Forum Sains Indonesia

Pendidikan dan Karir => Pendidikan => Topik dimulai oleh: biobio pada Mei 19, 2009, 02:52:19 AM

Judul: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: biobio pada Mei 19, 2009, 02:52:19 AM
Kemarin lusa saya nonton sebuah quiz suatu acara televisi... quiz itu diadain di sekolah... tiga kelompok dikumpulin menghadap ke sang MC dan ditanyai soal pelajaran...ada beberapa pertanyaan ngawur ato jawaban ngawur, sperti saya tulis ini:

1. MC tanya, "hewan tak bertulang belakang disebut apa?". Siswa jawab,"invertebrata!"...MC bilang,"Salah! yang betull.... avertebrata!"..siswanya diem aja...wow...
2. MC tanya,"sebuah bola di lempar ke atas dengan v=10 m/s... kapan bola sampai titik puncak?"....ga ada yang bisa jawab,MC bilang,"jawabannyaaaa...10 sekon!"...gile pikir gue...gravitasi aja 9,8 kok..mana bisa sampai 10 sekon masih menuju ke atas?
3. MC tanya,"dulu mana siklus calvin dan elektoforesis?" dijawab "siklus calvin dulu",eh...dibenerin... wow, ga nyambung banget soalnya...

Sedih saya...ternyata pendidikan di indonesia nelongso banget...TT
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: nandaz pada Mei 19, 2009, 03:00:22 AM
iya yah....invertebrata sama aja dengan avertebrata, ymax=(V2sin2Y)/2g
dari mutar balik rumus dapet Tmax=Voy/g......sirklus calvin kan menghasilkan C6H12O6....pastilah prosesnya belakangan
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: biobio pada Mei 19, 2009, 03:07:47 AM
sirklus calvin kan menghasilkan C6H12O6....pastilah prosesnya belakangan
hmmm, malah ga ada hubungannya sama sekali nih,,,TT...siklus calvin ga menghasilkan glukosa, tapi gliseraldehid 3 fosfat (G3P) 2 biji ato F6P 1 biji...harus didefosforilasi dulu baru jadi glukosa...dan itupun ga ada hubungane sama elektroforesis (pergerakan partikel bermuatan dlm medan listrik) yang biasa digunakan buat sequencing DNA..
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: nandaz pada Mei 20, 2009, 01:13:33 AM
hmmm, malah ga ada hubungannya sama sekali nih,,,TT...siklus calvin ga menghasilkan glukosa, tapi gliseraldehid 3 fosfat (G3P) 2 biji ato F6P 1 biji...harus didefosforilasi dulu baru jadi glukosa...dan itupun ga ada hubungane sama elektroforesis (pergerakan partikel bermuatan dlm medan listrik) yang biasa digunakan buat sequencing DNA..
....kalo bole tau itu kuis apa sih?
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: biobio pada Mei 20, 2009, 07:39:36 AM
Waduh, saya ga merhatiin nama kuisnya. Yang jelas ada semacam cheerleader2nya dan MC nya dandan badut.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: ryoma pada Mei 20, 2009, 07:43:48 AM
weleh-weleh.........................

nelangsa amat yak?  :P

tapi rasa nasionalisme harus ada dong..  ;)
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: nash pada Mei 21, 2009, 02:21:05 AM
di tv ya?
channel apa?
boleh tau ga om biobio?
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: biobio pada Mei 21, 2009, 10:31:44 AM
di tv ya?
channel apa?
boleh tau ga om biobio?
waduh, aku waktu itu ga merhatiin sih channelnya.. yang jelas sore2...
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: milmi pada Mei 25, 2009, 02:16:08 AM
sebenarnya bukan pendidikannya yang parah, tapi yang mengadakan kuis terebut yang salah, tidak menyediakan informasi yang benar. ditanggung guru-guru di sekolah tersebut geleng2x gak percaya ngeliat kekacauan itu.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Nabih pada Mei 25, 2009, 12:07:58 PM
sebenarnya bukan pendidikannya yang parah, tapi yang mengadakan kuis terebut yang salah, tidak menyediakan informasi yang benar. ditanggung guru-guru di sekolah tersebut geleng2x gak percaya ngeliat kekacauan itu.

Setuju....


masih banyak kok kuis2 bermutu

udah liat or baca laskar pelangi kan
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: biobio pada Mei 26, 2009, 04:14:52 AM
Setuju....
masih banyak kok kuis2 bermutu
udah liat or baca laskar pelangi kan
kalo kuis di laskar pelangi itu kok kayaknya dibuat terlalu bermutu ya...
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Nabih pada Mei 26, 2009, 04:42:28 AM
kalo kuis di laskar pelangi itu kok kayaknya dibuat terlalu bermutu ya...

