Forum Sains Indonesia

Ilmu Terapan => Teknik Elektro => Ilmu Teknik => Mikrokontroler dan Robotika => Topik dimulai oleh: insan sains pada Juli 25, 2008, 01:45:59 AM

Judul: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: insan sains pada Juli 25, 2008, 01:45:59 AM
Tahun kemarin (2007) sempet nyari artikel-artikel tentang robot untuk ngisi presentasi tentang perkembangan teknologi robot. Saya bener-bener kaget, pas baca di website LIFESCIENCE (seperti artikel ini) disana dikatakan bahwa salah seorang mahasiswa Netherlands University Belanda bernama David Levy melakukan riset tentang prediksi hubungan manusia dan robot. Dia mengatakan, bahwa pada tahun 2050, manusia bakalan menikahi robot.

"My forecast is that around 2050, the state of Massachusetts will be the first jurisdiction to legalize marriages with robots," (David Levy)

WHATS ? ?? ?

Levy dapat memperkirakan demikian karena, saat ini teknologi robot sudah sampai pada tahap pembuatan robot yang benar-benar mirip dengan manusia (Android dan Gynoid). Dimana kecerdasan buatan dan teori-teori yang memperkuat kemiripan gerakan manusia dengan robot sudah banyak bermunculan. Ditambah lagi robot tentunya bisa diprogram, jadi kalo mau pasangan seperti apapun pasti bisa diusahakan... hihihi..!!! Yang jelas gak bawel, gak rewel, gak bikin kesel, etc-lah....

Yang jelas berkat risetnya ini membuat Levy berhasil meraih gelar PhD.

Yang ini bukan gambar manusia, juga bukan patung, tapi Gynoid
(http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/16/Actroid-DER_01.jpg/450px-Actroid-DER_01.jpg)

Yang ini Gynoid masih setengah jadi
(http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/4/45/Fembot_3_APTSWSM.jpg)

Yang ini sebagai presenter dan penyanyi
(http://metropolitician.blogs.com/scribblings_of_the_metrop/__lxap4y0S1as_RdC4QY251gI_AAAAAAAAAKQ_WlKucnYv6tg_s1600_0+android+3.jpg)

Yups, kira-kira bisa terjadi gak sih? Emang bisa? Silahkan utarakan pendapatnya!
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: izna pada Juli 25, 2008, 02:38:51 AM
manusia mengawini robot?? :o :o :o
apa bisa? apa ga ngelawan kodrat?
klo pun seandainya terjadi,..
misal robotnya female trus manusia male,..apa bisa hamil??(kyknya engga dech :-\)
trus begitupun sebaliknya, apa manusia bisa dihamilin ma robot ???
Wah,..jaman makin canggih tapi makin aneh+makin ga karuan az.. :-X
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: reborn pada Juli 25, 2008, 06:45:21 AM
Apa bedanya Android dan Gynoid?
Emang ada yang mau nikah sama robot, apa enaknya?
Jadi inget dulu ada film Darryl. Robot anak kecil yang diadopsi. Darryl cerdas, rajin, sempurnalah pokoknya.
Tapi ibunya jadinya ngerasa ga berguna, karena semuanya si anak itu serba tau serba bisa, padahal dia pengen bisa ngajarin anaknya ngiket tali sepatu misalnya. Hehe... bagus tuh filmnya, film anak2 sih ;D
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: insan sains pada Juli 25, 2008, 08:52:39 PM
manusia mengawini robot?? :o :o :o
apa bisa? apa ga ngelawan kodrat?
klo pun seandainya terjadi,..
misal robotnya female trus manusia male,..apa bisa hamil??(kyknya engga dech :-\)
trus begitupun sebaliknya, apa manusia bisa dihamilin ma robot ???
Wah,..jaman makin canggih tapi makin aneh+makin ga karuan az.. :-X

Emang udah edan kayaknya yach ni jaman? Tapi kayaknya mungkin aja kalo robot bisa ngehamilin manusia. Loh caranya gmn? Nanti kalo ada teknologi yang bisa nyimpan sperma aktif manusia dalam waktu yang lama, rasanya mungkin-mungkin aja. Iigggh... tapi dengernya aja serem....!!

