Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 23, 2021, 06:47:17 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 68
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 61
Total: 61

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: LCD ga mau keluar tulisanya?  (Dibaca 3907 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline caturpermadi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
  • ForSa!
LCD ga mau keluar tulisanya?
« pada: Maret 13, 2013, 02:30:41 AM »
Misi semuanya saya mau nanya nih buat masa depan saya (alias Tugas Akhir).
Saya bikin program pake Bascom-AVR, programnya d compile udah berhasil trus d download pake AVROSP II ke atmega8 udah berhasil, pas saya pasang ke minsis yang saya buat LCDnya ga mau keluar characternya  :-\
Padahal Port2nya sudah sesuai...
Ada saran? tolong banget ya, buat masa depan nih  :'(

Offline AbeBae

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:LCD ga mau keluar tulisanya?
« Jawab #1 pada: Maret 24, 2013, 02:39:59 PM »
ga tau kalo pake bascom.. tpi kalo di codevision biasanya array char buff[], harusnya  diberi nilai berapa jmlah array nya.. atau mungkin kotrasnya kekecilan jadi ga keliatan tampilanya.

Offline ruslan_inst

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:LCD ga mau keluar tulisanya?
« Jawab #2 pada: Maret 27, 2013, 02:33:19 AM »
bagusnya nanti di upload apa yang sudah di kerjakan jadi dari situ bisa di cek dan di bantu. saya tidak memakai bahasa basic tapi saya pakai pascal tapi g jauh beda penggunaannya oh ya ini pake avr yaa

coba cek bagian2 ini

pertama deklarasi variable pin lcd

 // LCD module connections
var LCD_RS : sbit  at PORTD0_bit;
var LCD_EN : sbit  at PORTD1_bit;
var LCD_D4 : sbit  at PORTD5_bit;
var LCD_D5 : sbit  at PORTD6_bit;
var LCD_D6 : sbit  at PORTD7_bit;
var LCD_D7 : sbit  at PORTB0_bit;

var LCD_RS_Direction : sbit at DDD0_bit;
var LCD_EN_Direction : sbit at DDD1_bit;
var LCD_D4_Direction : sbit at DDD5_bit;
var LCD_D5_Direction : sbit at DDD6_bit;
var LCD_D6_Direction : sbit at DDD7_bit;
var LCD_D7_Direction : sbit at DDB0_bit;
// End LCD module connections

sudah benar g ?

lalu variable penampung tulisannya

var txt1 : array[16] of char;

lalu inisialisasi dan setting

Lcd_Init();
Lcd_Cmd(_LCD_CLEAR);
Lcd_Cmd(_LCD_CURSOR_OFF);

lalu perhatikan perintah menampilkan

LCD_Out(1,1,txt1);



biasanya permasalahan yang paling sering adalah melupakan inisialisasi dan setting jadi tulisan memang jadi tidak tampak coba di cek dan mudah2an membantu.

Offline a_die

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:LCD ga mau keluar tulisanya?
« Jawab #3 pada: April 23, 2013, 10:34:29 AM »
coba lampirkan program untuk config lcd nya gan???
yg ini aja
config lcd pin=....
dsb

 :)

dgn bgtu  mungkin aje sy bisa bntu :)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
17 Jawaban
12807 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2009, 02:52:36 AM
oleh Firzal
9 Jawaban
9637 Dilihat
Tulisan terakhir September 14, 2009, 12:10:49 PM
oleh milmi
3 Jawaban
2609 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 31, 2010, 06:45:48 AM
oleh syx
5 Jawaban
19661 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 30, 2011, 07:03:46 AM
oleh miftakhul
0 Jawaban
161466 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 05, 2015, 03:51:12 AM
oleh Cahyaning Dianmas