Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 20, 2021, 04:30:10 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 30
Total: 30

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Belajar demi Nilai dari sang guru  (Dibaca 9217 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline dancyber

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 35
  • IQ: 8
  • Welcome to Nanobots world.
Belajar demi Nilai dari sang guru
« pada: Mei 02, 2010, 05:02:14 AM »
Dear Forsa
ane mau nanya, kita sekolah itu untuk nilai atau untuk ilmu?
Kalau untuk ilmu kenapa mesti harus ada nilai??
kalau untuk nilai kenapa ilmu itu harus dipelajari??
--------------------------------------_____________________

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #1 pada: Mei 02, 2010, 05:09:22 AM »
untuk ilmu.. yg ukurannya pake nilai....
kalau ga ada alat ukur, kita jadi ga tau uda sampai mana kemampuan kita,,, tar malah kita jadi ga maju2... kirain kita uda bisa ato hebat,,, tapi ternyata belom, masi ada lagi yg lebih mampu...
nah, sekarang nilainya itu uda disalahartikan sama murid2,, sama guru juga..
jadi anak2 sekarang skolah buat nilai aja.. ckckkcck~
~ You are what you eat ~

Offline Fhydha_099

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 150
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
  • Bubble Gummy ... :-D
    • Bubble Gummy Blog's
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #2 pada: Mei 02, 2010, 05:18:04 AM »
Kalo menurut aku nilai itu hanya untuk melihat kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran yang telah dipelajari. Hehehehehe.................................
Akhak ahak..............................................................

Offline SubaruHoshikawa

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 45
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • I think I will stop my useless posts...
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #3 pada: Mei 02, 2010, 05:20:31 AM »
jelas untuk ilmu...nilai hanya rating kita dalam menyerap konsep2 materi pelajaran
" LET'S BUST 'EM GOOD BUDDY !! "

Offline dancyber

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 35
  • IQ: 8
  • Welcome to Nanobots world.
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #4 pada: Mei 02, 2010, 05:27:32 AM »
nah, sekarang nilainya itu uda disalahartikan sama murid2,, sama guru juga..
jadi anak2 sekarang skolah buat nilai aja.. ckckkcck~

arti nilai yang benar itu apa?

Kalo menurut aku nilai itu hanya untuk melihat kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran yang telah dipelajari.

kalau menurut ane nilai itu seperti sebuah tekanan yang membuat kita merasa tertekan untuk mencapainya,,, 
;D ;D ;D



Offline Fhydha_099

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 150
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
  • Bubble Gummy ... :-D
    • Bubble Gummy Blog's
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #5 pada: Mei 02, 2010, 05:35:12 AM »
Jangan dijadikan tekanan donk. Biasa aja. Yang penting kita udah berusaha. SEMANGAT

Offline galihutomo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 184
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Ayo kita kuasai Dunia....
    • Media Belajar Online
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #6 pada: Mei 02, 2010, 05:42:56 AM »
tergantung kmu mo jadi apa..?? ;D

misal klo mo jadi Insinyur teknik ya.... pelajaran Matematika, fisika dkk harus menguasai ilmunya......percaya deh jika kamu sungguh2 mempelajari ilmu2 ini.....nilai akan mengikuti jadi baik ....minimal dapat nilai tuntas deh....

sementara mapel sejarah, sosiologi, ekonomi dkk.... boleh dah sekedar cari nilai....percaya deh klo nilai kita bagus....ilmu kita tentang pelajaran ini juga bertambahh...  :D

intinya SUNGGUH-SUNGGUH......

blum lagi jika ada pertanyaan... sekolah untuk belajar ato cari teman ? sekolah untuk cari kerja atau status ? daaan lain sebagainya.....

jika tidak saling bertentangan dan bisa jalan semuanya kenapa tidak semua aja?? asal sungguh2 yakinlah pasti bisa....
« Edit Terakhir: Mei 02, 2010, 05:49:42 AM oleh galihutomo »

Offline dancyber

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 35
  • IQ: 8
  • Welcome to Nanobots world.
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #7 pada: Mei 02, 2010, 05:45:35 AM »
Jangan dijadikan tekanan donk. Biasa aja. Yang penting kita udah berusaha. SEMANGAT

ane merasa kayak gini karena udah 14 tahun (SD,SMP,SMA n Kul) ada di sistem pendidikan yang menekankan pada kesammaan bukan kreatifitas dan kesukaan pada ilmu dari siswa.
thanks ya fhydha
walaupun umurnya masih muda tapi pikiran udah seperti orang dewasa
 ;D ;D ;D
lakukan apapun yang kamu sukai
Dancyber



Offline Fhydha_099

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 150
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
  • Bubble Gummy ... :-D
    • Bubble Gummy Blog's
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #8 pada: Mei 02, 2010, 05:49:37 AM »
Kutip
thanks ya fhydha
walaupun umurnya masih muda tapi pikiran udah seperti orang dewasa


OOhh, selama ini kukira orang lain yang bilang aku dewasa ini kukira dewasa mukaku. Taunya, dewasa fikiranku. Hehehehe :D. Nggak juga ah, aku masih amit amit kaya gini ko dibilang dewasa sih???

Offline galihutomo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 184
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Ayo kita kuasai Dunia....
    • Media Belajar Online
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #9 pada: Mei 02, 2010, 05:57:48 AM »
@dancyber : itu karena kmu idup di indonesia aja.....jd merasa seperti itu.... :-X

tapi hati2 jangan sembarangan melakukan apa yang kita suka.... semua hal tetap akan ada konsekuensinya lho.... hal yang kita sukai tapi tdak baik ane sarani jangan dilakukan .... agar tidak menyesal.......

sebenarnya klo tau bedanya orang sukses ama orang gagal.... kita bisa ambil hikmahnya kok... apa hayoo...??