Apa bedanya Android dan Gynoid?

An android is a robot designed to resemble a human, usually both in appearance and behavior. The word derives from ανδρός, the genitive of the Greek ανήρ anēr, meaning "man," and the suffix -eides, used to mean "of the species; alike" (from eidos, "species"). Though the word derives from a gender-specific root, its usage in English is usually gender neutral; the female counterpart, gynoid, is generally used only when the female gender is a distinguishing trait of the robot.
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Android

Gynoid (from Greek γυνη, gynē - woman) is a term used to describe a robot designed to look like a human female, as compared to an android modeled after a male. The term is not common, however, with android often being used to refer to both "sexes" of robot. The portmanteaus fembot (female robot) and feminoid (female android) have also been used; the latter sparingly. The term "Gynoids" was created by the female British SF writer Gwyneth Jones, and developed by another Sumber : British SF writer, Richard Calder.
http://en.wikipedia.org/wiki/Gynoid

Jadi sebenarnya kata Android itu lebih mengacu pada robot berbentuk manusia (humanoid) dengan fisik laki-laki, sedangkan Gynoid itu untuk humanoid robot yang berbentuk perempuan.

Emang ada yang mau nikah sama robot, apa enaknya?

Enak apa maksudnya? Kayak yang udah nikah aja....????  ;D

Jadi inget dulu ada film Darryl. Robot anak kecil yang diadopsi. Darryl cerdas, rajin, sempurnalah pokoknya.
Tapi ibunya jadinya ngerasa ga berguna, karena semuanya si anak itu serba tau serba bisa, padahal dia pengen bisa ngajarin anaknya ngiket tali sepatu misalnya. Hehe... bagus tuh filmnya, film anak2 sih ;D

Segera hunting torrentnya... heuheuheu....  :D
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: uzik-sama pada Juli 25, 2008, 09:35:27 PM
Apa bedanya Android dan Gynoid?
Emang ada yang mau nikah sama robot, apa enaknya?
Jadi inget dulu ada film Darryl. Robot anak kecil yang diadopsi. Darryl cerdas, rajin, sempurnalah pokoknya.
Tapi ibunya jadinya ngerasa ga berguna, karena semuanya si anak itu serba tau serba bisa, padahal dia pengen bisa ngajarin anaknya ngiket tali sepatu misalnya. Hehe... bagus tuh filmnya, film anak2 sih ;D
ini nih kayaknya ada sedikit aneh, khan judulnya threadnya Manusia mengawini Robot terus reborn ngomong tentang nikah, kayaknya beda deh? kalo nikah sama robot emang ngga enak (asumsikan suami istri) tapi kalo kawin?

wkwkwkwkwk

biar ngga oot. mungkin maksudnya nih bagi para orang  yang udah putus asa karena ngga bisa mendapatkan pendamping hidup, orang2 yang menginginkan pasangan yang ideal menurut dirinya sendiri, nah kalo bagi aku yang ngga merasa putus asa ato kesulitan yang sangat nemuin manusia untuk menjadi pendamping hidup aku dan walopun ngga ideal tapi menurut aku udah sangat bisa melengkapi diriku (amien) aku tetep milih species dari manusia.
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: wonderfull wind pada Juli 26, 2008, 12:03:27 AM
RoboTna CanTik2,, Ad yg Cakep 9a ya,,,

