Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 01:44:56 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 50
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

PARA GURU PARA PROFESOR ADA YG PUNYA CARA BELAJAR DARI NOL TTG MICROCONTROLER

Dimulai oleh ALBERT EINSTEIN, April 28, 2010, 05:05:54 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

bino

@
Kutip dari: 0y1k pada Juni 18, 2010, 12:27:59 AM
Kutip dari: bino pada Juni 17, 2010, 10:24:27 PM

- tanpa buku.

Jadi modal nya googling dengan keyword "arduino"


beli buku aja deh mas...
buku udah banyak bertebaran membahas mikro ATMEL
malah terkadang beserta kaset CD yang berisi source code

Lha ini cacat besar saya
Saya gak betah baca buku ... tapi betah hunting dan baca dokumentasi di internet.
Kebiasaan ini sudah berlangsung sejak 1997 an.
Jadi ya semua isikepala saya datang nya dari internet.

O iya .. dengan cara ini Alhamdulillah dalam 2 hari saya udah ada rangkaian yang Insya Allah akan saya gunakan untuk ngedrive stepper motor.
Mimpinya sih akan saya gunakan untuk menggerakkan BarnDoor camera mount.
Data kendali nya cukup banyak (bagi saya) ... dalam perjalanan kali ini mungkin saya juga harus sekalian belajar EEPROM I2C, atau SD-card (lewat SPI)

Salam
-bino-

Mat Dillom

Terima kasih infonya. Tapi gak bisa mikrokontrolet bukan berarti gak bisa buat robot khan. Banyak cara membuat robot dan juga perintah-perintah otomatis tanpa diprogram dengan mikrokontroler juga bisa.

Jangan kecil hati yg gak bisa mikrokontroler.

Mat Dillom

Saya pengalaman banget membikin robot tanpa tahu mikrokontroler. Gak sengaja malah saya membuat PLC (ini kata temen ane setelah liat alat buatan ane). Nah PLC yang gak sengaja ane buat itu,  disusun dari rangkaian relay elektronik untuk menterjemahkan binner ke desimal. Perlu 17 relay untuk itu. eh setelah saya membuka buku IC. Ternyata ada IC yang murah untuk itu.

IC multiplexer saya buat persamaannya dengan rangkaian dioda. sementara demultiplexernya saya menggunakan relay. Rumit memang menggunakan komponen elektronika dioda dan relay. Tapi dengan gitu kita tahu bagaimana digital itu disusun.

0y1k

Kutip dari: Mat Dillom pada Juni 18, 2010, 09:39:41 AM
Terima kasih infonya. Tapi gak bisa mikrokontrolet bukan berarti gak bisa buat robot khan. Banyak cara membuat robot dan juga perintah-perintah otomatis tanpa diprogram dengan mikrokontroler juga bisa.

Jangan kecil hati yg gak bisa mikrokontroler.
ya memang bisa membuat robot tanpa mikrokontroller, hehehe
namun harus bener bener jago dengan elektronik, paham betul dengan komponen

Kutip dari: Mat Dillom pada Juni 18, 2010, 09:44:29 AM
Saya pengalaman banget membikin robot tanpa tahu mikrokontroler. Gak sengaja malah saya membuat PLC (ini kata temen ane setelah liat alat buatan ane). Nah PLC yang gak sengaja ane buat itu,  disusun dari rangkaian relay elektronik untuk menterjemahkan binner ke desimal. Perlu 17 relay untuk itu. eh setelah saya membuka buku IC. Ternyata ada IC yang murah untuk itu.

IC multiplexer saya buat persamaannya dengan rangkaian dioda. sementara demultiplexernya saya menggunakan relay. Rumit memang menggunakan komponen elektronika dioda dan relay. Tapi dengan gitu kita tahu bagaimana digital itu disusun.

biner to decimal?? berarti biner to BCD yah??
yah cukup menggunakan IC ADDER aja nih, bisa dikonversi
tanpa perlu mikrokontroller
لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ اْلأَرْضِ وَرَبُّ الْع

Mat Dillom

Kutip dari: 0y1k pada Juni 20, 2010, 07:32:38 AM
Kutip dari: Mat Dillom pada Juni 18, 2010, 09:39:41 AM
Terima kasih infonya. Tapi gak bisa mikrokontrolet bukan berarti gak bisa buat robot khan. Banyak cara membuat robot dan juga perintah-perintah otomatis tanpa diprogram dengan mikrokontroler juga bisa.

Jangan kecil hati yg gak bisa mikrokontroler.
ya memang bisa membuat robot tanpa mikrokontroller, hehehe
namun harus bener bener jago dengan elektronik, paham betul dengan komponen

Kutip dari: Mat Dillom pada Juni 18, 2010, 09:44:29 AM
Saya pengalaman banget membikin robot tanpa tahu mikrokontroler. Gak sengaja malah saya membuat PLC (ini kata temen ane setelah liat alat buatan ane). Nah PLC yang gak sengaja ane buat itu,  disusun dari rangkaian relay elektronik untuk menterjemahkan binner ke desimal. Perlu 17 relay untuk itu. eh setelah saya membuka buku IC. Ternyata ada IC yang murah untuk itu.

IC multiplexer saya buat persamaannya dengan rangkaian dioda. sementara demultiplexernya saya menggunakan relay. Rumit memang menggunakan komponen elektronika dioda dan relay. Tapi dengan gitu kita tahu bagaimana digital itu disusun.

biner to decimal?? berarti biner to BCD yah??
yah cukup menggunakan IC ADDER aja nih, bisa dikonversi
tanpa perlu mikrokontroller

Iyah saya pake IC 74150 (multiplexer = 16 ke BCD) sama 74154 (demultiplexer = BCD ke 16). Lebih ringkas, lebih murah. :D.