Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 29, 2021, 11:48:07 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 39
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 19
Total: 19

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: ember dan air  (Dibaca 9657 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
ember dan air
« pada: Januari 20, 2007, 05:37:53 AM »
Ada tiga buah ember dengan kapasitas masing2 3, 5, dan 8 liter. Yang berisi air hanya di ember dengan kapasitas 8 L (terisi penuh).

Dengan cara mengisi air dari satu ember ke ember lainnya, bagaimana caranya kita mendapatkan tepat 4 liter air pada suatu ember (manapun).

Ingat, kita ga punya alat ukur apa pun selain kapasitas masing2 ember.

DiaB10

  • Pengunjung
Re: ember dan air
« Jawab #1 pada: Januari 20, 2007, 10:21:45 PM »
aduh...gue lupa sama yang ini....:(
keep posting yah min...;)

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: ember dan air
« Jawab #2 pada: Januari 20, 2007, 11:52:11 PM »
nah lho... forumnya dia gw yang disuruh keep posting... bener2 nehh ;D

ini banyak variannya btw, ntar deh coba dulu, bisa panjang lho pembahasannya ini  :P

krigjsman

  • Pengunjung
Re: ember dan air
« Jawab #3 pada: Januari 22, 2007, 05:46:35 PM »
Gampang ach . Diketahui ember 8l=x ember 5l=y ember 3l=z
1.ember x pindahin ke y sisa x=3l;y=5l;z=0l 
2.ember y pindahin ke z sisa x=3l;y=2l;z=3l
3.ember z pindahin ke x sisa x=6l;y=2l;z=0l
4.ember y pindahin ke z sisa x=6l;y=0l;z=2l
5.ember x pindahin ke y sisa x=1l;y=5l;z=2l
6.ember y pindahin ke z sisa x=1l;y=4l;z=3l

sory brur gw emang gak bisa diem ;D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: ember dan air
« Jawab #4 pada: Januari 22, 2007, 05:58:21 PM »
Gampang ach . Diketahui ember 8l=x ember 5l=y ember 3l=z
1.ember x pindahin ke y sisa x=3l;y=5l;z=0l 
2.ember y pindahin ke z sisa x=3l;y=2l;z=3l
3.ember z pindahin ke x sisa x=6l;y=2l;z=0l
4.ember y pindahin ke z sisa x=6l;y=0l;z=2l
5.ember x pindahin ke y sisa x=1l;y=5l;z=2l
6.ember y pindahin ke z sisa x=1l;y=4l;z=3l

sory brur gw emang gak bisa diem ;D

8 0 0
3 5 0
3 2 3
6 2 0
6 0 2
1 5 2
1 4 3

Nice  ;) Puzzle semacam ini dah banyak n gw rasa dah pada sering denger ato liat. Misalnya ada juga yg variablenya 2,3,5, yang di cari juga 4. Hmm... sebenernya ada cara buat nentuin variable2 ini sehingga tetep jadi puzzle yang menarik.

Oke, coba variable lain yahh : 3, 8, 11. Coba cari cara dapetin 9  ;)

Seperti gw bilang sebelumnya... ini bakal agak panjang nehh :D

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: ember dan air
« Jawab #5 pada: Oktober 04, 2007, 07:23:20 AM »
Wah... posting-posting lamanya keren-keren juga nih.
Ikutan nimbrung yach (sorry belum bisa bikin topic baru)

Kutip
Nice  ;) Puzzle semacam ini dah banyak n gw rasa dah pada sering denger ato liat. Misalnya ada juga yg variablenya 2,3,5, yang di cari juga 4. Hmm... sebenernya ada cara buat nentuin variable2 ini sehingga tetep jadi puzzle yang menarik.

