Forum > Olah Otak

Pengenalan Permainan Bridge

(1/4) > >>

wuriant:
Pengenalan Permainan Bridge.
Bridge adalah sebuah permainan yang dimainkan oleh empat orang yang terbagi dalam dua partner.
1 set kartu standar yang digunakan terdiri dari 52 kartu.
Ada 4 suits, yaitu : Spade,Heart,Diamond dan Club. Setiap suits terdiri dari 13 kartu dengan urutan sbb :
A,K,Q,J,10,9,8,7,6,5,4,3,2. dan A (Ace) adalah urutan yang tertinggi.

Permainan.
Kartu dibagikan kepada keempat pemain sehingga setiap pemain memperoleh 13 kartu.
Bidding (penawaran) dimulai dari pembagi kartu. Setelah penawaran selesai, salah satu pasang akan menjadi declarer dan pasangan lainnya akan menjadi deffender.
Salah seorang dari pihak declarer akan menjadi pemain dummy (boneka), yaitu pemain yang akan memperlihatkan semua kartunya di atas meja permainan dan tidak ikut dalam permainan hanya menjadi “boneka”. Declarer memainkan dua pegangan kartu, yaitu kartu yang dipegang /dimilikinya dan kartu milik pemain dummy (partnernya).
Orang pertama yang memainkan kartu adalah orang yang berada di sebelah kiri declarer, yang disebut sebagai opening lead (kartu pembuka). Setelah itu permainan bergilir searah jarum jam sampai empat buah kartu sudah dimainkan (satu kartu dari tiap pemain).
Pemain dengan kartu tertinggi dari kartu yang dimainkan sebagai pemenang “trik”nya. Putaran selanjutnya dimulai dari pemenang trik.

Kartu Jago (Trumph)
Aturannya, anda harus selalu mengikuti suits yang dimainkan.
Tetapi jika hasil dari penawaran, adanya kartu jago.
Maka suits kartu jago tersebut akan mengalahkan kartu suits yang lainnya, jadi jika heart sebagai kartu jago. Maka 2 heart dapat mengalahkan A(Ace) suit lainnya.
Anda hanya boleh menggunakan kartu trump jika Anda tidak dapat mengikuti suits yang dimainkan.
Tapi jika anda tidak ingin memenangkan trik, maka anda dapat “discard” membuang kartu lainnya (hal ini kemungkinan terjadi karena kartu partner adalah yang tertinggi).
Memainkan kartu jago saat tidak bisa mengikuti suits disebut Ruffing.

selanjutnya
High Card Point

source. from booklet learning bridge

wuriant:
HIGH CARD POINTS (HCP)
Ace   : 4
King    : 3
Queen    : 2
Jack    : 1

SUITS RANKING
Dapat diingat untuk suits urutannya sesuai dengan urutan alphabet.
Club berada di peringkat paling bawah dan No Trump di peringkat tertinggi

1. No Trumps
2. Spades
3. Hearts
4. Diamonds
5. Clubs

JUMLAH TRIK YANG DAPAT DIPEROLEH
Tabel berikut ini menunjukkan perolehan jumlah trik yang anda akan dapatkan dengan nilai HCP yang digabungkan antara anda dan partner anda. Yang perlu diingat adalah yang di “bold” karena pada total point ini paling sering terjadi.

Points  Tricks (in NT)          Tricks ( In Trumps)
21 – 22     7                                  8
23 – 24        8                                9
25 – 26        9                                  10
27 – 28        10                       11
29 – 30        11                      11
31 – 32        11                     12
33 – 36       12                       12
37+        13                         13

catt. trik dalam no trumph biasaya lebih susah didapat.
Source: learning Bridge booklet

wuriant:
MINIBRIDGE
Dalam bermain Mini Bridge memberikan kemudahan dalam bermain bridge karena Anda dapat mulai bermain bridge langsung tanpa harus mengetahui peraturan penawaran (Bidding). Semua yang dapat dipelajari dalam mini bridge adalah sama dengan permainan bridge sebenarnya seperti: menghitung point dari kartu yang dipegang(HCP) , bagaimana memperoleh trik yang banyak,kontrak tingkat game dan partscore,scoring, dll.

HOW TO PLAY MINIBRIDGE
1. Kartu dibagikan kepada empat pemain, dalam dua partnership yang saling duduk berhadap-hadapan – 13 kartu masing2 pemain.

