Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juli 28, 2021, 02:53:19 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139657
  • Total Topik: 10399
  • Online Today: 70
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 76
Total: 76

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tampilan LCD 16x2 ga jelas  (Dibaca 7222 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

tak.tik.tuk

  • Pengunjung
Tampilan LCD 16x2 ga jelas
« pada: Juni 27, 2010, 02:06:03 AM »
gw bikin tulisan berjalan pake at8535 ama LCD 16x2...
awalnya sih bagus" aja... eh ga tau knapa tiba" tampilannya jadi ga jelas.
hurufnya muncul, cuma ada kotak" lain yg nongol tp rada gelap.
udah coba maenin VCCnya (atur terang gelap) tp tetep ga bisa.
ada yg tau ga?

itu, yang dibawah tulisan KEREN ada garis-garis
« Edit Terakhir: Juni 27, 2010, 02:07:41 AM oleh tak.tik.tuk »

Offline haglan

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 29
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
Re: Tampilan LCD 16x2 ga jelas
« Jawab #1 pada: Juni 27, 2010, 10:10:04 AM »
share dlu codingnya gmna mungkin ada kesalahan ...... mungkin itu bisa aj blum di clear lcdnya ..

Offline nissan_genesis

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 32
  • IQ: 5
Re: Tampilan LCD 16x2 ga jelas
« Jawab #2 pada: Juni 27, 2010, 01:15:35 PM »
ntu mah kayaknya lcdnya udah rada penyakitan bro, mungkin karena sering keteken atau kebanting gitu... atau mungkin ada yang kurang kuat solderannya??

CMIIW

tak.tik.tuk

  • Pengunjung
Re: Tampilan LCD 16x2 ga jelas
« Jawab #3 pada: Juni 27, 2010, 04:59:34 PM »
ini programnya, pas di simulasi juga udah oke.

$regfile "m8535.dat"

Dim X As Byte

Config Lcd = 16 * 2
Config Lcdpin = Pin , Db4 = Portb.4 , Db5 = Portb.5 , Db6 = Portb.6 ,
Config Lcdpin = Pin , Db7 = Portb.7 , E = Portb.3 , Rs = Portb.2
Cursor Off

Do

  Cls
  Lcd "     <--KEREN-->"
  Wait 3

  For X = 1 To 16
   Shiftlcd Left
   Wait 1
  Next

  For X = 1 To 32
   Shiftlcd Right
   Wait 1
  Next

Loop

awalnya sih bagus..., tapi tiba" aneh gitu.., ga tw knapa.

Offline nissan_genesis

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 32
  • IQ: 5
Re: Tampilan LCD 16x2 ga jelas
« Jawab #4 pada: Juni 28, 2010, 02:21:51 AM »
ia bro itu mah kayaknya dari hardwarenya, soalnya gak mungkin kalo software jadi aneh tampilannya begitu mah...

menurut gw ya...


gw juga kemaren sempet kaget sama lcd tuh, awalnya bagus outputnya sesuai dengan yang gw program tapi tiba2 tulisannya jadi aneh kayak simbol2 gak karuan gitu setelah beberapa minggu gw pake...

gw bongkar terus di cek diluar mobil masih gitu.. gw cek solder2an kabel2 ada yang kurang konek... gw solder ulang sampe sekarang normal lagi deh...

tapi buat kasus bro disini sih kayaknya bukan dari kabel2nya, itu kalo gw liat koq kayak lcd hape yang udah ngegaris gitu ya :D


CMIIW

tak.tik.tuk

  • Pengunjung
Re: Tampilan LCD 16x2 ga jelas
« Jawab #5 pada: Juni 28, 2010, 05:23:19 AM »
ia bro itu mah kayaknya dari hardwarenya, soalnya gak mungkin kalo software jadi aneh tampilannya begitu mah...

menurut gw ya...


gw juga kemaren sempet kaget sama lcd tuh, awalnya bagus outputnya sesuai dengan yang gw program tapi tiba2 tulisannya jadi aneh kayak simbol2 gak karuan gitu setelah beberapa minggu gw pake...

gw bongkar terus di cek diluar mobil masih gitu.. gw cek solder2an kabel2 ada yang kurang konek... gw solder ulang sampe sekarang normal lagi deh...

tapi buat kasus bro disini sih kayaknya bukan dari kabel2nya, itu kalo gw liat koq kayak lcd hape yang udah ngegaris gitu ya :D


CMIIW

kalo yg nongol karakter aneh gitu gw jg prnah ngalamin, iya, gara" kabelnya ada yg ga konek.
tp yg ini masalah lain.. kayanya mesti beli yg baru

Offline nissan_genesis

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 32
  • IQ: 5
Re: Tampilan LCD 16x2 ga jelas
« Jawab #6 pada: Juni 28, 2010, 12:52:44 PM »
jangan dulu beli baru bro,,

kalo ada yang bisa dipinjem mah pinjem dulu aja biar "puguh" masalahnya beneran dari h/w atau s/w ;)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
15 Jawaban
8731 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2008, 11:25:18 PM
oleh rawWARus
0 Jawaban
2217 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2009, 06:58:43 AM
oleh zacksupreme
5 Jawaban
10869 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 12, 2010, 09:51:58 PM
oleh Too Payz
1 Jawaban
8408 Dilihat
Tulisan terakhir April 12, 2011, 02:38:26 PM
oleh N.A.T.O
0 Jawaban
161510 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 05, 2015, 03:51:12 AM
oleh Cahyaning Dianmas