Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Desember 04, 2022, 10:08:07 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 46
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Dua pintu dan dua penjaga

Dimulai oleh reborn, Desember 13, 2006, 01:54:38 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

Oke, ini puzzle pembuka yahh  ;D puzzle kesukaan gw neh hehe... dah agak lama tapi mudah-mudahan cukup teasing your brain lah

Kejadiannya di sebuah penjara tempat para penjahat kelas kakap dihukum. Mereka semua adalah tahanan yang divonis hukuman mati karena dianggap telah melakukan kejahatan yang terlalu jahat  :P. Tetapi uniknya, tiap-tiap tahanan juga diberikan satu kesempatan terakhir untuk dapat hidup.

Mereka dihadapkan pada dua pintu yang masing-masing dijaga oleh seorang penjaga. Mereka diberitahu bahwa salah seorang penjaga selalu berkata jujur sedang yang lainnya selalu bekata bohong. Tetapi mereka tidak tahu yang mana yang jujur atau pembohong. Untuk dapat tetap hidup, mereka harus memilih keluar melalui salah satu pintu di mana pintu yang satu menuju KEHIDUPAN dan satu lagi KEMATIAN. Mereka tidak diberitahu mana yang menuju kehidupan atau kematian.

Sebelum memilih sebuah pintu, mereka dipersilahkan bertanya hanya satu kali ke penjaga mana pun. Pertanyaan boleh apa saja.

Oke, sekarang pertanyaannya adalah : Pertanyaan apa yang akan anda tanyakan kepada penjaga agar dapat tetap HIDUP?

Silahkan ;D

pinokio

mampus dah gw hahaha.... ampun bos

krigjsman

Pertanyaannya" Bapak jaga dimana?"  Kalo yang jujur bakal nunjuk pintu kehidupan, kalo yg boong juga bakal nunjuk pintu kehidupan. Jadi tinggal masuk deh.

advisor

Kutip dari: krigjsman pada Desember 18, 2006, 03:10:37 AM
Pertanyaannya" Bapak jaga dimana?"  Kalo yang jujur bakal nunjuk pintu kehidupan, kalo yg boong juga bakal nunjuk pintu kehidupan. Jadi tinggal masuk deh.

lah kan gak tau penjaga mana yang jaga pintu apa....  ???

bentar ahh.... mikir lagi  :-\

reborn

Kutip dari: krigjsman pada Desember 18, 2006, 03:10:37 AM
Pertanyaannya" Bapak jaga dimana?"  Kalo yang jujur bakal nunjuk pintu kehidupan, kalo yg boong juga bakal nunjuk pintu kehidupan. Jadi tinggal masuk deh.

Pertanyaan " Bapak jaga dimana?" jawabannya pasti satu pintu : pintu yang dijaga yang jujur. Tapi pintu APA itu... lom kejawab :p

DiaB10

wah gue lupa nich sama soal yang ini....:(

reborn

lom ada yang coba jawab nehh.... ;D

notwelldefined

pak, kalo saya tanya ke penjaga sebelah, jalan ke mana arah ke pintu kehidupan, dia akan nunjuk yang mana ya?

notwelldefined

dua2nya akan nunjuk pintu kematian.
;D

reborn


notwelldefined

kok salah?
gini penjelasannya,
Penjaga jujur akan menunjukan pintu kematian, karena penjaga sebelah selalu bohong, dan dia jujur dengan menunjukkan sebenarnya yang akan ditunjukan oleh penjaga sebelah.
Penjaga pembohong akan menunjukkan pintu kematian, karena penjaga sebelahnya selalu jujur dan dia akan menegasikan fakta tersebut.

reborn

Kutip dari: notwelldefined pada Januari 23, 2007, 11:40:15 AM
kok salah?
gini penjelasannya,
Penjaga jujur akan menunjukan pintu kematian, karena penjaga sebelah selalu bohong, dan dia jujur dengan menunjukkan sebenarnya yang akan ditunjukan oleh penjaga sebelah.
Penjaga pembohong akan menunjukkan pintu kematian, karena penjaga sebelahnya selalu jujur dan dia akan menegasikan fakta tersebut.


ahh, gw yang salah ngerti, maksudnya ini pertanyaannya :
Kutip
pak, kalo saya tanya ke penjaga sebelah, jalan ke mana arah ke pintu kehidupan, dia akan nunjuk yang mana ya?

dan ini pasti jawabannya, siapapun yang jawab :

Kutipdua2nya akan nunjuk pintu kematian.

Bener kalo gitu, sori salah ngerti.

Keren bro.

pinokio

Kutip dari: notwelldefined pada Januari 23, 2007, 11:40:15 AM
kok salah?
gini penjelasannya,
Penjaga jujur akan menunjukan pintu kematian, karena penjaga sebelah selalu bohong, dan dia jujur dengan menunjukkan sebenarnya yang akan ditunjukan oleh penjaga sebelah.
Penjaga pembohong akan menunjukkan pintu kematian, karena penjaga sebelahnya selalu jujur dan dia akan menegasikan fakta tersebut.

walahhh harus baca berulang-ulang baru ngerti maksudnya. Tricky banget yah, pamer ke temen ahhh

punkoholic

kalo awak yang disuruh nanya pasti awak nanya ... pak jalan yang mo ketempat beli bir liwat mana yak ???


uhaeuhaeuhauheaeuhaeuhea
jamin deh pasti idup lagi....

:D :D :D :D :D

notwelldefined

ada kasus tambahan loh untuk puzzle ini.

ternyata kedua penjaga itu sering juga kerja sama, untuk berbagi waktu mbolos.
nah, kalo kedapetan pas yang jaga sendirian (kita gak tahu yang jaga itu penjaga yang jujur atau penjaga pembohong) dan kita cuma dapat jatah satu pertanyaan saja. (dan gak bisa nunggu sampe besok sampe salah satu penjaga hadir bertugas).

pertanyaan apa yang akan diajukan agar tetap bertahan hidup?