Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 02, 2024, 11:49:53 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 67
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 45
Total: 45

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

mohon bantuan proyek akhir

Dimulai oleh goe_GIE, Juli 10, 2008, 04:08:17 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

goe_GIE

Assalamualaikum

Saya ingin masukan dari rekan- rekan forum sains mengenai proyek akhir saya tentang pembuatan alat pengukur volume paru- paru dengan mikrokontroler. Deskripsi proyek akhir saya pengukuran volume paru- paru dengan mikrokontroller yang nantinya akan ditampilkan di LCD akan tetapi saya kesulitan dalam penggunaan sensornya.. Dosen pembimbing saya memberikan ide menggunakan turbin atau dinamo akan tetapi sulit untuk menemukan alat yang kecil serta mampu berputar jika di tiup dengan nafas manusia.. saya mengharapkan bantuan dari rekan- rekan sekalian email ke [email protected] terimakasih

insan sains

Wa alaikum salam

Mikrokontroler dan LCD-nya nampaknya bukan menjadi masalah. Apalagi kalo menggunakan mikrokontroler sekelas ATMEL AVR ATMEGA, karena sudah build in ADC (Analog to Digital)nya. Hal ini dibutuhkan karena Anda pasti bakalan banyak berhubungan dengan data-data dari luar yang berbentuk analog.

Sebenarnya saya masih bingung dengan alat pengukur volume paru-paru ini. Formula (atau rumus) untuk mendapatkan nilai (volume) paru-paru itu didapat dari mana? Apakah maksudnya bisa diukur dari hembusan nafas? Masih bingung euy. Kalo bisa dijelaskan lebih lanjut, mungkin nanti yang lain bisa kasih masukan lain..

Sukses yach...
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

reborn

Kutip dari: goe_GIE pada Juli 10, 2008, 04:08:17 PM
saya mengharapkan bantuan dari rekan- rekan sekalian email ke *******@yahoo.co.id terimakasih

ada baiknya diskusikan di forum aja, bukan PM atau email. Kecuali memang yang personal.
Dengan didiskusikan di forum terbuka, anggota lain bisa ikut terlibat dan mereka yg punya pertanyaan yang sama juga bisa terbantu nantinya. Sukses proyek akhirnya ya :)

insan sains

Kutip dari: reborn pada Juli 11, 2008, 01:06:48 AM
ada baiknya diskusikan di forum aja, bukan PM atau email. Kecuali memang yang personal.
Dengan didiskusikan di forum terbuka, anggota lain bisa ikut terlibat dan mereka yg punya pertanyaan yang sama juga bisa terbantu nantinya. Sukses proyek akhirnya ya :)

SETUJUUUUUUU.......

Yang personal itu, biar buat tanya-tanya alamat, plus janjian buat traktiran.... hahahaha....  ;D
Apalagi yang nanyanya mahasiswi FS, ya gak min?  ;)
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

tetrino

maksudnya ngukur volume m kubik paru2?, gimana yahhh
atau mungkin sudah pnya metode awal....yg akan digunakan
ada korelasi antara nafas yg terhembus dlam slang tertentu dgan vol paru2 ???

ahsai001

bagus juga ide dengan mengunakan selang sebagai saluran udara menuju sensor sehingga udara dalam paru benar2 terukur ( tentunya dengan menghembuskan nafas sekencang2nya dalam satu hembusan )(coba dipelajari lagi ttg jenis udara paru2, saya udah lupa materi biologinya  ;D)

menurut saya : udara hasil ekspirasi total ( hembusan keluar udara ) itu dapat diukur tekanan(P),suhu(T) dan jenis komponen udara yang ada dihembusan itu.dengan persamaan

PV=nRT  ;nR=konstanta

tentunya akan diketahui jumlah volumenya.........(tentunya jenis komponen dihembusan itu juga menentukan konstata nR nya)...

goe_GIE

Terima Kasih atas masukan dari rekan -rekan sekalian mengenai Proyek akhir (Tugas Akhir). Pada PA saya saya menggunakan sensor optokopler H21A3 yang nantinya dilengakapi dengan piringan bening berbentuk silinder. Silinder tersebut pada bagian alasnya (lingkaran) akan diberi garis- garis hitam. H21A3 adalah komponen optokopler yg terdiri atas LED dan phototransistor.Pada saat cahaya LED menembus piringan bening tersebut maka keluaran di phototransistor akan mendekati nilai Vcc apabila cahaya tersebut terkena berkas hitam keluaran menjadi '0'.
Masalah yg timbul yakni saya sudah 1 bulan mencari rangkaian tersebut tdk menemukan titik temu. untuk itu saya mohon rekan- rekan bersedia membantu saya untuk mencarikan rangkaian sensor H21A3 ..
Mohon maaf jika ada salah kata serta saya membuat thread dgn judul 'optokopler' diluar. Terima Kasih