Uiy jd In9et waKtu KeciL :D, duLu pRnah LiaT fiLm lupa Judulna apa, ttg robot gitu. Mereka bnyak diproduksi buat bekerja soalnya mereka ga punya human error n ga minta digaji juga,, (kasian) Meskipun sebenernya mereka dikasih upah yg ga pernah mereka ambiL

tau2nya robotnya naksir sama anak majikannya, jadi dia ngambil uangnya trus operasi deh ma ahLi robot. Dia jadi ky punya kuLit, n bisa ngerasain sentuHan. Di akhir film dia nikah n kawin sama kecengannya iTu. Wah ga nyangka ternyata film itu bisa jadi kenyataan,,,,

Tp siy mnuRut aku mo s9imana canggihnya robot meskipun qta bisa nikah n mengawini dia kynya rasanya ga akan sempurna soalnya kan robot ga punya perasaan,, jd dia patuh sama kita bukan krn sayang tapi karena perintah,,


Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: eky pada Juli 26, 2008, 02:32:34 AM
wadowww ..
masa iya mengawini robot??
bakalan aneh tuh ..
ahahahhha ..
masih banyak kok ntar ditaun 2050 cewe cakep .. ahaha

tapi klo manusia lain pada mau ama robot, ya udah gpp, gw ama cewe beneran nya aja .. hahhaa :D:D
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: syx pada Juli 26, 2008, 03:26:03 AM
ga kebayang deh kalo lagi asyik tiba-tiba mukanya lepas kaya gini...
(http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/4/45/Fembot_3_APTSWSM.jpg)(http://blog.roodo.com/onion_club/d582d79f.gif)
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: izna pada Juli 27, 2008, 03:06:15 AM
Kutip
Tapi kayaknya mungkin aja kalo robot bisa ngehamilin manusia. Loh caranya gmn? Nanti kalo ada teknologi yang bisa nyimpan sperma aktif manusia dalam waktu yang lama, rasanya mungkin-mungkin aja.
kalaupun memang entar ada, tapi kan tetep az spermanya berasal dari manusia jg...trus yg jadi pertanyaan, siapa yg mau nyumbangin spermanya bt itu robot??

Wah,...jaman makin canggih tapi aku malah makin bingung+takut dengan sebagian kecanggihannya itu... ???
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: reborn pada Juli 27, 2008, 12:52:22 PM
@uzik-sama
wakaka.... nyambung aja lagi :P ya dua-duanya sih, nikah dan kawin ya bermasalah lah kalo sama robot.

Ikut yang normal2 aja lah. manusia banyak gitu masa milih sama robot, ga asyik :P
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: Melnick pada Juli 28, 2008, 12:29:39 AM
ga kebayang deh kalo lagi asyik tiba-tiba mukanya lepas kaya gini...
(http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/4/45/Fembot_3_APTSWSM.jpg)(http://blog.roodo.com/onion_club/d582d79f.gif)


wakakakak.. bener juga tuh  ;D
tapi biarpun gimana juga, "kayaknya" robot ga akan bisa 100% sama persis kayak manusia deh..  :-\
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: insan sains pada Juli 30, 2008, 08:32:13 AM
RoboTna CanTik2,, Ad yg Cakep 9a ya,,,

Uiy jd In9et waKtu KeciL :D, duLu pRnah LiaT fiLm lupa Judulna apa, ttg robot gitu. Mereka bnyak diproduksi buat bekerja soalnya mereka ga punya human error n ga minta digaji juga,, (kasian) Meskipun sebenernya mereka dikasih upah yg ga pernah mereka ambiL

tau2nya robotnya naksir sama anak majikannya, jadi dia ngambil uangnya trus operasi deh ma ahLi robot. Dia jadi ky punya kuLit, n bisa ngerasain sentuHan. Di akhir film dia nikah n kawin sama kecengannya iTu. Wah ga nyangka ternyata film itu bisa jadi kenyataan,,,,

Tp siy mnuRut aku mo s9imana canggihnya robot meskipun qta bisa nikah n mengawini dia kynya rasanya ga akan sempurna soalnya kan robot ga punya perasaan,, jd dia patuh sama kita bukan krn sayang tapi karena perintah,,

