Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 16, 2021, 06:32:04 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26703
  • Latest: VIVA98
Stats
  • Total Tulisan: 139627
  • Total Topik: 10388
  • Online Today: 58
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 24
Total: 24

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Mau tanya program servo pake C-AVR  (Dibaca 4448 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline namasayabudi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
Mau tanya program servo pake C-AVR
« pada: Juli 25, 2010, 03:39:42 PM »
siswa baru mau tanya gan ..
bisa minta tolong .. mungkin agan bepengalaman ..
mau buat gerakan servo yang lambat banget ..
yang biasa gw buat ..

contoh program
gw pake C AVR ..
PORTA.255;
PIRTA.1=1;
delay_us(1850); [nilai A]
PORTA.1=0;
delay_us(18150);

nah si servo di port ini mau di gerakin jadi si 'A' nya berubah jadi 2000 us ..
cuma pengen si stepnya gerakannya lambat banget tiap 10us ato 50us.. gitu .. istilahnya increment delaynya pengen lambat lah .. tau ga ??
gw ga tau programnya .. kalo tau kabarin yah agan2 semua .. pengen bisa ..

gw selama ini masi manual
jadi pake fungsi for

for(i=0;i<50;i++)
{
PORTA.255;
PIRTA.1=1;
delay_us(1850); [nilai A]
PORTA.1=0;
delay_us(18150);
};

for(i=0;i<100;i++)
{
PORTA.255;
PIRTA.1=1;
delay_us(1900); [nilai A]
PORTA.1=0;
delay_us(18100);
};


for(i=0;i<150;i++)
{
PORTA.255;
PIRTA.1=1;
delay_us(1950); [nilai A]
PORTA.1=0;
delay_us(18050);
};


for(i=0;i<200;i++)
{
PORTA.255;
PIRTA.1=1;
delay_us(2000); [nilai A]
PORTA.1=0;
delay_us(18000);
};

nah kalo pake cara yang gw biasa pake ini si servo nya kasar gerakannya .. n kebayang donk program nya sepanjang apa .. hehehe ..
itu aja yang mau di tanya .. thx for attention  .. mudah2an ada yang bisa ngasi solusi ..


Offline 0y1k

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 233
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • بسم الله
Re: Mau tanya program servo pake C-AVR
« Jawab #1 pada: Juli 30, 2010, 08:57:47 AM »
yang jadi masalah di delay kan??
fungsi delay harus konstan, hehehe
sedikit manipulasi delay, mungkin anda yang mengembangkan
sy belum pernah mainan dengan servo, jd gak tw cara yg halus untuk bergeraknya, bantu dalam manipulasi coding aja yah
:-)

Kode: [Pilih]
//ini fungsi variabel delay
var_delay_us(int delay) {

char i;

for (i=1;i<=delay;i++)
delay_us(1);
}

//ini untuk menggerakan servo

main() {

char j,k;
int delay1;delay2;

delay1 = 1850;
delay2 = 18150;

for(j=1;j<=4;j++) {

for(k=0;k<200;k++)
{
PORTA.255;
PIRTA.1=1;
var_delay_us(delay1); [nilai A]
PORTA.1=0;
var_delay_us(delay2);
}

delay1 = delay1 + 50;
delay2 = delay2 + 50;
}

}

dicoba deh...
ga perlu coding yg panjang kan??
hehehe
لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ اْلأَرْضِ وَرَبُّ الْع

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
9342 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 07, 2010, 04:59:56 PM
oleh ikhwanpcr
7 Jawaban
6930 Dilihat
Tulisan terakhir September 21, 2012, 06:33:47 AM
oleh jack.ventura
5 Jawaban
8106 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 26, 2011, 05:10:45 AM
oleh spartakook
0 Jawaban
2992 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 14, 2011, 12:11:00 PM
oleh zilonks
0 Jawaban
1908 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 09, 2014, 06:19:16 PM
oleh nazwa