Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 03, 2021, 04:55:49 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 56
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 28
Total: 28

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?  (Dibaca 21138 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #15 pada: Mei 28, 2009, 10:18:16 PM »
Tapi giamana ya caranya biar warga ngerti undang-undang??
buat ngerti aja sulit, apalagi mematuhi.. ga bisa disalahkan sih, wong para pejabat negaranya aja ga nurut UU.
"The pen is mightier than the sword"

Offline L

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 737
  • IQ: 55
  • Gender: Pria
  • L change The world
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #16 pada: Mei 28, 2009, 10:29:10 PM »
ada nya sosialisasi yang berulang ulang,,,

trus tanamkan pemahaman yg udah didapet itu dalam kehidupan sehari hari..

tapi rasanya ini yang sulit,,
karena harusnya sosialisasi itu dilakukan saat masih kecil,,
kalo udah besar jarang yg bisa mengaplikasikannya,,
karena udah punya prinsip masing masing,,

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #17 pada: Mei 29, 2009, 03:58:07 PM »
nah yang udah dipelajari dari kecil itu udah belajar tentang NKRI/TANNAS(ketahanan Nasional)/Geopolitik blum?
etika dll yang udah dipelajari itu dicocokin sama yang dipelajari di sekolah trus aplikasikan secara ilmu kenasionalitasan,,,
kita tinggal dimana? nah itu dimasukan,,
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN,,
mempelajari hak kita dan kewajiban kita sebagai warga negara berdasarkan pancasila

emang apa si yg dipelajari di ppkn?
cuma gitu2 doang,,bukannya maksud meremehkan,,,
bagi saya si dulu ppkn bermanfaat sebagai penyeimbang nilai ;D ;D ;D
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong

Offline L

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 737
  • IQ: 55
  • Gender: Pria
  • L change The world
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #18 pada: Mei 30, 2009, 02:47:16 AM »
^
^
^lebih baik baca sendiri aja dibuku kwn sd,smp,sma,kuliahan,,luas ato g tu ppkn,trgantung pndangan qt dlm memikirkannya

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #19 pada: Mei 30, 2009, 04:22:29 AM »
^
^
^lebih baik baca sendiri aja dibuku kwn sd,smp,sma,kuliahan,,luas ato g tu ppkn,trgantung pndangan qt dlm memikirkannya
emang saya bilang ppkn luas?
nah lho...,,
itu anda lho yang bilang,, ;D

Offline L

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 737
  • IQ: 55
  • Gender: Pria
  • L change The world
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #20 pada: Mei 31, 2009, 09:27:14 PM »
emang apa si yg dipelajari di ppkn?
cuma gitu2 doang,,
jiah,, aku bilang luas tuh karna ada kata bold itu :D
emang saya bilang ppkn luas?
nah lho...,,
itu anda lho yang bilang,, ;D
iya iya ,,, ehehe.. saya juga ngga bilang luth bilang PPkN luas kan,, hhehehe... :D vis ah..

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #21 pada: Mei 31, 2009, 11:34:04 PM »
gimana ya?
emang sih kadang2 pelajaran2 di luar jurusan (semisal pkn, seni, sejarah, bhs asing non-english, bhs daerah) rasanya cuma buang2 waktu, ga penting2 amat. bener bgt, aku sih cuma "asal bisa" aja, biar nilai rapor rata...
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #22 pada: Juni 02, 2009, 12:49:00 AM »
Harus diingat bahwa pelajaran biasanya dikaitkan dengan penguasaan materi pelajaran saja.
Yang penting bukan pelajaran saja, melainkan juga pendidikan yang mementingkan kemampuan merumuskan pandangan dunia (world view) , nilai luhur, etika , etos kerja, moral, kemampuan berkomunikasi dan memanfaatkan metoda ilmiah (kemampuan melakukan observasi dan penalaran) untuk memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan bermasyarakat.
« Edit Terakhir: Juni 02, 2009, 12:51:32 AM oleh The Houw Liong »
HouwLiong

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #23 pada: Juni 02, 2009, 02:45:18 PM »
jiah,, aku bilang luas tuh karna ada kata bold itu :Diya iya ,,, ehehe..
cuma gitu2 doang=luas
 ;Dvis kembali L ;D

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #24 pada: Juni 04, 2009, 10:48:46 AM »
gimana ya?
emang sih kadang2 pelajaran2 di luar jurusan (semisal pkn, seni, sejarah, bhs asing non-english, bhs daerah) rasanya cuma buang2 waktu, ga penting2 amat. bener bgt, aku sih cuma "asal bisa" aja, biar nilai rapor rata...
terus guru2nya mau ditaruh mana???
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline pk3dot

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 99
  • IQ: 10
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #25 pada: Juni 08, 2009, 04:43:23 AM »
kalau udah dapet pelajaran(untuk semua pelajaran yang baik) sekarang waktunya diterapkan dunk!!! seperti kuliah, harapannya setelah lu2s kuliah, ilmu2 yang didapat di dalam perkuliahan bisa dipraktikkan dengan lancar dan lihai, jadi bisa dibilang sebagaio orang yang profesuional...


Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #26 pada: Juni 10, 2009, 11:12:30 AM »
Praktek emang sulit. jauh lebih sulit dari teorinya

Offline sith lord

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 194
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #27 pada: Agustus 01, 2009, 06:33:10 AM »
yg jelas untuk PMDK harusnya yg diliat pelajaran yg berhubungan aja dong.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #28 pada: Agustus 01, 2009, 10:42:03 AM »
weuw..
mngkin utk menyeimbangkan aja...
di ipa kan kita harus byk pke logika,,,

nah, ditmbh ppkn bwt kita bisa nyantai sbntr mngkn,,,,
emang sama skli gag ada hubngan dgn ipa sich,,, hnya blajar UUD n Pancasila aja masa sesulit itu,,, hhe..

klo sejarah, emang aq bingung bgt,,,
knpa musti ada sjarah sich...?
menyebalkan...
aq pling gag suka menghapal,,
apalgi ttg kerajaan2,,,,
huh....

tpi skarang jurusan IPS ada geografi lo....
anehh, koq ipa gag ada....
???

yg jurusan IPS pake sistem CBSH biasanya....
~ You are what you eat ~

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Apa Saja Pelajaran Yang Penting Di SMA?
« Jawab #29 pada: Agustus 01, 2009, 01:18:01 PM »
setuju ma sisca
ipa pake logika jd yg penting y... matematika, fisika, kimia, n biologi (walaupun biologi hapalan jg)
yg lain sekedar refreshing doank... wkwkwkwkwk...
klo geo, aku dah gak da lg pas sma2
klo PKn ma sejarah sih mank gurunya dah taw jg klo tu gak terlalu penting
makanya sering dikasih kisi2... wkwkwkwkwk...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
2692 Dilihat
Tulisan terakhir November 26, 2009, 06:26:19 AM
oleh pams
23 Jawaban
15818 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2010, 12:35:29 AM
oleh Hendy wijaya, MD
2 Jawaban
4411 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 04, 2011, 08:20:21 AM
oleh Farabi
1 Jawaban
3527 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 15, 2015, 10:27:12 PM
oleh daryadi
2 Jawaban
5485 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 05, 2016, 07:24:11 AM
oleh ytridyrevsielixetuls