Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 23, 2021, 09:22:52 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 49
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 55
Total: 55

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Dua dari tiga pelajar merasa bosan di kelas  (Dibaca 19576 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Dua dari tiga pelajar merasa bosan di kelas
« Jawab #30 pada: Januari 13, 2012, 08:39:57 AM »
Nah, masalahnya, guru2 di Indonesia tu sukanya memaksakan hafalkan pd murid2nya...
Lagian, dr deskripsi yg km bilang itu kan berarti sebenernya bukan "menghafal", melainkan hanya "membiasakan" memori otak saja?
iya, cara lain untuk menghafal. tapi seperti yang kita tau, kebanyakan tidak suka membaca.
i adore your intelligence

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Re:Dua dari tiga pelajar merasa bosan di kelas
« Jawab #31 pada: Januari 13, 2012, 09:33:38 AM »
wew, trit tahun 2007...  ::)

sekolah memang membosankan, cuma suasana yg membosankan lebih baik daripada dapat masalah. paling enak tu sekolah ya datang, duduk, dengar, dan diam kecuali ingin bertanya. nga usah neko-neko. tapi banyak guru-guru yg justru melemahkan mental belajar murid-muridnya ketimbang menyemangati di samping banyak aturan sekolah yg nga perlu. hingga murid jadi males sekolah.

beberapa guru kadang suka jahil sama muridnya. dia tau ada murid yg susah nangkep pelajaran tertentu malah disuruh ngerjain tugas di papan tulis/proyektor. dia tau tu murid nga ahli so dia ingin permalukan muridnya. tapi alasannya si melatih mental.

beberapa senior gua dulu ngaku pernah dipermalukan sama guru. ketika hasil ujian harian mereka jelek eh malah diumbar ke seluruh kelas dan ditertawakan deh sama murid2 yg lain.

belum terhitung ada senior gua yg curhat karena dia sering nga dapet teman kelompok. gurunya main asal ngasih tugas kelompok aja terus nga perduli cara pembagian kelompok. so kasian yg nga dapet kelompok kan?

dan buat apa tuh piket ? mending tu piket dihapuskan ajalah. pihak sekolah kayanya males bayar lebih tukang sapu ya. pake beralasan buat melatih disiplin segala. kasian murid. udah bayar eh malah disuruh jadi tukang kebersihan. cuma di sekolah kamu bayar untuk jadi pesuruh.

dan.... oh please. bimbel wajib? buat apa? karena ada buku pelajaran tambahan yang wajib dibeli murid. dari mana datangnya kewajiban itu? sejak sekolah kerjasama dengan pihak marketing buku pelajaran yg nyari point MLM.

PENSI wajib ? lagi-lagi murid keluar duit. belum terhitung biaya sewa pakaian. dan anehnya, ada toko penyewa pakaian pentas seni dekat sekolah yg kebanjiran order sewa setiap tahun berkat kurikulum wajib dari pihak sekolah! so murid tentu akan pilih toko penyewa terdekat bukan? patut dicurigai!

dan yg paling gua nga seneng itu gotong royong dan acara makan bersama yg semua biayanya berasal dari murid. guru nga ikut gotong royong tapi malah ikut makan bersama. dan siapa juga yg masak, menatap meja, dan nyuci piring???? murid semuanya!

setiap tahun ada aja murid mesti keluar duit. buat biaya perawatan gedung sampe biaya untuk perayaan hari-hari besar keagamaan di sekolah...  >:( ampun dah! pantesan banyak murid dri keluarga ga mampu yg perjuangannya terhenti di tengah jalan dan jadi anak jalanan, pengedar narkoba, dan PSK... sekolahnya terlalu komersil.

