Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 05:41:19 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 88
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 44
Total: 44

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Apakah Ini Akhirnya yang Membuktikan Chi?

Dimulai oleh topazo, Oktober 21, 2012, 04:53:46 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

topazo

Pembahasan tentang Tenaga Dalam / Chi sudah beberapa kali di bahas di Forsa, seperti di:
apa sih tenaga dalam itu?
dan di:
energi CHI

Namun saya membuat thread baru karena thread2 sebelumnya sudah sangat lama tidak dibalas, dan saya ingin menspesifikkan ke sebuah kejadian yang akan dibahas...

Dari dulu, pembahasan klasik tentang chi oleh para skeptik dan fanatik yang bersebrangan, sering kali memperdebatkan bahwa chi dan tenaga dalam hanyalah sebuah kekuatan sugesti saja, buktinya adalah peragaan2 kekuatan tenaga dalam pada sebuah demonstrasi selalu dilakukan seorang guru ke muridnya, atau dari satu murid perguruan kepada murid perguruan yang sama lagi...

Ini menimbulkan dugaan bahwa chi hanyalah teknik sugesti, sehingga hanya orang2 yang ditanami sugestinyalah (sang murid) yang bisa terpental, jungkir balik, dll... Sedangkan ketika diterapkan ke orang lain yang tidak mengenal chi, maka tenaga dalam tersebut gagal bekerja (ada satu video di mana ahli tenaga dalam melawan ahli bela diri modern, yang akhirnya sang ahli tenaga dalam kalah lebam2 karena tenaga dalamnya tidak mempan ke sang ahli MMA)...

Sedangkan untuk praktik menghancurkan bata, membengkokkan besi, dll, para skeptik mengatakan itu bukanlah tenaga dalam, namun teknik dan seni melatih organ tubuh sehingga lebih kuat dari biasanya dikarenakan latihan yang terus menerus...

Sedangkan untuk salah satu kekuatan ultimate dari chi/tenaga dalam adalah menggerakkan benda mati dari jarak jauh (telekinesis), namun belum ada bukti yang lugas bahwa ini pernah dilakukan dan diverifikasi...

Saya adalah orang yang netral (saya tidak mau dibilang skeptik karena saya percaya chi itu ada, namun belum tau korelasinya dengan dunia sains), dan saya belum akan percaya sesuatu sebelum merasakannya dengan tubuh sendiri... Jadi keberadaan chi menurut saya barulah sebatas sugesti... Namun, setelah melihat video2 ini, saya jadi berpikir kembali... Mungkin saja yang namanya chi itu adalah energi real dan bukan sekadar sugesti, dan ini layak dan memungkinkan untuk dibawa ke skala laboratorium untuk diuji...

Namanya Sensei Tadashi Kanzawa, seorang ahli qigong/chikung dari Jepang... Dia mempunyai klinik chi di sana... Namun bukan itu yang saya tertarik... Dia mengklaim bahwa bisa menidurkan hewan2, dari jarak jauh!

Ini videonya di acara reality show jepang, dia menidurkan rusa (dan secara tidak sengaja menidurkan burung unta yang lewat di depannya) di sebuah kebun binatang. Dia juga menidurkan tikus gurun (yang dikenal lincah dan susah tidur di atas tanah karena dia tidurnya di dalam lubang), dan menidurkan anak macan, serta berang2...
http://www.youtube.com/watch?v=SXsFndVCjMk

Ini adalah videonya dari program Stan Lee Superhuman di History Channel (saya gak dapat versi Inggrisnya, maaf)... Sensei Kanzawa dapat menidurkan sekawanan alpacha, dan bahkan kawanan bison yang terkenal agresif...
http://www.youtube.com/watch?v=5uSRgWWRnJ8

Hal ini menarik bagi saya... Kenapa? karena Sensei Kanzawa dapat mengulangi tekniknya secara konsisten, dengan berbagai macam hewan...
Hewan tidaklah seperti manusia yang bisa diajak kerja sama dan disugestikan seperti murid2 perguruan beladiri... Apalagi Sensei Kanzawa melakukannya dari jauh, tanpa diketahui sang hewan... Jadi chi sebagai sebuah sugesti mungkin dapat dicoret di kasus ini...
Namun energi seperti apakah chi itu? ini sebetulnya bisa diteliti dengan mengundang sang sensei ke sebuah lab, dan disediakan alat2 pemantau dan seekor/beberapa ekor hewan yang dipasangi elektroda monitor... Entah sudah dilakukan di Jepang sana atau belum...

