Forum Sains Indonesia

Hobi => Olah Otak => Topik dimulai oleh: reborn pada Januari 31, 2007, 09:32:07 AM

Judul: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: reborn pada Januari 31, 2007, 09:32:07 AM
Sebuah toples tertutup rapat berisi seekor lalat. Toples itu kemudian ditimbang.
Mana yang lebih berat, berat toples saat lalat nemplok di dasar toples dengan berat toples saat lalat terbang?
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: krigjsman pada Februari 01, 2007, 02:28:24 AM
kalo tebakan gw sih lebih berat pas lalat nempel di dasar toples.  Alasannya nanti aja biar yang lain ikut nyoba.
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: punkoholic pada Februari 01, 2007, 03:56:19 AM
Waduh....
Pertanyaan nya membuat otak saya berhenti berpikir....
kalo dah begini ... saya pilih toples pada saat lalat terbang.... karena lalat sebelum terbang pasti memberi beban lebih ......... betul ngga yak ....
hihihihihhihi
 ::)
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: reborn pada Februari 02, 2007, 03:19:16 PM
jadi apa jawabannya nih :)
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: st pada Februari 03, 2007, 03:52:19 PM
Klo pake timbangan beras, dua2nya sama aja :D Apalagi timbangan mobil :D
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: reborn pada Februari 03, 2007, 05:27:48 PM
@atas

dudul ;D
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: notwelldefined pada Februari 07, 2007, 06:44:28 AM
Sebuah toples tertutup rapat berisi seekor lalat. Toples itu kemudian ditimbang.
Mana yang lebih berat, berat toples saat lalat nemplok di dasar toples dengan berat toples saat lalat terbang?
jawaban: sama saja.
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: reborn pada Februari 08, 2007, 02:04:32 PM
hehe... lagi2 notwelldefined yang jawab. Nice bro ;)
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: Rykov pada Februari 09, 2007, 03:20:45 AM
jawabannya lalat pas nempel. ;]

harus kasih alasaannya nga nih ? :D
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: reborn pada Februari 09, 2007, 06:19:12 AM
Kalo jawaban kan, cukup tiga pilihan dah bener. Pake alasan dong ;D
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: Rykov pada Februari 09, 2007, 06:26:52 AM
kok jawabannya sama saja ? kan kalo lalat itu terbang di dalam toples, berat lalat itu ngga bakal kehitung karena dia ngga termasuk dalam berat toples, sedangkan kalo lalat nempel, berat lalat yang nempel kan kehitung sama berat toples..

haha ;p
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: tommy pada Februari 09, 2007, 10:36:53 AM
Iya.
Saya tidak setuju kalo berat itu sama.  :o

Tapi dengan alasan:
Kalo lalat terbang, sayapnya memberikan tekanan yang bertubi2 ke udara dan berimbas ke stoples, yang akhirnya membuat berat total menjadi berubah2. Kadang lebih berat kadang lebih ringan daripada yang nemplok di tembok stoples.

Any comment?
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: reborn pada Februari 09, 2007, 01:57:12 PM
Yakin? Toplesnya tertutup rapat lho ;D
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: notwelldefined pada Februari 10, 2007, 02:31:31 AM
Eureka!! pake Archimedes atuh...

karena toplesnya tertutup, masa total udara, lalat dan toples tetap, bagaimanapun pergerakan si lalat. so beratnya juga karena g nya sama kan?

Kalo lalat terbang, sayapnya memberikan tekanan yang bertubi2 ke udara dan berimbas ke stoples, yang akhirnya membuat berat total menjadi berubah2. Kadang lebih berat kadang lebih ringan daripada yang nemplok di tembok stoples.

saat sayap memberikan tekanan yang bertubi2 ke udara, ada daya angkat yang juga diberikan (sebagai aksi reaksi) yang yang impas (dilihat total secara keseluruhan sistem dalam toples).

