Forum Sains Indonesia

Diskusi Umum => Pseudo-science dan Science-Fiction => Topik dimulai oleh: semut-ireng pada Februari 17, 2010, 01:37:02 AM

Judul: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Februari 17, 2010, 01:37:02 AM
Sudah agak lama saya memikirkan dan bertanya dalam hati,  apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia :  I  =  MD  ?

Beberapa fakta yang mendukung konsep I = MD,  antara lain  :

1.  Luas wilayah laut NKRI dibanding luas wilayah daratannya adalah 2 : 1.  Dengan kata lain 2/3 wilayah NKRI adalah laut,  dan 1/3 wilayah NKRI adalah daratan.  Perbandingan luas wilayah laut dengan luas wilayah daratan ini sama dengan perbandingan luas wilayah laut dibanding daratan dari Bumi / Dunia.

2.  NKRI punya 5 pulau-pulau besar :  Sumatra,  Jawa,  Kalimantan,  Sulawesi,  dan Papua,  dan Dunia juga punya 5 benua :  Asia,  Afrika,  Eropa, Amerika,  dan Australia.

3.  Penduduk NKRI terdiri dari banyak suku / etnis,  dengan warna kulit yang juga beragam mulai dari yang berkulit putih,  kuning,  coklat, dan hitam.  Hal ini sama dengan penduduk Dunia yang terdiri dari banyak suku bangsa sekaligus warna kulitnya yang berbeda-beda.

4.  Masing-masing suku di NKRI punya bahasa sendiri,  hal ini sama dengan bahasa-bahasa yang berbeda di masing-masing suku bangsa di dunia.

5.  Berdasarkan pengamatan,  beberapa kejadian penting yang terjadi di Dunia terjadi pula di Indonesia,  atau kejadian penting yang terjadi di Indonesia terjadi pula di Dunia.   Yang saya maksud dengan kejadian penting antara lain :  teror Bom,  bencana alam / gempa bumi,  tsunami, dsbnya.

Ada yang punya pendapat yang sama atau berbeda ?  Silakan  ....

 
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Februari 17, 2010, 01:59:39 PM
yah, logika yang cukup menarik, bung :)
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: heru.htl pada Februari 17, 2010, 02:27:30 PM
Mungkin demikianlah, negara kita adalah "resemble" dari "the earth at whole"...
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Pi-One pada Februari 17, 2010, 10:59:59 PM
Tapi Indonesia hanya punya 2 musim, sementara di dunia dikenal 4 musim...
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Februari 19, 2010, 01:43:16 AM
Tapi Indonesia hanya punya 2 musim, sementara di dunia dikenal 4 musim...

Perbandingan jumlah musim antara belahan dunia Utara & Selatan dengan daerah tropis,  termasuk Indonesia,  4 : 2 atau 2 : 1.   Terbukti perbandingan ini mengikuti perbandingan luas laut dunia dengan luas daratannya,  dan mengikuti perbandingan luas laut wilayah Indonesia dengan luas daratannya.   Berarti masih perlu dibuktikan,  apakah 4 musim di dunia juga ada di Indonesia,  tidak hanya 2 musim yang dikenal sekarang sebagai musim kemarau dan musim hujan.

Mengikuti logika dalam konsep I = MD,  maka seharusnya 2/3 wilayah Indonesia  " memiliki 4 musim " seperti di belahan dunia Utara & Selatan,  dan hanya 1/3 wilayah Indonesia yang benar-benar hanya memiliki 2 musim.   Istilah  " memiliki 4 musim ",  dalam tanda petik,  maksudnya ada toleransi dalam kemiripan musim,  tidak harus persis sama.  Nah, untuk perhitungan secara lebih cermat mungkin ada yang bisa membantu ......... ;D
 
