Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 30, 2021, 10:46:10 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 50
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 75
Total: 75

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Mau Belajar Bikin Robot?  (Dibaca 29104 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline insan sains

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Mau Belajar Bikin Robot?
« pada: Juli 30, 2008, 02:47:42 PM »
Ada satu website yang cukup menarik kalo ingin mulai mempelajari cara membuat robot, dari yang sederhana, dari yang paling murah, dengan memanfaatkan barang ala kadarnya, sampe bikin proyek robot lumayan gede-gedean.

Pengennya sih nanti sub-forum ini selain ngebahas berita-berita tentang mikrokontroler, automatisasi dan robotika (serta perkembangannya), juga maunya ada sedikit ke arah praktis berupa tutorial singkat semacam pembuatan robot gitu deh... Mudah-mudahan ada waktu buat bikin tutorialnya dan di share ke sini, walaupun nampaknya kerjaan kantor gak kunjung menunjukkan tanda-tanda bisa kerja sambil nafas santai... (hehehe.. jadi curhat..!)

Ok.. daripada nunggu tutorial dari saya yang jadinya entah kapan tahun, jadi saya coba kasih link dulu situs yang bisa dijadikan referensi kalau mau mempelajari dan mempraktekkan pembuatan robot.

http://www.societyofrobots.com/step_by_step_robot.shtml
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline ahmad fauzan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 193
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
  • jangan menghinaku lagi yak??
Re: Mau Belajar Bikin Robot?
« Jawab #1 pada: Agustus 26, 2008, 05:28:46 AM »
wah gokil neh thread ;D

jadi pengen nyoba bikin helicopter ahh:-\

dari pada beli ;D
semua itu bisa asalkan kita terbiasa

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Mau Belajar Bikin Robot?
« Jawab #2 pada: September 01, 2008, 01:43:51 PM »
mungkin bisa dimulai dari bikin robot-robotan dari transistor, suruh ikuti garis aja dulu, ga usah presisi, garis tebel aja (kalo yang kecil mah susah, bisa jungkir balik deh bikinnya  ;D )...
bisa pake dua rangkaian seperti di posting ini

yu ya yu, yang mau nyobain...  ;D
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline dark_nekron

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 6
Re: Mau Belajar Bikin Robot?
« Jawab #3 pada: Januari 14, 2009, 06:09:34 PM »
sekalian dung upload juga rangkaiannya robot line tracer dll.. klo bisa jangan yang makek IC micro ya. cz awak masih gak mudeng... maklum masih belajar C. klo assembly n golongan HDL yang lain bisa bertahun2 nih merguru di laut kidul hahahaha.....
......i'am still stupid..... and always stupid......
----ORANG GENDENG----

Offline eRuw

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
Re: Mau Belajar Bikin Robot?
« Jawab #4 pada: Februari 05, 2009, 12:46:23 PM »
@all
Sory aLl ~
saya anak baru nihh..
pengalaman di bidang robotic masih 0 bisa di blg
nahh
saya mo tanya" tntang cara pembuatan robot yg gampang tp yg ga usah pake IC yahh..
soal nya pake IC itu kaata tmn" saya rumit..
 ;D ;D ;D ;D
tolong di kasih tau cara" nya soal nya ini buad tugas fisika skolahan nihhh :P :P :P

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Mau Belajar Bikin Robot?
« Jawab #5 pada: Februari 09, 2009, 01:08:46 AM »
@all
Sory aLl ~
saya anak baru nihh..
pengalaman di bidang robotic masih 0 bisa di blg
nahh
saya mo tanya" tntang cara pembuatan robot yg gampang tp yg ga usah pake IC yahh..
soal nya pake IC itu kaata tmn" saya rumit..
 ;D ;D ;D ;D
tolong di kasih tau cara" nya soal nya ini buad tugas fisika skolahan nihhh :P :P :P

bikin line follower robot pake transistor aja (atau comparator), cuma ya control nya cuma on/off

Offline erik hardianto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 111
  • IQ: 10
Re: Mau Belajar Bikin Robot?
« Jawab #6 pada: Maret 12, 2009, 06:02:30 PM »
wah gokil neh thread ;D

jadi pengen nyoba bikin helicopter ahh:-\

dari pada beli ;D
klo bisa, kirim2 ya mas ilmunya. ok makasih..

Offline blackpro

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 5
Tempat belajar Robot?
« Jawab #7 pada: Mei 03, 2009, 02:54:23 AM »
ada yang tau tempat kursus robot ga?

Offline blackpro

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 5
Re: Tempat belajar Robot?
« Jawab #8 pada: Mei 03, 2009, 02:56:11 AM »
ataw kompetisi - kompetisi robot yang sering diadakan, ada yg tau ga?

Offline macienne_12

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Mau Belajar Bikin Robot?
« Jawab #9 pada: Mei 06, 2009, 03:14:24 AM »
mao nanya,,kalo gue mao bikin robot kursi roda dengan menggunakan sensor ultrasonik
kira2 buat mappingnya enak pake metode apa yah?

kalo metode HIMM udah dipake dulu jadi gue ga boleh pake itu lagi,,
pengennya pake dempster-shafer
ada yang punya tutorial mapping dengan dempser-shafer?

Offline insan sains

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Tempat belajar Robot?
« Jawab #10 pada: Mei 09, 2009, 07:50:22 AM »
ada yang tau tempat kursus robot ga?

yang berdomisili dimana ya?

Coba kesini :

e-Technology Center
Mutiara Gading Timur
Blok D3 No.2 RT 6/24
Bekasi Timur - Jawa Barat
www.widodo.com
www.toko-elektronika.com

Offline insan sains

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Mau Belajar Bikin Robot?
« Jawab #11 pada: Mei 19, 2009, 08:21:06 AM »
r
ada yang punya tutorial mapping dengan dempser-shafer?

namanya ajah baru denger.... ^_^ heu heu...

ntar coba deh kalo ketemu di uploadin...

Offline cartiman

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 143
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
Re: Tempat belajar Robot?
« Jawab #12 pada: Juni 11, 2009, 05:44:52 AM »
ada yang tau tempat kursus robot ga?

Saya juga lagi nyari tempat kursus robot buat anak ?

Offline insan sains

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Mau Belajar Bikin Robot?
« Jawab #13 pada: Juni 16, 2009, 12:19:09 AM »
Wah.. kalo saya buka kursus robot banyak yang minat gak yach? hahaha...  ;D

Offline MuhammadBz

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 96
  • IQ: 13
Re: Mau Belajar Bikin Robot?
« Jawab #14 pada: Juni 22, 2009, 06:17:34 AM »
Kalo bikin robot itu mudah kok KRCi ga ada robot berkakainya, selama ini beroda terus

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
13 Jawaban
11893 Dilihat
Tulisan terakhir November 28, 2009, 12:22:48 AM
oleh monokorobo
1 Jawaban
6254 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 27, 2009, 05:35:24 AM
oleh mozzpunkz
16 Jawaban
34973 Dilihat
Tulisan terakhir November 24, 2012, 12:51:10 AM
oleh anggik2002
1 Jawaban
183747 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 25, 2014, 11:28:34 PM
oleh paddi9
0 Jawaban
11027 Dilihat
Tulisan terakhir September 19, 2020, 03:26:24 PM
oleh Ginfreeks