pokoknya tu semua bikin gua nga demen sama yg namanya sekolah.
>:( >:( >:(
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Dua dari tiga pelajar merasa bosan di kelas
« Jawab #32 pada: Januari 13, 2012, 10:10:17 AM »
komentar yang dilontarkan sepertinya lebih mencondong ke arah ketidaksukaan yang berlebihan.
Kutip
PENSI wajib ? lagi-lagi murid keluar duit. belum terhitung biaya sewa pakaian. dan anehnya, ada toko penyewa pakaian pentas seni dekat sekolah yg kebanjiran order sewa setiap tahun berkat kurikulum wajib dari pihak sekolah! so murid tentu akan pilih toko penyewa terdekat bukan? patut dicurigai!
dengan adanya kegiatan sekolah misalnya pensi (pentas seni) bisa menunjukkan keahlian/bakat yang dipunya sekaligus menghibur.
sekolah tanpa aktivitas apapun? pasti guru dan murid butuh waktu istirahat dari kegiatan belajar mengajar yang menjemukan.
dan uang yang harus dikeluarkan, apa harus dalam jumlah banyak? dengan banyaknya jumlah murid di satu sekolah tidak akan menguras kantong murid.
Kutip
bimbel wajib? buat apa? karena ada buku pelajaran tambahan yang wajib dibeli murid. dari mana datangnya kewajiban itu? sejak sekolah kerjasama dengan pihak marketing buku pelajaran yg nyari point MLM.
bimbel, membantu siswa/i yang kesulitan dalam belajar, apalagi untuk siswa yang punya keinginan untuk belajar serius. sekolah bukan hanya syarat agar bisa diterima bekerja dengan izasah dan sertifikatnya. apakah bimbel sesuatu hal yang salah?
Kutip
tapi banyak guru-guru yg justru melemahkan mental belajar murid-muridnya ketimbang menyemangati di samping banyak aturan sekolah yg nga perlu. hingga murid jadi males sekolah.
apakah semua guru seperti itu? sekolah adalah tempat untuk membentuk perilaku, disiplin dibutuhkan, bekal untuk bekerja nanti.
belum lagi piket, yang namanya pekerjaan misalnya pegawai kantoran pasti selalu ada laporan kedisplinan tapi terlepas dari itu, semua pekerjaan butuh sikap disiplin, perusahaan mana yang mau menerima calon pegawai yang tidak disiplin?
Kutip
dan yg paling gua nga seneng itu gotong royong dan acara makan bersama yg semua biayanya berasal dari murid. guru nga ikut gotong royong tapi malah ikut makan bersama. dan siapa juga yg masak, menatap meja, dan nyuci piring? murid semuanya!
masak bisa minta bantuan dari Ibu/kakak, menata meja bisa minta bantuan teman, dan menyuci piring, apakah itu merupakan suatu hal yang salah juga? 
Kutip
pantesan banyak murid dri keluarga ga mampu yg perjuangannya terhenti di tengah jalan dan jadi anak jalanan, pengedar narkoba, dan PSK... sekolahnya terlalu komersil.
sekolah negeri (pelosok) dengan kondisi yang sudah tidak layak saja murid-murid dari pelosok masih mau belajar. tidak ada alasan untuk tidak sekolah. semua wajib untuk sekolah. pendidikan adalah salah satu jalan membuat SDM yang siap bekerja dan membangun negera menjadi maju.
tapi dengan adanya faktor penghambat bisa menjadi masalah dan pemerintah harus turun tangan. tapi tidak harus pemerintah orang dengan ekonomi tinggi bisa membantu juga.

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Re:Dua dari tiga pelajar merasa bosan di kelas
« Jawab #33 pada: Januari 13, 2012, 11:41:31 AM »
kalo nga mau ya si murid jangan dipaksa-paksa. sesuatu yg tidak salah tapi kenapa jadi wajib? kalo semua yg nga salah jadi wajib ya apa salahnya si guru juga ngasih makan si murid karena butuh nutrisi buat belajar....? apa salahnya si guru juga ikutan piket?

memang kenapa kalo ada murid nga mau tampil di depan umum? kalo ada murid yg berminat ikut pensi ya itu urusan dia untuk mengambil nilai tambah. kalo anda mau ikut pensi karena anda merasa bosan dengan suasana kelas yg menjemukan dan ingin menunjukkan bakat pribadi itu urusan pribadi anda. kalo murid lain nga mau berpartisipasi itu urusan mereka. jangan semuanya dipaksa wajib ikut.

coba logika dari sudut pandang yg berlawanan.... apa salahnya jadi penonton? apa salahnya tidak ikut sesuatu yg tidak kita minati?

gotong royong di sekolah itu semua dikerjakan oleh murid tapi giliran makan bersama guru juga ikutan. kenapa anda bawa-bawa ibu/emak ? itu bukan kewajiban murid maupun wali murid untuk nyediain makan gratis buat guru meskipun kami sanggup.... kecuali kalo gurunya mau ngaku mereka orang miskin. dan itu jadi acara amal, kenapa jadi kurikulum wajib?

menurut anda apa boleh saya minta anda nyediain saya makan gratis dan nyuruh anda bersihin tempat kerja saya cuma karena saya tenaga pengajar anda dan anda sekeluarga sanggup melakukan itu? dan kalo menolak maka kamu ngga akan dapat nilai?