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Pi-One pada Februari 19, 2010, 03:13:28 AM
Bukannya perbandingan jumlah daratan dan lautan adalah 29:71? Gak bisa dibilang 1:2. Ada yang tahu perbandingan untuk Indonesia?
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Maret 04, 2010, 05:35:46 AM
wah..wah logika yang menarik nih..
Saya kurang paham dengan penjelasan bung semut..coba jelasin lagi donk masalah perbandingan musim..
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Maret 04, 2010, 06:53:35 AM
Sesuai argumentasi dari bung @Pi-One,  Indonesia punya 2 musim sedangkan dunia punya 4 musim.  Saya setuju.   Berarti konsep I = MD kayaknya tidak cocok bila ditilik dari jumlah musim.  Saya masih mencoba mempertahankan bahwa konsep I = MD juga cocok ditilik dari jumlah musim,  dengan argumentasi bahwa hanya 1/3 wilayah Indonesia yang benar-benar memiliki 2 musim :  Kemarau dan Hujan.  Sedangkan 2/3 wilayah Indonesia lainnya,  walaupun secara umum dikatakan hanya memiliki 2 musim,  kenyataan sebenarnya memiliki 4 musim,  jadi selain musim Kemarau dan Musim Hujan ada musim menjelang Kemarau dan musim menjelang Hujan.  Kita kenal di daerah2 dataran tinggi / pegunungan di Indonesia juga kadang2 turun hujan salju,  dan ada gunung2 di Indonesia yang puncaknya diselimuti salju.  Kalau tidak salah di wilayah DKI Jakarta juga pernah turun hujan salju.  Ketika secara umum Indonesia disebut sedang berada dalam kondisi musim Kemarau,  suhu udara meningkat dari biasanya,  ada daerah-daerah tertentu di Indonesia khususnya di daerah pegunungan,  suhu udara malah turun dan dinginnya " luar biasa " / seperti musim dingin di Eropa ......... :D
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Maret 04, 2010, 10:42:06 AM
oo..ic ic..jadi memang ga 100% sama tapi boleh dikatakan mirip lah..atau representatif sebagai miniatur dunia, begitu?
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: syx pada Maret 04, 2010, 09:58:22 PM
... cuma 2 musim? kan banyak yang bilang indonesia punya banyak musim.
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Pi-One pada Maret 05, 2010, 12:03:16 AM
Musim rambutan, musim durian, musim mangga, musim kedonding, dsb?
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Maret 05, 2010, 12:40:13 AM
hahahaha....ya betul..belum lagi musim demo, musim maling, musim ngemis (eh..pengemis musiman), musim pemilu, dsb..
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Maret 06, 2010, 02:43:35 AM
Ya ya ya,  asal jangan musim bencana saja ......... ;D
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Maret 14, 2010, 01:21:29 AM
Konsep I = MD bisa digunakan untuk memprediksi situasi yang sedang maupun akan terjadi.  Namanya juga memprediksi,  mungkin saja hasilnya tidak persis sama.   Sebagai contoh,  ketika beberapa tahun yang lalu gembong teroris di Indonesia Dr. Azahari tewas tertembak,  saya mencoba  memprediksi apa yang sudah terjadi di dunia mungkin gembong teroris dunia Osama bin Laden juga sudah tewas.  Mungkin saja prediksi saya salah  .......  ;D Tapi kayaknya kok sudah ngga ada kabar beritanya lagi ya ? ::)
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: genjer-genjer pada Maret 25, 2010, 05:08:46 PM
Sesuai argumentasi dari bung @Pi-One,  Indonesia punya 2 musim sedangkan dunia punya 4 musim.  Saya setuju.   Berarti konsep I = MD kayaknya tidak cocok bila ditilik dari jumlah musim.  Saya masih mencoba mempertahankan bahwa konsep I = MD juga cocok ditilik dari jumlah musim,  dengan argumentasi bahwa hanya 1/3 wilayah Indonesia yang benar-benar memiliki 2 musim :  Kemarau dan Hujan.  Sedangkan 2/3 wilayah Indonesia lainnya,  walaupun secara umum dikatakan hanya memiliki 2 musim,  kenyataan sebenarnya memiliki 4 musim,  jadi selain musim Kemarau dan Musim Hujan ada musim menjelang Kemarau dan musim menjelang Hujan.  Kita kenal di daerah2 dataran tinggi / pegunungan di Indonesia juga kadang2 turun hujan salju,  dan ada gunung2 di Indonesia yang puncaknya diselimuti salju.  Kalau tidak salah di wilayah DKI Jakarta juga pernah turun hujan salju.  Ketika secara umum Indonesia disebut sedang berada dalam kondisi musim Kemarau,  suhu udara meningkat dari biasanya,  ada daerah-daerah tertentu di Indonesia khususnya di daerah pegunungan,  suhu udara malah turun dan dinginnya " luar biasa " / seperti musim dingin di Eropa ......... :D
Saya rasa tidak tepat jika indonesia punya 2 musim dibandingkan dengan dunia punya 4 musim. Karena 2 musim di Indonesia adalah akibat iklim musim yang masuk dalam kategori iklim fisis, sedangkan di belahan dunia lain memiliki 4 musim adalah akibat iklim subtropis atau iklim sedang yang masuk dalam kategori iklim matahari.