anyway, nggak tahu kalo kemudian lalatnya mati.
ada mitos yang mengatakan bahwa manusia jika meninggal dunia akan kehilangan massa sebesar 24 gram. (sempat dibuat film dengan judul 24 grams).
dan itu ditenggarai sebagai "massa" dari jiwa.

siapa yang tahu berat massa dari "jiwa" si lalat?

percobaan yang menarik untuk membuktikan keberadaan jiwa,
untuk siapa saja yang mo coba masukin lalat dalam toples sampai dia mati, trus lihat perubahan massa dari toples, tolong hasilnya di posting di sini ya...
 ;D
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: Melnick pada Oktober 18, 2007, 03:03:34 AM
si lalat emang beratnya berapa miligram?  ;D
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: syx pada Juli 06, 2008, 07:07:37 AM
toplesnya kedap ya?
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: Terbaik pada Juli 10, 2008, 04:04:13 AM
kayaknya beratnya sama aja seh
soalnya kalo beda, berat selisihnya hilang ke mana?
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: silverdoe7 pada Juli 10, 2008, 11:39:45 AM
Kalau toplesnya isinya benda mati misalnya permen *bukan yang idup tus mati* beratnya gimana? Tapi permen ga punya sayap si ya? :lol:
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: reborn pada Juli 10, 2008, 06:00:49 PM
Kalau toplesnya isinya benda mati misalnya permen *bukan yang idup tus mati* beratnya gimana? Tapi permen ga punya sayap si ya? :lol:

kalo benda mati ya udah jelas beratnya ;D
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: syx pada Juli 10, 2008, 11:19:08 PM
kalo berat sih beda... tapi massa tetep sama. berat dipengaruhi gravitasi. saat lalat melayang bisa dikatakan pengaruh gravitasi sama dengan nol.
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: reborn pada Juli 11, 2008, 03:52:34 AM
@syx

Beratnya sama juga kok. Tanya ken..apa?
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: Terbaik pada Juli 13, 2008, 02:56:16 AM
kalo berat sih beda... tapi massa tetep sama. berat dipengaruhi gravitasi. saat lalat melayang bisa dikatakan pengaruh gravitasi sama dengan nol.
lho grafitasi kok jadi nol.
Kalo gravitasi nol ngapain juga susah-susah terbang, kan bisa melayang sendiri.
Bingung, bukannya terbang itu buat melawan gaya grafitasi
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: Vinchemz pada Juli 29, 2008, 07:52:33 AM
Mungkin maksudnya GAYA angkat = gaya gravitasi
Jadi gaya angkat - gaya gravitasi = 0 (melayang)

Bukan begitu syx?? (udah dibantuin nih) :D
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: korewa pada Agustus 04, 2008, 01:00:57 AM
Maaf soal ini kayanya disadur dari buku diktat training TOFI 96
pembacaan timbangannya akan tetap sama .Karena pas saat terbang sayap lalat akan memberikan gaya angkat pd tubuh lalat untuk mengimbangi beratnya.gaya angkat ini berasal dari kepakan sayap lalat yang memberikan tekanan pd udara yg kemudian diteruskan ke dasar botol yg besarnya sebesar berat tubuhnya.
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: L pada Agustus 04, 2008, 05:13:33 AM
sip,, kayanya udah kejawab nih,,,
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: reborn pada Agustus 04, 2008, 08:10:15 AM
@korewa
wah, gw malah ga pernah baca diktat tofi. emang apa aja isinya?
pertanyaan ini bukan milik tofi setau gw tapi memang salah satu dari sekian puzzle klasik dalam fisika
Yang ada juga tofi menyadur dari puzzle klasik ;)

Jawabannya belum ada yang bener2 menjelaskan kejadian ini nih.
Buat tambahan nih : Berat waktu lalat di dasar toples dan lalat terbang adalah sama. Beratnya hanya akan (sedikit) berbeda waktu lalat akan terbang atau akan mendarat. Kenapa ya ???
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: korewa pada Agustus 04, 2008, 03:01:44 PM
@korewa
wah, gw malah ga pernah baca diktat tofi. emang apa aja isinya?
pertanyaan ini bukan milik tofi setau gw tapi memang salah satu dari sekian puzzle klasik dalam fisika
Yang ada juga tofi menyadur dari puzzle klasik ;)