Ngomong-ngomong tentang perasaan, udah ada loh robot yang sengaja di program untuk memiliki perasaan. Baik itu dengan men-scan mimik muka orang yang bersangkutan, nada suara, ataupun dengan sentuhan dari orang yang bersangkutan. Coba nanti saya cari lagi referensinya. Kalo gak salah, bahkan ada yang sengaja ditugasin buat jadi psikiater...!! walah.. walah...!! Sekarang aja teknologinya sudah sebegitu gilanya, gimana beberapa puluh tahun kedepan...??
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: wonderfull wind pada Juli 30, 2008, 11:32:26 AM
Uiya,, ud ga sngaja nemuin niy. Namanya FeeliX Growing Bukan?

ni potongan postingannya:

Kevin Prescott of ICT results writes, "I thought you might be interested in a recent EU-funded robotic research project", Feelix Growing (FEEL, Interact, eXpress: a Global appRoach to develOpment With INterdisciplinary Grounding). This oddly named project is an attempt by European researchers to develop a robot with empathy. An ICT Results story on the project says, "The technology pulls together research in robotics, adaptive systems, developmental and comparative psychology, neuroscience and ethology, which is all about human behaviour." The robot will react to facial expression and emotional states of nearby humans, and reveals its own state via robotic facial expressions. It will rely on neural networks for learning capabilities. The researchers believe making robots more empathetic will lead to greater acceptance by humans.

FEELIX GROWING takes a highly interdisciplinary approach that combines theories, methods, and technology from developmental and comparative psychology, neuroimagery, ethology, and autonomous and developmental robotics, to investigate how socially situated development can be brought to robots that grow up and adapt to humans in everyday environments. We expect to have a significant impact on the scientific community, on two grounds. On the one hand, our research focus poses an important and as-yet largely unexplored scientific question that is increasingly recognized as a keystone in the development of human-oriented social technology and in the understanding of humans, and can contribute to the advancement of entertainment, developmental, service, and rehabilitation robotics. On the other hand, our strongly interdisciplinary effort could make important contributions to a number of disciplines and set the grounds towards long-term collaborations among them.

sumber: http://www.feelix-growing.org/node/3

Kyna asik juga ya ada robot yang mengerti kita,, bisa jadi temen setia tuh soalnya kan dia ga punya kesibukan lain selain patuh sama kita,,  :D  :D Cocok buat orang kebanyakan duit yang kesepian,,  ;D  ;D


Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: reborn pada Juli 30, 2008, 11:49:32 AM
jadi inget dulu pernah ngetrend tamagochi ya namanya? Mainan mirip gamewatch/gimbot/gimot ??? kerjaannya ngurus bayi dari makan, tidur, main, belajar gitu. Trus ada the sims ;D Eh, beneran ada robotnya nanti. Pasti idenya dari orang2 kesepian nih :P
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: insan sains pada Juli 30, 2008, 12:06:19 PM
jadi inget dulu pernah ngetrend tamagochi ya namanya? Mainan mirip gamewatch/gimbot/gimot ??? kerjaannya ngurus bayi dari makan, tidur, main, belajar gitu. Trus ada the sims ;D Eh, beneran ada robotnya nanti. Pasti idenya dari orang2 kesepian nih :P

Kekeke.... padahal mah om Reborn suka maen tamagochi juga... ya kan??? sampe hafal harus ngurus bayi, ngasih makan, tidur, main, belajar... hehehehe....
*bohong mode on
saya malah baru tahu...
*bohong mode off

Wah.. keknya film-film fiksi ilmiah tentang cyborg bakalan kesampean juga tuh.
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: ahmad fauzan pada Juli 30, 2008, 02:11:45 PM

wah kalo gitu seh nanti gmana hubungan intimnya yak.....
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

gak anget ahh..... :o :o :o

truz kalo nikah sah ga yak ;D ;D ;D
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: insan sains pada Agustus 26, 2008, 03:43:19 AM
@ahmad fauzan
kekeke...