Indonesia memiliki musim kemarau dan musim penghujan karena letak geografis Indonesia sehingga menyebabkan terjadinya gerakan angin muson yang melalui Indonesia.

1. Angin muson Barat, terjadi antara bulan Oktober – April. Angin ini karena adanya perbedaan tekanan udara di bumi belahan utara dan selatan. Waktu itu bumi belahan utara musim dingin sehingga tekanan udara di utara lebih tinggi dari pada selatan, sehingga angin bertiup dari utara (Asia dan Samudera Pasifik) menuju Australia melewati Indonesia. Angin ini banyak membawa uap air dan pada saat berada di wilayah Indonesia uap air ini menjadi jenuh sehingga banyak turun hujan

2. Angin muson Timur, terjadi antara bulan April - Oktober. Pada saat itu bumi belahan selatan musim dingin, sehingga tekanan udara di selatan lebih tinggi dari pada utara, angin bertiup dari selatan (Australia) menuju Asia melewati Indonesia. Angin ini melewati australia yang notabene beriklim tandus dan kering sehingga tidak banyak uap airnya (kering).

Sedangkan di belahan dunia lain yang memiliki empat musim (semi, panas, gugur, dingin) adalah karena posisi nya berdasarkan garis lintang dan garis bujur, sehingga daerah2 tersebut tidak mendapat sinar matahari yang sama sepanjang tahun.

Nah kalau dibilang di Indonesia ada daerah2 yang bersalju juga itu juga tidak dapat dibandingkan dengan 4 musim yang ada musim salju juga, karena itu merupakan pembagian iklim menurut F. Junghuhn yang mendasarkan pembagian daerah iklim di Jawa ditetapkan secara vertikal sesuai dengan kehidupan tumbuh-tumbuhan (berdasarkan ketinggian tempat). Dan ini bukan bersifat musiman (contoh: di Pegunungan Jaya Wijaya itu selalu tertutup salju abadi, di puncak Gunung Kilimanjaro di Afrika juga selalu tertutup salju abadi sehingga sering dibilang gunung putih di benua hitam)
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juli 15, 2010, 01:01:48 AM
Dari urut no. 2  postingan awal topik :

2.  NKRI punya 5 pulau-pulau besar :  Sumatra,  Jawa,  Kalimantan,  Sulawesi,  dan Papua,  dan Dunia juga punya 5 benua :  Asia,  Afrika,  Eropa, Amerika,  dan Australia.


-  sepertinya refleksi dari benua Afrika terlihat di Papua .............. :D :D

    lalu Amerika refleksinya di mana ya, apa  Jawa -Madura-Bali  ??  soalnya setelah peristiwa WTC di amrik,  refleksinya terjadi di Bali dan hampir mirip  ......ada 3 sasaran ledakan,  2 sasaran terlaksana sempurna,  1 sasaran ngga terlaksana ..... (  ini iseng saja ya,  digatuk-gatukan ) .................... ;D
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Pi-One pada Juli 15, 2010, 04:34:37 AM
Sebenarnya dunia punya 6 benua, benua keenam adalah antartika :)
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juli 15, 2010, 04:42:41 AM
Betul.  Dan sebenarnya Indonesia juga punya 6 buah pulau besar,  salah satunya adalah pulau Atlantis yang sudah tenggelam ................ :D
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Pi-One pada Juli 15, 2010, 12:01:40 PM
............

