Forum Sains Indonesia

Hobi => Olah Otak => Topik dimulai oleh: biobio pada Juni 06, 2009, 08:02:12 AM

Judul: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 06, 2009, 08:02:12 AM
Ada suatu kalimat yang jika dikatakan oleh orang (dan juga hantu sekalipun), ia pasti berbohong! Contoh jawaban yang salah adalah:
-Saya kemarin lihat dinosaurus (memang mustahil, tapi ada kemungkinan ia salah melihat boneka dinosaurus dikiranya dinosaurus beneran ;D)
-Saya kemarin meninggal (karena bisa saja yang bilang hantu)
Apakah kalimat itu? 2 IQ untuk yang bisa jawab.
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: desert_fox pada Juni 06, 2009, 08:45:26 AM
saya adalah dinosaurus yang masih hidup....
kan hantu ato manusia ga mungkin bilang gitu :D:D:D:D
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: Nabih pada Juni 07, 2009, 04:59:21 AM
Gue ganteng, pinter, baik hati, tidak sombong (cermati baik2 kata tidak sombong)
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 07, 2009, 06:48:52 AM
Gue ganteng, pinter, baik hati, tidak sombong (cermati baik2 kata tidak sombong)
saya adalah dinosaurus yang masih hidup....
kan hantu ato manusia ga mungkin bilang gitu :D:D:D:D
nabih sudah lumayan bener, tapi masih salah... desert_fox salaah...!! :-\
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: L pada Juni 07, 2009, 09:53:01 AM
hihi cepet  amat beres nya,, dilanjut ga?
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: Nabih pada Juni 07, 2009, 09:56:52 AM
nabih sudah lumayan bener, tapi masih salah... desert_fox salaah...!! :-\
eh lumayan bener IQ +1 yaaa

saya adalah tuhanmu, sembahlah saya (waduwh... itu bohong kan!!!)

Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: nash pada Juni 07, 2009, 10:23:54 AM
gimana kalo:
"dengan jujur saya katakan bahwa saya berbohong"
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: Nabih pada Juni 07, 2009, 10:29:10 AM
gimana kalo:
"dengan jujur saya katakan bahwa saya berbohong"
pinter juga jawaban nash, tapi apakah jawaban yang diharapkan om biobio
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: Idad pada Juni 07, 2009, 11:54:33 PM
Ada suatu kalimat yang jika dikatakan oleh orang (dan juga hantu sekalipun), ia pasti berbohong! Contoh jawaban yang salah adalah:
-Saya kemarin lihat dinosaurus (memang mustahil, tapi ada kemungkinan ia salah melihat boneka dinosaurus dikiranya dinosaurus beneran ;D)
-Saya kemarin meninggal (karena bisa saja yang bilang hantu)
Apakah kalimat itu? 2 IQ untuk yang bisa jawab.

lhoh . . koq ngasi conto yg salah . .

contoh yang bener aja . . , ha ha . .
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 08, 2009, 07:35:11 AM
masih belum ada yang bener nih! memang ada beberapa jawaban yang nyerempet, tapi kurang absolut lah! jawaban yang bener ini singkat, padat, jelas, dan absolutely right!
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: Idad pada Juni 08, 2009, 08:03:10 AM
hm..., coba ya . .

gini : dia bilang, saya bukan saya
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 08, 2009, 08:05:18 AM
hm..., coba ya . .

gini : dia bilang, saya bukan saya
kalo gini yang bohong bukan orang yang ngomong itu, tapi orang yang ngomong "kamu bukan kamu" ke orang yang ngomong itu. salah... masih belum benarr.... oke, dibatasin aja deh sampai tgl 11 ya....
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: nash pada Juni 08, 2009, 08:27:04 AM
gimana kalo
"saya Tuhan"
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 08, 2009, 08:29:36 AM
gimana kalo
"saya Tuhan"
bisa saja yang ngomong gitu memang tuhan... gini deh untuk lebih jelasnya... malam2 kamu denger suara ngomong "blablabla"... tanpa berpikir panjang kamu langsung tahu kalo roang itu bohong,
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: nash pada Juni 08, 2009, 09:11:25 AM
apakah jawabannya tgantung kondisi sekeliling? apakah jawabannya bisa beranekaragam atau jawabannya hanya satu tanpa melihat siapa yg berkata, dimana, kapan, dan kepada siapa?
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 08, 2009, 09:15:44 AM
apakah jawabannya tgantung kondisi sekeliling? apakah jawabannya bisa beranekaragam atau jawabannya hanya satu tanpa melihat siapa yg berkata, dimana, kapan, dan kepada siapa?
jawabannya tidak tergantung pada kondisi sekeliling, dan hanya satu tanpa melihat siapa yang berkata, dimana, kapan, dan kepada siapa! ;D ;D ;D ;D
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: nash pada Juni 08, 2009, 11:48:09 AM
kamu adalah saya
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 08, 2009, 11:49:57 AM
kamu adalah saya
bisa saja ybs berbicara pada diri sendiri... ayo, teruskan... saya tunggu sampai tgl 11...
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: L pada Juni 09, 2009, 10:02:03 PM
hanya satu detik  saya terbang ke  eropa,,,  hehe

