Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 27, 2021, 09:54:14 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26729
  • Latest: Apblack
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 45
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pendidikan Indonesia... Payah!  (Dibaca 31064 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #30 pada: November 29, 2009, 11:19:08 AM »
Iya lo...ketika saya sudah kuliah...baru saya memaknai apa yang saya pelajari di SMA...Konsp matematik, konsep kimia, konsep fisika dan biologi...Sedih rasanya dulu berbangga hati ketika bisa ngerjain soal atau bisa jadi yang terbaik..namun hanya tataran nilai...Bener-bener cuma jadi kuli soal....menyedihkan....Percuma juga bisa ngerjain...soal sebundel tapi aplikasinya nggak bisa...

Untung banget saya punya guru-guru yang bisa "menyadarkan" saya....dari kesombongan semu...Pokonya saya mau jadi guru...Amiin....^_^
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #31 pada: November 30, 2009, 05:24:17 AM »
kalau saya sih sarannya, jangan terlalu banyak menghafal, yang penting itu kemampuan analisis...
jadi ajari siswa untuk bisa berpikir, ini datangnya dari mana, itu dari mana, sperti apa logikanya...
saya belum setahun lulus sma, jadi masih sangat segar di pikiran saya, teman-teman saya itu kebanyakan jadi lebih suka menghafal daripada menganalisis secara logis...
sampe-sampe cara ngerjain soal dihafalin, jadi gitu soalnya diputer sedikit aja langsung bingung...
trus, guru sebaiknya lebih terbuka terhadap ide baru, harus siap belajar juga...
pengalaman saya, beberapa guru merasa paling bener, gak bisa disalahkan...
asalkan mengakui kesalahannya dengan berwibawa, murid tetap akan menghormati jika melakukan kesalahan, itu manusiawi...
Keep Moving Forward!!!

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #32 pada: November 30, 2009, 05:49:46 AM »
Setuju ama anak gajah..mungkin hal ini terkait sama pendidikan kita yang membuat salah itu tabu....Jadi kalo ada orang salah justru dihukum dan dipermalukan...Sementara yang benar dipuji-puji luar biasa...Jadinya ada anekdot pasal satu, guru selalu benar...pasal dua jika guru salah kembali ke pasal satu....

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #33 pada: November 30, 2009, 06:40:40 AM »
huaa~

bener tuch...
soal pasal itu..
malah setiap kali guru salah~ malah kami yg dimarahi... gitu ajah harus dibilang.. kan bisa diperbaiki sendiri... truz di ingatin soal pasal itu dech.. begitu~ T.T
huft~

makanya setiap ada yg agak aneh, mending di diamin..
ntar di marahin..

Iya lo...ketika saya sudah kuliah...baru saya memaknai apa yang saya pelajari di SMA...Konsp matematik, konsep kimia, konsep fisika dan biologi...Sedih rasanya dulu berbangga hati ketika bisa ngerjain soal atau bisa jadi yang terbaik..namun hanya tataran nilai...Bener-bener cuma jadi kuli soal....menyedihkan....Percuma juga bisa ngerjain...soal sebundel tapi aplikasinya nggak bisa...

oo.. jadi klo cuma bisa ngerjain2 soal ajah ga ada gunanya yac..?
harus bisa diterapin buat sehari2..?
emang di kuliahan ga ada soal ....?
maksdnya soal2 hitung2 seperti yang di skolah..?
~ You are what you eat ~

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #34 pada: November 30, 2009, 12:57:40 PM »
oo.. jadi klo cuma bisa ngerjain2 soal ajah ga ada gunanya yac..?
harus bisa diterapin buat sehari2..?
emang di kuliahan ga ada soal ....?
maksdnya soal2 hitung2 seperti yang di skolah..?
Yup, selain bisa ngerjain soal (sebaiknya) juga harus paham konsepnya, kalau bisa dengan aplikasinya sekali. Soalnya ilmu yang kita dapat di SMA tidak hanya sebaas itu saja. Tapi itu merupakan bekal untuk diaplikasikan (diterapkan) di tingkat selanjutnya, yakni Kuliah-Kerja-danKehidupanSehari-Hari.