2. Setiap pemian menghitung kekuatan kartu pegangan menggunakan scala High Card Point (HCP). Ace = 4, King = 3, Queen = 2, Jack = 1.

3. Setiap pemain mengumumkan points pegangan kartunya, dimulai dari pembagi kartu dan berputar searah jarum jam. Total point dari semua pemain harus 40 HCP.

4. Pasangan dengan jumlah point yang paling banyak yang menjadi pihak pembuat kontrak (Declarer) dan pasangan lainnya menjadi pihak yang menggagalkan kontrak (defender). Jika kedua pasangan memiliki jumlah point 20, kartu harus dikocok dan dibagikan ulang. Dipihak declarer, salah satu pemain akan menjadi declarer (pembuat kontrak) dan pemian satunya lagi kartunya akan dibuka diatas neja dan tidak ikut dalam permainan (dummy player).yang menjadi pembuat kontrak (declarer) adalah yang memiliki HCP paling tinggi, dan pasangannya menjadi dummy. Jika kedua pemain memiliki HCP yang sama maka yang menjadi declarer adalah yang lebih dulu mengumumkan HCP nya.

5. Pegangan kartu pemain dummy dibuka diatas meja untuk dilihat oleh setiap pemain dan declarer akan memilih kontrak. Dia yang memutuskan apakah bermain ditingkat ‘partscore’ atau ‘game’ dan memilih no trump atau menjagokan salah satu suits. Tingkat keberhasilan untuk tingkat partscore adalah 7 trik dan tingkat keberhasilan untuk tingkat ‘game’ adalah 9 trik untuk No Trump, 10 trik jika menjagokan Heart atau Spade dan 11 trik jika menjagokan kartu Diamond atau Club.

6. Pemain yang pertama memainkan kartu pembukaan (Lead Card) adalah pemain yang berada disebelah kiri declarer. Lalu permainan dimulai searah jarum jam dan siapa yang dapat mengalah kartu tertinggi dialah pemenang trik-nya. jika ada kartu trump dapat mengalahkan kartu suits lainnya. Jika salah satu dari pemain defence yang memenangkan trik, maka trik dihitung sebagai trik kemenangan pihaknya.

7. Kartu yang telah dimainkan ditutup dan pemain pemenang trik yang akan memulai permainan untuk trik berikutnya.

8. Declarer memainkan kartu pegangan dummy dan jika pemenang trik nya kartu dari dummy, kartu pertama untuk trik berikutnya harus dari dummy (tetapi declarer yang memutuskan kartu yang mana yang dimainkan)

9. setelah semua kartu selesai dimainkan, semua pemain harus menyetujui jumlah trik yang dimenangkan oleh masing2 pihak dan melakukan perhitungan score, apakah kontrak berhasil atau gagal. Jika berhasil nilai untuk pihak declarer dan jika gagal nilai untuk pihak defender.

10. posisi pembagi kartu bergiliran searah jarum jam.


Source: Learning Bridge Booklet

wuriant:
PENILAIAN (SCORING) MINIBRIDGE
1. Pihak pembuat kontrak (declarer) akan mendapat nilai jika berhasil memperoleh trik sejumlah tingkat kontrak (atau lebih)

2. Tidak ada nilai untuk 6 trik pertama yang diperoleh. Untuk tambahan trik berikutnya (trik ke-7, dst) penilaiannya sbb:
No trumps 40 point untuk tambahan trik pertama dan 30 point untuk tambahan trik berikutnya.
Heart/Spade : 30 point
Diamond/Club : 20 point
Catt: jika berhasil memperoleh 9 trik dalam kontrak No Trump (40+30+30 = 100 point), 10 trik dalam kontrak Heart/Spade (30 point X 4 = 120 point) dan 11 trik dalam kontrak Diamond / Club (20 point X 5 = 100 point)maka akan menghasilkan total min 100 point  –  ini merupakan persyaratan untuk tingkat ‘game’

3. Jika tingkat kontrak ‘game’ diajukan (oleh declarer) pada saat menentukan kontrak (sebelum kartu pembuka mulai dimainkan) dan ternyata dapat berhasil memenuhi kontrak, maka akan mendapat nilai bonus sebesar 300 point.

4. Jika tingkat kontrak ‘partscore’ diajukan (oleh declarer) dan berhasil memperoleh 7 trik atau lebih maka anda akan memperoleh nilai bonus hanya sebesar 50 point.

