Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 05, 2022, 07:03:29 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,637
  • Total Topik: 10,394
  • Online today: 56
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 17
Total: 17

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

pwm

Dimulai oleh okimm, September 30, 2011, 04:17:19 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

okimm

misi suhu suhu program
saya mau tanya kalo ngontrol kecepatan motor AC pake PWM bisa gak???
interfacenya pake apa???? :)

Micr(o_O)rganisme

motor AC setau ane klo mw ngatur kecepatannya dengan cara merubah2 frekuensi supply nya...
klo motor DC baru pake PWM...

kontrolnya bisa pake inverter gan...

hartono

iya mas bro... kalo motor DC pake PWM....

motor ac di atur pake pwm mungkin tidak terlalu terlihat signifikan perubahanya, ataw malah barang kali g berubah sama sekali.... kalo pake frek or teg nya itu baru terlihat jelas... hehehe

okimm

kalo ngontrol frekuensinya pake mikro bisa gak??? tolong petunjuknya....
makasih banyak....

Micr(o_O)rganisme

Kutip dari: hartono pada September 30, 2011, 10:04:16 PM
iya mas bro... kalo motor DC pake PWM....

motor ac di atur pake pwm mungkin tidak terlalu terlihat signifikan perubahanya, ataw malah barang kali g berubah sama sekali.... kalo pake frek or teg nya itu baru terlihat jelas... hehehe

ngatur tegangannya...?  ???
bukannya klo ngatur tegangan pada motor AC buat ngatur torsinya... CMIIW

Kutip dari: okimm pada Oktober 01, 2011, 03:22:28 PM
kalo ngontrol frekuensinya pake mikro bisa gak??? tolong petunjuknya....
makasih banyak....

pake mikro sebagai pengontrolnya bisa aja...

blok proses sistemnya kurang lebih gini...

sumber tegangan AC -> konvert AC to DC -> konvert DC to AC (inverter) -> motor AC

nah... blok diatas klo sumber tegangannya AC...
klo sumber tegangannya DC (jarang nemu yg ini.. tp kayanya mungkin aja) langsung aj masuk ke inverter trus output inverter ke motor AC...  ;)

CMIIW

okimm

maaf nih mau nanya lagi....kalo pwm pake motor dc biasa yg 12 v bisa gk??? trus untuk menghubungkan port ke motor pake apa?, kan arusnya kecil....

Micr(o_O)rganisme

Kutip dari: okimm pada Oktober 03, 2011, 08:11:02 AM
maaf nih mau nanya lagi....kalo pwm pake motor dc biasa yg 12 v bisa gk??? trus untuk menghubungkan port ke motor pake apa?, kan arusnya kecil....

setau saya klo arusnya gak terlalu besar... bisa pke IC L298... tapi klo arusnya udah besar... saya blm pernah coba... mungkin pake transistor... atau IC yg bisa lebih tangguh...

CMIIW

Too Payz

#7
Kutip
maaf nih mau nanya lagi....kalo pwm pake motor dc biasa yg 12 v bisa gk??? trus untuk menghubungkan port ke motor pake apa?, kan arusnya kecil....
Kutip
misi suhu suhu program
saya mau tanya kalo ngontrol kecepatan motor AC pake PWM bisa gak???
interfacenya pake apa???? :)
Wew..
Ini maunya ngontrol kecepatan motor AC atau motor DC..
Pasti mau ngontrol kecepatan AC trus dibilang g bisa jadi ganti ke motor DC.
WOkwowkowkokwo....  ;D   ;D

Kontrol motor DC bisa dengan On-Off, PWM, DAC (Pengaturan Tegangan), dsb.
Kontrol motor AC bisa dengan On-Off, Pergeseran / Pemotongan Phase, PWM, Pengaturan Frekuensi, dsb.

Di google banyak kok, tapi ya bacanya emang ribet.  ::)   ::)
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Yang pasti ngontrol motor AC lebih sulit dari motor DC.
Kontrol Motor AC dengan PWM itu BISA. (Saya buat Feb 2011)
Tapi bukan berarti langsung menggunakan PWM dari mikrokontroller, karena frekuensinya PWM mikrokontroller sangat tinggi.
PWM untuk motor AC yang tegangannya diambil dari Jala-jala PLN, harus lebih kecil dari frekuensi = 50 Hz atau periode = 20mS.
Misalkan PWM dengan waktu 100mS , 150mS, 200mS, dst.
Syaratnya 1 : Kalau waktu PWM di bagi 10 hasilnya harus bulat dan bukan pecahan.
Misal :
Benar = 160 mS, 140 mS, 220 mS, dst.
Salah = 125 mS, 234 mS, 555 mS, dst.

Kalau PWM 1 detik, itu mah On-Off..  ;D   ;D

okimm

HAHAHH.... emang mas too payz... saya lagi bingung mikirin buat ta :-\ :-\ :-\ :-\ :-\ :-\ :-\????