Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 20, 2024, 02:48:27 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 177
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 170
Total: 170

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Cara mengatasi kejenuhan anak didik

Dimulai oleh reborn, Agustus 02, 2010, 07:14:55 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

Guru mempunyai peranan penting dalam pendidikan, saya berharap kiat-kiat ini dapat bermanfaat untuk mengatasi kejenuhan dan evaluasi pada siswa:

   1. Jika siswa mulai kelihatan jenuh, ajaklah peserta didik kita untuk bermain sebentar, contohnya siswa diberi kebebasan membuat yel-yel, tepuk-tepuk  yang menurut mereka bisa menumbuhkan semangat belajar(3menit yel-yel diucapkan bersama)
   2. Sebelum pelajaran inti guru mengajak siswa dalam sebuah permainan yang berguna untuk memusatkan konsentrasi anak, contohnya guru menyebut gajah siswa mempraktekkan dengan gerakan dan ucapan kecil, ketika guru menyebut semut siswa merespon dengan gerakan dan ucapan besar. Hal itu bisa dicontohkan ke benda-benda lain.
   3. Mengajak siswa dalam suasana berbeda contoh guru tidak hanya monoton mengajar didalam kelas tetapi diluar kelaspun jadi asal siswa diajak untuk tetap bertanggungjawab & tetap komitmen belajar.
   4. Siswa diberi tanggung jawab untuk melakukan menjelaskan materi yang sebelumnya dibuat tugas kelompok dan teman lainnya diajak untuk menilainya. Guru harus bisa mengarahkan dan mendorong sisiwa itu untuk lebih kreatif
   5. Siswa diberi tanggung jawab untuk membuat soal sendiri dan diserahkan kepada gurunya, kemudian guru menyortir dan menggunakannya sebagai ulangan harian. Dari hasil evaluasi tersebut guru memberi nilai 80 kepada siswa yang pintar untuk mencapai nilai 100, siswa tersebut diberitanggung jawab untuk mengajari temannya yang nilainya kurang. Guru membimbing dan mengawasinya.

SEMOGA BERMANFAAT

Ditulis ulang dari artikel yang dikirim oleh aprin

Anak_Yang_Ingin_taHu

Wah menarik ... apalagi yang nomor 5, belum kepikiran sampe bagian ngajarin temen yang nilainya kurang.
Tapi kalau anak SMU kayaknya susah deh diajak yang kayak beginian :D

Keingintahuan bisa membunuhmu , Ketidaktahuan bisa menghancurkanmu.

Monox D. I-Fly

Kutip dari: reborn pada Agustus 02, 2010, 07:14:55 PM
Guru mempunyai peranan penting dalam pendidikan, saya berharap kiat-kiat ini dapat bermanfaat untuk mengatasi kejenuhan dan evaluasi pada siswa:

   1. Jika siswa mulai kelihatan jenuh, ajaklah peserta didik kita untuk bermain sebentar, contohnya siswa diberi kebebasan membuat yel-yel, tepuk-tepuk  yang menurut mereka bisa menumbuhkan semangat belajar(3menit yel-yel diucapkan bersama)
   2. Sebelum pelajaran inti guru mengajak siswa dalam sebuah permainan yang berguna untuk memusatkan konsentrasi anak, contohnya guru menyebut gajah siswa mempraktekkan dengan gerakan dan ucapan kecil, ketika guru menyebut semut siswa merespon dengan gerakan dan ucapan besar. Hal itu bisa dicontohkan ke benda-benda lain.
   3. Mengajak siswa dalam suasana berbeda contoh guru tidak hanya monoton mengajar didalam kelas tetapi diluar kelaspun jadi asal siswa diajak untuk tetap bertanggungjawab & tetap komitmen belajar.
   4. Siswa diberi tanggung jawab untuk melakukan menjelaskan materi yang sebelumnya dibuat tugas kelompok dan teman lainnya diajak untuk menilainya. Guru harus bisa mengarahkan dan mendorong sisiwa itu untuk lebih kreatif
   5. Siswa diberi tanggung jawab untuk membuat soal sendiri dan diserahkan kepada gurunya, kemudian guru menyortir dan menggunakannya sebagai ulangan harian. Dari hasil evaluasi tersebut guru memberi nilai 80 kepada siswa yang pintar untuk mencapai nilai 100, siswa tersebut diberitanggung jawab untuk mengajari temannya yang nilainya kurang. Guru membimbing dan mengawasinya.

SEMOGA BERMANFAAT

Ditulis ulang dari artikel yang dikirim oleh aprin


Wah, saya sependapat dengan bung reborn. Kalau boleh, saya mau sharing cara mengajar saya selama masih menjalani kegiatan PPL dulu: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.