Kalo ngeliat itu, rasanya pendidikan indonesia mundur yaaaaa
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: biobio pada Mei 27, 2009, 12:43:21 AM
Kalo ngeliat itu, rasanya pendidikan indonesia mundur yaaaaa
bukan... saya ga percaya aja soalnya sesulit itu dan bisa dijawab dengan mudahnya oleh si lintang... rasanya seluruh cerita laskar pelangi itu banyak yang dihiperbolakan..
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Alicha pada Mei 27, 2009, 01:33:34 AM
saya mah suka banget sama Laskar Pelangi,itu juga kejadian beneran pernah terjadi.
Lintang kan penyemangat dia juga pintar rajin belajar , Kisah Laskar Pelangi juga sangat bagus menuntun Indonesia maju, iya gitu lah,berkat Laskar Pelangi aku makin semangat belajar.
Aku suka lagunya juga

mimpi adalah kunci
untuk kita menaklukkan dunia
telah hilang
tanpa lelah sampai engkau
meraihnya

laskar pelangi
takkan terikat waktu
bebaskan mimpimu di angkasa
raih bintang di jiwa

menarilah dan terus tertawa
walau dunia tak seindah surga
bersukurlah pada yang kuasa
cinta kita di dunia

selamanya…

cinta kepada hidup
memberikan senyuman abadi
walau ini kadang tak adil
tapi cinta lengkapi kita

laskar pelangi
takkan terikat waktu
jangan berhenti mewarnai
jutaan mimpi di bumi

menarilah dan terus tertawa
walau dunia takseindah surga
bersukurlah pada yang kuasa
cinta kita di dunia

selamanya…
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Nabih pada Mei 27, 2009, 10:40:28 AM
bukan... saya ga percaya aja soalnya sesulit itu dan bisa dijawab dengan mudahnya oleh si lintang... rasanya seluruh cerita laskar pelangi itu banyak yang dihiperbolakan..
Ya sich, tapi mana laku kalo biasa aja, kok jadi ngomongin laskar pelangi

Ayo kembali ke jalan yang benar
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: ryoma pada Mei 28, 2009, 10:36:45 AM
Ayo kembali ke jalan yang benar

betul, mari kita luruskan lagi topiknya..  ;)  ;D

sekilas tentang pendidikan indonesia dpt tdi gogling nih.. dari salah satu blog yg saya kira sesuai dgn topiknya..:
Kutip
Membicarakan hal yang satu ini mungkin tidak akan habis-habisnya. Ya, dengan keadaan yang ada sekarang ini, ditandai dengan demo di sejumlah tempat yang pada dasarnya menuntut pendidikan murah. Tapi saya tidak ingin menulis tentang demo tersebut. Saya hanya ingin menceritakan beberapa keluhan handai taulan (bahkan sampai berdebat kusir hehehe) tentang pendidikan ini.

Salah satu teman saya, agak berang, bilang “Masak sudah sudah ada BOS, kita masih harus bayar Rp. 15.000 per bulan? Di SD lainnya kok enggak bayar lagi.”. Kebetulan memang anaknya berada di SD Negeri 2, dimana ada 3 SDN dalam satu lingkungan sekolah.

Saya coba jadi counter-nya, “Mungkin di SDnya banyak ekstra kurikuler. Sudah cek atau belum? Ada komputer atau enggak?”.

Dia langsung menyanggah, “Ah enggak ada kayak gituan. sama aja!”

Akhirnya lama berdebat, bahkan ditambah satu orang lagi. Cuma jadi kemana-mana buntutnya. Menuduh KepSek korupsi, Guru korupsi, Masya Allah. Setelah lama berdebat, disimpulkan bahwa sebagian dana anggaran orang tua tadi digunakan untuk perbaikan WC, prasarana gedung, tiang bendera, biaya mencat pagar dan lain-lain.

Akhirnya, saya merasa menyadari ada ketidak-adilan disini. Kalau sudah tidak adil, pasti melanggar Pancasila, “Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia”. Kita bisa bandingkan SD Negeri di tengah kota dengan SD Negeri di kampung. Terasa sekali ketimpangan sosial antara kedua SD tersebut. Berita hari ini, ada satu SDN yang roboh.

Menurut ‘mata-adil’ saya, seharusnyalah setiap Sekolah Negeri di negeri ini mempunyai prasarana yang sama, baik dipedalaman Papua sana, atau yang berada di pusat kota Jakarta. Tidak boleh dibedakan. Karena ini Sekolah Negeri (atau Sekolah miliknya negara), maka tidak boleh juga menerima sumbangan dari pihak lain. Mutlak harus dibiayai negara.

