Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 18, 2021, 10:48:25 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139618
  • Total Topik: 10381
  • Online Today: 217
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez  (Dibaca 16468 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« pada: Mei 23, 2007, 06:32:22 PM »
saya ambil tulisan ini dari rileks.comlabs.itb.ac.id
kalo tulisan ini salah tempat posting, tolong bang moderator benerin....selamat berdiskusi (abis baca tentunya)....:)

Anthony Gomez, Kepala dan Direktur AACE Worlwide Pty. Ltd.,

sebuah perusahaan Australia, berhasil menemukan dan mendesain mesin wudhu otomatis yang dioperasikan dengan sinar infra merah. Kelebihan mesin Auto Wudu Washer (AWW) yang dilengkapi dengan alat pengering ini adalah efisiensi air dan waktu.

Mesin wudhu otomatis ini nampaknya bakal laku keras, karena menurut Gomez, perusahaannya sudah menerima pesanan 600 mesin wudhu otomatis ini dari berbagai negara Muslim.

"Kami sedang dalam proses membuat kesepakatan untuk mendistribusikan mesin ini ke Arab Saudi, Kuwait, Oman dan Bahrain," kata Gomez. Ia mengatakan, belum tahu akan dihargai berapa mesin temuannya itu, namun ia meyakinkan bahwa harganya akan 'terjangkau.'

"Mesin ini bukan hanya untuk orang kaya tapi untuk semua orang, kita berusaha agar sedapat mungkin harganya terjangkau," tambah Gomez, asal Malaysia yang kini sudah menjadi warga negara Australia.

Mesin ini dibuat khusus dengan unit-unit untuk berwudhu misalnya bagian telinga, mulut, muka, tangan sampai siku, kaki sampai mata kaki, yang semuanya dibuat dalam satu unit sistem. Menurut Gomez, yang perusahaannya bergerak di bidang pembuatan komponen pesawat terbang, mesin wudhu ini seluruhnya menggunakan sistem komputerisasi.

 "Anda tidak perlu menyentuh keran apapun, mesin ini dioperasikan oleh sensor infra merah berdasarkan tekonologi Australia, " jelas Gomez.

Ia mengungkapkan, pada tahap selanjutnya perusahaannya akan memproduksi mesin wudhu otomatis yang bentuknya mirip sebuah kulkas ukuran besar. Saat ini, pembuatan unit-unit mesinnya masih berbasis di Malaysia.

Gomez mengatakan, ia mendapatkan ide pertama untuk membuat mesin wudhu ini ketika ia sedang dalam perjalanan dari Taba, Mesir ke Aqaba, Yordania dengan menggunakan ferry.

"Semuanya berawal ketika tim kami dikontrak untuk membuat pintu kokpit oleh sebuah perusahaan penerbangan Mesir di Taba," kisahnya.

Setelah kontrak itu selesai, Gomez memutuskan untuk berkunjung ke Aqaba. Tapi saat itu ia ketinggalan ferry yang cepat dan terpaksa naik ferry yang lambat, yang sedang mengangkut para jamaah yang akan pergi umarh ke Makkah.

"Toiletnya sangat kotor dan ramai. Banyak para jamaah yang berwudhu dengan menggunakan wastafel dan berdiri di atas lantai yang kotor, yang sama sekali tidak higienis," sambung Gomez.

"Meski saya bukan Muslim, saya sedih melihat mereka karena keyakinan di setiap agama harus menyembah dan mengabdi pada satu tuhan," kata Gomez lagi.

Setelah kembali ke Australia, Gomez bertekad untuk memproduksi mesin wudhu yang canggih dengan menggunakan teknologi tinggi agar bisa juga menghemat waktu dan air.

"Makkah dan Madinah seringkali ramai pengunjung, bayangkan jika hampir dua juta orang berwudhu dan ini sangat sulit. Di sistim kami, hanya butuh tiga menit untuk berwudhu dengan layak," ujarnya.

Wudhu dan Aspek Spiritual

Gomez mengaku sudah berkonsultasi dengan Dewan Islam di Australia sebelum ia mengerjakan penemuan barunya itu. Menurutnya, Dewan Islam Australia sudah mengeluarkan fatwa yang membolehkan mesin wudhu itu.

Mengomentari mesin wudhu otomatis temuan Gomez, ulama Mesir Syeikh 'Abdul-Khaliq Hasan Ash-Sharif mengatakan, dia tidak melihat hal yang salah dalam penggunaan mesin wudhu itu sepanjang pilar-pilar dasar yang disyaratkan untuk berwudhu diperhatikan dengan benar.

"Ada aspek-aspek spiritual dari berwudhu yang harus diperhatikan oleh mereka yang menggunakan peralatan modern," katanya pada Islamonline.

Syeikh Hassan Asy-Syarif menegaskan, umat Islam sendiri tidak perlu terpecah belah hanya kerena mesin-mesin modern dan umat Islam tidak perlu kehilangan semangat spiritualitasnya dengan menggunakan peralatan modern seperti mesin wudhu otomatis itu.

"Umat Islam yang menggunakan mesin ini tidak boleh lupa bahwa mereka sebenarnya sedang melakukan salah satu bentuk peribadatan dan bukan sekedar kegiatan rutinitas membersihkan badan," jelasnya.

Yang dimaksud aspek spiritual itu, Syeikh Hassan Asy-Syarif mengungkapkan sebuah hadist shahih yang mengatakan bahwa dosa seseorang akan diampuni ketika tetesan air jatuh dari bagian-bagian tubuh orang yang berwudhu.

