Forum Sains Indonesia

Hobi => Olah Otak => Topik dimulai oleh: biobio pada Juni 14, 2009, 07:24:43 AM

Judul: Permainan Halma
Ditulis oleh: biobio pada Juni 14, 2009, 07:24:43 AM
Dengan meminjam peraturan permainan halma (tiap langkah boleh hanya dengan bergerak satu langkah ke kotak kosong di depan, belakang, kanan, kiri, atau serong kanan-kiri,belakang-depan atau melompati bidak dan masih bisa terus melompat selagi masih ada bidak yang bisa dilompati), disini diberikan 9 bidak yang diletakkan sedemikian rupa dalam petak 6x4. Seluruh petak boleh digunakan untuk manuver, maka temukanlah langkah paling sedikit untuk memindahkan semua bidak menuju daerah yang diarsir (warna abu-abu)!

NB: sorry gambarnya ga rapi, habisnya buat sendiri pake paint... keburu2 lg...
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: L pada Juni 14, 2009, 11:05:22 AM
syaratnya ga boleh nabrak kan?
wew cara ngasi jawaban nya gmn donk?
kan bingung nulis nya,,
@bio bio aja datang  kesini,, liat sendiri cara ku nyelesainnya,,  hehehe
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: biobio pada Juni 16, 2009, 04:57:22 AM
syaratnya ga boleh nabrak kan?
wew cara ngasi jawaban nya gmn donk?
kan bingung nulis nya,,
@bio bio aja datang  kesini,, liat sendiri cara ku nyelesainnya,,  hehehe
ga boleh nabrak laaah...
hmmm, gini aja... silahkan jawab dahulu berapa langkah penyelesaiannya, baru nanti aku bilang betul atau salah... kalauudah betul, akan kuberitahu cara jawabnya... pake notasi seperti di catur aja, model cartesius tapi pake a,b,c,dst... lawan 1,2,3,4 dst...
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: Ginji pada Juni 16, 2009, 06:18:07 AM
boleh diagonal gak?
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: biobio pada Juni 16, 2009, 08:04:47 AM
boleh diagonal gak?
amat sangat boleh sekali.
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: Lole pada Juni 23, 2009, 10:49:48 AM
kok gak bisa² ya wat mindahin na..
ada info nga bio biar lebi gampang gt ngerjain na..  :P :P

uda ampe berkali kali nyoba tetep gak jadi²..
>___________<
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: biobio pada Juni 24, 2009, 11:08:13 AM
Mindahinnya pasti bisa... yang sulit cuma mencari langkah yang tercepat.
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: L pada Juni 25, 2009, 01:35:28 AM
hahai,,,  yang ribet  tuh bukan  jawaban nya,, tapi nulis nya  ;D ;D
ga taw jg kalo ini ternyata bukan jawaban tepat

klik aja gambarnya
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: biobio pada Juni 26, 2009, 03:58:06 AM
@L=
masih salah... sekali melangkah hanya boleh 1 bidak donk...
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: L pada Juni 26, 2009, 12:05:33 PM
^
jiah hahahah,, aku salah ngertiin gambar @bio,,,

kirain yg kotak itu adalah Benda "x"

jadi tuker posisi,,

hahai  itu yg aku tangkep,,
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: Lole pada Juni 29, 2009, 06:18:02 PM
loh..
jadi bingung..
musti ngeloncatin apa nda harus??
bukannya kalo halma musti ngelompatin ya??
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: L pada Juli 03, 2009, 01:51:57 AM
skrg  ngerti

@lole,, tinggal pindahin aja ,, sesuai perintah,,
(tiap langkah boleh hanya dengan bergerak satu langkah ke kotak kosong di depan, belakang, kanan, kiri, atau serong kanan-kiri,belakang-depan atau melompati bidak dan masih bisa terus melompat selagi masih ada bidak yang bisa dilompati),
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: biobio pada Juli 10, 2009, 06:48:29 AM
@L=ayo, udah ketemu belum??? ;D ;D ;D
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: Ginji pada Agustus 04, 2009, 05:59:20 AM
wuidih ud lama blom ada yang berhasil jawab

kalo bagian sebelah kiri yang kosong boleh dipake?
kalo bisa ada jawabannya
kalo kagak gak tau gimana ???
Judul: Re: Permainan Halma
Ditulis oleh: L pada Agustus 05, 2009, 02:42:33 AM
yg sulit tuh bukan puzzle nya,, tapi nyusun kata kata  disini nya,, hehehe ,,,

maaf @bio,,  lagi nunggu  waktu luang  buat bikin animasi gif  nya  :D
Judul: Re:Permainan Halma
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Juli 06, 2014, 08:34:07 AM
Aku coba 4 langkah dulu ya, ntar biobio bilang bener atau salah.

Itu ada 6 baris dan 4 kolom kan? Untuk kolom aku sebut dengan huruf urut dari kolom terkiri dan untuk baris aku sebut dengan angka urut dari baris teratas.

1. A4 -> A3
2. C4 -> C3
3. A6 -> C4
4. C4 -> A4

Sejauh ini bener nggak?