(Untuk Informasi, kalau mau cari2 tentang Sensei Kanzawa, jangan sampai ketukar sama Sensei Hirokazu Kanazawa sang ahli karate... Ini dua orang yang berbeda...)

Bagaimana menurut teman2?
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

mhyworld

Kutip dari: topazo pada Oktober 21, 2012, 04:53:46 AM
...
Saya adalah orang yang netral (saya tidak mau dibilang skeptik karena saya percaya chi itu ada, namun belum tau korelasinya dengan dunia sains), dan saya belum akan percaya sesuatu sebelum merasakannya dengan tubuh sendiri...
Dalam sains, membuktikan suatu hal tidak harus mengalami/merasakannya dengan tubuh sendiri. Kita tahu bahwa air yang mendidih pada kondisi tekanan atmosferik panas meskipun tidak menyentuhnya langsung. Kita tahu gas sarin beracun meskipun tidak pernah menghirupnya sendiri. Ini sesuai dengan signaturnya Mozzpunkz : belajarlah dari kesalahan orang lain, anda tidak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri.
once we have eternity, everything else can wait

topazo

Hehehehe... Maksud "merasakan dengan tubuh sendiri" itu luas Boss mhyworld, kita merasakan bukan hanya dengan panca indra...

Kalau sebuah hal sudah masuk ke dalam logika otak saya yang dangkal ini, dan masuk perhitungan yang dipahami oleh otak saya... Itu juga termasuk dengan merasakan dengan tubuh sendiri...
Karena otak, neuron, dan listrik2 yang berseliweran di sekitarnya... Juga merupakan tubuh saya kan...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

mhyworld

Kutip dari: topazo pada Oktober 21, 2012, 04:53:46 AM
...

Ini menimbulkan dugaan bahwa chi hanyalah teknik sugesti, sehingga hanya orang2 yang ditanami sugestinyalah (sang murid) yang bisa terpental, jungkir balik, dll... Sedangkan ketika diterapkan ke orang lain yang tidak mengenal chi, maka tenaga dalam tersebut gagal bekerja (ada satu video di mana ahli tenaga dalam melawan ahli bela diri modern, yang akhirnya sang ahli tenaga dalam kalah lebam2 karena tenaga dalamnya tidak mempan ke sang ahli MMA)...

yang dimaksud mungkin video ini?
http://www.youtube.com/watch?v=Ll7M289-Tlk
once we have eternity, everything else can wait

mhyworld

Kutip dari: topazo pada Oktober 21, 2012, 10:03:18 AM
Hehehehe... Maksud "merasakan dengan tubuh sendiri" itu luas Boss mhyworld, kita merasakan bukan hanya dengan panca indra...

Kalau sebuah hal sudah masuk ke dalam logika otak saya yang dangkal ini, dan masuk perhitungan yang dipahami oleh otak saya... Itu juga termasuk dengan merasakan dengan tubuh sendiri...
Karena otak, neuron, dan listrik2 yang berseliweran di sekitarnya... Juga merupakan tubuh saya kan...
;D
Saya berusaha untuk tidak mengartikan kata-kata dengan terlalu bebas dan luas, kecuali memang diindikasikan seperti itu, misalnya diapit oleh tanda kutip.

Dalam mencari penjelasan suatu fenomena secara ilmiah, kita perlu menggunakan metode ilmiah. Setelah mengamati fenomenanya, dibuat satu/lebih hipotesa yang mungkin menyebabkan fenomena yang diamati, berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya. Hipotesa tersebut kemudian diuji validitasnya dengan memverifikasi akibat-akibat yang seharusnya muncul jika memang hipotesa tersebut benar.

Jika lolos verifikasi, bisa disimpulkan bahwa hipotesa yang dibuat kemungkinan besar memang merupakan penjelasan yang benar. Untuk lebih memastikan hasilnya, bisa jadi diperlukan beberapa metode lain yang dapat memperkuat pembuktiannya. Tingkat kepercayaan terhadap hasil verifikasi sebaiknya dianalisis secara statistik untuk mengetahui error marginnya.
Jika tidak lolos verifikasi, kita mungkin perlu memodifikasi hipotesa tersebut, atau membuat hipotesa yang baru, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi kembali.

