Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 09, 2021, 04:27:35 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26699
  • Latest: Rion
Stats
  • Total Tulisan: 139622
  • Total Topik: 10385
  • Online Today: 43
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Teka-Teki matematika dengan jumlah jawaban tidak terbatas  (Dibaca 165431 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Teka-Teki matematika dengan jumlah jawaban tidak terbatas
« pada: Maret 08, 2014, 08:15:46 AM »
saya cuma kasih hadiah kepada siapa saja yang DULUAN menjawab benar dan hanya sekali saja.


Pertanyaannya :

Hana dan Hoshi ingin menciptakan sebuah prakarya. Mereka kemudian masing-masing membeli sebuah kertas art carton sebagai bahan. Setelah masing-masing mendapatkan sebuah kertas art carton, mereka mengadakan pertemuan.

Hoshi kemudian bertanya pada Hana, "berapa harga art carton yang kamu beli?"

Hana menyebutkan sebuah harga. Hoshi kemudian berkata lagi "ternyata sama dengan harga art carton yang aku beli."

Hana dan Hoshi kemudian mengukur kedua art carton mereka dengan penggaris secara teliti dan ternyata ukuran keduanya sama. Hana dan Hoshi kemudian memutuskan untuk memilah-milah kedua art carton itu menjadi beberapa bujur sangkar yang ukurannya lebih kecil yang mana semua bujur sangkar itu sama ukurannya dengan satu sama lain. Setelah sepakat dengan ukuran bujur sangkar, mereka kemudian mulai menggunting kedua art carton itu.

ternyata setelah itu, Hoshi menghasilkan bujur sangkar lebih banyak daripada Hana dari art carton-nya.

Hana menghela nafas dan berkata, "Hoshi, kamu beruntung mendapatkan art carton itu dengan harga yang sama dengan art carton saya!"

Apa alasannya?


PETUNJUK : jawaban BENAR yang bisa diciptakan untuk teka teki ini jumlahnya tidak terbatas! kuncinya ada di matematika.

« Edit Terakhir: Maret 08, 2014, 08:22:37 AM oleh nʇǝʌ∀ »
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

Offline __________

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 110
  • Which Witch Switches Switched Witch ?
Re:Teka-Teki matematika dengan jumlah jawaban tidak terbatas
« Jawab #1 pada: Maret 10, 2014, 10:08:48 AM »
jumlah jawaban BENAR tidak terbatas? berarti kemungkinan besar ya angka-angkanya bisa ditentukan oleh penjawab sendiri dan karena jumlah angka tidak terbatas maka dianggap jawabannya tidak terbatas kan? kalo menurut saya angka-angka itu harus sinkron dimana kertas art carton Hana dan Hoshi ukurannya sama pada satu perspektif tetapi berbeda pada perspektif yang lain, yg mana kedua-duanya sama2 termasuk bidang matematika. utk sekarang ini baru itu yg gwa bisa tangkep dari soal ini. intinya harus ada bukti matematis bahwa kedua kertas itu sama sekaligus berbeda ukurannya dan angkanya kita atur sendiri. itu kalo menurut saya loh.. cmiiw

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Re:Teka-Teki matematika dengan jumlah jawaban tidak terbatas
« Jawab #2 pada: Maret 11, 2014, 07:45:03 AM »
jumlah jawaban BENAR tidak terbatas? berarti kemungkinan besar ya angka-angkanya bisa ditentukan oleh penjawab sendiri dan karena jumlah angka tidak terbatas maka dianggap jawabannya tidak terbatas kan? kalo menurut saya angka-angka itu harus sinkron dimana kertas art carton Hana dan Hoshi ukurannya sama pada satu perspektif tetapi berbeda pada perspektif yang lain, yg mana kedua-duanya sama2 termasuk bidang matematika. utk sekarang ini baru itu yg gwa bisa tangkep dari soal ini. intinya harus ada bukti matematis bahwa kedua kertas itu sama sekaligus berbeda ukurannya dan angkanya kita atur sendiri. itu kalo menurut saya loh.. cmiiw

ayo ayo silahkan dilanjut analisanya.. :)

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Re:Teka-Teki matematika dengan jumlah jawaban tidak terbatas
« Jawab #3 pada: April 11, 2014, 04:59:08 PM »
Wha... masih belum terjawab juga? Padahal gampang lho.
Baiklah, kalo gitu sy kasih clue lagi supaya lebih mudah ditebak.

Kertas art carton adalah bangun datar sama seperti tanah. menurut satu sudut pandang, 2 area tanah bisa sama ukurannya tapi menurut sudut pandang lain ukuran mereka bisa beda! dan itu menjelaskan mengapa kertas art carton Hoshi menghasilkan lebih banyak bujur sangkar.  8)

Offline __________

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 155
  • IQ: 110
  • Which Witch Switches Switched Witch ?
Re:Teka-Teki matematika dengan jumlah jawaban tidak terbatas
« Jawab #4 pada: Mei 10, 2014, 01:35:25 AM »
Wha... masih belum terjawab juga? Padahal gampang lho.
Baiklah, kalo gitu sy kasih clue lagi supaya lebih mudah ditebak.

Kertas art carton adalah bangun datar sama seperti tanah. menurut satu sudut pandang, 2 area tanah bisa sama ukurannya tapi menurut sudut pandang lain ukuran mereka bisa beda! dan itu menjelaskan mengapa kertas art carton Hoshi menghasilkan lebih banyak bujur sangkar.  8)


OK. kalau begitu saja jawab :

Kertas art carton Hana dan Hoshi kelilingnya sama tapi luasnya beda. soal angka bukan issue kan?