Jawabannya belum ada yang bener2 menjelaskan kejadian ini nih.
Buat tambahan nih : Berat waktu lalat di dasar toples dan lalat terbang adalah sama. Beratnya hanya akan (sedikit) berbeda waktu lalat akan terbang atau akan mendarat. Kenapa ya ???

yah saya cuma ngutip dari forum sberang...
yah kemungkinan diktat TOFI juga ambil bahan dari pertanyaan klasik ini...tapi memang bagus untuk dibahas..
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: dewa ruci pada September 24, 2008, 03:56:07 AM
jawabanya y sama aja..

kan gag ada volume udara yang keluar dari dalam toples..
jadi,,massanya akan slalu sama..

kira2 gTu deh..hehe
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: superstring39 pada September 25, 2008, 12:44:09 AM
Jawabannya belum ada yang bener2 menjelaskan kejadian ini nih.
Buat tambahan nih : Berat waktu lalat di dasar toples dan lalat terbang adalah sama. Beratnya hanya akan (sedikit) berbeda waktu lalat akan terbang atau akan mendarat. Kenapa ya ???

Penjelasan I:
Saat lalat dalam toples tertutup yang bersisi udara maka si lalat akan berada dalam sistem fluida tak mengalir dalam hal ini udara. berdasarkan hukum archimedes, saat benda dimasukkan ke dalam fluida maka akan mengalami gaya ke atas seberat fluida yang dipindahkan/tumpah. dalam kasus lalat dalam toples tertutup, fluida tidak dapat keluar dari sistem. sehingga fluida (yang seharusnya tumpah) masih berada dalam toples sehingga terjadi penambahan massa. jika ditimbang selisih berat antara toples kosong dengan toples berisi lalat adalah selisih antara berat lalat (dalam vacum) dan fluida yang dipindahkan. tidak perduli baik lalat di dasar toples maupun terbang ia tetap berada di sistem fluida. sama seperti kasus sebuah bak (yang cukup besar) berisi air ditimbang jika ada orang berenang di dalamnya (tanpa ada air yang tumpah) maka berat totalnya akan bertambah.

Penjelasan II: (kalo penjelasan I masih kurang memuaskan)  ::) :P :-[
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: reborn pada September 25, 2008, 02:42:53 AM
Permasalahannya kan kalo lalat terbang harusnya beratnya ga bisa ditimbang.
Nah gimana caranya alat timbang bisa ngukur berat lalat yang terbang itu?
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: dewa ruci pada September 25, 2008, 10:07:49 AM
nah,,aQUw setuju dengan superstring39...

jdi si Lalat itu msih daLam sistem fLuida yaitu udaRa..
dia tetep bisa ditimbang karena topLes kedap udaRa dan tidak ada udara yG keluar dari dalam topLes...
Judul: Re: Lalat dalam toples
Ditulis oleh: superstring39 pada September 25, 2008, 09:10:39 PM
Permasalahannya kan kalo lalat terbang harusnya beratnya ga bisa ditimbang.
Nah gimana caranya alat timbang bisa ngukur berat lalat yang terbang itu?

Sekarang saatnya Penjelasan II:
Kita tahu saat benda tercelup ke dalam fluida menyebabkan level(tinggi) fluida menjadi naik. kita tahu bahwa tekanan hidrostatik di dasar kolam sebanding dengan level fluida. jadi saat level fluida naik karena dimasukkan objek tekanan di dasar kolam akan naik. tekanan memang ke segala arah dan tekanan di dasar lebih besar dibandingkan dekat permukaan. sebagai resultan fluida akan menekan timbangan lebih besar. itu sebabnya meskipun lalat terbang dia tetap membuat level fluida menjadi naik dan meningkatkan tekanan di dasar kolam.

kalo masih kurang puas juga masih ada penjelasan III:
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.