Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2021, 08:07:43 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 19
Total: 19

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Cara membuat ROBOT  (Dibaca 30045 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline andiTI

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Cara membuat ROBOT
« pada: November 11, 2010, 11:43:19 AM »
Heyyy...semua ane baru disini  ;D dan saya tertarik untuk membuat sebuah robot tetapi saya bingung untuk memulainya dari mana  :-\ mohon pencerahannya ?

Offline cocack

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 94
  • IQ: 17
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #1 pada: November 12, 2010, 11:52:05 AM »
kalo saya mulai dari pengorbanan dulu yaitu uang bakal habis karena ini adalah hoby kita mudah mudahan bermanfaat

Offline andiTI

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #2 pada: November 12, 2010, 12:23:23 PM »
apakah dengan modal sebesar 500rb cukup untuk membuat sebuah robot sederhana yg di lengkapi dg sensor ultrasonik,sensor gerak dan sensor infra red

Offline cocack

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 94
  • IQ: 17
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #3 pada: November 12, 2010, 01:06:34 PM »
malah kurang,,,kalo uang segitu cuma bisa LIFO,,pasti ada sisa buat makan makan lah kalo cape

Offline andiTI

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #4 pada: November 13, 2010, 12:12:41 AM »
LIFO? jadi kisaran berapa brooo bikin robot dg spek yg ane mau?

Offline laZr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #5 pada: November 13, 2010, 10:37:43 AM »
ultrasonik, gerak dan infrared bisa pake robot dari LeGO...
harganya kalau gak salah 3jt... tinggal program doang.
tapi kalau mau rancang sendiri, dibikin dulu rangkaiannya pake EAGLE atau sejenisnya, trus perkirain bakal butuh komponen apa aja dan berapa, tinggal kalkulasiin deh...
dulunya 'bledug' sekarang udah jadi laZr ya...

Keep Moving Forward!!

Offline laZr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #6 pada: November 13, 2010, 10:39:24 AM »
saya pernah dengar ada yang bisa buat line follower sederhana dengan modal 150rb doang, jadi gak sampe 500rb juga.

Offline andiTI

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #7 pada: November 22, 2010, 11:25:28 PM »
pak dosen boleh tau tuh linknya line follower sedrhananya

Offline laZr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #8 pada: November 23, 2010, 03:43:03 AM »
temen saya yang buat, bukan dari internet...
tapi itu masih lumayan sederhana.
normally, line follower costnya 300 ribu...

Offline agnes.zhang14

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
  • Gender: Wanita
  • ga sabar mau lanjut proyek
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #9 pada: Desember 18, 2010, 04:00:51 AM »
untuk buat robot memang butuh pengorbanan uang
kemarin ini saya baru buat LFR sederhana berbasis transistor
saya dapat skematiknya dari ermicro
berfungsi dengan baik sih
tapi saya habis uang kira2 200rb
mahal di motornya
kalau komponennya gak nyampe 30rb malah

Offline cocack

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 94
  • IQ: 17
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #10 pada: Januari 11, 2011, 10:44:40 AM »
untuk buat robot memang butuh pengorbanan uang
kemarin ini saya baru buat LFR sederhana berbasis transistor
saya dapat skematiknya dari ermicro
berfungsi dengan baik sih
tapi saya habis uang kira2 200rb
mahal di motornya
kalau komponennya gak nyampe 30rb malah

boleh saya tanya gak motornya pake apa sih kok saya buat pakai motor DC tamiya malah gak bisa jalan terus pakai motor printer juga sama aja jalan sih jalan tapi gak kuat,,,saya mau mengetahui lagi sebenrny pake motor apa sih

Offline jopie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: 0
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #11 pada: Januari 30, 2011, 11:25:28 AM »
Budget bikin robot tergantung pada robot apa yang mau dibuat.
Misalnya kalau line follower bisa dibuat dengan komponen eletronik
sederhana seperti LDR, LED, IC omp-amp comparator.
Untuk roda robot bisa menggunakan motor bekas Tamiya, rodanya juga.
Chassisnya nya bisa pake PCB, sekaligus tempat merangkai komponen.

Kalau mau bikin robot yang lebih canggih, misalnya pake sensor ultrasonik,
bisa membaca situasi jalan, dsb. Perlu mikrokontroler.

Untuk pemula, saya sarankan pakai Arduino.
Arduino adalah kit mikrokontroler yang serba bisa.
Bisa dipakai membuat LED kedap-kedip, mengontrol robot, bahkan mengontrol helikopter.

Beli satu Arduino, bisa dipake berkali2 untuk macam2 eksperimen.
Coba baca tutorial2 Arduino.

Selamat mencoba.
« Edit Terakhir: Januari 30, 2011, 06:13:00 PM oleh reborn »

Offline laZr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #12 pada: Februari 02, 2011, 03:40:09 AM »
yep, yang murah itu memang Arduino-based...
lebih murah daripada beli microcontroller umum.

Offline cocack

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 94
  • IQ: 17
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #13 pada: Maret 05, 2011, 11:45:39 AM »
Budget bikin robot tergantung pada robot apa yang mau dibuat.
Misalnya kalau line follower bisa dibuat dengan komponen eletronik
sederhana seperti LDR, LED, IC omp-amp comparator.
Untuk roda robot bisa menggunakan motor bekas Tamiya, rodanya juga.
Chassisnya nya bisa pake PCB, sekaligus tempat merangkai komponen.

Kalau mau bikin robot yang lebih canggih, misalnya pake sensor ultrasonik,
bisa membaca situasi jalan, dsb. Perlu mikrokontroler.

Untuk pemula, saya sarankan pakai Arduino.
Arduino adalah kit mikrokontroler yang serba bisa.
Bisa dipakai membuat LED kedap-kedip, mengontrol robot, bahkan mengontrol helikopter.

Beli satu Arduino, bisa dipake berkali2 untuk macam2 eksperimen.
Coba baca tutorial2 Arduino.

Selamat mencoba.

boleh tuh berapa harga nya

Offline laZr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
Re: Cara membuat ROBOT
« Jawab #14 pada: Maret 08, 2011, 10:08:35 PM »
Arduino jenis Duemilanove sekitar 300 ribuan (jadinya gak murah lagi ya?)
Arduino jenis Uno sekitar 280 ribuan, beda toko kadang beda harga.
googling aja.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
17 Jawaban
76161 Dilihat
Tulisan terakhir April 08, 2011, 02:39:52 AM
oleh ave91
0 Jawaban
3253 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 02, 2010, 10:45:03 AM
oleh GelasKosong
1 Jawaban
6527 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 22, 2011, 01:17:28 PM
oleh insan sains
1 Jawaban
5681 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 04, 2011, 01:46:52 PM
oleh skuler
16 Jawaban
12279 Dilihat
Tulisan terakhir September 21, 2012, 06:29:31 AM
oleh jack.ventura