Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 24, 2021, 09:23:15 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139629
  • Total Topik: 10389
  • Online Today: 146
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 44
Total: 44

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Belajar Lebih Mudah dengan Mengenali Tipe Gaya Belajar Sendiri  (Dibaca 161919 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline hidayacht

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
  • ForSa!
Belajar Lebih Mudah dengan Mengenali Tipe Gaya Belajar Sendiri
« pada: November 03, 2015, 11:58:01 AM »
Assalamu'alaikum...
Ini merupakan thread pertama saya di forum ini dan berharap thread ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Amiin. Pada Kesempatan kali ini izinkanlah saya menulis tentang sebuah artikel yang menurut saya sangat penting untuk diketahui semua.
Berbicara tentang hal belajar akan sangat menyenangkan jika dilakukan atas kemauan sendiri, apalagi hal yang dipelajari merupakan hal yang sangat kita sukai.
Perbedaan menjadi muncul ketika kita akan mempelajari sesuatu yang baru yang tidak kita sukai, kita bahkan sangat susah mengingatnya. Padahal masalah ini bisa diatasi dengan mengenal gaya belajar sendiri.

 Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan bahwa ternyata kita memiliki cara belajar dan berfikir yang berbeda-beda. Kita akan merasa lebih efektif dan lebih baik dengan menggunakan lebih banyak mendengarkan, namun orang lain merasa lebih baik dengan membaca dan bahkan ada yang merasa bahwa hasilnya akan optimal jika kita belajar langsung mempraktekkan apa yang akan dipelajari. Bagaimana cara kita belajar akan sangat mempengaruhi struktur otak kita. Hal inilah yang kemudian kita kenal sebagai Learning Style (Gaya Belajar).

Modalitas
Dalam menyikapi berbagai macam mengenai gaya belajar, tentulah harus ditambah dengan logika dan kebudayaan cara kerja kita, dan yang paling penting dari semua diatas adalah suatu cara kerja otak kita yang mana dalam hal ini kita sebut dengan modalitas belajar. Secara singkat modalitas belajar adalah, suatu cara bagaimana otak menyerap informasi yang masuk melalui panca indera secara optimal. Menurut Howard Gardner modalitas belajar tersebut dapat dikarakteristik menjadi gaya belajar Auditory, Visual, Reading dan Kinesthetic

Auditory
Orang yang memiliki gaya belajar Auditory, belajar dengan mengandalkan pendengaran untuk bisa memahami sekaligus mengingatnya. Karakteristik model belajar ini benar-benar menempatkan pendengaran sebagai alat utama untuk menyerap informasi atau pengetahuan. Artinya, untuk bisa mengingat dan memahami informasi tertentu, yang bersangkutan haruslah mendengarnya lebih dulu. Mereka yang memiliki gaya belajar ini umumnya susah menyerap secara langsung informasi dalam bentuk tulisan, selain memiliki kesulitan menulis ataupun membaca.

Beberapa ciri seorang Auditory antara lain :
Mampu mengingat dengan baik materi yang didiskusikan dalam kelompokMengenal banyak sekali lagu / iklan TV,Suka berbicara.Pada umumnya bukanlah pembaca yang baik.Kurang dapat mengingat dengan baik apa yang baru saja dibacanya.Kurang baik dalam mengerjakan tugas mengarang/menulis.Kurang memperhatikan hal-hal baru dalam lingkungan sekitarnya.

Visual
Orang yang memiliki gaya belajar Visual, belajar dengan menitikberatkan ketajaman penglihatan. Artinya, bukti-bukti konkret harus diperlihatkan terlebih dahulu agar mereka paham. Ciri-ciri orang yang memiliki gaya belajar visual adalah kebutuhan yang tinggi untuk melihat dan menangkap informasi secara visual sebelum mereka memahaminya. Konkretnya, yang bersangkutan lebih mudah menangkap pelajaran lewat materi bergambar. Selain itu, mereka memiliki kepekaan yang kuat terhadap warna, disamping mempunyai pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik. Hanya saja biasanya mereka memiliki kendala untuk berdialog secara langsung karena terlalu reaktif terhadap suara, sehingga sulit mengikuti anjuran secara lisan dan sering salah menginterpretasikan kata atau ucapan.

