Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 21, 2021, 09:20:08 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139629
  • Total Topik: 10389
  • Online Today: 180
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 28
Total: 28

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?  (Dibaca 21156 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline kurapnaga

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 113
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • Petroleum Engineer
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #15 pada: Desember 23, 2009, 10:50:39 AM »
jangan salah kaprah

teknik kima itu bukan membahas kimia, tapi lebih kearah fisika (thermodynamic)

teknik industri itu bukan tentang fisiki, tapi lebih kearah manajemen industri

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #16 pada: Desember 23, 2009, 12:06:08 PM »
wah,,
makasi dah infonya.. untung lom masuk...
tar jadi salju (salah jurusan) dech di sana...
~ You are what you eat ~

Offline Somatic Cell

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 1
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #17 pada: Juni 09, 2010, 04:44:34 PM »
Teman-teman, maaf banget ya kalo saya mungkin sampai nanyain pertanyaan yang sama 2 kali, tapi gw lagi bener2 pusing menentukan jurusan buat kuliah (bidang teknik) nanti. Tapi, mengenai materi2 kuliahnya, pekerjaannya, baik teknik industri maupun teknik kimia, gw ud tau, kok....

Gw skrg lagi dikelas II IPA, & kalo gw mo ambil teknik, gw ud mantep milih teknik kimia ato teknik industri, cuman gw masih bingung banget lebih baik pilih yang mana, soalnya gw ada pertimbangan seperti ini: Gw ini boleh dibilang tipikal anak yang cukup males praktikum (& nilai praktikum gw sih biasa2 aja), kecuali yang penting-penting aja. Dan gw ini kalo di lab cukup, bahkan boleh dibilang sangat "manja", harus pake alat-alat yang bagus2 & lengkap  kalo enggak jadi gampang brantakan. Sebagai referensi tambahan, utk nilai IPA (teori), kimia gw no.1, disusul fisika, bio, lalu mat...

Kalo teman-teman menilai, dibanding 2 jurusan teknik tadi, mending gw ambil yang mana?

Kalau males praktikum, kurang cocok di teknik kimia karena praktikumnya cukup menyita waktu. Teknik Kimia itu justru banyak mempelajari Fisika yang tentu saja harus menguasai matematika.

Teknik Industri lebih kearah manajemen industri, meskipun di Teknik Kimia mempelajari manajemen industri juga.

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #18 pada: Juni 10, 2010, 09:16:40 AM »
ahaaa...
kalo farmasi..?

Farmasi cuma nyampur-nyampur kimia obat, kayak bikin nasi goreng yah?.


Itu salah satu aja dr yg dipelajari di farmasi. Sederhananya, farmasi mempelajari segala sesuatu tentang obat. Mulai dr pembuatannya sampai dengan penggunaannya.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #19 pada: Juni 10, 2010, 10:58:05 AM »
ahaaa...
kalo farmasi..?


Farmasi cuma nyampur-nyampur kimia obat, kayak bikin nasi goreng yah?.
Itu salah satu aja dr yg dipelajari di farmasi. Sederhananya, farmasi mempelajari segala sesuatu tentang obat. Mulai dr pembuatannya sampai dengan penggunaannya.

Tapi gak pernah tahu efeksamping dari obat itu atau sifat-sifat bahan kimia untuk obat?, Misalnya seorang ahli farmasi punya anak yang mengalami pembekuan darah, tentu ia tidak bisa menentukan obat mana yang dapat dipakai mengatasi pembekuan darah khan? juga gak tau dosisnya berapa. Iya?.

« Edit Terakhir: Juni 10, 2010, 10:59:40 AM oleh Mat Dillom »

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #20 pada: Juni 10, 2010, 11:06:58 AM »
ou tidak, justru hal-hal tersebut itulah yang menjadi keahlian farmasi

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #21 pada: Juni 10, 2010, 11:11:52 AM »
ou tidak, justru hal-hal tersebut itulah yang menjadi keahlian farmasi

Jadi seorang ahli farmasi, tau kimia apa untuk sakit apa?

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #22 pada: Juni 10, 2010, 11:32:04 AM »
Ya sudah pasti itu dan masih banyak hal lain lagi..

Untuk jelasnya mungkin bung dillom dan teman2 bisa ngintip contoh kurikulum farmasi S1 disini:
http://www.farmasi.ui.ac.id/s1/silabus_s1.php
atau dari kampus2 lain

setelah mendapat gelar sarjana (dulu drs, S.Si atau S.F skrg  S.Farm, atau tergantung tatanama dr almamaternya), perlu mengikuti lagi program pendidikan profesi untuk mendapatkan gelar profesi farmasis (Apoteker disingkat Apt).