Di Kuliah ada soal. Cuma kalau di fakultas saya lebih banyak study case. Kalau di MIPA atau Elektro saya rasa masih banyak hitungannya. Tapi hitungan itu kan nanti membantu kita dalam menyeelsaikan study case kita. Misal ada Projek Kerjaan, membutuhkan hitungan A,B,C dan Teori Mr.Z.
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #35 pada: November 30, 2009, 01:05:09 PM »
oo wow...

gitu toh,,,
wah,, wah,,,
parah gila nih..
harus ngulang dari awal donk... sisca juga salah satu yg cuma tau cara kerjain.. tapi kalo ditanyai kenapa harus seperti itu, sisca ga tau mau jawab apa....
weuw...
masi sempat ga ya..?

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #36 pada: November 30, 2009, 01:25:32 PM »
Sepakat..sama Idad..Tapi kalo dikampus...pendekatannya berbeda..saya sih nggak tau fakultas lain..tapi di fakultas saya ada ujian lisan...Nah diujian lisan itu,...yang ingin dilihat adalah kemampuan kita memahami,..menstrukturisasi dan membahasakan pengetahuan kita..kepada dosen penguji..Sehingga kemampuan serta intelejensia saja tidak cukup...harus juga ada kemapuan menyampaikan apa yang dipahami dan difikirkan dengan tidak berbelit..belit..

Oh iya dikampus itu,..yang lebih dipentingkan adalah logika berpikirnya..bukan hasilnya..Jadi beda antara..yang asbun (asal bunyi) ato asmong(asal ngomong) sama yang memang memahami konsep...Kalo di SMA khan kadang soalnya PG...alias pilihan ganda..Jadi nggak ada bedanya antara yang nembak sama yang benar-benar menghitung...

Sebagai ilustrasi...misalkan kita ditanya..sama dosen kita,...kenapa mangga jatuh dari pohon..trus,..kita bilang karena pengaruh gravitasi...Trus ditanya balik sama dosennya "apa kaitannya mangga jatuh dari pohon dan gravitas"...trus kita bilang.."Ini pak..dikepustakaan..anu..atau diteksbook anu bilangnya begitu"..kata dosen saya itu anak pasti disuruh ngulang....bagian...

Tapi..misalkan dia jawabnya..."mangga jatuh ke bumi diakibatkan karena pada mangga terjadi perubahan...Perubahannya meliputi tiga hal,..yaitu perubahan warna, bau dan konsistensi..Perubahan warna ditandai..dengan berubahnya warna hijau menjadi kekuningan..perubahan bau ditandai mangga semakin..lebih wangi..dan yang ketiga perubahan konsistensi ditandai dengan melunakknya struktur mangga ..Dari ketiga perubahan tersebut..menyebabkan mangga jatuh..ke bumi.." Padahal..ujung-ujungnya dia pengen bilang kalo mangga jatuh ke bumi gara-gara mangganya mateng..namun orang ini bisa mendefinisikan mateng dengan..baik..Jadi menurut dosen saya orang ini akan diberikan kesempatan..ujian...ulangan..alias her..Kalo yang diawal...Harus mengulang bagian.....

@Sisca
beda bangetkhan??? antara kuliah dan SMA. Trus kita juga ada soal PG tapi biasanya ngulang soal tahun sebelumnya dan bobotnya kecil dibandingkan ujian lisan....Udah gitu bisanya sistem PGnya itu pre-test dan post test..jadi ujiannya bisa sama...