Beberapa karakteristik Visual adalah :
Senantiasa melihat memperhatikan gerak bibir seseorang yang berbicara kepadanyaCenderung menggunakan gerakan tubuh saat mengungkapkan sesuatuKurang menyukai berbicara di depan kelompok, dan kurang menyukai untuk mendengarkan orang lain.Biasanya tidak dapat mengingat informasi yang diberikan secara lisanLebih menyukai peragaan daripada penjelasan lisanBiasanya orang yang Visual dapat duduk tenang di tengah situasi yang ribut/ramai tanpa merasa terganggu

Reading
Orang yang memiliki gaya belajar Reading, belajar dengan menitikberatkan pada tulisan atau catatan. Karakteristik ini benar-benar menempatkan bacaan atau tulisan sebagai alat utama untuk menyerap informasi atau pengetahuan. Artinya, untuk bisa mengingat dan memahami informasi tertentu, yang bersangkutan haruslah membaca atau menuliskannya lebih dulu. Mereka yang memiliki gaya belajar ini menyukai hal-hal yang berbau teoritis dan umumnya susah menyerap secara langsung informasi dalam bentuk peragaan atau praktis.

Orang yang memiliki gaya belajar Reading biasanya memiliki karakteristik :
Suka membaca dan membuat catatanHuruf-huruf indah dan tulisan rapi merupakan hal yang sangat berkesan bagi merekaMudah mengingat apa yang mereka baca atau tuliskan

Kinesthetic
Orang yang memiliki gaya belajar, Kinesthetic mengharuskan individu yang bersangkutan menyentuh sesuatu yang memberikan informasi tertentu agar ia bisa mengingatnya. Tentu saja ada beberapa karakteristik model belajar seperti ini yang tak semua orang bisa melakukannya. Karakter pertama adalah menempatkan tangan sebagai alat penerima informasi utama agar bisa terus mengingatnya. Hanya dengan memegangnya saja, seseorang yang memiliki gaya belajar ini bisa menyerap informasi tanpa harus membaca penjelasannya.


Concret Sequensial [CS]
Orang dengan tipe ini adalah orang yang cenderung, teratur, dan rapi. Mereka selalu mengerjakan tugas tepat waktu, terencana, dan tidak suka hal-hal yang bersifat mendadak. Selain itu mereka dengan ciri CS tidak senang mengerjakan tugas yang bertumpuk-tumpuk. Biasanya agak perfeksionis sehingga ingin segala sesuatu dikerjakan dengan sempurna dan terencana. Tipe ini cocok untuk jenis pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kerapian, seperti sekretaris dan bendahara.



Abstract Sequensial [AS]
Biasanya merupakan pemikir yang cerdas dan punya ide-ide yang brilian. Orang ini senang mengetahui dan berpikir tentang apa yang tidak dipikirkan orang lain. Senang membaca membuatnya senang untuk berdiskusi, bahkan berdebat dengan orang lain. Saking senangnya berpikir, kadang mereka lupa bahwa orang di sekitarnya sama sekali tidak paham dengan ide-idenya yang terlalu "tinggi". Lebih menyukai belajar secara individu daripada berkelompok. Mereka sering disebut "konseptor ulung" dan jago menganalisis informasi.

Abstract Random [AR]
Segala sesuatu seringkali dihubungkan dengan perasaan dan emosi, sehingga mereka terkenal sangat sensitif. Semua bisa menjadi menyenangkan jika mood-nya sesuai, tapi menjadi buruk jika mereka sudah tidak lagi memiliki emosi positif terhadap sesuatu. Mudah kehilangan konsentrasi, banyak pertimbangan, dan suka mencoret-coret tanpa arti di buku adalah ciri tipe ini. Mereka juga sangat menjaga hubungan dengan orang lain, tidak senang jika mengalami konflik, dan dikenal "perhatian" di antara orang-orang sekitarnya. Selain itu, mereka juga sangat mudah terpancing emosinya. Istilah kerennya "mudah tersentuh". Ekspresi yang spontan itu mungkin karena kesulitan mereka mengungkapkan sesuatu secara verbal kepada orang lain.

Apa yang terbaik bagi mereka
Mau mendengarkan orang lainPaham akan perasaan dan emosiFokus pada tema dan ide-ideMembawa kerukunan pada kelompoknyaBerhubungan baik dengan orang lainMengenali dan menghargai emosional orang lain


Selengkapnya di: trendilmu.com

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Belajar Lebih Mudah dengan Mengenali Tipe Gaya Belajar Sendiri
« Jawab #1 pada: September 17, 2016, 01:06:33 AM »
Setelah saya baca-baca, ternyata saya termasuk yang Abstract Sequential...  :D
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
18 Jawaban
19394 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 12, 2012, 11:30:22 AM
oleh ahmad m.s
0 Jawaban
1770 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 12, 2010, 10:38:30 AM
oleh raisuien
4 Jawaban
4360 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2016, 01:53:05 AM
oleh Monox D. I-Fly
2 Jawaban
171864 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2016, 02:05:10 PM
oleh Monox D. I-Fly
14 Jawaban
11429 Dilihat
Tulisan terakhir September 25, 2015, 06:11:36 AM
oleh ayipfarouk