Yakin kamu bukan kloningan matt_asbun?
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juli 15, 2010, 08:51:38 PM
asbunnya di thread ini masih mending dari pada asbunnya Pi-one di big-bang .........

sya lalala ~   sya lalala ~
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Pi-One pada Juli 16, 2010, 02:28:43 AM
asbunnya di thread ini masih mending dari pada asbunnya Pi-one di big-bang .........

sya lalala ~   sya lalala ~
Bah, kamu kira aku sudi terima kata-kata itu dari asbuner, bahkan di thread big bang? Memang kamu sudah kasih informasi ilmiah apa di thread itu? Cape deh... -_-
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juli 16, 2010, 04:14:38 AM
memangnya ada informasi ilmiah untuk big-bang ?  itu mestinya masuk di board Kedai Kopi ................
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Pi-One pada Juli 16, 2010, 06:07:11 AM
This message is hidden because semut-ireng is asbguner
Cukup sudah debat dengan asbuner.
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: InuuMauPinter pada Juli 16, 2010, 02:35:42 PM
tunggu saya setuju..bagi saya eropa bukan benua, dia ngaku2 aja karena sebagai ras yang paling sempurna dan maju. nyatanya secara jelas benua eropa menyatu dengan asia, yang konon memang terpisah dan menyatu jutaan tahun silam dengan asia, maka terbentuklah peg pegunungan eurasia.

disini kepulauan yang ada di indonesia termaksud negara2 yang menyatu dengan indonesia memnag menjadi miniatur dari berbagai benua di dunia. untuk yag terkandung di dalamnya saya belum masuk akal logika. karena ras itu membawa genetik yang berbeda-beda. musim tergantung dari garis lintang..
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Juli 20, 2010, 05:35:41 AM
^
Lah Afrika juga gabung sama Asia kan?
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: InuuMauPinter pada Juli 20, 2010, 05:33:46 PM
patahannya atu beda...
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juli 24, 2010, 01:52:05 AM
1.  Luas wilayah laut NKRI dibanding luas wilayah daratannya adalah 2 : 1.  Dengan kata lain 2/3 wilayah NKRI adalah laut,  dan 1/3 wilayah NKRI adalah daratan.  Perbandingan luas wilayah laut dengan luas wilayah daratan ini sama dengan perbandingan luas wilayah laut dibanding daratan dari Bumi / Dunia.

2.  NKRI punya 5 pulau-pulau besar :  Sumatra,  Jawa,  Kalimantan,  Sulawesi,  dan Papua,  dan Dunia juga punya 5 benua :  Asia,  Afrika,  Eropa, Amerika,  dan Australia.

3.  Penduduk NKRI terdiri dari banyak suku / etnis,  dengan warna kulit yang juga beragam mulai dari yang berkulit putih,  kuning,  coklat, dan hitam.  Hal ini sama dengan penduduk Dunia yang terdiri dari banyak suku bangsa sekaligus warna kulitnya yang berbeda-beda.

4.  Masing-masing suku di NKRI punya bahasa sendiri,  hal ini sama dengan bahasa-bahasa yang berbeda di masing-masing suku bangsa di dunia.

5.  Berdasarkan pengamatan,  beberapa kejadian penting yang terjadi di Dunia terjadi pula di Indonesia,  atau kejadian penting yang terjadi di Indonesia terjadi pula di Dunia.   Yang saya maksud dengan kejadian penting antara lain :  teror Bom,  bencana alam / gempa bumi,  tsunami, dsbnya.
2. Bagaimana dengan Antartika?