Oke, coba variable lain yahh : 3, 8, 11. Coba cari cara dapetin 9   ;)

Wah... emang ada cara buat nentuinnya yach?  :o

Hmm... kalau soalnya 3,8,11 dan diminta dapetin 9. Ini mah lebih mudah dari yang pertama. (yang terisi ember yang 11 liter kan?) Cuman 4 step!

3 - 8 - 11  (literan ember)

0 - 0 - 11
0 - 8 - 3
3 - 5 - 3
3 - 0 - 8
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: ember dan air
« Jawab #6 pada: Oktober 05, 2007, 04:22:20 AM »
Wah... emang ada cara buat nentuinnya yach?  :o

Harusnya ada, ntar keliatan lama2 polanya  ;D

Hmm... kalau soalnya 3,8,11 dan diminta dapetin 9. Ini mah lebih mudah dari yang pertama. (yang terisi ember yang 11 liter kan?) Cuman 4 step!

3 - 8 - 11  (literan ember)

0 - 0 - 11
0 - 8 - 3
3 - 5 - 3
3 - 0 - 8

Nah lho, yang dicari 9 lho? Blm selesai tuh  ???

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: ember dan air
« Jawab #7 pada: Oktober 05, 2007, 07:43:12 AM »
Kutip
Nah lho, yang dicari 9 lho? Blm selesai tuh

Oia...  ;D Jadi malu.....!!!!!

Gini nih seharusnya....!!!

11 - 8 - 3 (literan ember)
11 - 0 - 0 (posisi awal)
-----------------------------------
 3 - 8 - 0
 3 - 5 - 3
 6 - 5 - 0
 6 - 2 - 3
 9 - 2 - 0

Tul ga???  :o Lima step Om...!

Kutip
Harusnya ada, ntar keliatan lama2 polanya  ;D

Wah... bener...!! Hampir mirip dengan yang pertama.

Coba dunks yang 4 ember...!!!

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: ember dan air
« Jawab #8 pada: Oktober 05, 2007, 05:38:00 PM »
Wuihh.... keren ;D
Halah, umur masih 75 kok dipanggil om :P

Tuh kan bener ada polanya, kira2 variabel mana lagi yang bisa ;D

Mo 4 ember? bentar, keknya yang satu udah pecah embernya....
.......... minjem tetangga sebelah dulu ya ;D

*garing

Offline Terbaik

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 55
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • Aku bisa
    • Sebuah catatan kecil dariku untuk dunia
Re: ember dan air
« Jawab #9 pada: Juli 10, 2008, 04:49:48 AM »
853

800
350
323
620
602
152
143







Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: ember dan air
« Jawab #10 pada: Juli 10, 2008, 06:00:11 PM »
853

800
350
323
620
602
152
143

ini angka apa bro? Kita mo cari 9 liter lho?
Btw, siapa yang dah nemu polanya nih ;D

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: ember dan air
« Jawab #11 pada: Maret 28, 2009, 01:57:12 PM »
ini pada om-om bilang pola apaan sih? ??? ???
kalo gw tinggal buang tuh air ke ember isi dua ama lima trus isi lima dimasukin ke isi tiga liter ampe penuh jadi sisa di ember lima ditambah sama ember dua liter ;)

Offline manusiarender

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 59
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • seperti biasa, sedang mencoba menguasai dunia
Re: ember dan air
« Jawab #12 pada: April 13, 2009, 02:08:02 PM »
kayak di film diehard yak... tapi lupa yg keberapa
will.i.believe.the.sun

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
28843 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 09, 2009, 02:44:07 AM
oleh nandaz
13 Jawaban
12265 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 20, 2009, 09:44:54 AM
oleh Nabih
8 Jawaban
5325 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2014, 02:07:39 AM
oleh Monox D. I-Fly
Air dan Kertas

Dimulai oleh syx « 1 2 » Kimia

16 Jawaban
11569 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 24, 2009, 11:39:57 PM
oleh Idad
9 Jawaban
23603 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2016, 06:06:42 AM
oleh ytridyrevsielixetuls