Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 26, 2022, 05:29:29 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 62
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 49
Total: 49

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

3 Jenis Perangkat Keras Komputer Paling Penting Yang Harus Anda Tahu

Dimulai oleh Abu Hamzah, Juni 02, 2017, 01:17:53 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Abu Hamzah

Sebagian orang yang bisa menggunakan komputer, bahkan dapat kita katakan mahir ternyata tidak banyak tahu isi dalam komputer. Yang saya maksud adalah perangkat apa saja yang ada di dalam komputer tersebut. Terutama bagi kaum hawa, agaknya memang tidak terlalu perduli dengan itu. Sebenarnya tidak ada salahnya juga, tapi pasti ada manfaatnya apabila anda tahu lebih dalam tentang perangkat komputer minimal 3 jenis yang menjadi tema tulisan ini. Selamat malam teman - teman, semoga dalam keadaan sehat dan selalu semangat.

Pada kesempatan pertama ini, perkenankanlah kami mengajak teman - teman, khususnya yang belum tahu, untuk sedikit membahas tentang dunia komputer yaitu dalam hal . Perangkat keras dikenal dengan istilah Hardware dalam bahasa asing. Kalo dalam bahasa kita yaitu perangkat keras atau komponen komputer. OKe apa sih definisi perangkat keras. Perangkat keras komputer adalah komponen komputer yang berupa fisik, yang dapat kita sentuh dengan tangan, bukan dalam bentuk digital.

Komponen komputer ada banyak sekali macamnya. Denan adanya komponen ini, komputer teman - teman bisa digunakan dengan normal untuk menyelesaikan pekerjaan atau melakukan apa saja yang biasa dilakukan dengan komputer. Nah, sedikit informasi akan saya bagikan kepada teman - teman 3 jenis perangkat saja yang paling penting. Ini tentu saja versi saya, mungkin versi atau pendapat teman - teman beda tidak masalah. Mari kita sama - sama belajar. Apa saja 3 komponen tersebut ?

1# - Processor

Apa itu processor ? Adalah sebuah komponen atau perangkat keras komputer yang memiliki peranan penting sebagai pemroses perintah yang datang dari input. Contohnya, teman - teman sekali mengeklik mouse, berarti teman - teman memberikan satu perintah kepada komputer yang dilakukan atas tanggung jawab perangkat ini. Kalo kita bisa ibaratkan, komputer adalah manusia, processor adalah otaknya. Processor ini berpengaruh terhadap kecepatan karena masing - masing memiliki kecepatan berbeda - beda. Pentium IV tidak akan sama dengan cor i3. Komponen ini salah satu komponen yang harus teman - teman ketahui.

2# - Power Supply

Power supply adalah komponen yang berfungsi untuk memberikan arus listrik ke dalam komponen komputer sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Sebagian besar bahkan dapat kita katakan secara keseluruhan, komponen komputer merupakan perangkat elektronik yang harus dialiri arus listrik agar bisa bekerja. Jika tidak ada arul slistrik yang masuk ke dalam komponen, maka komputer anda tidak akan bisa digunakan. Jadi apabila komputer teman - teman mati total, bisa jadi problem utamanya ada di arus yang tidak mengalir.

3# - Memory

Ada dua jenis memory yang memiliki peranan penting di dalam komputer teman - teman. Pertama yaitu RAM (Random Access Memory) yaitu sebuah memory yang berfungsi untuk menyimpan data dalam waktu sementara. Data yang disimpan di dalam RAM yaitu data - data perintah yang akan masuk dan setelah masuk ke processor. Data ini akan hilang ketika komputer dimatikan. Memory yang kedua yaitu sering disebut dengan hard disk, yaitu memory yan bersifat tetap. Data yang ada di sini tidak hilang meskipun komputer dimatikan. Hard disk berfunsi untuk menyimpan semua data - data termsuk file sistem windows itu sendiri.


Saya rasa tidak perlu panjang lebar, cukup segini saja yang penting teman - teman sekarang minimal memiliki gambaran apa sih perangkat keras komputer itu. Ini saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Bagi teman - teman yang melihat dan membaca tulisan ini, mohon untuk dikoreksi jika ada dari isi tulisan ini yang tidak benar. Semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih

Rinto85

bener banget gan ketiga itu adalah bagiannn penting di komputer, sesuai kebutuhan listriknya dan besarnya power supply  sangat ngaruh untuk komputer yang diperuntukan untuk gaming rendering dll jadi power supllynya harus besar agar aliran ke panell listriknya lancar dan ga nimbulin mati komputernya
Partner & Layanan Informasi Digital. Artikel Terbaru: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]?

FLou91

Jangan lupakan monitor dan keyboard. Percuma punya 3 item tersebut tapi 2 hal penting ini gak terpasang dengan benar hahahaha
Cara [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] Lewat HP: Prabayar dan Pascabayar.

datamatrix

kira-kira kalau printer termasuk perangkat keras atau tidak yah? apa printer termasuk aksesoris perangkat keras komputer? soalnya sama2 berhubungan dengan komputer hehe
Supply printer POS [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] Fujitsu FP1000 koneksi LAN untuk cetak struk dan bill di kasir.

zalfaoriana


VERSACOM

Komputer adalah system, bagian terkecilpun sangat penting. Konfigurasinya atau spesifikasinya yang perlu diperhatikan sesuai dengan tujuan dan peruntukan penggunaannya.