Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 23, 2021, 06:08:51 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 68
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 66
Total: 66

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: ASK : All About Wireless Mikrokontroler  (Dibaca 31692 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline frans3q

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 153
  • IQ: 22
ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« pada: September 09, 2008, 01:39:15 PM »
Alo para sesepuh, gw masi blank neh masalah robotik. Cerita ny gw tertarik sama robotik dan pengen nyoba bikin AGV. Maap klo bahasa/istilah yg gw pake kurang tepat, maklum nubie, tolong d koreksi...
Nah gw bingung musti mulai dari mana, skr sih gw lg nyari mikrokontroler yg ngdukung. Kira2 klo mo ngbangun robot yg komunikasi ny bisa Nirkabel alias wireless pake apa ya? Radio, IrDA, Bluetooth, ato protokol wireless laen yg gw ga tau. Jangkauan kerja ny pengen bisa 50 puluhan meter ato lebih. Kerja ny bakalan jd maze scanner, maksud ny ntar gw masukin k maze trus bikin peta maze ny. Dari kmren baca2 societyofrobots.com ga nemu mikrokontroler yg gw pengen. Mungkin para sesepuh bisa kasi saran.
Trus hunting barang ny dmn? Gw domisili d Bandung.
Thx...  ;D
Terimakasih banyak buat tmn2 yg uda nambah IQ saya... :D

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #1 pada: September 13, 2008, 11:24:27 AM »
mungkin ini bisa jadi referensi:   ;D

pake gelombang radio 315 MHz (modul Laipac), 50 meter nyampe tuh,,,
mikrokontrollernya pake yg biasa aja (biasa maksudnya fitur-nya sedikit, ga kayak AVR yg seabreg (kalo yg mahal)) dan murah meriah, AT89S52
belinya komponennya di Jaya Plaza (orang bandung, tau dong...)

jah, manggil sesepuh, berasa jenggotan nih  ;D, saya juga ga banyak bikin robot2an nya, apalagi yg berhasil...  :kribo:

selamat bermain-main...  ;D ;D ;D
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline frans3q

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 153
  • IQ: 22
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #2 pada: September 22, 2008, 01:01:20 AM »
tq info ny, ntar cari buku2 referensi ny dulu trus k jaya plaza...

Offline jewproducer

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #3 pada: September 22, 2008, 01:00:29 PM »
Misi, gw perlu bikin lengan robot (bahan seadanya) yg dikendalikan dengan glove. Ada yg bisa bantu?

Offline frans3q

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 153
  • IQ: 22
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #4 pada: September 26, 2008, 11:18:26 AM »
itu glove ny pake wireless bro? pakek kayak relative positioning gt???

Offline frans3q

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 153
  • IQ: 22
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #5 pada: Oktober 01, 2008, 11:43:38 AM »
btw gw masi blank ga tau harus mulai dari mana buat belajar bikin robot... minta referensi donk...

Offline tetrino

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 0
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #6 pada: Oktober 19, 2008, 03:37:38 AM »
kalo mo mulai dari newbee ,mnrut ku pelajari dulu pusat pemroses nya dulu (uC, uP,Fpga dsb),baru ke sensornya...geraknya...lalu komunikasinya

 :)

Offline ahsai001

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 1
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #7 pada: Oktober 21, 2008, 11:34:18 PM »
ikutan ah....... ;D mao nanya2 ...
kalo bwt bikin pesawat remote control, bagusnya pake mikon apaan y..??? ???
dan jenis controllernya apa? ...thanks...

Offline frans3q

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 153
  • IQ: 22
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #8 pada: Oktober 23, 2008, 01:37:32 PM »
kalo mo mulai dari newbee ,mnrut ku pelajari dulu pusat pemroses nya dulu (uC, uP,Fpga dsb),baru ke sensornya...geraknya...lalu komunikasinya

 :)

maksud ny? pusat pemrosesan tuh apaan ya?
klo bisa minta referensi ny donk.... link ato ebook...

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #9 pada: Oktober 23, 2008, 08:08:24 PM »
tutorial buat microcontroller keluarga mcs-51, misal at89s52:
http://www.8052.com/tut8051.phtml

buat geraknya, kalo mau pake motor DC, driver L293D mudah didapat di Jaya Plaza, dulu 1-nya sktr 20rebu,
http://www.8051projects.net/microcontroller_H-bridge_motor_driver_L293D

Offline tetrino

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 0
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #10 pada: Oktober 24, 2008, 09:26:02 AM »
maksud ny? pusat pemrosesan tuh apaan ya?
klo bisa minta referensi ny donk.... link ato ebook...

Maksud pusatny pemroses itu ya , CPU-nya robot yang ingin kita buat itu
CPU ini akan mengatur segala aktivitas robot, menangkap input dari sensor2 yang dipasang, lalu membuat keputusan dengan algoritma tertentu,keputusan ini akan diaktualisasi dengan sebuah tindakan robot(gerak misalnya)
CPU bisa menggunakan mikrokontroler, mikroprosesor,or FPGA............
untuk awal spti ,lbih baik belajar mikro kontroler aja.........
nich mikro yg skarang mulai populer : avrfreaks.com


:-)

Offline frans3q

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 153
  • IQ: 22
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #11 pada: November 22, 2008, 03:08:05 PM »
hmmm FPGA tuh apa ya?

masi blom k bayang neh.... ada yg punya saran ga belajar robotik otodidak mulai ny dari mana? d sela2 tugas gw suka googling cari2 ttg robotik, dapet bbrp situs yg lumayan menarik kayak www.societyofrobots.com tapi masi blom ngerti juga. praktek ny harus mulai dari mana ya? rangkai2an kayak driver buat motor DC bener2 buat dari PCB kosong ya? spec mikro yang dapet dari situs ny atmell juga masi blom ngerti cara baca nya.

oya avrfreaks.com ny ga bisa k buka, napa ya...

disini ada orang bandung yang bersedia buat ngasi petunjuk langsung ga? mksud ny biar bisa ketemu dan ngobrol langsung. kayak ny bnyak hal2 yg bner2 dasar yg perlu gw tau seblom gw masuk k dunia robotika.

Offline frans3q

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 153
  • IQ: 22
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #12 pada: Februari 03, 2009, 05:40:53 AM »
bro ada yg tau modul buat baca SD/MCC ga ya? dan cara akses ny gimana?

Offline Too Payz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 260
  • IQ: 7
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #13 pada: Juni 24, 2009, 07:59:59 PM »
Waduh-waduh..
belajarnya pada g sabaran neh.
Udah RObot, FPGA, SD/MMC, wireless control.
1-1 laaaa...

 :-\   :-\

Offline tAZZZ

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 44
  • IQ: 7
Re: ASK : All About Wireless Mikrokontroler
« Jawab #14 pada: Juli 30, 2009, 01:05:55 AM »
Misi, gw perlu bikin lengan robot (bahan seadanya) yg dikendalikan dengan glove. Ada yg bisa bantu?
waaah kebetulan sy juga lgi mau buat....
hmmm.....saya sharenya tar aja yah soalnya buat lomba eee2009
jadi klo sekarang masih rahasia....hi...hi....

peace

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
6214 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 27, 2009, 10:29:50 PM
oleh wijana
12 Jawaban
186460 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 22, 2015, 04:32:56 PM
oleh gagak12
3 Jawaban
3798 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 09, 2009, 02:44:08 AM
oleh skuler
0 Jawaban
1671 Dilihat
Tulisan terakhir September 19, 2012, 04:25:23 AM
oleh andrastea
0 Jawaban
157554 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 15, 2014, 01:48:44 AM
oleh danijuntak