Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 21, 2022, 06:22:53 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 45
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Dorong atau tarik...??  (Dibaca 12578 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline bella

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 0
Re: Dorong atau tarik...??
« Jawab #15 pada: November 05, 2008, 09:57:52 AM »
yah...........ide lo bagus juga..........gw stuju kalo balok mesti da rodanya eit tapi kan tu bangun ruang jadi aneh pake roda kalo dalam bentuk bangun ruang matemaika.

Offline rafy

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 456
  • IQ: 55
  • Gender: Pria
  • RAFY HERE.....!!
    • RAFY_site
Re: Dorong atau tarik...??
« Jawab #16 pada: November 06, 2008, 06:22:03 AM »
kenapa baloknya ga dikasih roda ajah... jadi mau ditarik okeh, di dorong juga okeh... tinggal nyari sukarelawan ajah yg mau. mungkin Melnick,rafy,,h4ry,utusan langit siap menjadi sukarelawannya ;D !!!!, guampang kan...ho ho ho


wah...
 prince.fox bner tuh...
aq siap deh..
tpi ada feex loh prince....


hehehe


rp. 100.000,-/N...
hehehe
kemarin adalah kenangan..
hari ini adalah kenyataan.....
besok adalah harapan...
^8^

Offline lesley kish

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 18
  • IQ: 0
Re: Dorong atau tarik...??
« Jawab #17 pada: Desember 17, 2008, 04:17:31 AM »
menurut aku sih enak didorong. biasanya manusia mempunyai daya tolak yang lebih besar daripada waktu narik
analogikan sama dorong mobil:
kalo pake tenaga manusia kalo narik so biar lebih mudah berarti pake tambahan tali, manusia dikenakan 3 gaya gesek: 1.mobil dan lantai   2.tangan dan tambang, 3.kaki dan lantai . semakin banyak gaya yang terjadi otomatis resultannya juga semakin besar
tul g?

Offline lesley kish

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 18
  • IQ: 0
Re: Dorong atau tarik...??
« Jawab #18 pada: Desember 17, 2008, 04:20:26 AM »
sori tambahan
kalo dorong berarti cuma 2 gaya yaitu daya dorong sama gaya gesek lantai dan kaki
sebagai catatan jika kondisi sama-sama tanpa bantuan tali/tambang berarti gaya dorong menghasilkan gaya yang lebih kecil daripada gaya untu menarik

kaleee......
pusing....

Offline zonsopgang

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 93
  • IQ: 24
  • Gender: Pria
  • Dream Theater is my dream theater
Re: Dorong atau tarik...??
« Jawab #19 pada: Desember 26, 2008, 08:20:52 PM »
coba jawab ah

seinget gw, memperhitungkan gaya itu bukan dari sisi luar beban tersebut, melainkan dari pusat massanya. jadi tidak berpengaruh - besar gaya - yang diperlukan jika didorong maupun ditarik. semuanya hanya bergantung dari massa, percepatan, dan koefisien geseknya.

jika dikaitkan dengan manusia mendorong mobil, memang sepertinya lebih mudah mendorong mobil dari pada menariknya, itu dikarenakan faktor manusianya.

1. kita cenderung menggunakan telapak tangan saat mendorong, tapi kalo ditarik, maka otot jari-jari kita akan ikut bekerja, sedangkan saat mendorong otot jari tidak dipergunakan.

2. saat mula-mula mendorong, lalu mulai menolaknya dengan menggunakan otot kaki, otot paha, dan otot lengan, dll. satu hal yang penting, saat mulai mendorong, pinggang kita bergerak dari posisi yang lebih tinggi ke posisi yang yang lebih rendah, saat perpindahan posisi ini kita dibantu oleh gaya gravitasi bumi yang tidak kita dapatkan saat posisi menarik, justru melawan gravitasi bumi.

3. memang posisi dengkul kita bergerak dari tempat yang lebih rendah ketempat yang lebih tinggi pada posisi mendorong, tapi beban disekitar dengkul jauh lebih ringan dari pada beban disekitar pinggang.

4. kalo ada yg lebih mengerti, mohon pencerahannya yah  ^-^ ^-^ ^-^ ^-^ ^-^
Playing a lion being led to a cage
I turn from surreal to seclusion
From love to disdain
From belief to delusion
From a thief to a beggar From a god to God save me

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: Dorong atau tarik...??
« Jawab #20 pada: Januari 18, 2009, 02:14:19 PM »
wah kayanye jawaban zonsopgan paling masuk akal.. :)
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong

Offline soni sascori

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 115
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
Re: Dorong atau tarik...??
« Jawab #21 pada: Januari 21, 2009, 12:34:21 PM »
di tarik atau di dorong? keduanya memang sama enak,,,,
mau ditarik atau didorong sensasi dan fantasinya sama-sama enak,,

tapi klo di dorong harus di tarik dong,,, gak enak jadinya klo di dorong mlulu.... >:D >:D ;D ;D
n_COn

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: Dorong atau tarik...??
« Jawab #22 pada: Maret 28, 2009, 08:19:15 AM »
ini nyang ngasih soalnya aja kemana  >:( >:(
kalo menurut gw sih pake gaya rotasi alias pake roda ama kayak prince. fox tapi kan katanya bangun ruang jadi tuh roda dikasih sebagai alas kayak di bandara gitu loh  ::) ::)

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Dorong atau tarik...??
« Jawab #23 pada: Juni 20, 2009, 11:03:30 AM »
kenapa baloknya ga dikasih roda ajah... jadi mau ditarik okeh, di dorong juga okeh... tinggal nyari sukarelawan ajah yg mau. mungkin Melnick,rafy,,h4ry,utusan langit siap menjadi sukarelawannya ;D !!!!, guampang kan...ho ho ho
Hemat energi woy
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
3952 Dilihat
Tulisan terakhir April 12, 2009, 08:19:08 AM
oleh HyawehHoshikawa
5 Jawaban
4532 Dilihat
Tulisan terakhir September 16, 2009, 09:37:47 PM
oleh binekas
105 Jawaban
49470 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2011, 02:27:00 PM
oleh daivadeva
2 Jawaban
2101 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 20, 2010, 03:39:01 AM
oleh rizqi_fs
0 Jawaban
2656 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2012, 05:25:45 AM
oleh neverendinglearning