3. Rata2 orang Indonesia tulen berkulit sawo matang. Perbedaan warna kulit bisa disebabkan karena suhu pada lingkungannya kan?

4. Disebabkan karena terpisah oleh laut dan jarak. Seandainya saja mereka hidup dalam 1 wilayah yang tidak begitu jauh jaraknya, pasti bahasa yang digunakan pun juga akan sama. Simpelnya: Kurang sosialisasi.
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Agustus 08, 2010, 07:53:05 PM
5.  kejadian penting yang biasa terjadi di musim kemarau :  kebakaran.  semoga konsep ini tidak benar karena kita tidak mengharapkan terjadinya  bakar-bakaran ................. :D
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: excelboy pada Juli 21, 2011, 05:26:45 AM
Ada satu teori baru yang bisa menjelaskan hal ini . Secara fisik saya berpendapat SANGAT MUNGKIN Indonesia adalah miniatur dunia , saya lupa teorinya tapi intinya adalah " membaningkan kejadin pada skala kecil _dalam hal ini indonesia _  dengan kejadian skala besar _dunia_
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Oktober 22, 2011, 10:56:08 PM
Ada satu teori baru yang bisa menjelaskan hal ini . Secara fisik saya berpendapat SANGAT MUNGKIN Indonesia adalah miniatur dunia , saya lupa teorinya tapi intinya adalah " membaningkan kejadin pada skala kecil _dalam hal ini indonesia _  dengan kejadian skala besar _dunia_

Mungkin bukan ' suatu teori baru ',  tapi suatu konsep kebijaksanaan tinggi ( wisdom ) yang terkandung di dalam ajaran kitab2 suci,  antara lain misalnya di Wedha yang intinya mengatakan  :  "  Makrokosmos dan Mikrokosmos saling berhubungan.   Segala yang ada di Makrokosmos,  ada pula di Mikrokosmos,  demikian pula sebaliknya  ".

Indonesia adalah miniatur dunia,  adalah suatu wisdom.   Di Indonesia ada Pancasila,  mungkinkah suatu saat nanti seluruh bangsa2 di dunia memakai Pancasila walaupun nama atau istilahnya yang digunakan bukan Pancasila,  tapi suatu ideologi yang merupakan sintesa Barat dan Timur ?

Telah terjadi lubang ozone yang menghasilkan efek rumah kaca.   Berarti bumi yang didiami manusia sekarang ini dalam keadaan sakit.  Hal itu telah menimbulkan perdebatan panjang di kalangan para ilmuwan.   Apakah hal itu sudah terjadi atau belum terjadi pada mikroskosmos yang bernama manusia,  mungkin berupa suatu jenis penyakit tertentu yang diderita oleh manusia,  dan selalu dikatakan sebagai penyakit misterius,  dan juga telah menimbulkan perdebatan panjang di kalangan para ilmuwan  ?
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: tophearth pada November 07, 2011, 11:50:30 AM
kalau dipikir2 manggut2 juga lho.. di indonesia kan tempat bertemunya beberapa garis patahan benua ya,

kalo di inget2 lagi, bberapa kejadian yg berpengaruh dahsyat di dunia, indonesia dapat kesempatan 'tempat berlangsung' tuh.. cth : letusan Toba yg dianggap Letusan yg bikin seluruh Bumi jadi Masa Dingin Berlama-lama
CMIIW

--> Indonesia jaman dulu masih bisa ga ya disamain jd : MD? kan pas jaman dulu wilayah Indonesia sampe Filipina, Malaysia.. (jaman Majapahit)
Berarti bisa 6 Pulau Besar = 6 Benua tuh
 :kribo: :kribo: :kribo:
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada November 08, 2011, 05:07:59 AM
kalo di inget2 lagi, bberapa kejadian yg berpengaruh dahsyat di dunia, indonesia dapat kesempatan 'tempat berlangsung' tuh.. cth : letusan Toba yg dianggap Letusan yg bikin seluruh Bumi jadi Masa Dingin Berlama-lama
CMIIW

Ingat juga waktu Tsunami aceh dulu, Indonesia jadi sumbernya.  >:D
*Ngomong2 kenapa qt malah bangga jadi sumber bencana?  :-X
Judul: Re: Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada November 09, 2011, 02:28:39 AM
^
Lah Afrika juga gabung sama Asia kan?