Perbedaan Uang Pangkal juga menjadi pertanyaan. Kok, sama sama sekolah negeri uang pangkal berbeda? Tiap sekolah pasti punya jawaban (atau alasan) mengapa mereka menarik uang pangkal sedemikian besar. Uang sejenis inipun harus ditiadakan untuk sekolah Negeri. Alasannya sama dengan di atas, tidak boleh ada perbedaan antar sekolah negeri.

Tentu lain halnya dengan sekolah swasta, yang sah-sah saja menerima sumbangan dari pihak manapun.
Saya tidak tahu keadaan makro dari Anggaran Belanja Negara untuk pendidikan yang konon terlalu kecil. Saya juga tidak mengetahui kondisi dana subsidi Minyak (yang jadi BOS).

“Kaca mata” saya mungkin perlu diperbaiki, untuk menentukan apakah cukup adil kondisi di atas. Apakah benar pendapat saya, bahwa setiap Sekolah Negeri harus memiliki prasarana yang sama? Saya sendiri masih belum yakin. :)
Apalagi setelah baca blognya Harry Sekolah Swadaya - diskusi dengan penyelenggara sekolah gratis. Kok saya jadi merasa bahwa Negara tidak mampu memberikan pendidikan kepada warganya, seperti yang tercantum dalam UUD 45.(www.sunaryohadi.info)
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Nabih pada Mei 29, 2009, 10:30:25 AM
betul, mari kita luruskan lagi topiknya..  ;)  ;D

sekilas tentang pendidikan indonesia dpt tdi gogling nih.. dari salah satu blog yg saya kira sesuai dgn topiknya..:

Saya calon guru, kira-kira apa sebaiknya agar saya bisa meningkatkan output anak didik saya, misal kalau dia jadi pejabat berjuang sekuat tenaga n ga mengharapkan pamrih (seenggaknya ga korupsi lah)
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: nash pada Mei 29, 2009, 12:32:27 PM
saya juga calon pendidik (amin...)
insyaallah saya sudah ada plan mo digmanain anak murid saya nanti
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: ryoma pada Mei 30, 2009, 07:27:24 AM
Saya calon guru, kira-kira apa sebaiknya agar saya bisa meningkatkan output anak didik saya, misal kalau dia jadi pejabat berjuang sekuat tenaga n ga mengharapkan pamrih (seenggaknya ga korupsi lah)

aduh.. Anda seolah-olah brtanya ke saya (krn mengutip kata2 saya). Saya sendiri masih SMA, doakan saja semoga saya lebih rajin lagi belajarnya dan menghadapi ulum ini dmudahkan juga.. (OOT)

balik lagi ke topik de.. mf  ;D bapak harus berusaha dan menanamkan dgn kuat ketidakbaikan koprusi di anak tersebut.. itu pendapat saya..

korupsi dsni tidak pada tmptnya.. tpi ada artikel penanggulangan korup di Indonesia(klik link berikut):
http://www.transparansi.or.id/artikel/artikel_pk/artikel_05.html  ;D
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Nabih pada Mei 31, 2009, 02:00:58 PM
Wah, Ryoma masih SMA, awalnya saya fikir ini isinya anak MIPA semua, hahahaha


bagus tuh sarannya
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: heru.htl pada Juni 21, 2009, 03:40:57 PM
Ingin meningkatkan mutu pendidikan?
Mungkin dapat dimulai dari hal-hal sbb:
Jauhkan anak-anak dan remaja dari kebiasaan spekulasi.
Biasakan mereka supaya berlogika, meski dalam riset dan studi -- orang boleh ber-hipotesa, tetapi pada akhirnya logika dan akal sehat itulah penentun pengambilan keputusan.
Hilangkan kebiasaan "jam karet" sedini mungkin.
Gembleng mental anak-anak dan remaja supaya realistis, idealis, dan bukan ilusionis -- ini dapat mencegah kebiasaan bohong dan spekulatif.
Tanamkan sifat berani, jauhkan dari sifat pengecut dan putus asa.
Hilangkan kebiasaan "lame & lazy", sebab sifat "lame & lazy" ini berlawanan dengan "rasa ingin tahu" dan merusak semangat belajar.
Latih panca indera anak-anak dan remaja supaya responsif terhadap perubahan situasi sekecil mungkin, ini adalah salah satu kunci berpikir cermat dan logis, yaitu dibutuhkan respon analogika yang cukup tajam.
...
...
[tolong tambahkan jika ada yg kurang, thx...]
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: biobio pada Juni 24, 2009, 11:23:06 AM
Wah, Ryoma masih SMA, awalnya saya fikir ini isinya anak MIPA semua, hahahaha
bagus tuh sarannya
saya masih SMP loh...^^
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: nash pada Juni 25, 2009, 12:29:09 PM
@atas

tapi bo'ong!