(anda bilang bahwa kertas art carton mereka diukur pakai penggaris dan ukurannya sama, jadi pasti kelilingnya yang sama)

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Re:Teka-Teki matematika dengan jumlah jawaban tidak terbatas
« Jawab #5 pada: Mei 12, 2014, 10:04:28 AM »
OK. kalau begitu saja jawab :

Kertas art carton Hana dan Hoshi kelilingnya sama tapi luasnya beda. soal angka bukan issue kan?

(anda bilang bahwa kertas art carton mereka diukur pakai penggaris dan ukurannya sama, jadi pasti kelilingnya yang sama)

YUP! Bener!!+1 buat anda!

Kertas art carton adalah bangun datar sama seperti tanah. Menurut satu sudut pandang (keliling), 2 bangun datar yang berukuran sama bisa jadi ukuran keduanya malah berbeda menurut sudut pandang yang lain (luas).

Begitu juga dengan kertas art carton Hana dan Hoshi. Karena tadi saya bilang kertas mereka ukurannya sama ketika diukur dengan penggaris itu menunjukkan bahwa kelilingnya yang sama. Namun kertas art carton Hoshi menghasilkan lebih banyak bujur sangkar karena luasnya lebih besar. Soal angka dan juga satuan ukuran BISA ANDA ATUR SENDIRI, makanya tadi saya bilang bahwa ini teka teki matematika dengan jumlah jawaban tidak terbatas.


Kita ambil contoh :

-Kertas art carton Hana ukurannya 12 x 18 cm.

-Kertas art carton Hoshi ukurannya 15 x 15 cm.

Karena ketika diukur dengan penggaris ukuran kertas art carton Hana dan Hoshi sama, maka total Panjang dan Lebarnya harus sama.


Sekarang kita hitung kelilingnya :

-Kertas art carton Hana :

(12 x 2) + (18 x 2) =
24 + 36 =
60 cm

-Kertas art carton Hoshi :

(15 x 2) + (15 x 2) =
30 + 30 =
60 cm

Keliling dari kertas art carton Hana sama dengan kertas art carton Hoshi. Mengesankan bahwa mereka sama besarnya.


Tetapi bagaimana kalau kita hitung luasnya?

-Kertas art carton Hana :

12 x 18 cm = 216 cm

-Kertas art carton Hoshi :

15 x 15 cm = 225 cm

Dengan demikian, diketahui bahwa kertas art carton Hoshi sebenarnya lebih besar.


Sekarang kita ambil contoh ukuran bujur sangkarnya :

Misalkan, Hana dan Hoshi memutuskan untuk memilah-milah kertas art carton mereka menjadi bujur-bujur sangkar yang masing-masing berukuran 3 x 3 cm.

-Kertas art carton Hana akan menghasilkan 24 bujur sangkar.

-Kertas art carton Hoshi akan menghasilkan 25 bujur sangkar.


Nggak percaya? Coba anda hitung nih!

9 x 24 = 216 sementara 9 x 25 = 225

Angka 9 darimana? Dari luas masing2 bujur sangkar tsb (3 x 3 cm = 9 cm). Pas, kan?
Dengan demikian kertas art carton Hoshi lebih luas 9 cm atas kertas art carton Hana.
(225 – 216 cm = 9 cm)


Lalu harga kertas art carton Hana dan Hoshi masing2 berapa?

Harga bisa anda tentukan sendiri termasuk pake harga yang nggak masuk akal. Mau itu 50 perak, 1 juta, 5 juta, 10 milyar, bahkan 100 trilyun, atau sekalian aja 999 kuardrilyun dollar! Intinya harga kertas art carton Hana sama seperti yang dibeli Hoshi. Angka pastinya ya suka-suka anda.

Satuan ukurannya juga boleh anda tentukan sendiri, mau itu centimeter, meter, kilometer, kaki, inci, atau nanometer juga boleh. Hehehe...


Kesimpulan :

Kasihan si Hana... Dia membeli kertas art carton yang lebih kecil daripada milik Hoshi tapi dengan harga yang sama!! :(

PS : teka teki ini sebenarnya sederhana, cuma dibikin lebih kreatif karena anda bisa menciptakan jawaban versi anda sendiri, dengan angka-angka pilihan anda sendiri selama hasilnya pas sesuai skenario teka teki ini. Oleh karena itu, ini adalah teka teki matematika dengan jumlah jawaban tidak terbatas. :)

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Re:Teka-Teki matematika dengan jumlah jawaban tidak terbatas
« Jawab #6 pada: Mei 12, 2014, 10:20:53 AM »
BIAR LEBIH MUDAH DIPAHAMI, PAKAI ILUSTRASI YA










Kelilingnya sama tapi luasnya beda. kertas art carton Hoshi menghasilkan 25 bujur sangkar masing2 berukuran 3 x 3 cm. kalau yang punya Hana cuma 24.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Teka-teki angka

Dimulai oleh aoko Olah Otak

3 Jawaban
25163 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 21, 2008, 07:10:45 AM
oleh reborn
2 Jawaban
3585 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 23, 2012, 02:59:32 AM
oleh izof
7 Jawaban
4319 Dilihat
Tulisan terakhir November 04, 2012, 02:26:47 AM
oleh rhesa.varian
2 Jawaban
11489 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 26, 2014, 01:10:01 AM
oleh Monox D. I-Fly
6 Jawaban
173372 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 15, 2014, 04:26:39 PM
oleh nʇǝʌ∀