5. Jika trik yang anda peroleh tidak berhasil memenuhi kontrak, maka anda tidak memperoleh nilai. Bahkan pihak defence yang akan memperoleh nilai sebesar 50 point untuk setiap trik dari kekurangan tingkat kontrak.

KONTRAK TINGKAT ‘GAME’
Tingkat  ‘game’ adalah sewaktu nilai dari trik yang diperoleh >= 100 point. Jika total point anda dan partner adalah min 25 HCP, umumnya anda harus memilih kontrak tingkat ‘game’ sbb:
9 trik dalam No Trumps (3NT) = 40+30+30 (= 100) + 300 bonus = 400
10 trik dengan kartu jago Heart or Spade (4H/4S)= 4 x 30 (= 120) + 300 bonus = 420
11 trik dengan kartu jago Diamond or Club (5D/5C) = 5 x 20 (=100) + 300 bonus = 400

TINGKAT KONTRAK ‘PART SCORE’
Tingkat  ‘Part Score’ adalah sewaktu nilai dari trik yang diperoleh <= 100 point. Jika total point anda dan partner adalah kurang dari 25 HCP, sebaiknya memilih  target 7 trik..
Nilai kontrak untuk 8 trik dan berhasil adalah sama dengan nilai kontrak 7 trik. + 1 trik.



Source: learning bridge booklet

wuriant:
BERMAIN KARTU DI KONTRAK NO TRUMPS

SEBAGAI DECLARER
DECLARER HARUS SELALU MEMBUAT RENCANA DIAWAL PERMAINAN
Ketika kartu opening telah dimainkan, lekas berhenti!!! (untuk membuat rencana) Tanyakan pada dirimu mengenai 3 pertanyaan ini:
1.   Berapa banyak trik yang diperlukan untuk mencapai kontrak?
Lalu lihat dengan seksama kartu yang ada di dummy
2.   Berapa banyak trik pasti yang dapat diperoleh?
Trik pasti adalah trik yang dapat diperoleh tanpa perlu membebaskan kartu. Mis:
AK berarti 2 trik pasti, jika AQ berarti baru 1 trik pasti dan jika KQJ berarti tidak ada trik pasti karena harus membebaskan kartu dulu.
3.   Bagaimana caranya agar bisa mendapat extra trik?
 

KARTU PEMBUKA PEMAIN DEFENDERS MELAWAN KONTRAK NO TRUMPS
Sebaiknya kartu pembuka yang dimainkan adalah kartu raja (honour) yang berurutan
Mis: AKQ, maka kartu leadnya A. KQJ maka kartu leadnya K, dst.
Jika tidak mempunyai kartu raja yang berurutan, maka sebaiknya lead kartu ke-4 dari suits yang terpanjang. Mis: dari AJ962 maka kartu yang di lead 6

MENANGKAN TRIK SEMURAH (SERENDAH) MUNGKIN
Jika Anda mempunyai Ace dan king, menangkan dengan King. Itu akan membantu partner untuk membaca kemungkinan kartu yang anda miliki. Jika anda memenangkan trik menggunakan Ace, partner anda akan memperhitungkan kartu King tidak dimiliki oleh anda. Begitu juga jika anda memenangkan trik dengan King menunjukan anda tidak memiliki kartu Queen.

SECOND HAND LOW
Pemain pada giliran kedua harus memainkan kartu rendah yang dimiliki.
Jika kamu berada diurutan kedua dan tidak dapat memenangkan trik, maka mainkan kartu terendah. Bahkan jika kamu dapat memenangkan trik, pada umumnya lebih baik memainkan kartu yang rendah dulu untuk memberikan kesempatan kepada partber untuk memenangkan trik dengan kartu yang lebih rendah. Dan jika ragu2 untuk memilih kartu yang dimainkan maka maikan kartu yang paling rendah! (jika anda berada pada urutan kedua dalam putaran)

THIRD HAND HIGH
Pemain yang berada pada giliran ketiga, sebaiknya memainkan kartu teringgi yang dimiliki.
Bahkan jika Anda tidak dapat memenangkan trik, anda harus memainkan kartu yang tertinggi, karena anda dapat membebaskan kartu partner anda. Jika berada diposisi urutan ketiga dan memiliki kartu yang berurutan maka mainkan kartu dari ururan terendah.
Mis: QJ10 maka mainkan  10. (lihat: menangkan trik serendah mungkin)

Source: Pengenalan Bridge Booklet

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

Ke versi lengkap