bimbel itu kenapa harus jadi wajib? kalo murid nga mau ikutan ya urusan mereka sendiri. ini sama aja dengan kursus yg diwajibkan. padahal nga semua murid punya waktu tambahan utk study. mending bimbel sesuai minat si murid aja dan berbayar tp nga diwajibkan sama kaya kursus. di luar itu bagikan aja ebook gratis atau tutorial online/offline berjadwal yg bisa diikuti murid yg mau aja.... lebih efisien.

piket itu kewajibannya tukang sapu karena mereka dibayar. apakah disiplin itu harus berbentuk nyapu-nyapuin kelas? memangnya kalo kita rajin nyapu di kelas itu jaminan bahwa kita akan jadi pribadi dan pegawai yg disiplin? pantaskah seorang pegawai dipecat dari tempat kerjanya cuma karena nga pernah piket waktu sekolah?

mending dilatih supaya ga buang sampah sembarangan. buang sampah pada tempatnya itu kewajiban semua orang, menghapus papan tulis atau matiin proyektor karena habis dipakai juga kewajiban murid yg telah memakainya tapi bersihin kelas tiap pagi secara keseluruhan cuma karena habis dipake itu lain soal.

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Re:Dua dari tiga pelajar merasa bosan di kelas
« Jawab #34 pada: Januari 13, 2012, 11:47:04 AM »
bicara soal kedisiplinan.... setelah sekian banyak aturan termasuk piket dan acara tambahan termasuk pensi yg anda lakukan, apakah anda sudah benar-benar disiplin sehingga ngga nyontek sama sekali selama study?

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re:Dua dari tiga pelajar merasa bosan di kelas
« Jawab #35 pada: Januari 13, 2012, 05:07:13 PM »
ketika seseorang yg masih terlalu minim pengetahuan telah diberi kebebasan u/ mengambil keputusan, yg ada adalah tindakan anarkisme. Secara sosial, memang selalu ada golongan minoritas kreatif yg memiliki kesadaran berlebih daripada anggota kelompok mayoritas. Tetapi, realita bahwa murid2 masih belum memiliki cukup pengetahuan u/ mengambil keputusan yg terbaik bagi dirinya memang membutuhkan campur tangan dari orang yg lebih dewasa, misal orang tua dan guru. Apabila itu bersifat memaksa, karena itu adalah jalan yg paling mudah u/ melakukan transfer nilai dari guru kepada muridnya. Tetapi apabila prinsip transfer nilai tadi dibumbui dengan kepentingan modal, maka terkesan bahwa kegiatan itu hanya bisa dilakukan oleh murid yang mampu secara kapital. Dari sisi idealisme, saya jg tdk setuju kapitalisasi pendidikan.
« Edit Terakhir: Januari 13, 2012, 05:14:26 PM oleh skuler »
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”-- RATM, 1999.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Dua dari tiga pelajar merasa bosan di kelas
« Jawab #36 pada: Januari 14, 2012, 10:45:12 AM »
Kutip
piket itu kewajibannya tukang sapu karena mereka dibayar. apakah disiplin itu harus berbentuk nyapu-nyapuin kelas? memangnya kalo kita rajin nyapu di kelas itu jaminan bahwa kita akan jadi pribadi dan pegawai yg disiplin? pantaskah seorang pegawai dipecat dari tempat kerjanya cuma karena nga pernah piket waktu sekolah?
memang dalam menunjukkan kedisplinan hanya satu tindakan saja? cerminan kedisplinan bisa dalam bentuk apa saja.
dan apakah salah jika sesekali ikut membantu bersih-bersih? tidak ada yang menyebutkan bahwa piket harus setiap hari.
ditambah lagi apakah piket merupakan tugas yang 'berat'? kalau tidak mau, bisa suruh siswa/i yang lain..

anda juga harus bisa melihat dari pandangan yang lain,
saya mengambil dari beberapa pengalaman, walaupun hidup saya belum terlalu panjang, tapi saya bisa menyimpulkan bahwa sekolah, guru dsb
pasti punya alasan mengapa melakukan ini itu. teguran atau paksaan dari guru juga memiliki maksud.

guru mana yang mau siswa/i-nya sedih, tidak lulus, merasa sendiri/terasing di lingkungan sekolah? kalau memang ada seorang 'guru' yang tidak perduli dgn muridnya bisa karena beberapa faktor; guru tersebut tempramental atau kesalahan siswa/i yang fatal hingga membuat guru tersebut lelah/jenuh. dari berbagai kegiatan yang ada, bisa membantu dalam beberapa pengembangan.