udah 1 tahun saya ga makan..

jantung saya dari besi,,,,

aku habis dari bulan,,
aku habis dari matahri,,,hehe

eh apa lagi ya,,
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: Idad pada Juni 09, 2009, 11:47:05 PM
hanya satu detik  saya terbang ke  eropa,,,  hehe

udah 1 tahun saya ga makan..

jantung saya dari besi,,,,

aku habis dari bulan,,
aku habis dari matahri,,,hehe

eh apa lagi ya,,

hehe.., tdinya sya juga mw jawab kyk gitu  cuma sya pikir2 lagi...:
1.hantu enteng.., jadi bisa terbang cepet.., jawaban mungkin bener
2.Hantu pun ga makan..., jadi mungkin bener
3.Jantung saya dari besi..,.., ini kayaknya jawabannya cocok de..., hantu maupun orang sma2 boong..,, moga2 bener ya...
4.aku habis dri bulan.matahari --> no komen lhah....
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: heru.htl pada Juni 10, 2009, 05:12:16 AM
Gajah dipelupuk mata tidak nampak -> kali aja kalau mata kita ditempelin ke badan gajah, ya mata kita jadi gelap ketutupan si gajah.... ;D

Semut diseberang laut tampak -> ya jelas donk, kita kan nglihatnya pakai teleskop berkekuatan super >:(
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: Nabih pada Juni 10, 2009, 09:58:42 AM
Aku ikut jawab lagi

saya baru dari surga (malaikat ga include kan?)
kiamat takkan terjadi

kok jadi nyerempet agama yaaa?
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: nash pada Juni 10, 2009, 11:05:30 PM
Ada suatu kalimat yang jika dikatakan oleh orang (dan juga hantu sekalipun), ia pasti berbohong!

gimana kalo jawab "saya berbohong"
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 12, 2009, 11:29:50 PM
Oke, karena sudah lewat tanggal 11, saya akan memberi tahu jawabannya ya:

SAYA BISU

hadiahnya dianulir yaaa, ga ada yang bisa jawab sih.. ;D ;D ;D ;D
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: nash pada Juni 13, 2009, 10:44:25 AM
plak!
bener bgt,
fiuh,
dahsyat neh olahotaknya
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 14, 2009, 08:06:37 AM
plak!
bener bgt,
fiuh,
dahsyat neh olahotaknya
heran nih, biasanya tiap kali ngasi teka teki yang sulit2 aja malah terjawab dengan mudahnya... yang ini gampang banget, malah pada bingung semua... benar kan? singkat, jelas, absolut...
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: heru.htl pada Juni 14, 2009, 11:51:32 AM
Ketika keponakan kecil menghapiri saya dan bertanya:

Minta duitnya 1000 rupiah om... buat beli jajan...

Saya jawab:

Uaduh... om lagi nggak punya duit nich... besok saja yah...

======================================================
Padahal sy tahu didompet saya saat itu masih ada uang logam recehan 500 rupiah, cuma ya tinggal itu doang...
Kartu ATM emang disitu juga, cuma kan itu bukan duit betulan kan?

Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: Nabih pada Juni 15, 2009, 10:01:04 AM
heran nih, biasanya tiap kali ngasi teka teki yang sulit2 aja malah terjawab dengan mudahnya... yang ini gampang banget, malah pada bingung semua... benar kan? singkat, jelas, absolut...
Teka-teki luas, terbukti dengan tawaranya yang 2 IQ
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: L pada Juni 15, 2009, 10:30:06 AM
heran nih, biasanya tiap kali ngasi teka teki yang sulit2 aja malah terjawab dengan mudahnya... yang ini gampang banget, malah pada bingung semua... benar kan? singkat, jelas, absolut...
tapi  kan jwabanya yg lain  bisa bener jg kan??
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 16, 2009, 04:13:06 AM
tapi  kan jwabanya yg lain  bisa bener jg kan??
yeah, mungkin bisa bener... tapi sepertinya jawaban saya memang masih yang paling sesuai dengan yang saya clue kan disini... absolut, jelas, singkat, dan siapa pun yang mengatakannya, dimana aja, kapan aja, pasti bohong.
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: Sky pada Juni 16, 2009, 07:10:56 AM
@all
wahaha........
mantap!
aku sampai ketawa baca tulisan kalian...
Ending yang tidak terduga!!!!
Keren sekali!
+ 2 IQ buat biobio...

@biobio
"Saya bisu" adalah penggunaan kontradiksi yang bagus!

@nash
"Saya bohong" juga menggunakan kontradiksi...
Jadi menurut saya nash juga benar. (Tapi tetap jawaban mas biobio lebih kena)
+1 IQ juga buat nash...
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 16, 2009, 07:54:10 AM
@all
wahaha........
mantap!
aku sampai ketawa baca tulisan kalian...
Ending yang tidak terduga!!!!
Keren sekali!
+ 2 IQ buat biobio...

@biobio
"Saya bisu" adalah penggunaan kontradiksi yang bagus!

@nash
"Saya bohong" juga menggunakan kontradiksi...
Jadi menurut saya nash juga benar. (Tapi tetap jawaban mas biobio lebih kena)
+1 IQ juga buat nash...
thanks... ;D ;D ;D
btw aku bohong bisa jadi betul kalau misalkan begini...
A: Hei! Mana ibuku?
B: Ibumu meninggal 5 tahun lalu!
A: Katamu dia pergi ke amerika?
B: Saya bohong


Sementara itu sepertinya kata "saya bisu" absolut banget bohongnya deh... ada yang bisa menemukan perkecualian untuk "saya bisu"? hmmm... ga diduga... mau bagi 2 IQ malah dapet 2 IQ... ;D
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: nash pada Juni 16, 2009, 08:06:21 AM
@sky

wah thanx ya,
saya dapet inspirasi dari sbuah paradoks (namanya lupa), yg isinya, "Semua orang Kreta adalah pembohong", padahal yg mngucapkan itu juga adalah orang Kreta (Kreta tuh nama tempat di Yunani)

apa ya nama paradoksnya? dapet dari wiki deh kalo ga salah
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 16, 2009, 08:17:52 AM
@sky

wah thanx ya,
saya dapet inspirasi dari sbuah paradoks (namanya lupa), yg isinya, "Semua orang Kreta adalah pembohong", padahal yg mngucapkan itu juga adalah orang Kreta (Kreta tuh nama tempat di Yunani)

apa ya nama paradoksnya? dapet dari wiki deh kalo ga salah
ada juga omongannya thales yang dianggap sebagai paradoks... "tidak ada kebenaran di dunia ini", berarti dia juga salah.
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: Sky pada Juni 16, 2009, 08:37:54 AM
@sky

wah thanx ya,
saya dapet inspirasi dari sbuah paradoks (namanya lupa), yg isinya, "Semua orang Kreta adalah pembohong", padahal yg mngucapkan itu juga adalah orang Kreta (Kreta tuh nama tempat di Yunani)

apa ya nama paradoksnya? dapet dari wiki deh kalo ga salah
ada juga omongannya thales yang dianggap sebagai paradoks... "tidak ada kebenaran di dunia ini", berarti dia juga salah.

Iya, keduanya menggunakan kontradiksi. Dalam bahasa logika matematika, kontradiksi ditulis:

p \wedge \neg p \equiv Salah
"pernyataan p dan negasi p akan selalu salah"

ini bisa dicek menggunakan Tabel kebenaran.

@nash
Saat mengatakan pernyataan "Saya bohong" (andaikan ini adalah p), secara implisit dia membuat pernyataan bahwa pernyataan dia adalah salah (langsung negasi p).
Jadi, sebenarnya dia mengatakan "p dan negasi p"

Tapi kalau dari paradoks Kreta, kontradiksi diambil dari pengambilan kesimpulan.

