest: joseqgq
Stats
  • Total Tulisan: 139661
  • Total Topik: 10401
  • Online Today: 299
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 55
Total: 55

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: yang jago basis bilangan masuk!!  (Dibaca 6611 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline arif.aditya

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 6
yang jago basis bilangan masuk!!
« pada: Desember 07, 2010, 12:22:48 AM »
kalikan (F1192BK)21 dan (F1098BK3)21

gmana caranya ya??? ;D

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: yang jago basis bilangan masuk!!
« Jawab #1 pada: Desember 09, 2010, 11:23:46 AM »
Pakai Binom Newton dalam aljabar...
(InsyaALLAH)
:)
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline daengmatterru

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
Re: yang jago basis bilangan masuk!!
« Jawab #2 pada: Desember 11, 2010, 02:50:49 AM »
Saya juga bodoh basis makanya saya masuk siapa tahu dapat pencerahan, hehehe

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: yang jago basis bilangan masuk!!
« Jawab #3 pada: Desember 12, 2010, 06:13:19 AM »
Saya pengen tahu dulu simbol-simbolnya dari 0 sampai 20. Baru nanti bisa dirubah dulu ke basis 10 (decimal), dari situ kita rubah lagi ke basis 21.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: yang jago basis bilangan masuk!!
« Jawab #4 pada: Desember 14, 2010, 01:43:35 AM »
Bilangan berbasis 21, jumlah angka / digit yang digunakan 21  mulai dari angka 0, 1, 2 ..............9,  A, B,  C,  D,  E,  F,  G, H,  I,  J, dan K.  Huruf B memiliki bobot desimal = 11,  F  =  15,  K  = 20.  Cara menghitung perkalian di atas sesuai yang disampaikan Farabi,   masing-masing bilangan diubah dulu menjadi bilangan berbasis 10,  kemudian dikalikan,  dan hasil perkalian berupa bilangan desimal diubah lagi menjadi bilangan berbasis 21.  Cara mengubah ke desimal,  kemudian dari desimal diubah lagi ke bilangan basis asalnya,   bisa dilihat di link di bawah ini :

http://blog.unikom.ac.id/10508566/MT.Sistem-Bilangan.html
« Edit Terakhir: Desember 14, 2010, 01:56:36 AM oleh semut-ireng »

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: yang jago basis bilangan masuk!!
« Jawab #5 pada: Desember 14, 2010, 05:12:22 AM »
Contoh AAAA berarti cara hitungnya (Ax21^4)+(A*21^3)+(Ax21*2)+(Ax21^1)=??? << Silahkan dihitung sendiri ;D

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: yang jago basis bilangan masuk!!
« Jawab #6 pada: Desember 14, 2010, 05:56:36 AM »
@Farabi,  kalau empat digit mulai dari basis pangkat 3,  dan yang terakhir basis pangkat 0................

Saya bantu menghitung ya,  nanti TS yang melanjutkan ......... ;D

Soal yang disampaikan TS langsung saya jadikan perkalian bilangan desimal  :

1290854879  x   27103923927  =   ..................( desimal ).

Tolong dikoreksi kalau salah...........
« Edit Terakhir: Desember 14, 2010, 06:14:10 AM oleh semut-ireng »

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: yang jago basis bilangan masuk!!
« Jawab #7 pada: Desember 14, 2010, 06:21:55 AM »
Kalau 21^0 itu hasilnya 1 kalo ga salah.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: yang jago basis bilangan masuk!!
« Jawab #8 pada: Desember 14, 2010, 06:35:52 AM »
Betul,  21^0  =  1. 

Cara hitung AAAA ke desimal  =  ( A x 21^3 )  +  ( A x 21^2 )  +  ( A x 21^1 )  +  ( A x 21^0 ).

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: yang jago basis bilangan masuk!!
« Jawab #9 pada: Desember 14, 2010, 06:41:58 AM »
Oh iya bener ;D

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: yang jago basis bilangan masuk!!
« Jawab #10 pada: Desember 23, 2010, 11:55:11 AM »
Pake Alat Perkalian Arab, bisa untuk basis berapa aja
Jawabanyapun basis 21

Maaf ga bisa jelasin sekarang
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: yang jago basis bilangan masuk!!
« Jawab #11 pada: Desember 30, 2010, 05:43:54 AM »
maksudnya yang kalo lebih taro depannya(nyimpen satu) dsb itu?
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
3949 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 24, 2010, 05:52:57 AM
oleh rizqi_fs
6 Jawaban
4506 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 15, 2011, 01:38:18 PM
oleh Muhammad Taufiqi
2 Jawaban
2797 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 06, 2011, 07:29:16 AM
oleh Fachni Rosyadi
Basis bilangan 2

Dimulai oleh Farabi « 1 2 3 » Matematika

32 Jawaban
14582 Dilihat
Tulisan terakhir November 02, 2011, 12:02:41 PM
oleh mhyworld
1 Jawaban
2775 Dilihat
Tulisan terakhir November 16, 2012, 10:25:06 AM
oleh gtx