btw, knapa ya koq anak2 jaman skrg jarang da yg cita2nya mo jadi guru?
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: biobio pada Juni 26, 2009, 03:53:11 AM
@atas

tapi bo'ong!

btw, knapa ya koq anak2 jaman skrg jarang da yg cita2nya mo jadi guru?
maksudnya kok ga ada yang bercita2 ajdi guru? sederhana saja, guru di indonesia dianggap profesi yang ga keren, kurang banyak duit, dan tidak dihargai. Memang, kualitas guru indonesia masih banyak ayng tidak memadai... ini yang harus dipebaiki... semoga dengan meningkatnya anggaran untuk pendidikan dalam APBN, pendidikan (dan juga nasib serta image guru) bisa ditngkatkan.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: heru.htl pada Juni 27, 2009, 01:58:31 PM
Bukannya dosen adalah guru? (gurunya para mahasiswa)
Koq pada nggak mau jadi guru?
Kenape nih?
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Mat Dillom pada September 19, 2009, 12:20:45 AM
Sebenarnya pendidikan Indonesia gak kalah. Hanya pembebanan ke siswa terlalu banyak. Lagi pula setelah lulus, ilmu tidak dihargai karena tenaga kerja banyak. Jadi yang dicari yg bisa walau gak sekolah. Akibatnya, arah dan tujuan pendidikan jadi gak jelas. Coba saja tanya anak sekolah, apa ketika masuk sekolah sudah memiliki tujuan untuk jadi apa? atau bagaimana anak sekolah itu mempersiapkan diri dalam mencapai tujuan hidupnya? pasti jawabannya gak jelas.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: raisuien pada September 21, 2009, 01:15:21 PM
Sebenarnya pendidikan Indonesia gak kalah. Hanya pembebanan ke siswa terlalu banyak. Lagi pula setelah lulus, ilmu tidak dihargai karena tenaga kerja banyak. Jadi yang dicari yg bisa walau gak sekolah. Akibatnya, arah dan tujuan pendidikan jadi gak jelas. Coba saja tanya anak sekolah, apa ketika masuk sekolah sudah memiliki tujuan untuk jadi apa? atau bagaimana anak sekolah itu mempersiapkan diri dalam mencapai tujuan hidupnya? pasti jawabannya gak jelas.

bukan gitu jg sih...
klo menurutku....
mank pendidikan Indonesia yg bagus.. tp sayang kurikulumnya diganti2 melulu...
jd murid jd berat tugasnya buat ngejar nilai doank..
dan lg kebanyakan pendidikan di Indonesia cuma suruh murid telan bahan doank..
hapalan mlulu.. logika malah gag terlalu jalan...
akibatnya kreativitas murid malah bisa dibilang gag ada...
padahal klo di dunia pekerjaan adalah yg dicari yg kompeten dan kreativitasnya tinggi..
Judul: ...
Ditulis oleh: biobio pada September 22, 2009, 12:13:46 AM
Pendidikan Indonesia ini ga efisien, kurikulumnya panjang lebar dan bertele-tele... Kurikulumnya juga terlalu kaku dan menurut saya cenderung mematikan kreativitas peserta didik.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Mat Dillom pada November 23, 2009, 09:29:37 PM
Pendidikan Indonesia ini ga efisien, kurikulumnya panjang lebar dan bertele-tele... Kurikulumnya juga terlalu kaku dan menurut saya cenderung mematikan kreativitas peserta didik.

yes, malah anak saya kalau ada Pr suruh kerjain beberapa aja. Asal dia ngerti aja pertanyaannya, yang nulis malah saya, kasihan jadi budak nulis siswa di Indo. Nah PRnya banyak banget. Bikin waktu main anak-anak gak ada. Saya sendiri pendidikannya guru.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: cronny pada November 23, 2009, 10:48:16 PM
Mungkin karena banyak nya materi yg tidak diperlukan di jejalkan kepada siswa siswi.
Pelajaran2 yg menambah kreatifitas mereka juga kurang memadai.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: r.a.n pada November 29, 2009, 11:19:08 AM
Iya lo...ketika saya sudah kuliah...baru saya memaknai apa yang saya pelajari di SMA...Konsp matematik, konsep kimia, konsep fisika dan biologi...Sedih rasanya dulu berbangga hati ketika bisa ngerjain soal atau bisa jadi yang terbaik..namun hanya tataran nilai...Bener-bener cuma jadi kuli soal....menyedihkan....Percuma juga bisa ngerjain...soal sebundel tapi aplikasinya nggak bisa...

