Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 27, 2022, 02:59:47 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139630
  • Total Topik: 10387
  • Online Today: 67
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 28
Total: 28

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Lalat dalam toples  (Dibaca 21160 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Lalat dalam toples
« pada: Januari 31, 2007, 09:32:07 AM »
Sebuah toples tertutup rapat berisi seekor lalat. Toples itu kemudian ditimbang.
Mana yang lebih berat, berat toples saat lalat nemplok di dasar toples dengan berat toples saat lalat terbang?

krigjsman

  • Pengunjung
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #1 pada: Februari 01, 2007, 02:28:24 AM »
kalo tebakan gw sih lebih berat pas lalat nempel di dasar toples.  Alasannya nanti aja biar yang lain ikut nyoba.

punkoholic

  • Pengunjung
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #2 pada: Februari 01, 2007, 03:56:19 AM »
Waduh....
Pertanyaan nya membuat otak saya berhenti berpikir....
kalo dah begini ... saya pilih toples pada saat lalat terbang.... karena lalat sebelum terbang pasti memberi beban lebih ......... betul ngga yak ....
hihihihihhihi
 ::)

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #3 pada: Februari 02, 2007, 03:19:16 PM »
jadi apa jawabannya nih :)

st

  • Pengunjung
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #4 pada: Februari 03, 2007, 03:52:19 PM »
Klo pake timbangan beras, dua2nya sama aja :D Apalagi timbangan mobil :D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #5 pada: Februari 03, 2007, 05:27:48 PM »
@atas

dudul ;D

notwelldefined

  • Pengunjung
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #6 pada: Februari 07, 2007, 06:44:28 AM »
Sebuah toples tertutup rapat berisi seekor lalat. Toples itu kemudian ditimbang.
Mana yang lebih berat, berat toples saat lalat nemplok di dasar toples dengan berat toples saat lalat terbang?
jawaban: sama saja.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #7 pada: Februari 08, 2007, 02:04:32 PM »
hehe... lagi2 notwelldefined yang jawab. Nice bro ;)

Rykov

  • Pengunjung
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #8 pada: Februari 09, 2007, 03:20:45 AM »
jawabannya lalat pas nempel. ;]

harus kasih alasaannya nga nih ? :D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #9 pada: Februari 09, 2007, 06:19:12 AM »
Kalo jawaban kan, cukup tiga pilihan dah bener. Pake alasan dong ;D

Rykov

  • Pengunjung
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #10 pada: Februari 09, 2007, 06:26:52 AM »
kok jawabannya sama saja ? kan kalo lalat itu terbang di dalam toples, berat lalat itu ngga bakal kehitung karena dia ngga termasuk dalam berat toples, sedangkan kalo lalat nempel, berat lalat yang nempel kan kehitung sama berat toples..

haha ;p

Offline tommy

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 22
  • IQ: 0
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #11 pada: Februari 09, 2007, 10:36:53 AM »
Iya.
Saya tidak setuju kalo berat itu sama.  :o

Tapi dengan alasan:
Kalo lalat terbang, sayapnya memberikan tekanan yang bertubi2 ke udara dan berimbas ke stoples, yang akhirnya membuat berat total menjadi berubah2. Kadang lebih berat kadang lebih ringan daripada yang nemplok di tembok stoples.

Any comment?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #12 pada: Februari 09, 2007, 01:57:12 PM »
Yakin? Toplesnya tertutup rapat lho ;D

notwelldefined

  • Pengunjung
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #13 pada: Februari 10, 2007, 02:31:31 AM »
Eureka!! pake Archimedes atuh...

karena toplesnya tertutup, masa total udara, lalat dan toples tetap, bagaimanapun pergerakan si lalat. so beratnya juga karena g nya sama kan?

Kalo lalat terbang, sayapnya memberikan tekanan yang bertubi2 ke udara dan berimbas ke stoples, yang akhirnya membuat berat total menjadi berubah2. Kadang lebih berat kadang lebih ringan daripada yang nemplok di tembok stoples.

saat sayap memberikan tekanan yang bertubi2 ke udara, ada daya angkat yang juga diberikan (sebagai aksi reaksi) yang yang impas (dilihat total secara keseluruhan sistem dalam toples).

anyway, nggak tahu kalo kemudian lalatnya mati.
ada mitos yang mengatakan bahwa manusia jika meninggal dunia akan kehilangan massa sebesar 24 gram. (sempat dibuat film dengan judul 24 grams).
dan itu ditenggarai sebagai "massa" dari jiwa.

siapa yang tahu berat massa dari "jiwa" si lalat?

percobaan yang menarik untuk membuktikan keberadaan jiwa,
untuk siapa saja yang mo coba masukin lalat dalam toples sampai dia mati, trus lihat perubahan massa dari toples, tolong hasilnya di posting di sini ya...
 ;D

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
Re: Lalat dalam toples
« Jawab #14 pada: Oktober 18, 2007, 03:03:34 AM »
si lalat emang beratnya berapa miligram?  ;D
“Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!” -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
9715 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 08, 2008, 11:48:51 PM
oleh syx
1 Jawaban
17604 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 31, 2008, 02:07:53 AM
oleh insan sains
5 Jawaban
6089 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2008, 04:19:25 AM
oleh man2tu
Tahi Lalat

Dimulai oleh xSaVioRx Biologi

8 Jawaban
9374 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2010, 01:39:57 PM
oleh xSaVioRx
10 Jawaban
6675 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2011, 02:07:16 PM
oleh Astrawinata G