Nanyanya serius amat sih? kayak yang niat aja...  ;D  ;D
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: ahmad fauzan pada Agustus 26, 2008, 05:24:45 AM
@ahmad fauzan
kekeke...

Nanyanya serius amat sih? kayak yang niat aja...  ;D  ;D
yah kan jaman makin canggihkan makin aneh ini dunia ;D

jadi kalo misalnya ada yg kyk begituan kgak kaget :-\
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: rawWARus pada Agustus 26, 2008, 07:01:30 AM
Klo menurut ku sh bisa2 saja cuma menyalahi agama saja meskipun itu memungkinkan, karena teknologi penunjang nya sudah ada sepeerti alat kelamin buatan yg hampir sangat mirip dgn aslinya, trus untuk robot yg lebih canggih lagi yakni dengan menerapkan bayi tabung atau proses kloning mungkin, tapi bahayanya jika anti virusnya masih kurang sempurna...
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: kuncungs pada Desember 31, 2008, 04:13:14 AM
Tar kalo lagi begitu tiba2 robotnya konslet trus itu jadi buntung/remuk ato kesetrum/terbakar , ya ampun.. serem amat. Teknologi dikembangkan kok buat nafsu doang, bukannya buat yg baek2  ???
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: rawWARus pada Desember 31, 2008, 02:46:31 PM
klo q pikir lg ttg judulnya sih mmg "manusia mengML in robot" terkesan cuma sbg alat pemuas aja..
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: ahmad fauzan pada Januari 01, 2009, 01:45:09 PM
klo q pikir lg ttg judulnya sih mmg "manusia mengML in robot" terkesan cuma sbg alat pemuas aja..

bisa jadi tuh???
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: freexs077 pada Januari 06, 2009, 11:15:41 AM
hehe.. kayaknya manusia udah agak konslet nih...
sabar, banyak-banyak bertawakal, istiharoh, mohon petunjuk kepada-Nya..
insya 4JJ akan diberi hidayah dan pencerahan pada kita semua...
AMIN 8) 8)
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: rawWARus pada Januari 16, 2009, 07:23:51 AM
ya mungkin yg berharap dan pengen punya istri robot yg mirip LUNA MAYA atau artis lainnya...heheheh
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: biobio pada Januari 16, 2009, 07:42:20 AM
ya mungkin yg berharap dan pengen punya istri robot yg mirip LUNA MAYA atau artis lainnya...heheheh

gmn kalo yg asli aj?^^
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: rawWARus pada Januari 16, 2009, 01:06:20 PM
yg asli?kan udh py ariel, hehehe
lagian yg aslinya kan cm satu, kecuali klo dikloning jg...
btw bikin robot manusia dgn kloning biayanya murah mana ya n efisien mana?
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: biobio pada Januari 17, 2009, 06:56:10 AM
yg asli?kan udh py ariel, hehehe
lagian yg aslinya kan cm satu, kecuali klo dikloning jg...
btw bikin robot manusia dgn kloning biayanya murah mana ya n efisien mana?
murah atau mahal mana ya?sepertinya murah kloning ya,kalau sdh lengkap alatnya..tp ongkos membesarkannya,mulai makan,sekolah,baju,sampe "siap pakai" perlu diperhitungkan jg tuh..mslh efisien atau ga,wah...efisien robot donk..tp yg jelas lbh puas yg kloningan..
Judul: Re: Manusia mengawini Robot
Ditulis oleh: tukul pada Januari 18, 2009, 09:50:27 AM
murah atau mahal mana ya?sepertinya murah kloning ya,kalau sdh lengkap alatnya..tp ongkos membesarkannya,mulai makan,sekolah,baju,sampe "siap pakai" perlu diperhitungkan jg tuh..mslh efisien atau ga,wah...efisien robot donk..tp yg jelas lbh puas yg kloningan..


wah dari robot kok sampai kloning segala heheheheh