Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 18, 2022, 04:13:23 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 45
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Magnet dan besi biasa  (Dibaca 9939 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Magnet dan besi biasa
« pada: Juli 30, 2008, 12:08:00 PM »
Bayangin kamu ada di sebuah ruangan kosong. Di dalamnya  ga ada apa-apa kecuali dua buah besi. Salah satu dari besi itu adalah magnet/besi berani. Gimana cara mengetahui yang mana magnet dan mana yang besi biasa

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Magnet dan besi biasa
« Jawab #1 pada: Juli 30, 2008, 12:41:21 PM »
Lumayan bikin bingung euy pertanyaannya..

Sampe harus buka-buka lagi memory tentang ilmu kemagnetan.

Magnet itu suatu bahan yang menarik, dia punya keteraturan atom. Dan yang pasti dia itu punya dua kutub, utara dan selatan. Dua kutub yang bersamaan akan tolak-menolak, dan dua kutub yang berbeda akan tarik-menarik. Wah.. jadi inget kasus yang lagi hot nih. Kok bisa yach laki suka sama laki? Padahal alam saja sudah ngajarin bagaimana seharusnya yang terbaik. Eh.. dasar manusia, pengennya nyentrik dan menyalahi kodrat...!!

Eh... kok jadi bahas yang lain sih...!! back to topic

Nah.. kalo magnet di dekatkan ke besi, maka ujung manapun dari magnet akan menarik si besi itu. Dan yang pasti kita gak bakalan tahu mana yang besi dan mana yang magnet. Nah.. saya nemuin 2 cara, tapi gak tahu apakah cara ini elegan atau tidak.

Cara pertama :
Dekatkan kedua besi itu dalam format huruf "T"
(Yang satu diletakkan horizontal, dan yang satu lagi vertikal)
Setahu saya, bagian tengah dari magnet cuman punya sedikit gaya magnetnya, coz percampuran pertemuan antara kutub utara dan kutub selatan. Jadi kalo bagian horizontal adalah besi biasa, maka yang akan terjadi tarikan. Sebaliknya kalo bagian horizontal adalah magnet, maka tidak akan terjadi tarikan.

Cara kedua :
Bagi dua saja salah satu besinya (entah dengan cara apa), mau dipatahin kek, mau digigit ke  ;D, atau some how pokoknya mah lah...! Nah.. kalo dua belahan besi itu ketika didekatkan tarik menarik atau tolak menolak maka jelas.. itulah magnet. sebaliknya kalo tidak terjadi apa-apa, maka itu adalah besi biasa.

Bagaimana om Reborn? Dapet hadiah gak kalo bener???
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Magnet dan besi biasa
« Jawab #2 pada: Juli 30, 2008, 12:54:18 PM »
wah, mantap jawabannya nih ;D yang jawab anak elektro sih :P
Satu lagi caranya, andai ada tali, coba gantung besi itu. Kalo posisinya selalu mengarah ke satu titik itu pasti magnet. Arahnya ke mana ya? ;D

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Magnet dan besi biasa
« Jawab #3 pada: Juli 30, 2008, 01:06:42 PM »
Yeee... curang... hadiahnya aja belum dikasih udah bikin pertanyaan baru. curang.. mengalihkan pembicaraan...  ;D hehehe...

Nunggu yang lain jawab dulu degh... kekekeke...

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Magnet dan besi biasa
« Jawab #4 pada: Agustus 11, 2008, 05:01:06 AM »
Yaaaah.. ternyata gak ada yang jawab di thread ini...

Ywdah dengan sangat terpaksa dijawab lagi deh...

wah, mantap jawabannya nih ;D yang jawab anak elektro sih :P
Satu lagi caranya, andai ada tali, coba gantung besi itu. Kalo posisinya selalu mengarah ke satu titik itu pasti magnet. Arahnya ke mana ya? ;D

Tentunya ke arah utara dan selatan...
berbeda dengan besi biasa yang gak tentu arahnya...

Ok.. sekarang lanjut lagi bahasannya...

"Bagaimana cara mengubah besi biasa menjadi magnet?"

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
Re: Magnet dan besi biasa
« Jawab #5 pada: Agustus 11, 2008, 09:46:26 AM »
"Bagaimana cara mengubah besi biasa menjadi magnet?"

besinya digosok2 pake magnet tapi dengan arah yang selalu sama.
bener ga yah?  ;D
“Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!” -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Magnet dan besi biasa
« Jawab #6 pada: Agustus 11, 2008, 04:19:50 PM »
Weks, si insan sains jadi seriusan
Setelah dipikir2 ini bisa juga dipost di DIY ato fisika ya ???
Gimana baiknya?

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
Re: Magnet dan besi biasa
« Jawab #7 pada: Agustus 12, 2008, 08:45:44 AM »
Weks, si insan sains jadi seriusan
Setelah dipikir2 ini bisa juga dipost di DIY ato fisika ya ???
Gimana baiknya?

Di DIY aja ka reborn.. Dulu waktu SMP aku pernah disuruh bikin magnet pake silet  :D
Nanti cara ngeceknya udah jadi magnet ato belum, siletnya dibiarin ngambang di dalam mangkok yg ada isi airnya.
Kalo siletnya di"gangguin" dan balik ke posisi yang sama terus, berarti udah jadi magnet  ;)
CMIIW ya, udah agak lupa pelajaran SMP nih..  ;D

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
Re: Magnet dan besi biasa
« Jawab #8 pada: Agustus 27, 2008, 07:35:40 AM »
jawabannya dua2nya besi.

caranya : pukul aja kedua logam itu kuat2
sifat kemagnetan kan bisa ilang kalo dibakar ato dipukul
jado keduanya kembali menjadi besi donk  ;D ;D ;D ;D ;D
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........

Offline L

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 737
  • IQ: 55
  • Gender: Pria
  • L change The world
Re: Magnet dan besi biasa
« Jawab #9 pada: Agustus 28, 2008, 11:24:09 AM »
Dibakar ato dipukul
waa... jahat bener...
kasian kan... hehe,,,

@reborn , ini room bisa termasuk olah otak ato fisika,, jadi dimana aza masuk ko...
next question,,,
apakah magnet mengandung daya Listrik?
bagemane dengan besi?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
226532 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 23, 2017, 08:34:27 AM
oleh deyedoank
0 Jawaban
8425 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2010, 07:33:45 AM
oleh windhu17
1 Jawaban
6635 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 15, 2010, 12:49:18 AM
oleh superstring39
3 Jawaban
3850 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 09, 2011, 02:00:30 AM
oleh syx
38 Jawaban
23045 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 04, 2014, 10:34:20 AM
oleh Pi-One