kalau murid hanya bisa jadi penonton, berada diposisi pasif dan cenderung hanya menunggu apa untungnya? mengapa semua sepertinya terlihat 'dipaksakan' bagi anda? memang anda pikir 'semua itu' tidak memiliki maksud?
Kutip
apakah anda sudah benar-benar disiplin sehingga ngga nyontek sama sekali selama study?
saya jawab jujur, saya sedang berusaha menekuti penjurusan - minat/bakat yang saya pelajari dengan hasil kerja sendiri.
lalu bagaimana dengan anda sendiri?

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:Dua dari tiga pelajar merasa bosan di kelas
« Jawab #37 pada: Januari 16, 2012, 01:20:23 PM »
bukannya membosankan tapi melelahkan. memang sekolah banyak yg manipulatif dan abusive sm wewenang mereka.
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Dua dari tiga pelajar merasa bosan di kelas
« Jawab #38 pada: Januari 17, 2012, 10:49:03 PM »
iya, cara lain untuk menghafal. tapi seperti yang kita tau, kebanyakan tidak suka membaca.

Apalagi menghafal.  :P

sekolah memang membosankan, cuma suasana yg membosankan lebih baik daripada dapat masalah. paling enak tu sekolah ya datang, duduk, dengar, dan diam kecuali ingin bertanya. nga usah neko-neko. tapi banyak guru-guru yg justru melemahkan mental belajar murid-muridnya ketimbang menyemangati di samping banyak aturan sekolah yg nga perlu. hingga murid jadi males sekolah.

Cara lama pendidikan. Justru dg begitu malah akan membosankan. Siswa (terutama yg tipe kinetik) akan jadi malas belajar.
Sekedar mau share cara ngajarQ aja waktu PPL dulu: http://monoxdifly.iopc.us/?p=1228

komentar yang dilontarkan sepertinya lebih mencondong ke arah ketidaksukaan yang berlebihan.

Yup. Kayaknya bro Avetu ini lagi niat flaming...

gotong royong di sekolah itu semua dikerjakan oleh murid tapi giliran makan bersama guru juga ikutan. kenapa anda bawa-bawa ibu/emak ? itu bukan kewajiban murid maupun wali murid untuk nyediain makan gratis buat guru meskipun kami sanggup.... kecuali kalo gurunya mau ngaku mereka orang miskin. dan itu jadi acara amal, kenapa jadi kurikulum wajib?

Jadi kalau dlihat dr kalimat2 Anda, sepertinya Anda ini adalah orangtua yg keberatan atas biaya sekolah anak Anda, begitukah? However, hal tsb juga nggak bisa digeneralisasi pd semua sekolah...


Weeew... Kayaknya baru kali ini aq liat board Pendidikan diskusinya rame... Biasanya yg diskusinya rame tu board Agama dan Filosofi...  :P
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Dua dari tiga pelajar merasa bosan di kelas
« Jawab #39 pada: Januari 18, 2012, 02:02:33 AM »
iya rame karena ada komentar yang flaming :P tapi selain itu bisa menjadi tempat diskusi/debat tentang pendidikan. kan biasanya tentang pokok masalah yang lebih subjektif lagi.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Dua dari tiga pelajar merasa bosan di kelas
« Jawab #40 pada: Januari 18, 2012, 02:05:36 AM »
"tidak semua sekolah seperti itu..."
Kutip: Monox D-fly
setuju!

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Dua dari tiga pelajar merasa bosan di kelas
« Jawab #41 pada: September 15, 2016, 02:45:37 AM »
Sekedar mau share cara ngajarQ aja waktu PPL dulu: http://monoxdifly.iopc.us/?p=1228

Yah, sayangnya blog saya ini sudah mati sehubungan dengan matinya IOPC...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
23 Jawaban
20011 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 22, 2008, 01:06:22 PM
oleh notwelldefined
1 Jawaban
9004 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2008, 06:45:20 AM
oleh Vinchemz
25 Jawaban
9611 Dilihat
Tulisan terakhir November 19, 2011, 11:55:31 AM
oleh exile_rstd
7 Jawaban
5981 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2010, 09:34:52 AM
oleh Takagi Fujimaru
12 Jawaban
15551 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 19, 2010, 04:55:57 AM
oleh Sky