Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 21, 2022, 05:51:48 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 45
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: IQ Menentukan Kepandaian?  (Dibaca 18722 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
IQ Menentukan Kepandaian?
« pada: Maret 29, 2009, 04:53:13 AM »
Teman sekelas saya Ronald yang lolos ke IMO 2009 Bremen memiliki IQ lebih dari 150....wajar lah...namun ada beberapa orang yang meraih peringkat di kelasnya hanya memiliki IQ antara 100-110... Dan banyak juga yang ber IQ 125,130,140 namun terlihat amat kesulitan dengan pelajaran dan sering remidi.... mengapa bisa terjadi seperti itu?
"The pen is mightier than the sword"

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #1 pada: Maret 29, 2009, 07:19:20 AM »
menurutku IQ bukan jaminan seseorang menjadi pandai, usaha adalah 99% untuk mencapai kepandaian yang diinginkian!

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #2 pada: Maret 29, 2009, 12:35:13 PM »
menurutku IQ bukan jaminan seseorang menjadi pandai, usaha adalah 99% untuk mencapai kepandaian yang diinginkian!
aku setuju nih.....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #3 pada: Maret 30, 2009, 07:48:43 AM »
...jujur deh, waktu kecil aku malas belajar dan amat sangat hobi dengan menggambar,dan takpernah mendapat peringkat satu dikelas, saat  aku mengikuti test itu, dan beberapa hari kemudian aku mendapt keterangan ber IQ 137...pada hal aku bukan termasuk anak yang menonjol waktu itu karena bisa dibilang pemalas tetapi aku suka dengan point2 yang berhubungan dengan gambar dan ruang dimensi hingga hampir soal seperti itu aku benar...kesimpulannya IQ cuma test kejelian mata aja, bagi yang udah terbiasa dengan suatu polanya maka dia bisa ngejawab... :)

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #4 pada: Maret 30, 2009, 08:24:38 AM »
kesimpulannya IQ cuma test kejelian mata aja, bagi yang udah terbiasa dengan suatu polanya maka dia bisa ngejawab... :)

saya setuju dengan ini.

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #5 pada: Maret 30, 2009, 02:11:30 PM »
klo menurutku yg paling baik adalah ber IQ,EQ,&SQ yg tinggi itu baru mendekati sempurna...
saya lebih suka orang kreatif daripada pintar, karena dgn kreatif akan menumbuhkan hal2 yg baru
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline clarasy

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 7
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #6 pada: April 02, 2009, 12:58:13 AM »
Kalau merasa pintar, maka pandai-pandai lahhhhhh
kalau merasa bodoh, pandai-pandai jugalahhhhhhh

Kalau pintar tapi gak pandai-pandai...sama aje blo on.. ;D
Kalau bodoh tapi gak pandai-pandai...tambah parah deh blo on ne... ;D

kiddingggg ;)  ;)  ;D

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #7 pada: April 02, 2009, 07:20:14 AM »
menurutku IQ bukan jaminan seseorang menjadi pandai, usaha adalah 99% untuk mencapai kepandaian yang diinginkian!
jangan lupa, banyak orang yang meskipun berusaha, tetep goblok aja...dari hal ini aku meragukan pendapat anda....

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #8 pada: April 02, 2009, 07:29:11 AM »
gini sebenarnya yg dimaksud pandai apa sh?hehehe

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #9 pada: April 02, 2009, 09:28:36 AM »
jangan lupa, banyak orang yang meskipun berusaha, tetep goblok aja...dari hal ini aku meragukan pendapat anda....

anda yakin usaha yang dilakukan sudah efektif?
banyak kesalahan timbul dari tidak efectifnya apa yang dilakukan, dan itu mengurangi nilai usaha!

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #10 pada: April 02, 2009, 12:44:27 PM »
..kurasa untuk menjawab yang itu adalah diri kita sendiri.....

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #11 pada: April 05, 2009, 03:16:23 PM »
yang penting ialah kemampuan menyelesaikan masalah
terserah mau IQnya berapapun

kalo boleh ambil analogi, IQ ibarat kualitas tanah liat, "kepandaian" ibarat barang yang terbuat dari tanah liat; boleh saja tanah liatnya berkualitas bagus, kalau cara mengolahnya ga bagus ya bisa kalah sama barang yang terbuat dari tanah liat biasa tapi diolah secara 'bagus'
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #12 pada: April 05, 2009, 11:44:11 PM »
sepertinya kemauan melalui usaha /  latihan dengan sendirinya akan meningkatkan IQ seseorang, banyak jg orang yg kuat ingatannya karena mengingat apa yg dia baca dan dia lihat ataupun dia alami maka saat dia di tanya akan bisa menjawab ttg sesuatu, katanya dia itu pandai atau pintar, namun jika ingin lebih maka bisa mulai dengan TAHU-PAHAM-INGAT-KREATIF-IDE-PENEMUAN

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #13 pada: April 06, 2009, 11:37:18 PM »
Seorang yang ber-IQ tinggi belum tentu menjadi seorang yang pandai, karena ada faktor lain yang juga menentukan, misalnya lingkungan belajarnya, kesempatan beelajar, .......
Seperti juga bibit unggul belum tentu tumbuh menjadi pohon/tanaman yang unggul, karena masih banyak faktor lain yang menentukan, misalnya, tanah, pupuk, sinar matahari, ....
HouwLiong

Offline leixiautie

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 87
  • IQ: 10
  • Gender: Pria
Re: IQ Menentukan Kepandaian?
« Jawab #14 pada: April 28, 2009, 07:24:41 AM »
@TS Ronald Widjojo ya?? Berarti dari Sin lui... :D
Coba deh tanya dia, ada temennya di petra 1 yang namanya Paulus Teguh, setau saya IQnya "cuma" 103...
Tapi kemampuannya mungkin bisa disejajarkan dengan Ronald... Katanya dia belajar 6 jam sehari...
Jadi isa disimpulkan klo IQ bukan segalanya, dan usaha isa ngalahin bakat... :D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
3126 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2010, 12:00:07 PM
oleh Ansufw
Menentukan sudut tanpa kalkulator

Dimulai oleh Fachni Rosyadi Matematika

3 Jawaban
7605 Dilihat
Tulisan terakhir November 11, 2010, 11:21:53 PM
oleh adisae
0 Jawaban
2420 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 15, 2011, 11:44:32 AM
oleh barea
7 Jawaban
7064 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2011, 02:59:59 PM
oleh ?
21 Jawaban
14005 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 05, 2011, 12:08:06 PM
oleh Farabi