Papua juga gabung sama negara lain kan ? ;D

Kayaknya sekarang ini kita perlu mencermati perkembangan yang terjadi di Afrika,  pasca jatuhnya rezim2 otoriter dan tuntutan demokrasi yang menimbulkan berbagai pergolakan di sana.   Tentunya,  tidak bisa diabaikan terjadinya hal-hal tersebut akibat benturan kepentingan antara dua negara digdaya di dunia :  AS dan China.

Ribut2 yang terjadi di Papua sekarang ini tidak bisa dipandang sepele,  perlu perhatian serius ................. ::)
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: excelboy pada Februari 09, 2012, 03:12:27 AM
wah , seri tuh kalo Inodnesia miniatur dunia , berarti ....
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Februari 09, 2012, 04:03:29 AM
Forum diskusi Viva :

 Indonesia Miniatur dunia???? (diskusi)
diskusi yuk.. 


- Luas wilayah laut Indonesia dibanding luas wilayah daratannya adalah 2 : 3

Dengan kata lain 2/3 wilayah Indonesia adalah laut, dan 1/3 wilayah Indonesia adalah daratan. Perbandingan luas wilayah laut dengan luas wilayah daratan ini sama dengan perbandingan luas wilayah laut dibanding daratan dari Bumi / Dunia.

- Indonesia punya 5 pulau-pulau besar : Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, dan Dunia juga punya 5 benua : Asia, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia.

- Penduduk Indonesia terdiri dari banyak suku / etnis, dengan warna kulit yang juga beragam mulai dari yang berkulit putih, kuning, coklat, dan hitam. Hal ini sama dengan penduduk Dunia yang terdiri dari banyak suku bangsa sekaligus warna kulitnya yang berbeda-beda.

- Masing-masing suku di Indonesia punya bahasa sendiri, hal ini sama dengan bahasa-bahasa yang berbeda di masing-masing suku bangsa di dunia.

- beberapa kejadian penting yang terjadi di Dunia terjadi pula di Indonesia, atau kejadian penting yang terjadi di Indonesia terjadi pula di Dunia. Yang saya maksud dengan kejadian penting antara lain : teror Bom, bencana alam / gempa bumi, tsunami, dsbnya.

   


Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Februari 09, 2012, 10:19:07 AM
Terima kasih infonya,  pak THL.   Ada juga yang menyontek thread dari forsa yah ??  :(
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Februari 10, 2012, 05:49:42 AM
Yg aq tanyakan, kl Indonesia benar2 merupakan miniatur dunia, kenapa gk ada satupun fosil makhluk purba selain dr famili primata? Kok gk ada fosil dinosaurusnya sama sekali?  ::)
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Februari 13, 2012, 12:29:04 AM
Yg aq tanyakan, kl Indonesia benar2 merupakan miniatur dunia, kenapa gk ada satupun fosil makhluk purba selain dr famili primata? Kok gk ada fosil dinosaurusnya sama sekali?  ::)

Pernah baca,  ada yang nulis bahwa fosil dinosaurus / fukuiraptor yang dipajang di museum di Jepang itu berasal dari Indonesia,  Benar ga sich ? ::)

Kalo kabar itu ga benar,   konsep I = MD bisa memberi motivasi untuk menemukan fosil dinosaurus di bumi Nusantara. :)
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Pi-One pada Februari 13, 2012, 08:41:39 AM
Gak pernah dengar ada fosil dinosaurus yang ditemukan di Indonesia.
Sesuai namanya, Fukuiraptor ditemukan di Fukui, Jepang
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: ytridyrevsielixetuls pada Februari 13, 2012, 10:46:55 AM
Tidak ada senjata nuklir di Indonesia dan agama resmi di Indonesia cuma 6.
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Februari 16, 2012, 11:44:52 PM
Kutip
Fosil Dinosaurus Di Jepang Ditemukan Di Indonesia
::)

http://vantaxiana.blogspot.com/2009/03/fosil-dinosaurus-di-jepang-ditemukan-di.html

Soal nuklir,  bangsa Indonesia sudah menguasai teknologinya,  dan kebijakan nasional kita penguasaan teknologi itu untuk tujuan damai.   Kayaknya dunia nantinya juga akan bebas dari senjata nuklir.

