Forum Sains Indonesia

Hobi => Olah Otak => Topik dimulai oleh: rafy pada September 01, 2009, 09:52:32 PM

Judul: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: rafy pada September 01, 2009, 09:52:32 PM
Anda kenal dengan Hercule Poirot, bukan?
Dia adalah tokoh detektif ciptaan Agatha Christie yang merupakan detektif terhebat setelah Sherlock Holmes. Buku-buku dengan Poirot sebagai detektif selalu laku keras. Salah satu buku yang paling terkenal "The Big Four".

Sekarang Los Angeles dihebohkan karena ada sebuah buku "The Big Four" cetakan pertama yang terdapat tulisan dan tanda tangan asli pengarang pada halaman pertama buku tsb. Belinda yang tergila-gila pada kisah Hercule Poirot segera ke toko buku itu untuk melihat. Di tempat itu telah dipadati oleh banyak orang. Rupanya penggemar Hercule Poirot banyak sekali. Terjadi tawar menawar di antara mereka. Siapa penawar tertinggi akan memperoleh buku langka tsb.

"1000 dollar;" tawar seorang bapak.
"1500 dollar," ibu berkacamata tak mau kalah.
"2500 dollar," seru Belinda. Nggak apa-apa deh kalo harus makan mie instant sebulan ini asal bisa mendapat buku tsb. Pacarnya Jim, pasti bakalan ngomel panjang lebar kalo tahu dia menawar setinggi ini.
"20000 dollar!"

Wow! Semua orang menoleh ke empunya suara. Seorang gadis berusia 20-an yang cantik. Tentu saja dengan tawaran setinggi itu, bukunya diperoleh gadis tsb. Kerumunan mulai mereda. Belinda yang masih penasaran ingin melihat buku itu, menghampiri si gadis.

"Selamat siang, nona. Maaf kalau mengganggu."
"Ya, ada apa?"
"Saya adalah fans berat Hercule Poirot. Boleh nggak saya melihat isi tulisan yang dihebohkan itu sebentar saja?" ujar Belinda penuh harap.

Ternyata gadis yang bernama Cindy tidak keberatan. Dia meminjamkannya kepada Belinda. Dengan hati-hati Belinda membuka halaman pertama buku itu dan membaca. Halamannya sudah menguning dan tulisan tangannya agak susah dibaca. Ini isinya:

** Kepada cucuku yang tercinta. Buku ini kuhadiahkan untukmu. Semoga kamu rajin belajar selalu. Tertanda, Hercule Poirot. **

Tiba-tiba raut wajah Belinda menjadi gusar.
"Cindy, ada yang salah pada tulisan ini. Coba dibaca deh." Belinda menyodorkan buku itu ke Cindy.
"Hmm, kamu benar." Angguk Cindy.
"Yuk, kita temui si pemilik buku ini."

Akhirnya si penjual buku ini mengaku setelah diberitahu kesalahan fatal yang diperbuatnya. Dia mengaku telah menulis sendiri tulisan di halaman pertama sehingga ia dapat menjual buku itu dengan harga yang tinggi. Dengan berat hati dia mengembalikan uang Cindy.