"Aspek spiritual inilah yang harus ada di pikiran seorang Muslim," tegasnya. (ln/iol)
« Edit Terakhir: Mei 23, 2007, 06:36:08 PM oleh widy.rotib »
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”-- RATM, 1999.

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #1 pada: Mei 24, 2007, 02:50:49 PM »
 :) menarik. Gimana sih bentuk mesinnya? ada gambarnya ngga?
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

cyborg

  • Pengunjung
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #2 pada: November 05, 2007, 11:55:17 AM »
 ;D ;D ;D bagus tuh......
klo bisa picture-nya mana????
pgn liat!!!????


Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #3 pada: Februari 29, 2008, 04:27:26 PM »
sorry baru nongol lagi  ;D
   

aku ambil fotonya dari islamonline.net
kira2 mesin diatas bakalan efesien ga?

Offline rudsaint

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: 0
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #4 pada: Maret 25, 2008, 04:39:48 PM »
hihihi koq malah org australia ya yg nemuin 

widy anak FT ya????

Offline wonderfull wind

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 90
  • IQ: 7
  • Gender: Wanita
    • winds blo9
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #5 pada: Juli 26, 2008, 11:11:49 AM »
BaRu Baca uy,,, ALatnya KeRen b9t,, Kynya siy baKaL efisien n bersih soalnya ada penampung airnya juga jd aernya ga baKal bercecer kemana2 (kynya,,,)

Ntar2 ada 9a ya aLat buat Mendeteksi NaJis,, Ak sk n9eRi aJ tkt aer yg dPake wudhu iTu tercemar gitu,,
Akal itu mentri yang menasehati, hati itu adalah raja yang menentukan, harta itu adalah satu tamu yang akan pergi, dan kesenangan itu satu masa yang ditinggalkan. (anonim)

Offline ahsai001

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 1
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #6 pada: Oktober 22, 2008, 02:53:48 AM »
wah kalo cuman gambar kurang .....


minta link videonya dong ....biar jelas seperti apannya....salah....bagaimana cara kerjanya...

ditunggu videonya.....

Offline tembem

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 3
  • Gender: Wanita
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #7 pada: Oktober 22, 2008, 04:03:27 AM »
kalau diliat dari gambarnya sih kayaknya efisien tuh. airnya gak muncrat-muncrat... yang penting kan mengalir...
jadi pengen nyoba.
not everyone can become a great artist, but a great artist can come from anyone
(wise saying from Ratatouille)

Offline eky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 441
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • growing up
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #8 pada: Oktober 30, 2008, 03:27:11 AM »
tapi apakah bakalan bener tuh wudhunya kalau pake mesin?

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #9 pada: Februari 14, 2009, 11:03:52 AM »
tapi apakah bakalan bener tuh wudhunya kalau pake mesin?

ya, kalo kata orang sunda, terlihat.....

'kagok'  :-\
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Offline erik hardianto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 111
  • IQ: 10
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #10 pada: Maret 09, 2009, 06:25:06 PM »
sorry baru nongol lagi  ;D
   

aku ambil fotonya dari islamonline.net
kira2 mesin diatas bakalan efesien ga?
kayanya kurang efesien, mesinnya ke gedean.. masjid2 yg gde baru bisa pake tu alat. kayanya cukup pake keran aja.. :)

Offline cartiman

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 143
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #11 pada: Mei 03, 2009, 03:06:58 AM »
Menurut saya tidak effesien... Makan tempat ...
Sekarang aja di masjid dengan jumlah Kran yang banyak, masih banyak yang ngantri..
Kalau pakai mesin itu, berapa luas tempat yang di butuhkan...
Belum lagi biaya perawatan mesinnya....
Mendingan Pakai Kran ... asal di atur aja aliran airnya...

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #12 pada: Mei 03, 2009, 03:15:40 AM »
widy anak FT ya????

ho oh... ntar lagi insaolo alumni, bro... hehe...

kegedean gitu?....bukannya kapasitas dimensi buat t4 wudhu emang segede itu?

Offline Alien-sama

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #13 pada: Mei 18, 2009, 10:27:32 AM »
sangat menarik.  ;)

dan yang lebih menariknya.
kenapa mesin ini diciptkan seorang non-muslim ?
dimanakah keberadaan para penemu muslim?

sepertinya mesinnya cukup kok.
gak terlalu makan tempat
gak berbeda lah kalo make keran biasa
yah kalo ini ditaro di mekah pasti cocok deh

Offline herlambang

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 157
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • uh".. kimochi^^"
    • Discovering The Art and Technology
Re: Mesin Wudhu Otomatis Buatan Anthony Gomez
« Jawab #14 pada: Juni 21, 2009, 11:43:13 AM »
wew..  kayak mesin ATM ya?
kontras sekali dengan tempat wudlu di rumahku.. ^^" masih pake gentong :D
built-in double watchdog! ^^"   *Problem Solved*

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
3561 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 17, 2009, 10:02:30 AM
oleh skuler
0 Jawaban
3460 Dilihat
Tulisan terakhir November 29, 2009, 11:16:23 AM
oleh adalah
4 Jawaban
3101 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 11, 2010, 11:38:00 PM
oleh engkong
1 Jawaban
3844 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 27, 2011, 08:28:42 PM
oleh nas77
1 Jawaban
3581 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 16, 2011, 02:14:05 AM
oleh erik hardianto