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #23 pada: Juni 10, 2010, 11:36:11 AM »
Ya sudah pasti itu dan masih banyak hal lain lagi..

Untuk jelasnya mungkin bung dillom dan teman2 bisa ngintip contoh kurikulum farmasi S1 disini:
http://www.farmasi.ui.ac.id/s1/silabus_s1.php
atau dari kampus2 lain

setelah mendapat gelar sarjana (dulu drs, S.Si atau S.F skrg  S.Farm, atau tergantung tatanama dr almamaternya), perlu mengikuti lagi program pendidikan profesi untuk mendapatkan gelar profesi farmasis (Apoteker disingkat Apt).

Oh gitu yah. Thanx infonya. Besok-besok ane kalau sakit gak perlu ke dokter, tapi cukup ketemu apoteker aja :d. Thanx infonya.

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #24 pada: Juni 10, 2010, 11:50:45 AM »
Kalo sakit ya ke dokter, bukan ke apoteker. Apoteker tidak berhak mendiagnosis pasien.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #25 pada: Juni 10, 2010, 12:43:15 PM »
Kalo sakit ya ke dokter, bukan ke apoteker. Apoteker tidak berhak mendiagnosis pasien.

Maksud saya kalau sudah tahu sakitnya. Misalnya TBC, asam urat, darah tinggi. Khan apoteker bisa bikinin obatnya. Kata ente apoteker tahu obat apa untuk sakit apa. Iya khan?

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #26 pada: Juni 10, 2010, 01:31:54 PM »

Apt wajib tau ttg penyakit, dan tau obat untuk penyakit itu apa, tp apt tidak berwenang memberi tindakan terhadap pasien yang tsb. Dokter wajib tau ttg obat, tp dokter tidak punya kewenangan untuk dispensing obat.

Jadi yang bisa dilakukan apt kepada pasien adalah menyediakan obat, memberikan informasi ttg obat tsb termasuk aturan pakai, efek samping, interaksi obat tbc dgn obat lain, dsb, dan segala informasi yang anda perlukan ttg obat sedetil2nya.

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #27 pada: Juni 10, 2010, 01:37:29 PM »

Apt wajib tau ttg penyakit, dan tau obat untuk penyakit itu apa, tp apt tidak berwenang memberi tindakan terhadap pasien yang tsb. Dokter wajib tau ttg obat, tp dokter tidak punya kewenangan untuk dispensing obat.

Jadi yang bisa dilakukan apt kepada pasien adalah menyediakan obat, memberikan informasi ttg obat tsb termasuk aturan pakai, efek samping, interaksi obat tbc dgn obat lain, dsb, dan segala informasi yang anda perlukan ttg obat sedetil2nya.


Thanx infonya. Jadi kami yg awam tidak salah kaprah. Apalagi beli obat tradisional yang tidak bisa dipertanggung jawabkan secara medis dan secara ilmu kimia obat.

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #28 pada: Juni 10, 2010, 01:45:25 PM »
Sama-sama bung dillom, kalo ke apotek, anda berhak minta informasi obat ke apoteker nya sebanyak2nya (gratis lo hehe)

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Teknik Kimia (Chem.Eng.) ato Teknik Industri (Ind.Eng.)?
« Jawab #29 pada: Juni 10, 2010, 01:50:31 PM »
Sama-sama bung dillom, kalo ke apotek, anda berhak minta informasi obat ke apoteker nya sebanyak2nya (gratis lo hehe)

Cuma gak tega waktunya apoteker/asistennya. Biasanya jumlah mereka sedikit dari jumlah yang antere obat. Kalau saya sejak dulu berobat ke Rumah sakit/pos kesehatan yang ada catatan medis dan obatnya. Jarang ke dokter umum yg cuma sekali-kali berobat. Jadi dokternya kayak dokter pribadi aja. Nah kalo pos kesehatan itu ada apotekernya tidak?.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
9416 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 25, 2009, 12:10:29 PM
oleh Nabih
6 Jawaban
30126 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 25, 2009, 11:23:37 PM
oleh frans3q
2 Jawaban
4163 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 04, 2009, 08:09:02 AM
oleh Alan adhityo
31 Jawaban
16288 Dilihat
Tulisan terakhir November 05, 2009, 01:53:32 PM
oleh Ginji
2 Jawaban
7837 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 21, 2012, 06:54:26 AM
oleh AKWijayanto