Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 26, 2022, 05:57:43 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 62
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 43
Total: 43

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Tentang bohong dan jujur

Dimulai oleh reborn, Agustus 06, 2008, 09:02:27 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

Bohong dan jujur sering banget dipake dalam logic puzzle. Bahkan dari jaman Yunani juga sering ditemuin teka-teki logika yang make bohong dan jujur. Salah satu yang terkenal adalah Paradoks Eubulid :

Sebuah kapal Kreta berlabuh di Yunani. Kemudian nakhodanya bilang begini ke orang Yunani, "Semua orang Kreta adalah pembohong". Apakah nakhoda ini sedang berkata jujur atau bohong?

Jika seseorang mengatakan dia selalu berbohong, apakah orang itu sedang berkata jujur?

L

waduh???

hanya satu yg L pikir,,

apa @reborn sedang berbohong??

reborn

Iya, dengan jujur saya katakan saya selalu berbohong ;D
paradoks ya :P

L

@born jawaban nya

bohong - jujur... bner ga??

eky


reborn

memang ga jelas, bikin bingung. Itu tujuannya ;D

L

@born aku udah jawab tuh,,,

jawaban pertama bohong,,
kedua jujur....

bener ga??? sedih eung ga di anggap.... ;'(

rawWARus

 ;D bingung jg nh
apa musti di uji kebohongan kyk Ryan jombang  ;D
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Melnick

dudukin di kursi listrik dulu tuh nakhodanya  ;D
"Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!" -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

eky

dudukin tuh!!!
ayo2 mana kursi listriknya ..
saya setuju nih ..
beneran buat pusing nih threadnya hahahaha

workaholic

namanya jg paradoks, baca soalannya aja lgs jadi dilema  :-\
kalo gw telusuri pengertian paradoks dr wiki, hslnya begini :

"semua org Kreta adalah pembohong"
pernyataan ini justru memunculkan analisa yg berujung pada 2 kesimpulan yg bertolak belakang.
    kes 1:
jika yg dikatakan nahkoda itu benar, berarti ia bukanlah pembohong (jujur)
jika dia bukan pembohong, berarti yg dikatakannya tidak benar (krn menurutnya semua org Kreta pembohong bukankah dia termasuk salah satunya, jika dia dianggap jujur berarti tidak semua org Kreta adalah pembohong)
nah jika yg dikatakannya tidak benar...berarti dia pembohong

    kes 2:
jika dia pembohong, maka dia bukan org jujur
jika dia pembohong maka apa yg ia katakan adalah tdk benar (dia sudah mengatakan smua org Kreta adalah pembohong, jd apa yg ia katakan tidak bisa dianggap benar)
nah jika yg dia katakan itu tdk benar berarti ia adalah org jujur (alias mengakui bahwa dia jg salah satu dr pembohong)

hehe,,puyeng kan? sama... :-\ tp dr cth di atas gw udh mulai paham maksud dr paradoks eubulid ini

intinya dlm menganalisa pernyataan tsb, memang akan muncul 2 makna skaligus, bisa kebohongan bisa kebenaran.
jika kebohongan, dia benar2 adalah seorang pembohong
jika kebenaran, dia adalah seorang yg jujur

kata rbon : "dg jujur saya katakan saya slalu berbohong"
lagi2 ini adalah paradoks, bisa terkandung 2 maksud sekaligus dlm pernyataannya
kes nya sama dg di atas deh...cape ngejelasinnya...
yg jelas kalo disuruh ngambil 1 kes ya gini aja.... 'rbon mmg pembohong'  ;D >:D
hahahaha...rasain...ble... :P
Life is Precious. Life is all about choices and chances..
So LIVE your LIFE to the fullest :)

L

wew,,,, bingung nih,,,

jawaban @work,, musti di cerna baek baek,,,

baru bisa ngerti