Memang dalam membuat hipotesa, kita dibatasi dengan pengetahuan kita sebelumnya. Sehingga jika semua hipotesa yang kita buat tidak ada yang lolos verifikasi, bisa jadi fenomena yang ada disebabkan oleh hal-hal yang belum kita ketahui. Namun ini tidak serta merta menunjukkan bahwa fenomena tersebut supranatural, melainkan hanya menunjukkan bahwa pengetahuan kita masih terbatas, sehingga perlu belajar lebih banyak lagi.
once we have eternity, everything else can wait

mhyworld

Untuk kasus menidurkan hewan, karena bisa dilakukan secara konsisten, maka kemungkinannya terjadi secara kebetulan bisa dieliminasi. Hipotesa apa yang bisa kita bangun untuk menjelaskan fenomena di atas?
Salah satu cara yang sudah kita ketahui untuk menidurkan manusia maupun binatang lain adalah menggunakan gas bius. Untuk memverifikasi hipotoesa ini, cara yang paling akurat tentunya dengan tes darah pada binatang-binatang yang ditidurkan itu. Namun karena kita tidak punya akses untuk itu, kita manfaatkan saja bukti-bukti sekunder yang bisa diambil dari video tersebut.
Jika menggunakan gas bius, yang akan terpengaruh adalah hewan-hewan di sekitar sumber gas tersebut, tidak bisa mengarah secara spesifik pada individu tertentu. Ini sesuai dengan pengamatan tertidurnya burung unta yang lewat di luar rencana. Ini juga tampak pada kawanan alpaca. Seekor alpaca yang berdiri di pojok kandang tampak kurang terpengaruh dan masih berdiri setelah kawan-kawannya tertidur. Ini mungkin disebabkan oleh arah angin yang menyebabkan gas tidak sampai di area tersebut dalam jumlah yang cukup. Hal ini memaksa ditambahkannya jumlah gas, sehingga orang-orang di sekitar kandang harus menjauh agar tidak terkena pengaruhnya.
Kebanyakan gas bius dan gas beracun lainnya lebih berat daripada udara, sehingga cenderung untuk terkumpul di bawah/daerah yang rendah. Ini konsisten dengan tikus yang dikurung di akuarium kaca, begitu pula dengan kawanan rusa  dan alpaca. Bison cenderung merendahkan kepalanya hingga berada di dekat tanah, sehingga lebih memudahkan terhirupnya gas tersebut.
once we have eternity, everything else can wait

topazo

#6
Kutip dari: mhyworld pada Oktober 21, 2012, 02:42:49 PM
yang dimaksud mungkin video ini?
Yups, itu dia...

Kalau saya mencoret sugesti, karena sang sensei kadang melakukannya dari jarak yang sangat jauh... Dan sugesti hanyalah terjadi jika terjalin kontak/komunikasi secara kasat mata antara subjek dan pelaku...
Saya juga mencoret bahwa yang membuat tidur binatang2 adalah gerakan tangan sang sensei karena tidak semua binatang melihat beliau...

Satu yang masih saya duga adalah keajaiban kamera editing dan showbiz, karena saya tidak bisa menebak waktu dan durasi yang diperlukan sang sensei untuk menidurkan binatang... Namun kalaupun itu sampai setengah jam misalnya... Apakah sensei memikirkan waktu yang tepat dimana sekelompok hewan memang waktunya tidur siang? Saya juga lihat si burung unta yang tiba2 terduduk dan tertidur...
Sebetulnya memungkinkan dengan hipotesis Boss mhyworld tentang obat bius, tapi berapa banyak gas bius yang diperlukan untuk menidurkan sekelompok alpaca, rusa, ataupun bison di ruangan terbuka...
Oiya, saya pernah menonton yang versi Bahasa Inggrisnya, alpaca yang terakhir tidur itu katanya (kata si perempuan pengamat hewan/yang punya peternakan kalo gak salah) adalah pemimpin kelompok, yang memang biasanya tidak tidur untuk mengawasi kelompoknya... Tapi akhirnya dia tertidur juga...
Terus pada saat menidurkan bison dan sang sensei mendekat... Satu dari bison bangun, mengendus sang sensei, dan pergi lagi... Kalau dibius kayaknya gak akan bangun lagi deh si bison... Atau mungkin bisonnya sudah jinak...

Mungkin aja sih sang sensei kongkalikong dengan 2 TV di 2 negara berbeda... Yah, media sekarang sulit dipercaya...