Untung banget saya punya guru-guru yang bisa "menyadarkan" saya....dari kesombongan semu...Pokonya saya mau jadi guru...Amiin....^_^
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: si anak gajah pada November 30, 2009, 05:24:17 AM
kalau saya sih sarannya, jangan terlalu banyak menghafal, yang penting itu kemampuan analisis...
jadi ajari siswa untuk bisa berpikir, ini datangnya dari mana, itu dari mana, sperti apa logikanya...
saya belum setahun lulus sma, jadi masih sangat segar di pikiran saya, teman-teman saya itu kebanyakan jadi lebih suka menghafal daripada menganalisis secara logis...
sampe-sampe cara ngerjain soal dihafalin, jadi gitu soalnya diputer sedikit aja langsung bingung...
trus, guru sebaiknya lebih terbuka terhadap ide baru, harus siap belajar juga...
pengalaman saya, beberapa guru merasa paling bener, gak bisa disalahkan...
asalkan mengakui kesalahannya dengan berwibawa, murid tetap akan menghormati jika melakukan kesalahan, itu manusiawi...
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: r.a.n pada November 30, 2009, 05:49:46 AM
Setuju ama anak gajah..mungkin hal ini terkait sama pendidikan kita yang membuat salah itu tabu....Jadi kalo ada orang salah justru dihukum dan dipermalukan...Sementara yang benar dipuji-puji luar biasa...Jadinya ada anekdot pasal satu, guru selalu benar...pasal dua jika guru salah kembali ke pasal satu....
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 30, 2009, 06:40:40 AM
huaa~

bener tuch...
soal pasal itu..
malah setiap kali guru salah~ malah kami yg dimarahi... gitu ajah harus dibilang.. kan bisa diperbaiki sendiri... truz di ingatin soal pasal itu dech.. begitu~ T.T
huft~

makanya setiap ada yg agak aneh, mending di diamin..
ntar di marahin..

Iya lo...ketika saya sudah kuliah...baru saya memaknai apa yang saya pelajari di SMA...Konsp matematik, konsep kimia, konsep fisika dan biologi...Sedih rasanya dulu berbangga hati ketika bisa ngerjain soal atau bisa jadi yang terbaik..namun hanya tataran nilai...Bener-bener cuma jadi kuli soal....menyedihkan....Percuma juga bisa ngerjain...soal sebundel tapi aplikasinya nggak bisa...

oo.. jadi klo cuma bisa ngerjain2 soal ajah ga ada gunanya yac..?
harus bisa diterapin buat sehari2..?
emang di kuliahan ga ada soal ....?
maksdnya soal2 hitung2 seperti yang di skolah..?
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Idad pada November 30, 2009, 12:57:40 PM
oo.. jadi klo cuma bisa ngerjain2 soal ajah ga ada gunanya yac..?
harus bisa diterapin buat sehari2..?
emang di kuliahan ga ada soal ....?
maksdnya soal2 hitung2 seperti yang di skolah..?
Yup, selain bisa ngerjain soal (sebaiknya) juga harus paham konsepnya, kalau bisa dengan aplikasinya sekali. Soalnya ilmu yang kita dapat di SMA tidak hanya sebaas itu saja. Tapi itu merupakan bekal untuk diaplikasikan (diterapkan) di tingkat selanjutnya, yakni Kuliah-Kerja-danKehidupanSehari-Hari.

Di Kuliah ada soal. Cuma kalau di fakultas saya lebih banyak study case. Kalau di MIPA atau Elektro saya rasa masih banyak hitungannya. Tapi hitungan itu kan nanti membantu kita dalam menyeelsaikan study case kita. Misal ada Projek Kerjaan, membutuhkan hitungan A,B,C dan Teori Mr.Z.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 30, 2009, 01:05:09 PM
oo wow...

gitu toh,,,
wah,, wah,,,
parah gila nih..
harus ngulang dari awal donk... sisca juga salah satu yg cuma tau cara kerjain.. tapi kalo ditanyai kenapa harus seperti itu, sisca ga tau mau jawab apa....
weuw...
masi sempat ga ya..?
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: r.a.n pada November 30, 2009, 01:25:32 PM
Sepakat..sama Idad..Tapi kalo dikampus...pendekatannya berbeda..saya sih nggak tau fakultas lain..tapi di fakultas saya ada ujian lisan...Nah diujian lisan itu,...yang ingin dilihat adalah kemampuan kita memahami,..menstrukturisasi dan membahasakan pengetahuan kita..kepada dosen penguji..Sehingga kemampuan serta intelejensia saja tidak cukup...harus juga ada kemapuan menyampaikan apa yang dipahami dan difikirkan dengan tidak berbelit..belit..

