Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 23, 2021, 07:23:56 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 46
Total: 46

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: baru belajar  (Dibaca 4335 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Ancient

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 5
baru belajar
« pada: Agustus 19, 2010, 01:57:33 PM »
help me pleaseeee

Offline cocack

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 94
  • IQ: 17
Re: baru belajar
« Jawab #1 pada: Agustus 19, 2010, 04:32:36 PM »
ada apa mas

Offline Ancient

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 5
Re: baru belajar
« Jawab #2 pada: Agustus 21, 2010, 08:43:51 AM »
saya masih baru dalam hal robotika kalau hal yang harus dipelajari apa dulu ya????
sama apa aja komponen utama yang harus dipertimbangkan????

Offline cocack

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 94
  • IQ: 17
Re: baru belajar
« Jawab #3 pada: Agustus 22, 2010, 06:48:24 AM »
kalo pengalamn saya pertama pahami dulu tingkat dasar...mungkin dari restor kapasitor dioda dan transistor ini penting bangt harus di kuasai.
kalo dah menguasai kalo saya cari2 artikel line folower banyak kok jika semangat mencarinya..dah dapat kalo saya tahap awalnya membuat downloadernya dulu.mmm robot kan butuh dana besar makanya apapa saya buat sendiri biar murah..hehehe mungkin ini dulu dari saya mohon maaf tidak berkenaan

Offline dhan_t46

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 1
Re: baru belajar
« Jawab #4 pada: Agustus 25, 2010, 01:22:41 AM »
mungkin yang pertama,kita harus punya keinginan. misalnya kita mau buat line follower (tujuan sudah jelas)

nah sesudah itu cari artikel artikel yang berkaitan dengan line follower. nanti juga kita pasti mempelajari komponen dasar yang kita butuhkan (bisa karena terpaksa). itu metode saya.

nah sesudah itu langsung aja beli komponen komponen yang dibutuhkan:
- komponen controler
- komponen catu daya
- komponen mekanik
- alat program controler.

terus langsung rakit dulu pakai pcb lubang lubang, untuk ngecek skematik,
jika skematik sudah di coba semuanya

baru di buat pcb beneran biar rapih buat robotnya.

sekian dari saya

http://yusisukmalia.wordpress.com/

Offline Ancient

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 5
Re: baru belajar
« Jawab #5 pada: Agustus 28, 2010, 01:38:23 AM »
kalo pengalamn saya pertama pahami dulu tingkat dasar...mungkin dari restor kapasitor dioda dan transistor ini penting bangt harus di kuasai.
kalo dah menguasai kalo saya cari2 artikel line folower banyak kok jika semangat mencarinya..dah dapat kalo saya tahap awalnya membuat downloadernya dulu.mmm robot kan butuh dana besar makanya apapa saya buat sendiri biar murah..hehehe mungkin ini dulu dari saya mohon maaf tidak berkenaan

kira-kira downloader untuk setiap bahasa pemrograman berbeda tidak????? di tambah lagi bahasa yang di mengerti oleh mesin cuma 0 dan 1.... apa berarti harus pake program asembly untuk membuatnya????....... :-\
« Edit Terakhir: Agustus 28, 2010, 01:42:44 AM oleh Ancient »

Offline ikhwanpcr

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
Re: baru belajar
« Jawab #6 pada: Agustus 29, 2010, 06:25:21 AM »
tidak.. banyak compiler program untuk bahasa yang berbeda... gak usah belajar mikro dulu... pelajari line follower tanpa mikro dulu... pakai driver kayak l293d misalnya ato pakai driver h bridge yang menggunakan transistor switching ato pakai  relay saja  ato boleh juga gabungan keduanya... terus pelajari sensor dulu... sensor yang paling mudah di gunakan ldr.. tapi lelemahan ldr dia dapat menerima semua jenis cahaya... jadi susah ngatur posisinya,,, (sepengetahuan saya).. biasanya pakai sensor photodioada sama phototransistor dengan sumber cahaya dari infrared.. coa pelajari linefollower dulu tanpa mikro ya...


Offline agnes.zhang14

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
  • Gender: Wanita
  • ga sabar mau lanjut proyek
Re: baru belajar
« Jawab #7 pada: Desember 18, 2010, 04:22:48 AM »
saya kemarin buat line follower basis transistor
tanpa pemrograman mikrokontroler sama sekali

saya juga masih baru di bidang ini,... mahasiswa tingkat 1
hahahaha....
kalau saya...

saya modal nekat dan tekad, juga modal uang sih
yang pertama kuasai dulu komponen dasar
lalu googling skematik yang kira2 masih bisa dipahami pemula dan biayanya gak gitu menguras
lalu belanja komponen
rakit
dan jadi dehhh (dengan beberapa kali troubleshooting)
hahahaa

LFR saya habis 200rb kira-kira T.T
tapi puasnya luar biasa,... robot pertama

Offline Ancient

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 5
Re: baru belajar
« Jawab #8 pada: Desember 20, 2010, 11:43:32 AM »
trimakasih sekali saya tertolong    :D

Offline cah7x_jogja

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Ai Jogja
Re: baru belajar
« Jawab #9 pada: Januari 02, 2011, 12:57:21 AM »
Untuk Mikrokontroler AVR.
Compiler untuk bahasa C apa???
Iso ra iso kudu iso, sing penting wani nyobo.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
10 Jawaban
6812 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2016, 10:47:42 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
2812 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 11, 2011, 02:58:53 AM
oleh mnemonix
8 Jawaban
4654 Dilihat
Tulisan terakhir April 15, 2013, 07:03:56 AM
oleh Farabi
2 Jawaban
3634 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 17, 2014, 12:34:53 AM
oleh MuhammadRyan
0 Jawaban
19743 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 29, 2020, 01:45:14 PM
oleh Ihsanzm3