Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 02, 2022, 06:46:09 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 37
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Tampilan LCD 16x2 ga jelas

Dimulai oleh tak.tik.tuk, Juni 26, 2010, 11:06:03 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

tak.tik.tuk

gw bikin tulisan berjalan pake at8535 ama LCD 16x2...
awalnya sih bagus" aja... eh ga tau knapa tiba" tampilannya jadi ga jelas.
hurufnya muncul, cuma ada kotak" lain yg nongol tp rada gelap.
udah coba maenin VCCnya (atur terang gelap) tp tetep ga bisa.
ada yg tau ga?

itu, yang dibawah tulisan KEREN ada garis-garis

haglan

share dlu codingnya gmna mungkin ada kesalahan ...... mungkin itu bisa aj blum di clear lcdnya ..

nissan_genesis

ntu mah kayaknya lcdnya udah rada penyakitan bro, mungkin karena sering keteken atau kebanting gitu... atau mungkin ada yang kurang kuat solderannya??

CMIIW

tak.tik.tuk

ini programnya, pas di simulasi juga udah oke.

$regfile "m8535.dat"

Dim X As Byte

Config Lcd = 16 * 2
Config Lcdpin = Pin , Db4 = Portb.4 , Db5 = Portb.5 , Db6 = Portb.6 ,
Config Lcdpin = Pin , Db7 = Portb.7 , E = Portb.3 , Rs = Portb.2
Cursor Off

Do

  Cls
  Lcd "     <--KEREN-->"
  Wait 3

  For X = 1 To 16
   Shiftlcd Left
   Wait 1
  Next

  For X = 1 To 32
   Shiftlcd Right
   Wait 1
  Next

Loop

awalnya sih bagus..., tapi tiba" aneh gitu.., ga tw knapa.

nissan_genesis

ia bro itu mah kayaknya dari hardwarenya, soalnya gak mungkin kalo software jadi aneh tampilannya begitu mah...

menurut gw ya...


gw juga kemaren sempet kaget sama lcd tuh, awalnya bagus outputnya sesuai dengan yang gw program tapi tiba2 tulisannya jadi aneh kayak simbol2 gak karuan gitu setelah beberapa minggu gw pake...

gw bongkar terus di cek diluar mobil masih gitu.. gw cek solder2an kabel2 ada yang kurang konek... gw solder ulang sampe sekarang normal lagi deh...

tapi buat kasus bro disini sih kayaknya bukan dari kabel2nya, itu kalo gw liat koq kayak lcd hape yang udah ngegaris gitu ya :D


CMIIW

tak.tik.tuk

Kutip dari: nissan_genesis pada Juni 27, 2010, 11:21:51 AM
ia bro itu mah kayaknya dari hardwarenya, soalnya gak mungkin kalo software jadi aneh tampilannya begitu mah...

menurut gw ya...


gw juga kemaren sempet kaget sama lcd tuh, awalnya bagus outputnya sesuai dengan yang gw program tapi tiba2 tulisannya jadi aneh kayak simbol2 gak karuan gitu setelah beberapa minggu gw pake...

gw bongkar terus di cek diluar mobil masih gitu.. gw cek solder2an kabel2 ada yang kurang konek... gw solder ulang sampe sekarang normal lagi deh...

tapi buat kasus bro disini sih kayaknya bukan dari kabel2nya, itu kalo gw liat koq kayak lcd hape yang udah ngegaris gitu ya :D


CMIIW

kalo yg nongol karakter aneh gitu gw jg prnah ngalamin, iya, gara" kabelnya ada yg ga konek.
tp yg ini masalah lain.. kayanya mesti beli yg baru

nissan_genesis

jangan dulu beli baru bro,,

kalo ada yang bisa dipinjem mah pinjem dulu aja biar "puguh" masalahnya beneran dari h/w atau s/w ;)