Oh iya dikampus itu,..yang lebih dipentingkan adalah logika berpikirnya..bukan hasilnya..Jadi beda antara..yang asbun (asal bunyi) ato asmong(asal ngomong) sama yang memang memahami konsep...Kalo di SMA khan kadang soalnya PG...alias pilihan ganda..Jadi nggak ada bedanya antara yang nembak sama yang benar-benar menghitung...

Sebagai ilustrasi...misalkan kita ditanya..sama dosen kita,...kenapa mangga jatuh dari pohon..trus,..kita bilang karena pengaruh gravitasi...Trus ditanya balik sama dosennya "apa kaitannya mangga jatuh dari pohon dan gravitas"...trus kita bilang.."Ini pak..dikepustakaan..anu..atau diteksbook anu bilangnya begitu"..kata dosen saya itu anak pasti disuruh ngulang....bagian...

Tapi..misalkan dia jawabnya..."mangga jatuh ke bumi diakibatkan karena pada mangga terjadi perubahan...Perubahannya meliputi tiga hal,..yaitu perubahan warna, bau dan konsistensi..Perubahan warna ditandai..dengan berubahnya warna hijau menjadi kekuningan..perubahan bau ditandai mangga semakin..lebih wangi..dan yang ketiga perubahan konsistensi ditandai dengan melunakknya struktur mangga ..Dari ketiga perubahan tersebut..menyebabkan mangga jatuh..ke bumi.." Padahal..ujung-ujungnya dia pengen bilang kalo mangga jatuh ke bumi gara-gara mangganya mateng..namun orang ini bisa mendefinisikan mateng dengan..baik..Jadi menurut dosen saya orang ini akan diberikan kesempatan..ujian...ulangan..alias her..Kalo yang diawal...Harus mengulang bagian.....

@Sisca
beda bangetkhan??? antara kuliah dan SMA. Trus kita juga ada soal PG tapi biasanya ngulang soal tahun sebelumnya dan bobotnya kecil dibandingkan ujian lisan....Udah gitu bisanya sistem PGnya itu pre-test dan post test..jadi ujiannya bisa sama...
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada November 30, 2009, 01:32:05 PM
wah,,,
iyah ya...
kckckckckck~

baru tau segitu susahnya..
harus belajar keras dari sekarang..
supaya ga kewalahan nanti....

iyah sich,,,
soalnya di skolahan,,, mirip2 semuanya...
klo PG malah lbh enak,,
bisa nembak..
hahahahha~

kckckckck~
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Lanthoq pada November 30, 2009, 02:56:12 PM
Nambah dikit nih, kalo mau jadi guru yan bener, yach..jadi gurulah yang baik, jangan dibarengin dengan bisnis, dan jangan siswanya diseruh belajar melulu,,gurunya juga harus belajar.. Sekali kita berkeinginan meraih sesuatu, segala hambatan dan resikonya harus diterima dengan lapang dada, itulah konsekwensi menggeluti sebuah fropesi. Guru itu gajinya kecil tdak ada tunjangan jabtan, mobil dinas dan rumah dinas, hal ini harus dipahami, kalau mau menuntuk itu yahh..solusinya berhenti jadi guru, karena mau jungkir balik gimanapun tidak pernah terpenuhi
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: r.a.n pada November 30, 2009, 10:33:17 PM
Kalo menurut saya, memang tidak semua orang ingin kaya...tapi pasti semua orang tidak ingin miskin..dan tidak semua orang ingin terkenal..tapi pasti semua orang tidak ingin direndahkan...

Terkait dengan guru,...kalo dengan pekerjaannya membuat dia tidak bisa memberi makan anaknya atau menyekolahkan anaknya..saya rasa buat apa jadi guru..Dan penghargaan orang sekarang ke guru..udah kurang...sering dipandang sebelah mata..gitu.kasihan..

Ada cerita dari temen..sempet ditolak sama calon mertuanya lantaran dia guru..kasihan temen saya itu....
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: si anak gajah pada Desember 01, 2009, 02:32:04 AM
iya juga sih...
masih banyak guru yang ngobyek dengan bikin les wajib buat siswanya misalnya...
berarti memang kesejahteraan guru masih kurang juga...
trus sertifikasi juga kayanya lumayan ribet...
karena itu tidak banyak yang ingin jadi guru...
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: r.a.n pada Desember 01, 2009, 04:45:27 AM
Tapi..kira-kira gaji berapa sih yang dikatakan layak untuk seorang..guru??
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Mat Dillom pada Desember 01, 2009, 04:52:26 AM
Tapi..kira-kira gaji berapa sih yang dikatakan layak untuk seorang..guru??

