Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 06, 2023, 12:49:28 PM

Login with username, password and session length

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,634
  • Total Topik: 10,391
  • Online today: 45
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 19
Total: 19

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

ROBOT PERANG AS

Dimulai oleh rawWARus, Mei 02, 2009, 01:04:35 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

rawWARus

Untuk menghindari risiko jatuhnya korban jiwa dalam operasi perang, militer AS mengembangkan robot prajurit. Robot berkaki empat, sebesar anjing, dan panjang sekitar satu meter tersebut diberi nama Big Dog.

Bentuknya memang dibuat ramping dengan berat hanya sekitar 80 kilogram agar leluasa bergerak. Pergerakannya dikendalikan dengan motor hidraulik yang didesain untuk memanfaatkan setiap pijakan kaki untuk mendorong langkah berikutnya. Robot tersebut sanggup berjalan minimal dengan kecepatan 6,4 kilometer per jam dengan beban tambahan 170 kilogram.

Fungsinya memang didesain untuk membantu pasukan darat, seperti mengangkut logistik atau pasukan yang terkena tembakan lawan. Kamera dan sistem komputer yang dibawanya diprogram untuk mengantarkan pesanan ke lokasi yang telah ditetapkan dengan panduan satelit.

Departemen Pertahanan AS di Pentagon telah menghabiskan dana 20 juta dollar AS untuk mengembangkannya bekerja sama dengan Boston Dynamics. Jika riset berjalan lancar, robot tersebut diharapkan dapat diuji coba pertama kali di medan perang Afganistan dalam beberapa bulan ke depan.
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

skuler

Kutip dari: rawWARus pada Mei 02, 2009, 01:04:35 PMrobot tersebut diharapkan dapat diuji coba pertama kali di medan perang Afganistan dalam beberapa bulan ke depan.

waah.. mantab ni.. ntar lagi perang2 di bumi bakalan kaya di pelem2 kartun gitu...sementara negara2 yg ga ngembangin ilmu teknik n g bminat memajukan risetnya bakalan jadi anak bawang di bidang teknologi militer...hehe...

pindad gmana ni...?!?!... lagi sibuk ngurusin apa kah..?...
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

herlambang

pindad sekarang lagi bikin panser..

wawawa ;D
tapi kayaknye masih jauh deh kalo untuk bwt peralatan tempur kaya gini..
perlu resource besar ..dana ..sdm.

yah minimal kita bisa menikmati teknologi canggih amerika dengan menonton di youtube ;D kakakak.....

built-in double watchdog! ^^"   *Problem Solved*

Monox D. I-Fly

Bisa melintasi daerah basah nggak tuh, kayak sungai dangkal? Kalau anjing beneran kan bisa...
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.