Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 19, 2022, 02:02:24 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 22
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tentang bohong dan jujur  (Dibaca 8054 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Tentang bohong dan jujur
« pada: Agustus 07, 2008, 12:02:27 PM »
Bohong dan jujur sering banget dipake dalam logic puzzle. Bahkan dari jaman Yunani juga sering ditemuin teka-teki logika yang make bohong dan jujur. Salah satu yang terkenal adalah Paradoks Eubulid :

Sebuah kapal Kreta berlabuh di Yunani. Kemudian nakhodanya bilang begini ke orang Yunani, "Semua orang Kreta adalah pembohong". Apakah nakhoda ini sedang berkata jujur atau bohong?

Jika seseorang mengatakan dia selalu berbohong, apakah orang itu sedang berkata jujur?

Offline L

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 737
  • IQ: 55
  • Gender: Pria
  • L change The world
Re: Tentang bohong dan jujur
« Jawab #1 pada: Agustus 07, 2008, 12:10:33 PM »
waduh???

hanya satu yg L pikir,,

apa @reborn sedang berbohong??

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Tentang bohong dan jujur
« Jawab #2 pada: Agustus 07, 2008, 12:12:10 PM »
Iya, dengan jujur saya katakan saya selalu berbohong ;D
paradoks ya :P

Offline L

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 737
  • IQ: 55
  • Gender: Pria
  • L change The world
Re: Tentang bohong dan jujur
« Jawab #3 pada: Agustus 07, 2008, 12:30:11 PM »
@born jawaban nya

bohong - jujur... bner ga??

Offline eky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 441
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • growing up
Re: Tentang bohong dan jujur
« Jawab #4 pada: Agustus 07, 2008, 11:08:28 PM »
waduh .. ga jelas ..

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Tentang bohong dan jujur
« Jawab #5 pada: Agustus 08, 2008, 05:31:12 AM »
memang ga jelas, bikin bingung. Itu tujuannya ;D

Offline L

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 737
  • IQ: 55
  • Gender: Pria
  • L change The world
Re: Tentang bohong dan jujur
« Jawab #6 pada: Agustus 08, 2008, 11:56:56 AM »
@born aku udah jawab tuh,,,

jawaban pertama bohong,,
kedua jujur....

bener ga??? sedih eung ga di anggap.... ;'(

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: Tentang bohong dan jujur
« Jawab #7 pada: Agustus 08, 2008, 01:09:07 PM »
 ;D bingung jg nh
apa musti di uji kebohongan kyk Ryan jombang  ;D
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
Re: Tentang bohong dan jujur
« Jawab #8 pada: Agustus 10, 2008, 04:00:26 AM »
dudukin di kursi listrik dulu tuh nakhodanya  ;D
“Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!” -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

Offline eky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 441
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • growing up
Re: Tentang bohong dan jujur
« Jawab #9 pada: Agustus 10, 2008, 09:38:00 AM »
dudukin tuh!!!
ayo2 mana kursi listriknya ..
saya setuju nih ..
beneran buat pusing nih threadnya hahahaha

Offline workaholic

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 152
  • IQ: 33
  • Gender: Wanita
Re: Tentang bohong dan jujur
« Jawab #10 pada: September 07, 2008, 10:16:09 AM »
namanya jg paradoks, baca soalannya aja lgs jadi dilema  :-\
kalo gw telusuri pengertian paradoks dr wiki, hslnya begini :

"semua org Kreta adalah pembohong”
pernyataan ini justru memunculkan analisa yg berujung pada 2 kesimpulan yg bertolak belakang.
    kes 1:
jika yg dikatakan nahkoda itu benar, berarti ia bukanlah pembohong (jujur)
jika dia bukan pembohong, berarti yg dikatakannya tidak benar (krn menurutnya semua org Kreta pembohong bukankah dia termasuk salah satunya, jika dia dianggap jujur berarti tidak semua org Kreta adalah pembohong)
nah jika yg dikatakannya tidak benar…berarti dia pembohong

    kes 2:
jika dia pembohong, maka dia bukan org jujur
jika dia pembohong maka apa yg ia katakan adalah tdk benar (dia sudah mengatakan smua org Kreta adalah pembohong, jd apa yg ia katakan tidak bisa dianggap benar)
nah jika yg dia katakan itu tdk benar berarti ia adalah org jujur (alias mengakui bahwa dia jg salah satu dr pembohong)

hehe,,puyeng kan? sama… :-\ tp dr cth di atas gw udh mulai paham maksud dr paradoks eubulid ini

intinya dlm menganalisa pernyataan tsb, memang akan muncul 2 makna skaligus, bisa kebohongan bisa kebenaran.
jika kebohongan, dia benar2 adalah seorang pembohong
jika kebenaran, dia adalah seorang yg jujur

kata rbon : “dg jujur saya katakan saya slalu berbohong"
lagi2 ini adalah paradoks, bisa terkandung 2 maksud sekaligus dlm pernyataannya
kes nya sama dg di atas deh…cape ngejelasinnya...
yg jelas kalo disuruh ngambil 1 kes ya gini aja…. ‘rbon mmg pembohong’  ;D >:D
hahahaha…rasain…ble… :P
Life is Precious. Life is all about choices and chances..
So LIVE your LIFE to the fullest :)

Offline L

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 737
  • IQ: 55
  • Gender: Pria
  • L change The world
Re: Tentang bohong dan jujur
« Jawab #11 pada: September 07, 2008, 02:19:39 PM »
wew,,,, bingung nih,,,

jawaban @work,, musti di cerna baek baek,,,

baru bisa ngerti

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
21 Jawaban
49374 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 30, 2010, 11:09:37 PM
oleh syx
Bohong

Dimulai oleh biobio « 1 2 3 » Olah Otak

39 Jawaban
14415 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 16, 2009, 09:39:47 AM
oleh biobio
0 Jawaban
4830 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2010, 04:04:04 AM
oleh Prasuke
4 Jawaban
6766 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 05, 2011, 12:40:58 PM
oleh Fachni Rosyadi
4 Jawaban
3176 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 27, 2012, 09:45:15 AM
oleh raisuien