Minimal 5 juta perbulan. Saya mestinya jadi guru tapi ogah :D. Abis cari sampingannya kudu jualan ma murid sih. Atau belagak ngajak tour.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: r.a.n pada Desember 01, 2009, 07:50:11 AM
Hmm..5 juta..dener-denger ada isu TUNDA alias tunjangan daerah..jadi gaji guru dinaikin..gitu denger-denger sampe tujuh jutaan..tapi masih denger-denger..
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Mat Dillom pada Desember 01, 2009, 08:19:15 PM
Hmm..5 juta..dener-denger ada isu TUNDA alias tunjangan daerah..jadi gaji guru dinaikin..gitu denger-denger sampe tujuh jutaan..tapi masih denger-denger..

Kalau itu bener, balik lagi ah ane ke Indo :d.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: idiotique_hebb pada Desember 02, 2009, 12:13:12 AM
ya, melihat kondisi pendidikan di INA, ternyata memang harus ada yang diperbaiki. Setidaknya perbaikan ini dimulai dari masing-masing individu, baik guru maupun murid, ciptakanlah lingkungan yang kondusif untuk benar-benar belajar.
bukannya tawuran..!!!! ironis juga, liat mahasiswa tawuran.... bener2 ndak intelek.  :-[  :-[
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: r.a.n pada Desember 02, 2009, 01:11:16 AM
Semalem abis download film anime Master Keaton...Di Capther dikisahkan seorang profesor arkeologinya keaton..yang langsung mengajar...Tanpa kelas, tanpa buku Padahal waktu itu..London baru aja di bom sama Jerman..Setelah beres-beres..langsung kuliah..Jadi terharu waktu nonton itu

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 02, 2009, 09:43:02 AM
huaa...
mantep...

kyknya yang paling penting untuk ningkatin pendidikan di indo,, ya muridnya di pancing rasa dan semangatnya buat belajar... dan guru juga harus bener2 guru.. jangan hanya ributin soal gaji, uang, gaji, uang... bikin les biar dapet uang tambahan...
percuma...
murid2 jadi males belajar karena uda les sama guru mata pelajaran, ujian dapet soal... gampang ajah donk... nah, jadi makin males dech...

sebenarnyakan ga masalah soal gaji...
kalo emang niatnya mau jadi guru... pasti semua masalah LEWAT.... ;D
yang soal gaji kecil lah.... ato apalah... pasti dia itu bakalan cari kerja sampingan yang pastinya gak malah merugikan murid2nya (bikin muridnya jadi malas)...

jadi liat ke masing2 orangnya ajah...
guru harus introspeksi..
murid apalagi.... lebih harus...

murid sekarang anggap sekolah sebagai keharusan dari orang tua ajah...
setelah tamat cari kerja, menikah,,, punya anak selesai... mati...  >:D >:D >:D
percuma banget sekolah dari TK sampe tamat... ujung2nya ga ada diterapin sama sekali di kehidupan..
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

hanya segelintir orang ajah yang nerapin... kayak pengolahan barang bekas dan lain2...

nah, kemana murid2 yang pernah duduk dibangku sekolah..?
hilang ke mana..?
koq cuma dikit ajah yang nampak...  :-X :-X :-X
hahhaha~ ;D

jadi harus sama2 instropeksi dech...  ^-^ ^-^

jaaah~
cakap aku mirip orang tua...
hahahahaha~
:P
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: raisuien pada Desember 02, 2009, 10:27:49 AM
nah, kemana murid2 yang pernah duduk dibangku sekolah..?
hilang ke mana..?
koq cuma dikit ajah yang nampak...  :-X :-X :-X
hahhaha~ ;D

gag hilang.. sayangnya mereka gag punya kreativitas..
soalnya d skul dah dikasih bhn yg tinggal "ditelan" ja ma murid..
sistem KBK jg kupikir hancur... soalnya tetep ja murid2 dikasih telan buku doank..
materinya malah lebih parah... dah gag lengkap malah yg SMP dah bljr yg SMA...
gmn murid2 bisa ngerti?
y terpaksa les... dan d les kadang2 murid2 lesnya byk...
gag sempat ngulang pelajaran yg ada di skul deh..
dan kebanyakan guru ajarinnya hapalan... gag ada logika...
mknya susah...

klo maw berhasil cuma 3 hal: kreatif, sosial/komunikasi, dan kerja keras...

menurutku sih gitu.... ~~
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 02, 2009, 10:41:16 AM
yuup..
uda pake sistem KTSP sekarang...
perasaan sekarang pelajarannya lama bgt...
aku liat buku2 tahun 90-an malah yg pelajaran semester ke-2 di zaman sekarang.. di sana semester pertama...
huft...
ga lengkap juga...
parah gila.. harus bongkar2 buku2 lama baru bisa dapet yg lengkap....