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #10 pada: Mei 02, 2010, 06:46:51 AM »
yo.. nilai yg bener itu cuma sebagai pembanding kemampuan 1 orang dengan orang lain...
tapi bukan berarti dengan nilai kita bisa langsung nge-judge orang itu lebih lemah,, yg ini lebih jago.. ga ga.. bukan gitu.. itu malah jadiin murid2 semakin gila2an hanya untuk nilai...
setelah lewat ujian, uda lupa semua.. buyar.. kan percuma toh.. capek2 kejar nilai, tapi akhirnya ga ada satupun yg bisa digunain.. percuma...

Offline Fhydha_099

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 150
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
  • Bubble Gummy ... :-D
    • Bubble Gummy Blog's
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #11 pada: Mei 02, 2010, 06:59:44 AM »
Yups, setuju bgt sis,
Aku pernah protes sama guru agama yang hanya minta menghapal doa doa harian dan hadis hadis dalam 15 menitan. habis itu dinilai. mending habis dinilai inget tuh yang dihapalin sampe tua. baru 5 menit aja, aku ditanya sama temen, "Fhyd, hadis apa ya??". aku jawab aja "Lupa"

Hehehehehe...........

Offline dancyber

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 35
  • IQ: 8
  • Welcome to Nanobots world.
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #12 pada: Mei 02, 2010, 03:34:34 PM »
@dancyber : itu karena kmu idup di indonesia aja.....jd merasa seperti itu.... :-X
tapi hati2 jangan sembarangan melakukan apa yang kita suka.... semua hal tetap akan ada konsekuensinya lho.... hal yang kita sukai tapi tdak baik ane sarani jangan dilakukan .... agar tidak menyesal.......

sip thanks bangat atas sarannya, bedanya orang sukses sama orang gak sukses adalah orang sukses melakukan apa yang mereka sukai sedangkan orang gagal melakukan hal yang kebanyakan tidak mereka sukai..
jadi lakukan apapun yang kita sukai.

Offline galihutomo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 184
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Ayo kita kuasai Dunia....
    • Media Belajar Online
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #13 pada: Mei 03, 2010, 06:16:55 AM »
[justify]

orang yang GAGAL selalu memandang apa yang dibebankan....apa yang diharapkan orang lain....atau ortu.....SEGALA TANGGUNG JAWAB, HALANGAN DAN RINTANGAN lainnya sebagai DINDING YANG TEBAL yang MENGHALANGI dia melangkah ke depan.....menuju apa yang ia CITA-CITA kan......sehingga dalam hidupnya ia hanya melakukan langkah MAJU MUNDUR....atau DIAM di tempat......ujung-ujungnya hanya melampiaskan diri dalam aktivitas yang sia-sia...kesenangan semu....dll...

orang yang SUKSES selalu memandang apa yang dibebankan....apa yang diharapkan orang lain...atau ortu.....SEGALA TANGGUNG JAWAB, HALANGAN DAN RINTANGAN lainnya sebagai DINDING YANG KECIL sehingga ia selalu MELIHAT CELAH untuk maju melangkah ke depan.....menuju apa yang ia CITA-CITA kan......atau kebahagiaan sejati....[/justify]

 :angel: >:D :angel: >:D :angel: >:D :angel: >:D :angel: >:D :angel: >:D :angel: >:D :angel: >:D :angel: >:D :angel: >:D :angel: >:D :angel: >:D :angel: >:D :angel: >:D :angel: >:D :angel:
« Edit Terakhir: Mei 03, 2010, 06:30:32 AM oleh galihutomo »

Offline dancyber

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 35
  • IQ: 8
  • Welcome to Nanobots world.
Re: Belajar demi Nilai dari sang guru
« Jawab #14 pada: Mei 03, 2010, 08:44:22 AM »
[justify]

orang yang GAGAL selalu memandang apa yang dibebankan....apa yang diharapkan orang lain....atau ortu.....SEGALA TANGGUNG JAWAB, HALANGAN DAN RINTANGAN lainnya sebagai DINDING YANG TEBAL yang MENGHALANGI dia melangkah ke depan.....menuju apa yang ia CITA-CITA kan......sehingga dalam hidupnya ia hanya melakukan langkah MAJU MUNDUR....atau DIAM di tempat......ujung-ujungnya hanya melampiaskan diri dalam aktivitas yang sia-sia...kesenangan semu....dll...

orang yang SUKSES selalu memandang apa yang dibebankan....apa yang diharapkan orang lain...atau ortu.....SEGALA TANGGUNG JAWAB, HALANGAN DAN RINTANGAN lainnya sebagai DINDING YANG KECIL sehingga ia selalu MELIHAT CELAH untuk maju melangkah ke depan.....menuju apa yang ia CITA-CITA kan......atau kebahagiaan sejati....[/justify]



Thanks gan atas saran n pejelasannya.
sukses selalu buat agan.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
4276 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 26, 2009, 06:44:18 AM
oleh HyawehHoshikawa
19 Jawaban
11892 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 20, 2010, 10:35:38 PM
oleh Mat Dillom
12 Jawaban
15549 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 19, 2010, 04:55:57 AM
oleh Sky
1 Jawaban
2942 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 09, 2011, 04:20:48 PM
oleh Farabi
9 Jawaban
8931 Dilihat
Tulisan terakhir September 01, 2014, 09:29:55 PM
oleh Monox D. I-Fly