Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 16, 2022, 11:49:47 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,765
  • Latest: KlausKep
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 35
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 29
Total: 29

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Fan pada Laptop

Dimulai oleh ogeese, Februari 19, 2010, 04:41:18 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

ogeese

mo nanya nih, ada ga software untuk ngatur kipas laptop secara manual ? biar kipasnya nyala terus dan laptop jadi adem .. gw dah pake cooler tapi kurang puas aja ..

oh ya, gw pake speedfan tapi kipasnya gak kedetect ..

heru.htl

Kutip dari: ogeese pada Februari 19, 2010, 04:41:18 AM
mo nanya nih, ada ga software untuk ngatur kipas laptop secara manual ? biar kipasnya nyala terus dan laptop jadi adem .. gw dah pake cooler tapi kurang puas aja ..

oh ya, gw pake speedfan tapi kipasnya gak kedetect ..

Saran teknik saya, sebaiknya tidak perlu mengakses hardware macam kipas, karena itu hubungannya terhadap BIOS secara langsung. Resiko mengakses hardware langsung melalui BIOS sendiri cukup riskan terhadap data-overwriting dalam format BIOS, ini bisa merusak format BIOS yang berarti merusak keseluruhan sistem.

0y1k

jangan mempersulit diri lah bung...

buat aja fan manual memakai batere yang tegangannya lebih besar daripada power USB... pasti boros kan..
tapi, ini pasti bisa mempercepat kipasnya.. :)
لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ اْلأَرْضِ وَرَبُّ الْع

insan sains

Design sistem pendingin laptop, seharusnya sudah diperhitungkan produsen. Kenaikan dan penurunan suhu di sekitar sensor laptop, seharusnya memang mengatur pula cepat-lambatnya kipas processor bekerja. Semua itu demi mengatur suhu konstan, sehingga komponen elektroniknya bisa bekerja optimal.

Dulu saya pernah pake laptop, adem-adem ajah dipake 3-4 jam. Tapi lama kelamaan, beberapa bulan berikutnya dia tuh cepet panas. Setelah saya bongkar, kipasnya tuh banyak debunya. Karena penasaran, saya ganti ajah kipasnya. Dan, twing.. akhirnya memang bisa adem lagi, tanpa perlu nambahin coolerpad segala.
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

fathul

sdikit mnyimpang bro
mau tanya ni,laptop merk advan ma acer relatif bgus yg mana ya?

heru.htl

Teman saya, dosen komunikasi & penyiaran STAIN Purwokerto, pakai advance, harga beli 6 juta, diinstali Linux Ubuntu Multimedia 8.04, sudah dua 2 tahun, awet...

fathul

wo,gtu ya bung heru,matur thankyou.
ya katanya btre 6cell nya than 7jam,tapi cpat pnas ktimbang pake acer.
tapi thanks a lot bung atas info scorm,

mrmanggo

Kipas pada laptop saat ini sudah pada otomatis, kipas berputar dan behenti secara otomatis mengikuti suhu laptop (cmiiw).

Sepengalaman saya setiap laptop yang sudah lama di pakai (tahunan) akan panas, solusinya pakai cooler fan, apabila cooler fan sudah tidak bisa maka satu2 nya jalan ada membongkar laptop tersebut dan membersihkan debu yang menempel di pembuangan angin laptop. Karena debunya menempel pada pembuangan dan menutupi lobang pembuangan sehingga hawa panas tidak bisa keluar.

riandono

kipas laptopku arahnya keluar casing (exhaust), kalo aku pasang coller pad arahnya angin masuk casing(inhaust) lah ntar tabrakan, kasian anginnya jadi bingung, ya udah kubiarkan aja apa adanya laptopku, syukurlah meski udah berumur masih sehat.

kalo suara kipas udah mulai berisik, bersiin aja, anda akan takjub, melihat debu dan hairball yang numpuk di heatsinknya... wow amat kotor hehe

Monox D. I-Fly

Kutip dari: riandono pada April 15, 2010, 08:00:53 PM
kalo suara kipas udah mulai berisik, bersiin aja, anda akan takjub, melihat debu dan hairball yang numpuk di heatsinknya... wow amat kotor hehe

Apa hubungannya suara kipas sama debu?  :-\
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.