pertanyaan:
Mengapa Belinda tahu kalau buku itu palsu?
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: raisuien pada September 01, 2009, 10:29:27 PM
harusnya tertanda Agatha Christie, bukan Hercule Poirot...
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: rafy pada September 01, 2009, 10:33:10 PM
.huuuuh...
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: nandaz pada September 28, 2009, 01:52:05 PM
..maaf, hercule poirot ngga punya cucu dan dia juga ngga nulis buku, yang nulis buku novel adalah Ariadne Oliver temannya Poirot...yang salah satu tokoh Agatha cristie hobbi dengan makan apel...poirot hidup sebatang kara teman dekatnya paling cuman kapten Hasting, Ariadne dan Inspektur Spence, tapi ketiganya jarang hadir(kecuali Ariadne Oliver)...cuman mereka bertiga yang perlakuannya berbeda oleh Poirot dalam novel Agatha Cristie.....
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: Multihunter pada September 28, 2009, 04:44:57 PM
Ga tauuu.....
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: arydhamayanti pada Februari 23, 2010, 03:09:06 PM
iya, poirot gak punya anak, apalagi cucu
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: Anak_Yang_Ingin_taHu pada Februari 23, 2010, 07:07:39 PM
Hercule Poirot tokoh ciptaan kan ... g mungkin kan bukunya *dor* muncul di dunia nyata . . .
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: cha.xiaojie pada April 12, 2010, 11:15:43 AM
Hercule poirot cuma ada di novel...
Harusnya yang bikin kan Agatha Christie <<dia punya cucu ngga sih???>>
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: rafy pada April 25, 2010, 06:09:23 PM
:)
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: sandikovsky pada Mei 15, 2010, 08:16:07 PM
oww...b'arti secara nda langsung kita harus memecahkan teka-teki itu dengan mengetahui sejarah/cerita Poirot dnx, cos jawabannya nda bisa dijawab sama orang yg nda tau tentang Poirot. ;D
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: Anak_Yang_Ingin_taHu pada Agustus 12, 2010, 08:50:55 PM
Kutip dari: sandikovsky pada Mei 15, 2010, 08:16:07 PM
oww...b'arti secara nda langsung kita harus memecahkan teka-teki itu dengan mengetahui sejarah/cerita Poirot dnx, cos jawabannya nda bisa dijawab sama orang yg nda tau tentang Poirot. ;D
Aduh ketahuan deh cuma googling tentang Hercule Poirot   ;D ;D ;D
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: rafy pada Agustus 20, 2010, 12:18:59 AM
Hihihi..
Emang googling tu hoobi anak forsa ya?
:D
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: nandaz pada Agustus 22, 2010, 01:57:16 PM
aku sih udah lengkap buku itu dirumah...ceritanya memang bernarasi panjang dan cendrung berkata dibanding beraksi seperti Holmes karya Sir C Doyle
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: rafy pada Agustus 23, 2010, 03:47:02 PM
Seep!!
Aku baca 7 Novel Agatha Christie yg seri HERCULE POIROT..

Nah, pertanyaan selnjutnya:
Mana yang lebih hebat, Holmes atau Poirot?

Report:
POIROT (33 novel dan 51 cerpen) - HOLMES (4 novel dan 56 cerpen)
POIROT lebih menyelami kepribadian penjahat *berlagak menjadi seorang penjahat* - HOLMES cari barang bukti

Tapi semua kasus lebig bagus mana ya?
:D
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: Anak_Yang_Ingin_taHu pada Agustus 31, 2010, 09:21:04 PM
Wah belum baca poirot ... Eh ngomong-ngomong jadi jawabannya kenapa ? Jadi gak kejawab kan :D :D :D

Kutip dari: rafy pada Agustus 23, 2010, 03:47:02 PM
POIROT lebih menyelami kepribadian penjahat *berlagak menjadi seorang penjahat* - HOLMES cari barang bukti
Ngetes ya .. Hehe ;D ;D ... Kak rafy baca Holmes gak ??
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: nandaz pada September 14, 2010, 10:05:11 AM
...sejujurnya, aku lebih tertarik dengan Holmes, bahasa nya lebih mudah dipahami dengan penjelasan yang sederhana. Kalo karangan Agatha sedikit berat(entah mungkin pengaruh penerjemahnya sih ::))
  pertanyaan ini serupa saja menanyakan Komik detektive mana yang kamu sukai Detektive Conan atau QED ?
conan memberikan analisis serupa dengan Holmes yaitu metode deduksi, sedangkan Toma dalam QED memikirkan kemungkinan masing2 pelaku pada watak setiap tersangka(pada umumnya QED memberikan pelajaran sains juga) mirip dengan Poirot
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: syx pada September 14, 2010, 04:50:23 PM
poirot punya anak gelap?
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: nandaz pada September 15, 2010, 10:38:22 AM
...sejauh yang kubaca tidak, tetapi temannya Hasting punya...lho M.syx pernah nemuinny ya? setauku waktu pemakaman  Poirot  dalam buku terakhir dengan judul "the Curtain"  cuma dihadiri teman2 dekatnya saja tak pernah terbesuk oleh anaknya...
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: Anak_Yang_Ingin_taHu pada September 18, 2010, 11:42:13 AM
Aduh jadi pengen baca Poirot @.@
Tapi saya cuma ngandelin perpus buat baca buku-buku semacam ini @.@ (OOT nih)
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: nate river pada September 18, 2010, 06:31:18 PM
hercule poirot kan tokoh fiktif....
Judul: Re: Teka-teki Hercule Poirot
Ditulis oleh: trafalmar pada November 20, 2010, 09:43:37 AM
holmes terlalu hebat dlm beberapa analisisnya yg g memungkinkan seseorang yg nyata menirunya
seolah dia tahu hal terdalam yg paling dalam
tp namanya fiksi ya seru2 ajalah