T.T
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: raisuien pada Desember 02, 2009, 10:50:55 AM
bukannya sistem KTSP lebih lama dr KBK?
KBK yg paling baru kan?
???

klo sistem KTSP lebih lengkap lah dr KBK..
tp mank pelajarannya lebih lama...
sistem KBK sepertinya mesti nyari buku lama + buku2 tambahan...
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 02, 2009, 10:55:37 AM
kyknya sekarang sistem KTSP lah..
dibuku sisca ajah semua KTSP..
KBK itu yang waktu zaman2 sisca SMP....

ah..
bingung ah.. hahhaha~ mana yg lbh bagus... =.="
belajar sekarang juga uda pake sistem.. sistem kebut semalam (SKS)..
hahahaaha~
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: r.a.n pada Desember 02, 2009, 10:56:50 AM
Kutip
uda pake sistem KTSP sekarang...

Itu sistem apaan..sih ??? kok baru denger..

Kutip
muridnya di pancing rasa dan semangatnya buat belajar...
Kalo yang ini setuju banget....
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 02, 2009, 10:58:37 AM
KTSP = kurikulum tingkat satuan pendidikan.....
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: r.a.n pada Desember 03, 2009, 03:21:32 PM
Kutip
KTSP = kurikulum tingkat satuan pendidikan.....

Itu apa yah ??? pendekatannya seperti apa ???
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Biobio
Ditulis oleh: biobio pada Desember 03, 2009, 04:01:28 PM
KTSP = Kurikulum Terserah Si Pemakai.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: r.a.n pada Desember 03, 2009, 09:46:33 PM
Kutip
KTSP = Kurikulum Terserah Si Pemakai.

KTSP= KaTe SaPe.....bang bio ???

Eh sers niih...saya butuh pencerahan...soalnya saya taunya KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) nggak tau yang lain...
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 04, 2009, 03:53:30 AM
iyah...
aku juga bingung apa yg beda antara KBK sama KTSP...
kalo KBK itu kan tahun 2004.. KTSP ditulis tahun 2007...
itu aja yg sisca tau bedanya...
wkkwkwkwkwkwkkwk~
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Mat Dillom pada Desember 04, 2009, 04:43:34 AM
iyah...
aku juga bingung apa yg beda antara KBK sama KTSP...
kalo KBK itu kan tahun 2004.. KTSP ditulis tahun 2007...
itu aja yg sisca tau bedanya...
wkkwkwkwkwkwkkwk~

Gak usah pikirin yg begituan. Istilahnya hanya berangkat pada pembaruan istilah aja (biar agak beda). Intinya mah sama.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 04, 2009, 04:54:25 AM
hahaha~
betol itu...
;D
namanya aja yg baru..
:P
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: r.a.n pada Desember 04, 2009, 12:00:39 PM
Yah..yang masih SMA SMP dan SD sabar aja deh...semoga..kalian semua lulus ujian nasional.. :angel:
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 04, 2009, 12:03:11 PM
ujian nasional nya lagi disidang..
wkkwkwkwkkw~

mau ada UN ato ndak...
bingung.....
hohohoho~

bojes...
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: r.a.n pada Desember 04, 2009, 11:57:44 PM
 Mau ada atau nggak..YAh..belajar aja..biar pinter...trus bisa berbakti..kepada orang tua, agama, bangsa dan negara... ;D ;D
Judul: Re: Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Desember 05, 2009, 01:13:02 AM
pastinya donk...
masak gara2 UN ane kagak belajar... ;D ;D
ahahhahahhaa~

Judul: Re:Pendidikan Indonesia... Payah!
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Juli 08, 2014, 03:31:51 AM
Sebenernya nggak cuma di Indonesia sih... Dari yang aku pernah baca, Indonesia sistem pendidikannya begitu karena menganut sistem pendidikan Asia (terutama di Jepang) yang menganggap bahwa siswa harus menguasai semua mata pelajaran serta lebih mengorientasikan pada hafalan & nilai semata...

Dari yang pernah aku baca juga, sistem pendidikan yang bagus itu kayak di Finlandia...