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #37 pada: November 30, 2009, 01:32:05 PM »
wah,,,
iyah ya...
kckckckckck~

baru tau segitu susahnya..
harus belajar keras dari sekarang..
supaya ga kewalahan nanti....

iyah sich,,,
soalnya di skolahan,,, mirip2 semuanya...
klo PG malah lbh enak,,
bisa nembak..
hahahahha~

kckckckck~

Offline Lanthoq

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 35
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #38 pada: November 30, 2009, 02:56:12 PM »
Nambah dikit nih, kalo mau jadi guru yan bener, yach..jadi gurulah yang baik, jangan dibarengin dengan bisnis, dan jangan siswanya diseruh belajar melulu,,gurunya juga harus belajar.. Sekali kita berkeinginan meraih sesuatu, segala hambatan dan resikonya harus diterima dengan lapang dada, itulah konsekwensi menggeluti sebuah fropesi. Guru itu gajinya kecil tdak ada tunjangan jabtan, mobil dinas dan rumah dinas, hal ini harus dipahami, kalau mau menuntuk itu yahh..solusinya berhenti jadi guru, karena mau jungkir balik gimanapun tidak pernah terpenuhi
Jadilah diri sendiri, jangan meniru atau ingin ditiru

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #39 pada: November 30, 2009, 10:33:17 PM »
Kalo menurut saya, memang tidak semua orang ingin kaya...tapi pasti semua orang tidak ingin miskin..dan tidak semua orang ingin terkenal..tapi pasti semua orang tidak ingin direndahkan...

Terkait dengan guru,...kalo dengan pekerjaannya membuat dia tidak bisa memberi makan anaknya atau menyekolahkan anaknya..saya rasa buat apa jadi guru..Dan penghargaan orang sekarang ke guru..udah kurang...sering dipandang sebelah mata..gitu.kasihan..

Ada cerita dari temen..sempet ditolak sama calon mertuanya lantaran dia guru..kasihan temen saya itu....

Offline si anak gajah

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 232
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #40 pada: Desember 01, 2009, 02:32:04 AM »
iya juga sih...
masih banyak guru yang ngobyek dengan bikin les wajib buat siswanya misalnya...
berarti memang kesejahteraan guru masih kurang juga...
trus sertifikasi juga kayanya lumayan ribet...
karena itu tidak banyak yang ingin jadi guru...

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #41 pada: Desember 01, 2009, 04:45:27 AM »
Tapi..kira-kira gaji berapa sih yang dikatakan layak untuk seorang..guru??

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #42 pada: Desember 01, 2009, 04:52:26 AM »
Tapi..kira-kira gaji berapa sih yang dikatakan layak untuk seorang..guru??

Minimal 5 juta perbulan. Saya mestinya jadi guru tapi ogah :D. Abis cari sampingannya kudu jualan ma murid sih. Atau belagak ngajak tour.

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #43 pada: Desember 01, 2009, 07:50:11 AM »
Hmm..5 juta..dener-denger ada isu TUNDA alias tunjangan daerah..jadi gaji guru dinaikin..gitu denger-denger sampe tujuh jutaan..tapi masih denger-denger..

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
« Jawab #44 pada: Desember 01, 2009, 08:19:15 PM »
Hmm..5 juta..dener-denger ada isu TUNDA alias tunjangan daerah..jadi gaji guru dinaikin..gitu denger-denger sampe tujuh jutaan..tapi masih denger-denger..

Kalau itu bener, balik lagi ah ane ke Indo :d.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
6965 Dilihat
Tulisan terakhir September 14, 2016, 01:59:50 AM
oleh Monox D. I-Fly
2 Jawaban
3571 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 15, 2011, 08:27:17 PM
oleh khairus saman
0 Jawaban
2666 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2010, 06:43:16 PM
oleh skuler
5 Jawaban
5151 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2016, 11:49:03 AM
oleh Monox D. I-Fly
7 Jawaban
7681 Dilihat
Tulisan terakhir September 16, 2016, 01:57:05 AM
oleh Monox D. I-Fly