Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 14, 2022, 07:19:06 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 39
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 23
Total: 23

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Dorong atau tarik...??

Dimulai oleh korewa, Agustus 03, 2008, 10:05:57 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

bella

yah...........ide lo bagus juga..........gw stuju kalo balok mesti da rodanya eit tapi kan tu bangun ruang jadi aneh pake roda kalo dalam bentuk bangun ruang matemaika.

rafy

Kutip dari: prince.fox pada November 04, 2008, 05:20:05 PM
kenapa baloknya ga dikasih roda ajah... jadi mau ditarik okeh, di dorong juga okeh... tinggal nyari sukarelawan ajah yg mau. mungkin Melnick,rafy,,h4ry,utusan langit siap menjadi sukarelawannya ;D !!!!, guampang kan...ho ho ho


wah...
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] bner tuh...
aq siap deh..
tpi ada feex loh prince....


hehehe


rp. 100.000,-/N...
hehehe
kemarin adalah kenangan..
hari ini adalah kenyataan.....
besok adalah harapan...
^8^

lesley kish

menurut aku sih enak didorong. biasanya manusia mempunyai daya tolak yang lebih besar daripada waktu narik
analogikan sama dorong mobil:
kalo pake tenaga manusia kalo narik so biar lebih mudah berarti pake tambahan tali, manusia dikenakan 3 gaya gesek: 1.mobil dan lantai   2.tangan dan tambang, 3.kaki dan lantai . semakin banyak gaya yang terjadi otomatis resultannya juga semakin besar
tul g?

lesley kish

sori tambahan
kalo dorong berarti cuma 2 gaya yaitu daya dorong sama gaya gesek lantai dan kaki
sebagai catatan jika kondisi sama-sama tanpa bantuan tali/tambang berarti gaya dorong menghasilkan gaya yang lebih kecil daripada gaya untu menarik

kaleee......
pusing....

zonsopgang

coba jawab ah

seinget gw, memperhitungkan gaya itu bukan dari sisi luar beban tersebut, melainkan dari pusat massanya. jadi tidak berpengaruh - besar gaya - yang diperlukan jika didorong maupun ditarik. semuanya hanya bergantung dari massa, percepatan, dan koefisien geseknya.

jika dikaitkan dengan manusia mendorong mobil, memang sepertinya lebih mudah mendorong mobil dari pada menariknya, itu dikarenakan faktor manusianya.

1. kita cenderung menggunakan telapak tangan saat mendorong, tapi kalo ditarik, maka otot jari-jari kita akan ikut bekerja, sedangkan saat mendorong otot jari tidak dipergunakan.

2. saat mula-mula mendorong, lalu mulai menolaknya dengan menggunakan otot kaki, otot paha, dan otot lengan, dll. satu hal yang penting, saat mulai mendorong, pinggang kita bergerak dari posisi yang lebih tinggi ke posisi yang yang lebih rendah, saat perpindahan posisi ini kita dibantu oleh gaya gravitasi bumi yang tidak kita dapatkan saat posisi menarik, justru melawan gravitasi bumi.

3. memang posisi dengkul kita bergerak dari tempat yang lebih rendah ketempat yang lebih tinggi pada posisi mendorong, tapi beban disekitar dengkul jauh lebih ringan dari pada beban disekitar pinggang.

4. kalo ada yg lebih mengerti, mohon pencerahannya yah  ^-^ ^-^ ^-^ ^-^ ^-^
Playing a lion being led to a cage
I turn from surreal to seclusion
From love to disdain
From belief to delusion
From a thief to a beggar From a god to God save me

luth

wah kayanye jawaban zonsopgan paling masuk akal.. :)
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

soni sascori

di tarik atau di dorong? keduanya memang sama enak,,,,
mau ditarik atau didorong sensasi dan fantasinya sama-sama enak,,

tapi klo di dorong harus di tarik dong,,, gak enak jadinya klo di dorong mlulu.... >:D >:D ;D ;D
n_COn

Ginji

ini nyang ngasih soalnya aja kemana  >:( >:(
kalo menurut gw sih pake gaya rotasi alias pake roda ama kayak prince. fox tapi kan katanya bangun ruang jadi tuh roda dikasih sebagai alas kayak di bandara gitu loh  ::) ::)

Nabih

Kutip dari: prince.fox pada November 04, 2008, 05:20:05 PM
kenapa baloknya ga dikasih roda ajah... jadi mau ditarik okeh, di dorong juga okeh... tinggal nyari sukarelawan ajah yg mau. mungkin Melnick,rafy,,h4ry,utusan langit siap menjadi sukarelawannya ;D !!!!, guampang kan...ho ho ho
Hemat energi woy