@biobio
Saat mengatakan pernyataan "Saya Bisu" (andaikan ini adalah p), secara implisit, dia membuat pernyataan bahwa dia sedang bicara "Saya sedang bicara" (ini jadi negasi p).
Jadi, sebenarnya dia mengatakan "p dan negasi p"

pernyataan "Tidak ada kebenaran di dunia ini", juga mengikuti pola yang sama.
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 16, 2009, 08:47:31 AM
@biobio
Saat mengatakan pernyataan "Saya Bisu" (andaikan ini adalah p), secara implisit, dia membuat pernyataan bahwa dia sedang bicara "Saya sedang bicara" (ini jadi negasi p).
Jadi, sebenarnya dia mengatakan "p dan negasi p"
memang kalau tiba-tiba ada seorang melompat di depanmu dan berkata "saya bohong!", itu adalah sebuah kontradiksi.. namun ingat, di lain peristiwa seperti di bawah ini:
A: Hei! Mana ibuku?
B: Ibumu meninggal 5 tahun lalu!
A: Katamu dia pergi ke amerika?
B: Saya bohong
, kata-kata "saya bohong" bisa jadi benar.
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: nash pada Juni 16, 2009, 09:06:09 AM
@biobio

dari dialog yg disuguhkan biobio, kayaknya persepsi "bohong" itu ditujukan ke pernyataan sblumnya. jadi, dia berkata jujur bhwa yg ia katakan sblumnya adalah kebohongan

tp dari paradoks Kreta, persepsi "bohong" ditujukan kpada perkataan yg sedang diutarakan. jadi, pkataan tsb akan bermakna "bohong" jika kita memersepsikan pkataan tsb sbg "kjujuran", dan sbaliknya



wah kayaknya mesti pindah ke board matematika neh, hehehe
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 16, 2009, 09:32:18 AM
@biobio
dari dialog yg disuguhkan biobio, kayaknya persepsi "bohong" itu ditujukan ke pernyataan sblumnya. jadi, dia berkata jujur bhwa yg ia katakan sblumnya adalah kebohongan
tp dari paradoks Kreta, persepsi "bohong" ditujukan kpada perkataan yg sedang diutarakan. jadi, pkataan tsb akan bermakna "bohong" jika kita memersepsikan pkataan tsb sbg "kjujuran", dan sbaliknya
wah kayaknya mesti pindah ke board matematika neh, hehehe
Ya, benar. Kata-kata "saya bohong" disini bisa berbeda makna tergantung titik acuannya, maka preferensi saya tetap ke "saya bisu". ;D
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: Sky pada Juni 16, 2009, 09:37:11 AM
Walaupun dari dialog biobio, jika ditinjau secalara logika matematik, akan tetap terjadi kontradiksi.

Tapi secara bahasa tidak terjadi kontradiksi, karena "bohong"nya mengacu ke pernyataan sebelumnya.

Contoh lainnya ada di dialog ini:

A : Katanya dulu kamu punya penyakit tapi sudah sembuh, ya?
B : Iya, sekarang saya sudah sembuh....
A : Memangnya dulu kamu kenapa?
B : Saya bisu...

Di dialog ini, pernyataan "Saya bisu" bisa jadi benar, karena mengacu ke pernyataan sebelumnya, dan tidak menjadi kontradiksi.   ;)
Judul: Re: Bohong
Ditulis oleh: biobio pada Juni 16, 2009, 09:39:47 AM
Walaupun dari dialog biobio, jika ditinjau secalara logika matematik, akan tetap terjadi kontradiksi.
Tapi secara bahasa tidak terjadi kontradiksi, karena "bohong"nya mengacu ke pernyataan sebelumnya.
Contoh lainnya ada di dialog ini:
A : Katanya dulu kamu punya penyakit tapi sudah sembuh, ya?
B : Iya, sekarang saya sudah sembuh....
A : Memangnya dulu kamu kenapa?
B : Saya bisu...
Di dialog ini, pernyataan "Saya bisu" bisa jadi benar, karena mengacu ke pernyataan sebelumnya, dan tidak menjadi kontradiksi.   ;)
Sip! Cerdas sekali! Hehehe... Yeah, hanya bisa berharap bahwa anda tidak akan mengurungkan niat untuk memberikan sisa 1 IQ hadiah yang seharusnya bisa diberikan besok... ;D ;D ;D