Ada juga yang bisa saya ambil dari video, yaitu di video jepang, sang sensei menidurkan sejenis kangguru, dilihat di thermal imaging bahwa sang kangguru badannya jauh lebih hangat sesudah di"tidurkan" dibandingkan sebelum.... Tapi sekali lagi, saya gak tau berapa durasi dan waktu sensei menidurkannya...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

mhyworld

Karena gas bersifat compressible, maka container yang tidak terlalu besar dapat menampung gas dalam jumlah besar saat dilepaskan ke atmosfer, di samping itu gas dapat dengan mudah ditransfer menggunakan selang yang panjang, sehingga sumber gas sendiri bisa diletakkan di tempat yang cukup jauh. Karena sifat gas bius yang lebih berat daripada udara, maka gas akan terkumpul di tempat yang rendah, sehingga untuk melakukan trik yang ada di video tidak memerlukan jumlah yang terlalu besar.

Saat menjumpai suatu fenomena, cari dulu penjelasan yang paling umum/sederhana.
Kutip,,When you hear hoofbeats behind you, don't expect to see a zebra." Theodore Woodward, MD PhD, University of Maryland, Baltimore, School of Medicine. (August 7, 2006 - September 8, 2006)

Kutipan lain yang mugkin berguna saat mendengar kabar/kesaksian mengenai hal-hal yang aneh,
Kutip"No testimony is sufficient to establish a miracle, unless the testimony be of such a kind, that its falsehood would be more miraculous than the fact which it endeavors to establish"
David Hume.

Sampai saat ini saya percaya, everything in nature comes naturally.

Jika anda penasaran dengan fenomena supranatural atau beberapa trik sulap yang spektakuler dan tampaknya mustahil, coba cari di youtube dengan kata kunci "masked magician". Penjelasan yang diberikan akan membuka wawasan anda dan membangun sikap skeptis dan berpikir kritis, thinking out of the box, sehingga tidak mudah untuk diperdaya dengan berbagai macam trik.
once we have eternity, everything else can wait

topazo

Siip... Hipotesa paling kuat sekarang adalah obat bius...
Kalau ada perkembangan lebih lanjut lagi bakal saya post di sini...

Thanks Boss mhyworld...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?


danzJr

chi itu bukan hanya sekedar sugesti tetapi itu adalah ilmu pengendalian pernapasan.

logikanya : ketika seseorang belajar mengendalikan pernapasan dengan benar maka oksigen yang masuk ke otak akan maksimal sehingga dapat berfikir dan lebih tenang.

untuk kasus menidurkan hewan, itu tentu perlu langkah ilmiah. tapi pada dasarnya chi "zaman sekarang" digunakan di dunia kesehatan. terbukti di china, orang yang melakukan taichi setiap pagi jauh lebih sehat daripada orang yang lari pagi.

alasannya adalah kembali ke cara pengaturan napas, sehingga ketika nafas kita teratur maka aliran oksigen ke seluruh tubuh bekerja dengan maksimal dan mudah bagi kita untuk focus kepada suatu hal dan mampu memaksimalkan kerja tubuh.
[move]sesuatu itu dimulai dari mimpi, diusahakan dan menjadi kenyataan[/move]

topazo

Ilmu pernafasan berbeda dengan chi (atau jangan2 sama lagi), latihan atlet atletik juga ada mata pelajaran pernafasan kan, sehingga atlet lari yang sudah berlatih sekian lama, pasti staminanya lebih hebat, dan badannya lebih sehat daripada kita2... Bukan berarti atlet tersebut menguasai chi ataupun belajar Qigong kan...

Kalau masalah Dynamo Jack (videonya Pak The Houw Liong), masih banyak yang bisa digali kalau kita berpikir skeptik, seperti:
-Kru tim bekerja sama dengan Pak DJ, untuk keuntungan komersil video Ring of Fire...
-Untuk adegan membakar kertas bisa dipakai campuran bahan kimia, dan menyalakan LED bisa dengan menginjak elektroda sehingga tangan menjadi beraliran listrik... Trik sulap...

Tapi kalau itu bukanlah trik, maka chi sudah terbukti (seperti di video, katanya volt-meter tidak menunjukkan perubahan padahal yang memegang sudah merasa tersetrum)...

BSJS...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

liga21

chi itu sama dgn Aether bukan gan?
ntuh tuh yg menurut percobaan M&M  gak ada (belum terbukti ada.)