Soal agama atau menyangkut keyakinan,  di Indonesia juga banyak aliran2 kepercayaan. ^-^
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Icha pada Februari 17, 2012, 08:09:39 AM
nah gue setuju tuh kalo nuklir buat tujuan damai, daripada perang,kan ga asik kali ya :)
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: nʇǝʌ∀ pada Februari 17, 2012, 08:28:07 AM
Di Amerika ada sekitar 1000 serangan tornado setiap tahun. sedangkan China pernah diserang hama tikus sebanyak 1 milyar dalam semalam. Di Indonesia tidak pernah.... setidaknya belum. Dan tidak ada kota bersalju di Indonesia.

PS : Tornado beda dengan angin puyuh. kalau anda pernah lihat tanduk atau gading hitam raksasa yang menghubungkan awan dengan tanah ya itu dia tornado. tentu beda dengan angin puyuh di Indonesia yang kalah dahsyat.
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Februari 18, 2012, 04:22:36 AM
Soal nuklir,  bangsa Indonesia sudah menguasai teknologinya,  dan kebijakan nasional kita penguasaan teknologi itu untuk tujuan damai.   Kayaknya dunia nantinya juga akan bebas dari senjata nuklir.

Gimana caranya?  :-\
Ntar malah kayak pemerintah dunia di One Piece lagi, ngakunya bikin Ancient Weapon demi tujuan kedamaian, padahal cuma konspirasi untuk menutup kebusukan mereka...  ::)

Di Amerika ada sekitar 1000 serangan tornado setiap tahun. sedangkan China pernah diserang hama tikus sebanyak 1 milyar dalam semalam. Di Indonesia tidak pernah.... setidaknya belum. Dan tidak ada kota bersalju di Indonesia.

Kalo' soal pest attacks bukannya Indonesia pernah punya yg lebih heboh: Ulat Bulu. Kalo' tikus kan cukup "wajar" coz perkembangbiakannya cepat & utk ukuran "pest" ukurannya juga relatif besar, bandingkan dg ulat bulu yg dg ukuran segitu mampu menghebohkan seluruh negeri...  :P
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: topazo pada Februari 18, 2012, 07:40:27 AM
Kalo menurut saya, Indonesia kurang tepat disebut miniatur bumi (saya bilang bumi, karena dunia itu konotasinya beda "kondisi hidup", seperti dunia-akhirat)...
Tapi, Indonesia merupakan negara yang sudah cukup untuk membuat sebuah "bumi sendiri", karena hampir semua elemen sebuah planet, ada di Indonesia, sehingga Indonesia bisa menjadi sebuah negara dengan kekuatan setara sebuah planet... Tidak ada negara lain pun, Indonesia tidak akan berpengaruh...
Jadi "Planet Indonesia" bukanlah miniatur Planet Bumi, tapi tetap bisa dibilang hampir menjadi sebuah planet mini (minus kutub tentunya)...
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Pi-One pada Februari 18, 2012, 07:50:14 AM
Dalam bahasa singkat: ini adalah cocologi
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: semut-ireng pada Februari 20, 2012, 10:14:49 PM
thread ini selain masuk di Viva forum,  ternyata masuk juga di Kaskus

makasih buat teman yang menyebar-luaskan di sana,  :D
Judul: Re:Apakah negara Indonesia merupakan Miniatur Dunia : I = MD ?
Ditulis oleh: Pi-One pada Februari 26, 2012, 10:39:02 AM
Omong kosong memang sangat cepat menyebar luas :P